Just A review From me: [ISENG] Overlord Season 2 Review

Saturday, May 12, 2018

[ISENG] Overlord Season 2 Review

SPOILER ALERT!!!



Prolog


  Dari semua cerita "terjebak di dunia game" (.hack , SAO, dan Overlord) yang saya ketahui, Momonga / Ainz Ooal Gown dari Overlord berhak menyandang gelar yang terkuat karena :




  • dia tidak bisa mati karena merupakan Lich
  • memiliki kemampuan (baca : level) tertinggi dengan beragam kemampuan lainnya
  • memiliki anak buah super loyal dan tidak kalah kuat
  • memiliki markas (Nazarick) dengan berbagai item kuat di dalamnya
  • mukanya serem XD

  Dengan semua kelebihan di atas tentunya tidak sulit bagi Momonga untuk menguasai dunia tempat dia berada sekarang (New World), tapi sayangnya kelemahan Momonga terlihat saat dia terlalu berhati-hati dalam mempelajari New World yang kelak akan membuat salah satu anak buahnya lepas kendali dan melakukan pemberontakan, untungnya semua itu berhasil diatasi dengan cara yang "gamer" banget XD.

  Secara garis besar, kira-kira begini cara saya menilai kemampuan dari karakter dalam anime ini :

Momonga / Ainz    : level maksimum (99) dengan perlengkapan terbaik
Floor Guardians     : level 70-80 tanpa perlengkapan terbaik (karena mereka NPC)
Pleiades                  : level 50 karena menjadi bawahan Floor Guardians

==============================================================
penduduk New World : level 1-40 XD (tapi beberapa dari mereka memiliki "World Class Item")

  Dan sekarang tanpa adanya halangan dan setelah penantian selama 3 tahun (season 1 rilis pada tahun 2015), sudah saatnya Momonga menjalankan rencananya untuk menguasai New World, dan untuk melakukan itu semua dia membutuhkan banyak dukungan dari banyak pihak. Maka tidak heran jika Momonga akan melakukan "Pencitraan" a.k.a "Pansos" untuk mencapai tujuannya.

  Setelah menonton season 2 ini bisa saya katakan jika Momonga berhasil melakukan "Over-Pansos" XD.

Story


  Rencana menaklukan New World dimulai dengan pembantaian kaum Lizardmen oleh Cocytus, tapi di lain pihak para Lizardmen juga tidak mau ditaklukkan begitu saja dan berniat melawan Ainz Ooal Gown!!!

  Di Re-Estize Capital, putri Renner berniat merekrut Blue Rose (Adventurer kelas Adamantite) untuk melenyapkan "Eight Fingers", organisasi kriminal terbesar di New World. Berhasilkah usaha mereka ???

  Di tempat lain, Sebas yang ditugaskan mencari info melakukan "sesuatu" yang kelak akan membuatnya dianggap mengkhianati Ainz Ooal Gown (seperti yang terlihat di akhir season 1), kira-kira apa yang diperbuatnya sampai bisa mengundang murka dari anggota Ainz Ooal Gown lainnya ???

  Ada juga kisah tentang Climb selaku squire (baca : pelindung) dari putri Renner yang ingin menjadi kuat beserta Brain Unglaus yang menjadi ketakutan setelah bertemu Shaltear di season 1.

  Singkatnya, season 2 akan diisi banyak sub-plot dari berbagai karakter, Momonga / Ainz sendiri tidak menjadi fokus untuk season ini. Tapi tetap saja saya ingatkan jika para anggota Ainz Ooal Gown sendiri sudah terlalu kuat untuk ukuran New World sehingga tidak mengurangi atmosfir OP (Over-Powered) dalam serial ini XD (baca : tidak ada lawan yang pantas bagi mereka XD).

  Elemen dark dan sadis masih dapat anda temukan meskipun tampil minim dan kebanyakan off-screen, tapi setidaknya hal ini kembali mengingatkan kita jika New World adalah dunia yang keras dan Ainz Ooal Gown tidak sebaik yang anda kira XD.

  Untuk pengalaman terbaik sangat disarankan untuk melihat anime ini dari sudut pandang "orang biasa" sehingga anda dapat melihat betapa kuatnya pencitraan dari para anggota Ainz Ooal Gown XD.

  Kekurangan season kali ini terlihat dari banyaknya durasi (baca : episode) yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu sub-plot yang sebenarnya dapat diselesaikan dengan sangat mudah. Selain itu ada beberapa karakter "kuat" yang hanya muncul di satu adegan dan terlihat sekali sangat menggoda penonton untuk (kembali) menunggu season 3 dari anime ini.

