Just A review From me: [Halloween + Game] Lies Of P Review

Wednesday, October 4, 2023

[Halloween + Game] Lies Of P Review

Before Prolog

Day 4 Halloween Month : Lie or Die ???

 

sumber  wallpapersden



Prolog


  Saya yakin semua orang mengetahui kisah tentang Pinocchio, si boneka kayu yang jika berbohong maka “itunya” akan memanjang XD. Kisah karangan Carlo Collodi ini terbukti masih awet sampai hari ini dengan adanya banyak adaptasi (ditambah lagi Pinocchio sudah lama masuk public domain sehingga mudah untuk diadaptasi), 2 contoh di era modern adalah versi live action dari Disney (yang masih belum bisa move on) dan versi Guilerno Del Toro yang membuat sosok boneka kayu ini menjadi immortal.

 

  Tapi pernahkah membayangkan apa jadinya jika kisah Pinocchio dibuat menjadi dark ??? Developer game asal Korea “Neowiz” mencoba menjawab pertanyaan itu dengan “Lies Of P”, yang lebih mengejutkan adalah keputusan Neowiz untuk menjadikan game ini menjadi Soulslike, genre yang tidak cocok untuk beberapa kalangan gamer. Beberapa gamer bahkan merasa jika game ini mencoba mengambil pasar Bloodborne yang sampai saat ini masih berada di tangan Sony.

 

  Setelah memenangkan penghargaan “Most Wanted Playstaion Game” di ajang The Game Award, “Lies Of P” pada akhirnya berhasil membuktikan dirinya sebagai sebuah game yang sangat menarik meski harus mendapat cap sebagai penerus Bloodborne.

 

  Sebelum memulai review, saya TEKANKAN jika game ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Saya memberi nilai 8 dari 10 hanya untuk tingkat kesulitannya saja, tapi setelah ada update nilainya turun menjadi 6 -7. Jadi untuk yang gampang kena FOMO harap menjaga kesehatan dompet anda yak XD.



Jika Dibandingkan


sumber : flight rising

 

  Sejak pertama kali diumumkan game ini langsung dibanding-bandingkan dengan Bloodborne, apalagi setelah versi demo (terbatas hanya beberapa hari) dirilis semakin banyak kemiripan dari segi atmosfir, apalagi beberapa karakter yang terbilang mirip sehingga sulit sekali bagi game ini untuk kabur dari perhatian para fans Bloodborne yang tergolong super duper elit.

 

 Tapi setelah memainkan game ini, ternyata game ini memiliki mekanisme combat yang membuatnya lebih cocok untuk dibandingkan dengan Sekiro : Shadow Die Twice yang masih buatan studio yang sama (From Software).

 

Story


sumber : sirus gaming


  Kota Krat menjadi terkenal karena berhasil menemukan sumber daya baru “Ergo” yang digunakan untuk membuat Boneka (lebih cocok disebut robot sih XD) yang mampu menggantikan tugas manusia. Sebagai sistem keamanan, Geppetto selaku pembuat para boneka ini membuat berbagai “aturan” dasar agar para boneka ini patuh kepada manusia, bahkan aturan terpenting bagi para boneka ini adalah “Boneka Tidak Bisa Berbohong!!!”.

 

  Dan seperti yang bisa anda duga, para robot ini akhirnya berhasil mengamuk dan membuat insiden “Puppet Frenzy” yang memakan banyak korban, mereka yang berhasil bertahan hidup memilih mengungsi di berbagai tempat atau menggunakan jasa Stalker (semacam bodyguard) untuk melindungi diri mereka dari ancaman para boneka.

 

  Tapi penduduk kota Krat juga memiliki ancaman lain dalam bentuk Petrification Disease yaitu sebuah penyakit mematikan yang membuat penderitanya buta dan terancam menjadi Batu!!!

