Just A review From me: [TV SERIES] The Flash Season 4 Review

Tuesday, June 12, 2018

[TV SERIES] The Flash Season 4 Review


SUPER SPOILER ALERT!!!



Prolog


  Selama 3 Season penonton disuguhi aksi heroik The Flash dalam menyelamatkan Central City, apalagi saat The Flash merusak Timeline XD. Karena dinilai sudah merubah banyak Timeline akhirnya Barry Allen dihukum oleh Speedforce dengan cara diminta untuk tinggal di dalam Speedforce demi menstabilkan situasi yang ada.



  Dengan menghilangnya Barry, Team Flash harus mencari cara untuk melindungi Central City, dan jujur saja sebenarnya konsep "Tidak ada Flash" ini sangat bagus untuk dieksplorasi. Sayangnya season 4 LANGSUNG dimulai dengan kembalinya Barry Allen dari Speedforce -_-.

  Overall, ini adalah season terlemah dari serial ini karena semakin membuktikan jika The Flash bukanlah sosok pahlawan yang kita butuhkan karena semua masalah dalam season ini (kembali) disebabkan oleh dirinya, selain itu season kali ini kembali mengulangi formula 3 season flash sebelumnya (Flash kalah/terdesak -> konsultasi ke Team Flash -> musuh kalah) yang seharusnya sekarang sudah terlihat "basi", bahkan karakter yang ada sudah tidak semenarik season sebelumnya meskipun saya masih memiliki 2 karakter favorit.

  Dan yang terpenting, banyak orang mulai berhenti menonton serial ini karena aksi SATU KARAKTER yang semakin menyebalkan (tentunya sudah bisa anda menebak bukan XD ???).

Kembalinya Si Perusak Timeline



  6 bulan tanpa kehadiran The Flash seharusnya bisa digunakan untuk menggambarkan kehidupan Team Flash dalam melindungi Central City (minimal 2-3 episode), apalagi masih ada Kid Flash yang jarang sekali mendapat perhatian. Sayangnya ide bagus ini harus musnah karena Barry Allen langsung kembali dari Speedforce dengan solusi "maksa banget" dari Cisco.

  Penyebab lainnya adalah Central City kedatangan sebuah villain dengan sebutan "Samuroid" yang meminta Flash untuk menghadapi dirinya, bahkan dia menculik Iris untuk mencapai keinginannya. Team Flash yang tidak bisa menghadapi Samuroid akhirnya membuat mereka memanggil "paksa" Barry dari Speedforce. Meskipun awalnya Barry terlihat seperti "orang gila" (yang menandakan jika hidup di Speedforce = neraka), diculiknya Iris berhasil membuatnya kembali waras dan akhirnya dapat mengalahkan Samuroid. Lalu Season 4 dimulai.


  Oh ya, Samuroid itu sebenarnya hanya tipikal robot canggih tanpa kecepatan super, tapi anehnya Kid Flash malah tidak bisa mengejarnya -_-, dan dibalik semua itu ada sosok misterius yang sudah merencanakan kembalinya Barry Allen.

  Terakhir, kembalinya The Flash tentu saja membuat Kid Flash kurang mendapat sorotan dan kelak memilih untuk bergabung dengan serial TV lain XD.

Story


  Kembalinya Barry Allen membuat masalah baru dengan terciptanya berbagai Metahuman yang terpapar elemen Dark Matter saat Barry keluar dari Speedforce. Tentunya tugas Team Flash saat ini adalah mencari para Metahuman yang disebut sebagai "Bus Metas", tapi dibalik itu semua ada tokoh misterius dengan julukan "The Thinker" yang akan meneror kehidupan Barry Allen dengan menggunakan kepintaran miliknya. Bisakah The Flash menyelesaikan semua masalah ini ???

  Cerita berjalan cukup lambat karena diisi dengan berbagai subplot dan episode filler yang beberapa terlihat cukup menarik, tapi overall menjadi mengecewakan karena Villain kali ini memiliki kekuatan berupa kepintaran yang menandakan jika DeVoe adalah orang yang sabar XD.