  Untungnya sih kita tidak perlu menunggu lama untuk season 3.....

Characters


Ainz Ooal Gown



  Mulai melakukan rencana mereka untuk menaklukkan New World, Momonga / Ainz tetap memiliki identitas ganda sebagai Adventurer "Momon" yang sekarang sudah memiliki reputasi yang besar yang kelak akan menjadi lebih besar seiring berjalannya season ini.

  Momonga / Ainz sendiri mulai belajar untuk bersikap lebih "sadis" dengan cara menghukum bawahannya yang melakukan kesalahan (contoh : Shaltear), tapi sayangnya tidak semua masalah bisa diselesaikan hanya bermodalkan "sadis" saja XD.

  Season 2 sendiri mutlak milik Cocytus, Sebas, dan Demiurge. Anggota lain kurang mendapat sorotan tapi tetap memiliki perannya yaitu membuat Nazarick palsu yang kelak akan menjadi salah satu cerita untuk season 3.

  Cukup disayangkan peran Albedo di season ini tergolong minim, tapi setidaknya kita bisa melihat anggota Ainz Ooal Gown yang lain yang tidak muncul di season . Beberapa diantaranya yaitu Victim (Floor Guardians yang "imut") , Eclair (pinguin yang berniat menguasai Ainz Ooal Gown), dan Pestonya Shortcake Wanko (hanya sekedar pelayan).


Cocytus (Kenta Miyake)



  mendapat perintah untuk membantai kaum Lizardmen dan menggunakan mayat mereka untuk penelitian di Nazarick. Meskipun sudah dibekali pasukan oleh Momonga / Ainz , ternyata kaum Lizardmen berhasil menangkal serangan gelombang pertama dari Cocytus. Sontak hal ini membuat Cocytus merasa gagal dan bersiap menerima hukuman dari Momonga / Ainz.

Sebas Tian (Shigeru Chiba)



  ditugaskan untuk menjadi "mata-mata" dan kedapatan "membeli budak", sontak hal ini membuat kredibilitasnya dipertanyakan dan membuatnya dianggap sebagai sosok pengkhianat.

Demiurge (Masayuki Kato)



  memiliki rencana "super licik" yang akan terungkap di akhir season ini XD.

The Lizardmen



  Ras yang terbagi menjadi beberapa suku dan hidup terpisah karena perbedaan pendapat (bahkan sejarah mengatakan ras ini pernah melakukan kanibalisme demi bertahan hidup!!!), setelah mendapat peringatan dari Ainz Ooal Gown, Zaryushu Shasha (Hiroki Touchi) yang dianggap "orang luar" karena meninggalkan desa berniat untuk menyatukan para Lizardmen untuk melawan Ainz ooal Gown. Zaryusa sendiri memiliki pedang "Frost Pain" yang dianggap sebagai salah satu senjata terkuat di New World. Perjalanannya menyatukan para Lizardmen mempertemukan Zaryusa dengan Crush Lulu (Lizardmen albino) dan membuat mereka berdua jatuh cinta (suit suit XD).

Princess Renner dan Climb



  Putri kerajaan Re-Estize yang terkenal dengan kebaikan dan kecantikannya, tapi dibalik itu semua Renner memiliki sisi "lain" yang tidak pernah dia perlihatkan pada orang lain. Saat ini Renner berniat menghancurkan organisasi Eight Fingers dengan bantuan Blue Rose.

  Climb sendiri adalah squire yang ingin menjadi kuat agar bisa melindungi Renner, dan hal ini kelak akan mempertemukannya dengan Sebas.

Blue Rose



  Adventurer kelas Adamantite yang bisa dikatakan "ok lah", ada Lakyus (Ami Koshimizu) yang memiliki pedang terkutuk "Kilineriram" dan mampu menggunakan sihir untuk menghidupkan yang sudah mati, Evileye (Yumiri Hanamori) yang tampil misterius dan menjadi anggota terkuat, Gagaran (Kimiko Saito) yang berotot dan gemar berburu "daun muda XD", Tia (Shizuka Ishigami) dan Tina (Miyu Tomita) yang menjadi assasin untuk Blue Rose.