 

  Dan disinilah tugas kamu (MC) dimulai, kamu adalah boneka spesial buatan Geppetto yang ditugaskan untuk menyelamatkan kota Krat, yang membuat MC berbeda dengan boneka yang lain adalah MC adalah boneka yang “boleh” berbohong. Apakah MC bisa menyelamatkan kota Krat ??? dan rahasia seperti apa yang akan ditemukan MC ???

 

  Selama perjalanannya dan interaksi dengan berbagai karakter, MC mungkin akan mengalami berbagai “perubahan”.

 

 Oh ya, walaupun banyak media gaming dan (ohok ohok) influ-”encer” yang dengan enaknya menyebut jika MC adalah Pinocchio -_- , sebenarnya tidak seperti itu karena melalui situs resmi dan beberapa dialog menekankan jika MC adalah salah satu boneka buatan Geppeto, bahkan nama Pinocchio tidak akan kalian temukan pada game ini. Sebagai twist tambahan, kisah Pinocchio ternyata ada dan terkenal di kota Krat, namun sayangnya tidak ada NPC yang mau membahas tentang hal ini -_-.

 

Berbohong itu jahat mengasyikan


sumber : fandom

 

  Sesuai konsep cerita Pinocchio yang gemar berbohong walau harus dibayar dengan “sesuatu” XD, berbohong menjadi salah satu mekanisme andalan game ini meskipun hanya berupa pilihan dialog saja, uniknya adalah game ini tidak secara terang-terangan menyebut pilihan pemain sebagai kebohohongan atau kejujuran sehingga tidak ada penalti negatif untuk mekanisme ini selain reaksi karakter lain dan (katanya) menentukan 3 Ending yang akan pemain peroleh di akhir.

 

  Namun semakin permain menjelajahi kota Krat dan mempelajari berbagai rahasia kota ini, “berbohong” menjadi satu-satunya salah satu cara untuk memahami dunia ini.

 

Overview


 

  Memiliki genre Soulslike membuat game ini familiar bagi para fans genre Action RPG dengan berbagai mekanisme “khas” yang membuat game ini memiliki tingkat kesulitan tinggi.

 

  Salah satu Cara terbaik untuk melawan para boneka di game ini adalah melakukan perfect guard (PG) dengan cara menangkis serangan dengan timing yang tepat, lakukan hal ini berulang-ulang dan lawan akan masuk kondisi groggy dimana pemain mampu melakukan fatal attack yang memberikan damage tinggi. Jika pemain gagal melakukan PG maka pemain akan menerima damage yang bisa dipulihkan dengan langsung menyerang lawan SECEPATNYA, hal ini dikenal sebagai guard regain.

 

  Ergo akan menjadi mata uang yang bisa pemain gunakan untuk memperkuat MC atau membeli berbagai item yang (mungkin) berguna selama perjalanan berlangsung. Kelak pemain juga mampu memperkuat diri dengan memakai “P-Organs” yang mampu memberikan pemain berbagai kemudahan, sayangnya hal ini membutuhkan item khusus yang umumnya dijatuhkan oleh para musuh elite (baca : mini boss).

 

  Fitur terkeren dari game ini adalah pemain mampu membuat senjata sendiri yang terdiri dari “blade” dan “handle” (kebanyakan senjata bisa dilepas), ada banyak kombinasi dari senjata-senjata unik yang membuat game ini menjadi semakin menarik, terlebih lagi pemain mampu mengubah scaling beberapa handle agar sesuai dengan build yang pemain buat. Sayangnya fitur ini sedikit dirusak dengan adanya “boss weapon” yang mengabaikan fitur ini -_-.

 

 

  Saya sendiri kurang menikmati fitur ini karena hanya menggunakan satu jenis senjata selama bermain game ini, jadi saya bukan orang yang tepat untuk menjelaskan fitur ini XD.

 

  Senjata “sampingan” lainnya yang ada di game ini adalah lengan kiri MC yang bisa menjadi berbagai bentuk dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing, lengan ini disebut sebagai Legion Arm.