  Season 4 juga kembali membuktikan jika The Flash masih membutuhkan peran dari teman-temannya untuk menyelesaikan masalah yang ada. Seharusnya hal ini tidak mengganggu, tetapi setelah 3 season dengan formula serupa akhirnya saya merasa jika konsep ini mulai "basi", apalagi saya pribadi berharap jika The Flash sudah menjadi sosok kuat bagai dewa setelah tinggal di Speedforce selama 6 bulan. Jangan lupa jika gelar "Fastest Man Alive" akhirnya pantas disandang oleh The Flash setelah kejadian dengan Savitar, jadi seharusnya The Flash digambarkan OP (Overpowered) dalam season ini dengan catatan masih bisa memberikan drama dalam bentuk The Thinker. Sayangnya hal ini tidak terjadi -_-

  Dan jika anda bertanya dimana Julian "Draco Malfoy" Albert berada ??? dia sudah kembali ke London dan tidak muncul dalam season ini -_- (padahal saya pribadi mulai senang dengan karakter ini).

Characters


Barry Allen (Grant Justin) a.k.a The Flash



  Kembali dari Speedforce dengan membawa masalah baru, kali ini aksi The Flash terlihat tidak ada yang spesial dan membuatnya tidak seperti karakter utama bagi saya pribadi.

  Dari segi hubungan, meskipun awalnya mulai mempertanyakan hubungannya dengan Iris, akhirnya Barry memutuskan untuk menikah dengan Iris setelah sebelumnya harus melalui beberapa couple therapy (di indonesia kami mengenalnya dengan sebutan "curhat gratis" XD) yang (tentunya) harus mengalami cukup banyak hambatan karena banyaknya masalah dalam Central City.

  Tapi setidaknya si Therapist tetap dibayar bukan (loh???) XD ???


(akan ada cukup banyak adegan seperti ini)

  tapi adegan ini pula yang (kembali) menumbuhkan kekesalan saya pada SATU karakter.



Cisco Ramon a.k.a Vibe (Carlos Valdes)



  kembali menjadi aset berharga bagi Team Flash dengan berbagai penemuan dan selera humor yang saat ini seharusnya sudah bisa ditebak oleh para penonton XD. Masalah mulai muncul saat ayah Gypsy (Earth-19) yang dikenal sebagai "Breacher" datang untuk menguji apakah Ciso layak untuk menjadi menantunya XD.

  Untuk yang belum tahu, Breacher diperankan oleh Danny Trejo jadi bersiap-siaplah untuk merasa ngeri sekaligus lucu XD.


(like father, like daughter XD)

Caitlin Snow (Danielle Panabaker)



  Setelah memutuskan untuk keluar dari Team Flash di akhir season 3, Caitlin menghabiskan 6 bulan untuk menghilangkan persona "Killer Frost" yang ada dalam dirinya. Selama 6 bulan Caitlin "terpaksa" bekerja untuk Amunet, Metahuman yang memiliki usaha perdagangan manusia. Tapi setelah Cisco menemukan cara untuk mengembalikan Barry dari Speedforce, Caitlin kembali bergabung dengan Team Flash. Interaksinya dengan Killer Frost digambarkan dengan perubahan wujudnya yang terjadi jika dia sedang gugup/stress meskipun mereka masih belum bisa berbicara satu sama lain. Tapi tenang saja karena kali ini Killer Frost sudah menjadi baik dan siap untuk membantu Team Flash.

  Sebagai tambahan, Amunet si "tante gaul XD" diperankan oleh Katee Sackhoff yang sebelumnya terkenal di serial TV Battlestar Galactica sebagai Kara "Starbuck" Thrace dan pernah muncul di salah satu episode The Big Bang Theory sebagai ikon fantasi seksual bagi Howard Wolowitz XD.