Yang cuma muncul satu kali



  beberapa karakter yang muncul di awal dan akhir season ini dan berasal dari negara lain dan sepertinya menyimpan banyak rahasia. Ada Zesshi Zumei, Vampire yang tertarik pada Momonga / Ainz. Di lain tempat ada Rigrit, salah satu dari 13 pahlawan yang pernah menyelamatkan New World sedang bercakap-cakap dengan Platinum Dragon yang mengetahui tentang Yggdrasil.

  Di akhir season ini ada 2 orang misterius yang (lagi-lagi) tertarik pada Ainz Ooal Gown.

Tulisan di bawah mengandung Spoiler kelas berat jadi WASPADALAH XD !!!


Lizardmen VS Ainz Ooal Gown



  Zaryusu yang berhasil menyatukan para Lizardmen berhasil mengalahkan gelombang pertama dari pasukan Ainz Ooal Gown. Cocytus yang merasa gagal meminta Momonga / Ainz untuk menghukumnya. Di sini Momonga / Ainz tertawa dan sudah merencanakan itu semua karena dia ingin Cocytus belajar "menerima kegagalan", dan hukuman bagi Cocytus adalah membantai semua Lizardmen. Cocytus mencoba mengubah pemikiran Momonga / Ainz karena dia menghormati para Lizardmen dan mencoba meyakinkan Momonga / Ainz untuk menjadikan para Lizardmen sebagai pelayan untuk Nazarick. Ainz semakin senang dengan keputusan Cocytus dan akhirnya meminta Cocytus untuk memimpin para Lizardmen jika semua sudah berakhir.

  Disini Shaltear Bloodfallen juga mendapat hukumannya yaitu menjadi "kursi" untuk Ainz, tentunya tidak ada yang keberatan bukan ??? (kecuali satu orang XD).


(kelihatannya sakit sekali XD)

  Dan harap hindari ep 5 jika anda tidak ingin melihat adegan reproduksi 2 ekor kadal XD.

  Dengan tampil super "pencitraan" yang jelas-jelas menyontek kemunculan Xerxes dari film "300", Ainz meminta duel Cocytus VS semua perwakilan dari Lizardmen jika mereka ingin selamat.


(sosok sang Raja)

  Tentu saja duel dapat dimenangkan dengan M-U-D-A-H oleh Cocytus, disini juga dia membunuh semua perwakilan Lizardmen termasuk Zaryusu!!!.


(kadang saya lupa kalau Cocytus itu kuat..)

  Sebagai penutup, Momonga / Ainz mengundang Crusch dan memintanya untuk menjadi "mata-mata" bagi kaumnya sendiri dengan bayaran Zaryusu akan dihidupkan kembali . Crusch menyetujui hal ini dan Zaryusu dihidupkan kembali (meskipun terkena penalti level). Para Lizardmen sendiri akhirnya menganggap Momonga / Ainz sebagai sosok DEWA.

Sebas dan Pesan Dari Pencipta



  Sebas yang sedang mengumpulan info melihat seorang perempuan "dibuang" dengan kondisi yang mengenaskan (tulang remuk, tendon dipotong, dll). Sebas lalu teringat pesan dari penciptanya yaitu Touch Me untuk selalu menolong mereka yang kesulitan. Sebas lalu terpaksa "membeli" perempuan lalu merawatnya sampai sembuh meski mendapat ancaman akan diburu oleh Eight Fingers.

  Aksi Sebas ini membuat dirinya dianggap "berkhianat" dan harus menghadap Momonga / Ainz, Momonga / Ainz menguji kesetiaan Sebas dengan cara memintanya untuk membunuh perempuan tersebut. Hal ini terpaksa dilakukan oleh Sebas. Untungnya ini semua hanya "tes" dari Momonga / Ainz.


(bukti kesetiaan)

  Senang dengan "pertumbuhan" para bawahannya, Ainz menyerahkan nasib perempuan itu pada Sebas. Perempuan yang bernama "Tuare" itu ternyata adalah saudara dari Ninya Berion, anggota Sword Of Darkness yang mati mengenaskan di Season 1. Momonga / Ainz sendiri sudah mengetahui tentang hal ini dan menganggap jika ini semua adalah "balas budi" atas jasa Ninya selama Season 1. Sebas sendiri menginginkan Tuare untuk tinggal di Nazarick.