 

sumber : pcgamerN

 

  Satu quality of life yang saya suka dari game ini adalah adanya pengingat / reminder berbagai side quest dalam bentuk foto berbagai karakter saat mengakses fitur fast travel, hal ini sukses membuat saya lebih menikmati cerita dalam game ini sekaligus mendapat beberapa trophy.

 

  Musik juga menjadi keunggulan game ini dengan berbagai musik yang mampu menggambarkan keadaan kota Krat dan budaya eropa secara keseluruhan, berbagai musik bisa pemain mainkan selama berada di hotel Krat. 2 Favorit saya adalah “Feel” dan “Fascination” (dikenal juga sebagai lagu pemanggil "kuntilanak" XD).

 

  Sebagai game yang dirilis di berbagai platform, game ini ternyata tergolong stabil karena minim error dan mampu memberikan FPS yang stabil, sungguh sebuah keajaiban di dunia gaming jaman now XD.

 

  Seperti biasa, waktunya “kritik ngaco” :

 

- timing parry cukup sulit untuk diingat, tips utama dari saya adalah coba untuk menekan tombol block lebih lama dari biasanya (berbeda nol sekian detik) agar bisa mendapat perfect guard

 

- tidak ada bar / meteran khusus untuk melihat kondisi stun / groggy pada lawan

 

- di pertengahan game cerita terlihat melebar kemana-mana dan terkesan begitu ambisius alias sequel bait, untungnya respon game ini tergolong bagus

 

- ada cukup banyak objek yang tidak bisa dihancurkan, alhasilnya kesannya jadi “mubazir”

 

- beberapa (baca : kebanyakan XD) boss memiliki mekanisme dan kondisi yang “tidak adil”, jadi waspada saja bagi anda yang gampang emosi

 

- beberapa item kosmetik hanya tersedia di versi digital deluxe yang kurang worth karena memiliki bonus akses awal 72 jam yang pastinya sudah tidak berguna untuk sekarang -_-

 

- pemain terpaksa menaikkan status capacity untuk menaikkan equipment weight untuk memakai item ./ amulet yang lebih baik, tapi versi terbaru game ini sedikit “mempermudah” hal ini

 

- update terbaru membuat game ini menjadi lebih “mudah” (tergantung orangnya juga sih XD), sayangnya saya sudah terlanjur menamatkan game ini

 

 

  Meskipun memiliki atmosfir horor yang cukup kental, saya pribadi tidak merasakan hal ini karena saya tidak takut dengan boneka / robot pada game ini, tapi lain ceritanya untuk robot yang satu ini…


sumber : tenor

 

  Developer game ini sepertinya menyadari hal ini dan akhirnya memberi teror dalam bentuk lain yang akan pemain temukan di pertengahan game ini XD.

 

Jika terasa sulit

 

  Berikut beberapa tips dari saya ketika melawan boss untuk membuat game ini menjadi lebih mudah :

 

- manfaatkan summon specters yang bisa pemain panggil sebelum melawan boss (tidak semua boss memiliki fitur ini), gunakan mereka sebagai “umpan” agar boss menjadi fokus kepada mereka dan pemain bisa menyerang dari belakang (minimal sampai kena groggy 1x), ke depannya pemain bisa menggunakan item untuk mendukung kinerja para specters, sayangnya item ini tergolong lambat untuk digunakan kecuali pemain memakai salah satu upgrade pada fitur P-Organ.

 

- gunakan item lempar / throwable item, namun tidak saya rekomendasikan untuk playthrough pertama karena membutuhkan modal yang cukup besar dan umumnya boss memiliki gerakan yang cepat. Biasanya pemain menggunakan cara ini saat boss memasuki fase ke-2. Untungnya versi terbaru game ini mempermudah pemain untuk melakukan aktifitas farming

 

- pelajari gerakan boss agar bisa melakukan perfect guard atau minimal bisa menghindari serangan boss, anehnya beberapa serangan ngaco berbagai boss bisa pemain cancel dengan cara menyerangnya terlebih dahulu.