(pantas terlihat familiar)

Harrison "Harry" Wells (Tom Cavanagh)



  Saya tegaskan tidak ada masalah dengan kualitas akting Tom Cavanagh, tapi sialnya karakter yang dia perankan kali ini kurang "nendang" jika dibandingkan dengan aksinya saat season 2.

  Harry yang berasal dari Earth-2 datang ke Earth-1 setelah dia "diusir" oleh anaknya sendiri karena dianggap terlalu menyebalkan sekaligus untuk membawa "break-up cube" untuk Wally yang isinya adalah pesan "putus" dari Jessie, tidak heran hal ini membuat Wally baper dan meninggalkan serial ini untuk sementara :'(

  Harry sendiri mencoba membantu Team Flash dengan kejeniusannya yang sudah terbukti, tapi karena Villain kali ini lebih pintar dari dirinya maka peran Harry sendiri semakin tidak terasa, karena hal ini juga Harry melakukan segala cara agar dirinya bisa dianggap sebagai bagian dari Team Flash meskipun kelak akan membahayakan dirinya.

  "melakukan segala cara agar bisa dianggap" , terdengar familiar ????

  Yup, Harry di season ini = H.R dari season 3 (R.I.P T_T), tapi sayangnya sosok Harry sendiri kurang cocok jika menjadi humoris dan akhirnya malah merusak image karakter ini yang terlihat cool dan bad-ass. Harry terlihat sangat menyedihkan dalam season ini -_- .

  Sedikit OOT, Tom Cavanagh sendiri menjadi sutradara untuk beberapa episode dari serial ini, jadi wajar jika Harry sering tidak terlihat pada beberapa episode.

Joe West (Jesse L. Martin) dan Cecile Horton (Danielle Nicolet)



  Joe masih memegang gelar "ayah angkat terbaik" meski aksinya kali ini tidak banyak, kali ini hubungannya dengan Cecile Horton diuji karena Cecile.......

  H-A-M-I-L (beda budaya jadi jangan komen yang macem-macem yah XD)


(ekspresinya priceless banget XD)

  yang mengherankan, Cecile tiba-tiba mendapat kemampuan telepati (membaca pikiran) tanpa ada penjelasan, tapi bisa saja hal ini terjadi karena dia sedang hamil yang menandakan jika anaknya kelak akan menjadi Metahuman.

  Bagi saya pribadi, Cecile adalah MVP untuk episode akhir dari season ini.

Ralph Dibny a.k.a Elongated Man (Hartley Sawyer)



  mantan detektif "korup" yang pernah bekerja bersama Barry dan Joe, tapi dia dipecat karena memalsukan barang bukti yang berhasil dikuak oleh Barry. Hal ini sendiri membuat Ralph membenci Barry.

  Saat ini Raplh bekerja sebagai seorang P.I (Private Investigator) yang menangani kasus-kasus "picisan", salah satu kasusnya membuatnya berada di bis yang terkena Dark Matter dan membuatnya memiliki kekuatan super yaitu mampu membuat tubuhnya menjadi elastis, kekuatan ini sendiri dianggap sebagai kekuatan terkuat oleh Harry karena membuat Ralph kebal dari berbagai macam serangan.

  Khawatir jika Ralph akan diincar oleh DeVoe, akhirnya Barry terpaksa merekrut Ralph ke dalam Team Flash sekaligus mengajarinya untuk menjadi sosok pahlawan. Aksi Ralph sendiri sangat menarik untuk diikuti karena mampu mencairkan suasana dengan berbagai jokes yang dia miliki + sifatnya yang unik XD.

  Tapi karena tradisi "karakter baru PASTI jahat" yang terjadi di season-season sebelumnya, Ralph awalnya cukup dijauhi oleh aggota Team Flash (apalagi saat mereka tahu jika Ralph adalah polisi korup) dan membuatnya kurang mendapat perhatian karena sering menghilang pada beberapa episode -_-

  yang bikin tambah kesal adalah desain awal kostum miliknya yang sangat "ah sudahlah" padahal dibuat oleh Cisco, untungnya nanti kostumnya diganti menjadi lebih keren. Hal ini mengingatkan saya pada Black Lightning.