Menjadi Lebih Kuat



  Brain Unglaus yang ketakutan setelah bertemu Shaltear akhirnya ditemukan oleh Gazet Stronoff dan tinggal bersamanya. Suatu hari, Brain melihat Sebas sedang menolong seseorang dan berniat untuk mengikutinya. Sebas sendiri ternyata diikuti oleh Climb yang kagum dengan kekuatannya dan memintanya untuk melatihnya. Sebas menguji mental Climb dengan memberi sebuah "atmosfir kematian" yang sama seperti yang dirasakan oleh Brain saat bertemu Shaltear. Climb berhasil melewati semua ini sehingga membuat Brain penasaran apa yang membuat Climb mampu bertahan. Climb menjawab jika semua ini demi melindungi Putri Renner.


(tatapan kematian)

  Sayangnya pertemuan mereka bertiga diganggu oleh para assassin dari Eight Fingers yang (tentunya) dapat dikalahkan dengan mudah oleh Sebas. Sayangnya Tuare berhasil diculik oleh Eight Fingers dan memaksa Sebas untuk meminta bantuan kepada Momonga / Ainz yang sayangnya tidak bisa dilakukan karena dia sedang menjadi Momon, tetapi Momonga / Ainz meminta anggota Ainz ooal Gown lainnya untuk membantu Sebas.

  Di lain pihak, Blue Rose sendiri sedang merencakan untuk menyerang markas Eight Fingers.

Sebas VS Eight Fingers



  Sebas kembali bertemu dengan Climb dan Brain dalam perjalanannya untuk menyelamatkan Tuare, di sini Sebas harus melawan "Six Arms", 6 orang elit yang menjadi Bodyguard untuk Eight Fingers. Di sini kembali saya harus mengingatkan jika Sebas itu kuat dan tidak membutuhkan usaha keras untuk membunuh mereka semua.

  Di tempat lain, Mare menangkap salah satu anggota Eight Finger dan meminta Entoma untuk "mengosongkan" (baca : memakan) tempat ini. Anggota Blue Rose mengira jika Entoma adalah salah satu anggota Eight Finger lalu melawannya. Entoma sendiri tergolong kuat namun sayang Evileye memiliki sihir "Vermin Bane" yang menjadi kelemahan dari Entoma dan membuatnya harus diselamatkan oleh Demiurge Jaldabaoth yang mampu membunuh 2 anggota Blue Rose dengan mudah.


(Entoma, imut2 menyeramkan)

Di sini sosok "Satrio Panama Paper XD" muncul dalam bentuk Momon.


(bener2 pencitraan)


The Ending


  Jaldabaoth berencana untuk menghancurkan Re-Estize dengan membuat api besar di tengah kota dan memanggil banyak monster. Hal ini membuat semua knight dan Adventurer bekerjasama untuk melawan Jaldabaoth.

  Kelak Momon akan terlibat duel maut dengan Jaldabaoth.


(wuih keren)

..............................
..............................
..............................
..............................

  Tapi tunggu, ternyata ini semua adalah rencana Demiurge untuk menaikkan pamor Momon (Momonga / Ainz tidak tahu tentang hal ini), sontak kita semua sudah tahu dong hasil akhir dari pertarungan ini XD. Dasar pencitraan!!!

  Ini adalah bukti loyalitas para anggota Ainz Ooal Gown sampai-sampai harus membuat "sandiwara" demi membuat Momon menjadi sosok penyelamat, sang "Satrio Panama Paper" yang kelak akan menguasai New Wold.


(ini baru Over-Pansos)

  Sebagai penutup lainnya, semua anggota Eight Fingers berhasil ditangkap oleh Ainz Ooal Gown setelah sebelumnya menyiksa salah satu anggotanya (dimakan "kecoa besar" dan dimuntahkan secara terus-menerus) agar mau membocorkan lokasi Eight Fingers.


  Dan disini Momonga / Ainz kembali duduk di singgasananya dan siap menunggu season 3.


Efek Dari "Over-Pansos"



  Tidak seperti season 2 yang harus menunggu 3 tahun, Season 3 akan tayang di bulan Juli tahun ini. Semakin terkenal saja nih tengkorak yang satu ini XD

Conclusion


  Meski kebanyakan diisi sub-plot, Season 2 berhasil memperkenalkan penonton dengan Dunia New World dengan berbagai karakter di dalamnya, semoga saja di Season 3 nanti akan muncul lawan yang seimbang bagi Ainz Ooal Gown (memangnya ada XD ???)


My Score


85, Tengkorak Tukang Pansos XD


temukan review lainnya di SINI

1 comment:

  1. bang nanti anggota nya momonga ada yang mati ga

    ReplyDelete