My Build


 

  Berikut adalah build yang saya gunakan untuk menamatkan game ini, build ini berfokus pada charge attack (tombol R2) yang mampu membuat lawan groggy walau gerakannya tergolong lambat dan rawan untuk di-cancel karena tidak ada mekanisme hyperarmor pada game ini -_- , untungnya handle senjata ini membuat charge attack memiliki jangkauan jarak menengah sehingga cocok digunakan untuk “jaga jarak” dengan strategi hit and run, namun tetap saja gerakan senjata ini tergolong lambat!!!

 

  Untuk status saya fokus kepada Vitality (agar HP semakin besar) dan Motivity untuk damage sambil tidak lupa menaikkan capacity agar bisa menggunakan part yang lebih berat (hal ini bisa diatasi dengan amulet khusus), pada playthrough pertama saya hanya mampu mencapai level 70-an karena jumlah ergo yang tergolong “seret”.

 

  Untuk playthrough ke dua (NG+) saya mencoba bereksperimen dengan menaikkan capacity agar bisa menggunakan amulet yang memberikan regen HP, sayangnya hasilnya kurang efektif karena ujung-ujungnya saya tetap mati dalam 3-4 serangan saja. Stats di game ini umumnya berhenti scaling optimal di angka 40 tapi saya tetap menaikkan untuk alasan survival. Dan inilah stats terakhir saya.


 

  Oh ya, di NG+ Ergo tergolong mudah didapatkan sehingga jangan heran jika pemain mampu mencapai level 3 digit XD.  


Dari Sudut Pandang Ekonomi

 

  Untuk PS4 / PS5, Game ini memasang harga di angka 800-900 ribu untuk versi digital tapi hanya 500-600 ribu untuk versi fisik, jadi tidak perlu saya jawab harus memilih versi yang mana yah XD.

  Untuk kubu Xbox, game ini malah tersedia GRATIS untuk pengguna gamepass meskipun update patchnya tergolong lambat, tapi sepertinay maslah ini sudah bisa diatasi.

 

  Karena saya memilih versi fisik untuk konsol PS5, ini adalah kesimpulan saya untuk harga di atas.

sumber : pinterest

 (Worth every penny)

 

Menatap Masa Depan (SPOILER ALERT!!!)


sumber : fandom

 

  Apapun ending yang pemain dapatkan, akan ada scene dimana sebuah/seorang karakter memasuki kota Krat dengan ciri khas sepatu merah. Karakter ini tidak lain tidak bukan adalah Dorothy dari kisah Wizard Of Oz.

 

  Apakah ke depannya dunia “Lies Of P” akan diisi berbagai dongeng lainnya ???

 

Conclusion 

 

  Gamenya mudah, ceritanya ampas, berani sekali menganggap dirinya penerus Bloodborne, dasar game P E M B O H O N G.

 

My Score 

50 , (tiba-tiba ada yang memanjang)


sumber : cap cut

 

 

Conclusion 

“Lies Of P” menjadi bukti nyata jika ada developer lain yang mampu mengerti apa yang fans Soulslike inginkan dan behasil mengeksekusinya dengan ciri khas tersendiri, terlebih lagi inspirasi kisah Pinocchio membuat game ini semakin menarik. Update versi terbaru juga menegaskan jika game ini tidak memaksa pemain untuk menjadi “git gud” (syarat dan ketentuan tetap berlaku yah XD).


What’s next ??? easy mode untuk genre Soulslike ???, eh Star Wars Jedi Fallen Order sudah memakai cara itu sih…


My Score 

85, C'est plus fort que moi... je t'aime !

 

===================================

===================================

===================================



Bonus



   Untuk yang tertarik dengan cerita game ini tapi terhalang oleh beberapa alasan (tidak bisa git gud contohnya XD), coba dengarkan lagu “jadul” dan pahami liriknya.

 

Saya memasukkan hal ini karena lagu ini stuck di kepala saya saat melawan Final Boss di game ini -_-

 

 

No comments:

Post a Comment