(idih jelek dan idih ganteng)

Iris West (Candice Patton)



INI DIA ALASAN beberapa orang berhenti menonton serial ini

tapi mari bersikap "sedikit" netral dan melihat terlebih dahulu sisi positif dari iris yaitu :

  • dia adalah karakter yang paling berkembang dalam serial ini (dari gadis biasa menjadi pemimpin Team Flash)
  • sering memberikan saran yang berguna untuk melawan Metahuman
  • kemampuan sebagai "mantan" jurnalis mulai terlihat pada season ini
  • menjadi istri dari karakter utama XD

  kalau sisi negatif tidak usah dibicarakan lagi yah, anda yang menonton The Flash pastinya sudah bisa membuat daftar berbagai tingkah laku Iris yang sangat annoying (sudah tidak terhitung jumlahnya) dan pantas untuk di-bully. Bagi anda yang membenci Iris (termasuk saya) harap untuk tidak menggunakan komentar SARA (baca : warna kulit) untuk mengejek karakter/aktris ini karena percaya atau tidak di luar sana ada kelompok yang sangat membela SETIAP tingkat laku Iris dan siap melakukan cyber bullying jika anda mengejek warna kulit Iris, mereka sendiri saya anggap sebagai PPI (Peron Pembela Iris) XD.

  Salah satu aksi "nyebelin" Iris adalah kalimat "We are The Flash" yang secara makna sih bagus, tapi sayang digunakan di saat yang tidak tepat karena kalimat ini terlihat hanya mengacu pada "Barry dan Iris" bukan keseluruhan Team Flash. Kalimat ini juga yang membuat Iris menjadi meme XD.


(tepok jidat)

  Dan aksi menyebalkan lainnya adalah pada salah satu episode sampingan (Run, Iris, Run) dimana Iris memiliki kekuatan The Flash sekaligus semakin memperkuat makna kalimat "We Are The Flash".


(tepok jidat versi 2)

Si Gadis Misterius (Jessica Parker Kennedy)



  Muncul di beberapa adegan dan memiliki buku berisi simbol-simbol aneh yang sama dengan yang Barry tulis saat dia keluar dari Speedforce, siapakah gerangan dirinya ???

Clifford DeVoe a.k.a The Thinker (Neil Sandilands)


  karena tebakan iseng-iseng saya terbukti jadi.....

ISTI , ISTI, ISTIISTI , ISTI, ISTIISTI , ISTI, ISTI


======================================================================

TULISAN DI BAWAH MENGANDUNG SPOILER KELAS BERAT JADI BERHATI-HATILAH!!!

==============================================

Akhirnya Mereka Menikah 



  Setelah melalui berbagai couple therapy, akhirnya Barry dan Iris memutuskan untuk menikah. Sayangnya "janji suci" mereka harus diganggu oleh para NAZI yang berasal dari Earth-X.

  Tapi tenang saja, pada akhirnya mereka berdua tetap menikah kok XD

The Bus Metas



  berikut adalah mereka yang menjadi Metahuman karena terpapar Dark Matter saat Barry keluar dari Speedforce :

  • Ramsey Deacon (Kilg%re) : hack beberapa peralatan elektronik
  • Becky Sharpe (Hazard) : manipulasi probabilitas (keberuntungan)
  • Ralph Dibny (Elongated Man) : bisa merenggangkan tubuhnya menjadi berbagai macam bentuk yang fantastis XD
  • The Weeper : air matanya = narkoba model baru
  • Mina Chaytan (Black Bison) : mengubah patung menjadi monster
  • Dominic Lance (Brainstorm) : telepati
  • Neil Borman (Fallout) : memiliki nuklir dalam tubuhnya
  • Sybert Rundine (Dwarfstar) : mengecilkan berbagai objek
  • Izzy Bowin (The Fiddler) : manipulasi gelombang suara
  • Matthew Kim (Melting Point) : menukar DNA 2 individu
  • Janet Petty (Null) : manipulasi berat dari objek yang dia sentuh
  • Edwin Gauss (Folded Man) : menciptakan pocket dimension

  Sayangnya mereka semua menjadi korban keganasan dari DeVoe, favorit saya pribadi adalah Becky Sharpe (pemeran, kisah hidup, dan kemampuannya sempurna untuk versi TV).

Saat Otak Mengalahkan Otot 



  Dengan menggunakan akalnya, DeVoe mampu membuat Barry tertarik pada dirinya dan membuatnya dilaporkan ke polisi karena dianggap sebagai seorang stalker. Puncaknya adalah saat DeVoe berpindah tubuh menjadi Dominic Lance dan membuang tubuh lamanya di apartemen milik Barry yang membuatnya ditangkap oleh pihak kepolisian dan harus dipenjara. Untungnya dengan kemampuan Ralph yang bisa berubah bentuk membuat nama Barry bisa dibersihkan meskipun publik masih belum bisa mempercayai kembali Barry dan membuat Barry belum bisa mendapatkan kembali pekerjaannya di CCPD.

Rencana DeVoe



  Kepintaran yang DeVoe miliki harus dibayar mahal dengan kondisi tubuhnya yang semakin melemah, untuk mengatasi itu semua DeVoe memiliki rencana untuk memindahkan pikirannya ke "tubuh" lain dan target yang dia pilih adalah para bus metas, sebagai bonus DeVoe juga mendapatkan kemampuan mereka. Hal ini membuat dirinya menjadi semakin kuat dan sulit untuk dihentikan, dan sebagai penutup tubuh terakhir yang diambil DeVoe adalah....


(NO!!!!!!)

  ternyata tradisi "tokoh baru = penjahat" masih terjadi dalam season ini -_-

  Setelah memiliki tubuh Ralph, rencana besar DeVoe adalah menyebarkan Dark Matter ke seluruh dunia untuk menurunkan tingkat kepintaran manusia alias membuat semua manusia menjadi BODOH. Rencana yang diberi nama "Enlightment" ini secara tidak langsung menyadarkan penonton jika DeVoe itu sudah memiliki pikiran jahat sejak dari awal!!! (selama ini DeVoe digambarkan sebagai seorang pengajar yang ingin menyebarkan ilmu yang dia miliki secara efektif).

Harry dan Councils Of Wells / Harrisons



  Untuk mengetahui identitas asli DeVoe sekaligus melacak para bus metas, Harry membentuk "Councils Of Wells" yang beranggotakan dirinya sendiri yang berasal dari berbagai multiverse. Bayangkan saja para jenius ini berada dalam satu ruangan.

  Tom Cavanagh sekali lagi membuktikan jika dia mampu memerankan banyak karakter sekaligus yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Favorit saya adalah Wells 2.0 (Earth-22) yang meskipun tampilannya terkesan "jelek" tetapi berhasil mengingatkan saya pada film Mad Max, apalagi Wells 2.0 mengaku sudah memakan Cisco XD. Council Of Wells sendiri akhirnya berhasil menguak identitas asli dari DeVoe

  Menjelang akhir season ini, Harry didepak dari Council Of Wells karena sebuah "kesalahan yang dia perbuat", hal ini membuat Cisco mendirikan Council Of Harrisons yang bertugas untuk mengobati Harry. Councils Of Harrisons berhasil memberikan "konsultasi jiwa" yang baik untuk Harry.


(Tom Cavanagh tidak pernah mengecewakan fans serial ini XD)

Flash Time



  Kemampuan baru Flash kali ini membuatnya mampu bergerak dengan sangat cepat yang membuat keadaan di sekitarnya menjadi sangat lambat, perbedaannya kali ini adalah Flash mampu "mengajak" orang lain untuk masuk ke Flash Time. Kemampuan ini berguna pada beberapa episode.

Harga Sebuah Kepintaran



  Kesal karena dirinya tidak cukup pintar untuk menghadapi DeVoe, Harry membuat sebuah helm yang dipercaya dapat meningkatkan kinerja otaknya sampai tahap maksimal (ini sebenarnya alat yang sudah diciptakan DeVoe sih -_- ). Alat yang disebut "Thinking Caps" ini berhasil membuat Harry mengetahui identitas 2 bus metas terakhir.

  Sayangnya, helm ini membuat Harry menjadi ketagihan dan akhirnya menggunakan Dark Matter dari ruangan Eubard Thawne untuk memperkuat helm ini yang pada akhirnya malah menjadi bumerang karena membuat otak Harry "kelebihan beban" dan membuatnya mengalami penurunan kepintaran yang kelak akan membuat dia menjadi bodoh. Aksi Harry ini benar-benar (kembali) mengingatkan saya pada H.R meskipun pengorbanan H.R JAUH lebih besar ketimbang Harry T_T.


Tentang Killer Frost



  Hubungan Caitlin dengan Killer Frost mulai membaik meskipun mereka bergantian memakai tubuh yang sama, sayangnya DeVoe menggunakan kemampuan Melting Point untuk menghilangkan "sebagian besar" DNA Killer Frost yang berada pada diri Caitlin.

  Caitlin yang tidak terima dengan hal ini melakukan segala cara agar Killer Frost bisa kembali, bahkan sampai bekerja kembali untuk Amunet. Sayangnya usaha ini gagal tetapi Caitlin mengalami flashback ketika dia masih kecil dan sudah memiliki kemampuan Killer Frost!!

  apakah ini berarti Caitlin sudah menjadi Metahuman sebelum terjadi ledakan Particle Accelerator ??? apa yang terjadi dengan orangtua Caitlin (terutama ayahnya) ??? apa jangan-jangan Caitlin adalah "manusia buatan" ???

  sayangnya semua pertanyaan di atas tidak memiliki jawaban pada season ini -_-


The Final Battle (We Are The Flash)



  Anda pikir nasib akhir Savitar itu buruk ??? Tunggu sampai anda melihat nasib dari DeVoe yang JAUHH lebih mengecewakan

  Team Flash yang sudah kewalahan akhirnya mendapat bantuan tidak terduga dari Marlize DeVoe, istri DeVoe yang sadar jika dia dimanfaatkan oleh suaminya. Hal ini sendiri sudah saya prediksikan dan menandakan jika DeVoe kelak akan kalah karena ISTI (Ikatan Suami Takut Istri) XD.

  Solusi yang Marlize sarankan adalah memasukkan pikiran Barry pada DeVoe dengan harapan Barry akan menemukan "sisi baik" DeVoe dan membuatnya menjadi dirinya kembali.


  OK SAYA STOP dulu, sejak kapan DeVoe memiliki kepribadian ganda ??? DeVoe sudah memiliki rencana jahat JAUH sebelum dia menjadi The Thinker, jadi ide menemukan "sisi baik" ini terlihat sangat konyol!!!

  Untuk masuk ke dalam pikiran DeVoe, Barry memakai kekuatan Cecile yang pada saat itu keadaannya mampu membuat anda ngilu karena Cecile sudah siap untuk melahirkan dan sudah mengalami kontraksi awal!!!

  Bisa anda bayangkan sendiri betapa hebatnya perjuangan Cecile pada episode ini, dia harus menahan kelahiran putrinya sekaligus memandu Barry selama dia berada di pikiran DeVoe. Cecile benar-benar menjadi MVP untuk episode ini.


(ouch)

  Di dalam pikiran DeVoe sendiri Barry mengalami kesulitan untuk menemukan "sisi baik" dari DeVoe dan (lagi-lagi) membutuhkan bantuan yang kali ini datang dari Harry yang memakai Thinking Caps untuk melacak DeVoe, hal ini sendiri membuat Harry benar-benar menjadi bodoh.


(R.I.P kejeniusan Harry)

  lebih parahnya lagi "sisi baik" DeVoe ternyata sudah lama mati, tetapi Barry menemukan penggantinya dalam bentuk Ralph!!! . Jika Ralph mampu keluar dari semua ini maka Ralph akan mampu menguasai tubuhnya kembali sekaligus menghancurkan pikiran DeVoe yang saat ini menguasai dirinya.


(dia masih hidup!!!)

  OK SAYA STOP LAGI, kenapa pikiran Ralph masih hidup dalam diri DeVoe disaat para bus metas lainnya langsung mati setelah tubuh mereka diambil oleh DeVoe ??? mengapa tindakan ini membuat Ralph menjadi "sisi baik" dari DeVoe ??? apakah ini berarti DeVoe tidak bisa menggunakan kekebalan tubuh Ralph jika pikiran asli Ralph tidak ada ???

  sebagai twist, ternyata DeVoe sudah merencanakan ini semua karena jika dia berhasil mendapatkan pikiran Barry maka dia akan memiliki koneksi dengan Speedforce alias dia akan menjadi seorang Speedster!!!

(selalu selangkah di depan)

  aksi "kabur-kaburan" terjadi karena Barry harus keluar dari pikiran DeVoe sebelum portalnya tertutup, dengan bantuan Ralph akhirnya Barry + Ralph mampu keluar dari pikiran DeVoe -> Ralph mendapatkan kembali tubuhnya -> DeVoe mati dengan mengecewakan.


  Atau tidak, karena DeVoe masih menyisakan pikirannya pada kursi miliknya dan kali ini dia siap untuk menghancurkan Team Flash.


  Atau tidak, karena Marlize berhasil menghancurkan kursi ini dengan SANGAT MUDAH, sekali lagi menjadi bukti jika DeVoe adalah anggota ISTI XD


(So Long My Love)

  jadi begitulah nasib akhir dari DeVoe, lebih mengecewakan dari Savitar bukan ???

Identitas Si Gadis Misterius



  masalah belum berakhir karena satelit milik DeVoe jatuh ke Central City dan berpotensi membahayakan banyak orang. Seharusnya Flash tidak mampu menghancurkan satelit terakhir, tetapi seorang speedster "misterius" datang untuk membantu Barry.

  Setelah semua berakhir, Marlize memilih untuk kembali sebagai relawan yang ingin membantu manusia dengan penemuan yang dia miliki, dengan bantuan Marlize otak Harry di "reboot" tapi sayangnya Harry tidak memiliki kepintarannya lagi, Harry sendiri memutuskan untuk kembali ke Earth-2 dan menjadi ayah yang baik bagi Jessie. Ini berarti Harry benar-benar menjadi H.R ke-2.


(Good Bye Harry)

  akhirnya identitas si gadis misterius terungkap yaitu dia adalah Nora Allen, putri Barry-Iris yang berasal dari masa depan, tetapi Nora berkata jika dia melakukan sebuah kesalahan besar dengan membantu Barry, apa ini berarti Flashpoint 2.0 ???


(anak dan bapak sama saja XD)

  sisi baiknya, setidaknya season kali ini tidak berakhir menggantung seperti season sebelum-sebelumnya.

  Sisi buruknya adalah "Like Father, Like Daughter" alias "sama-sama suka merusak Timeline XD"

Sedikit Info Tentang Season 5


  • Villain utama bukan speedsters, rumor mengatakan jika Cicada akan menjadi Villain untuk season 5
  • Tom Cavanagh akan (kembali) memerankan Harrison Wells dari Earth lain

Conclusion


  aksi Iris yang annoying masih bisa saya terima, tetapi "mengabaikan" Ralph selama beberapa episode dan akhir DeVoe yang mengecewakan tentu tidak bisa saya terima. Karena 2 orang ini benar-benar menjadi penyelamat untuk Season ini.

My Score


35, Orang Pintar Kalah Sama Orang....


temukan REVIEW lainnya di SINI

1 comment: