Just A review From me: [Halloween + Iseng] Sejarah Halloween

Sunday, October 1, 2023

[Halloween + Iseng] Sejarah Halloween

  

sumber : history



Prolog

 

  Bagi beberapa orang, bulan Oktober identik dengan “Halloween”, sebuah perayaan khusus yang dirayakan pada tanggal 31 oktober. Halloween selalu berhubungan dengan horor dan (pastinya) akan mendominasi di bulan ini, siap-siap saja untuk “ketakutan” di bulan ini (itu juga jika negara anda mendukung XD).



 

  Karena rata-rata media barat sering mempromosikan Halloween dengan cara membuat berbagai konten horor untuk 1 bulan penuh, saya ingin mencoba hal ini untuk blog ini dengan (jika kehidupan dan mental saya mendukung) membuat berbagai postingan tentang horor (film dan game), tapi sepertinya akan lebih banyak tentang film XD.

 

  Sebenarnya keinginan ini sudah ada JAUH JAUH sekali sih di pikiran saya, tapi selalu ada saja halangan. Apakah tahun ini saya bisa memenuhi keinginan yang terkesan “mustahil” ini ???

 

  Tapi sebelum saya membahas berbagai konten horor, ada baiknya saya mencoba menjelaskan (sedikit) sejarah Halloween agar anda bisa sedikit lebih menghargai perayaan yang pastinya terdengar aneh untuk penduduk negara berkembang XD.

 

Versi Singkat


sumber : knowyourmeme

 

  Seperti perayaan hari raya / libur lainnya, Halloween di era modern sudah terlalu dipengaruhi kapitalisme di mana perayaan ini selalu berhubungan dengan konsumerisme. Jadi harap siapkan dompet anda jika ingin merayakan Halloween XD.

 

  Padahal sih, esensi dari Halloween menurut saya adalah “bersyukur”

 

Semua Bermula dari…


sumber : ardantane

 

  Bangsa Celtic memiliki budaya samhain untuk merayakan akhir dari musim panen yang jatuh pada tanggal 31 Oktober, tapi perayaan ini memiliki makna lain yang berhubungan dengan “kematian”.karena bangsa Celtic percaya para arwah akan kembali ke dunia untuk satu hari saja dengan berbagai tujuan. Bangsa Celtic memiliki 2 versi untuk “melawan” para arwah ini yaitu :

 

- berdandan seperti arwah agar dianggap salah satu dari mereka

 

- menaruh berbagai persembahan di depan rumah mereka agar tidak diganggu 

 

  Di tempat lain seperti United Kingdom ada yang disebut “Souling” dimana beberapa orang menawarkan beberapa jasa (bernyanyi, membaca puisi, dll) dengan modus untuk mendoakan rumah target agar tidak didatangi arwah gentayangan, dan tentu saja mereka meminta bayaran untuk jasanya ini -_- , kelak tindakan ini akan dikenal sebagai Trick or Treat..

 

  Tapi apapun yang terjadi, pesta api unggun besar selalu ada untuk merayakan hari ini. Samhain menjadi salah satu budaya khas dalam sejarah Bangsa Celtic.

 

  Tapi semua berubah saat negara api menyerang 

 

 

Datangnya “Penjajah”


sumber  quora

 

  Bangsa Roma memulai invasi pada Bangsa Celtic, salah satu pengaruh terbesar dari invasi ini adalah diperkenalkannya agama kristen. Pihak gereja memiliki cara unik untuk memperkenalkan agama ini dengan cara “mengotak-atik” budaya asli target mereka, dan yang dipilih adalah samhain. Istilah kerennya sih rebranding XD. Perubahan ini membuat tanggal 31 Oktober diperingati sebagai ‘All Saint Day” / “All Hallow Eve” dimana hari ini dibuat untuk mengenang jasa berbagai tokoh agama (terutama martir) Kristen. Berbagai kegiatan samhain masih bisa dilakukan tapi “terpaksa” harus tunduk di bawah label All Saint Day.


sumber : holy spirit church

 

 

Akhirnya menyebar karena…


sumber : bowery boys

 

  Pada abad 19 terjadi migrasi besar-besaran yang akhirnya akan membawa budaya All Saint Day untuk kalangan mainstream (baca : USA XD), dan disinilah kapitalisme mulai menunjukkan taringnya dengan “menciptakan” (baca : modifikasi) berbagai tindakan konsumerisme untuk merayakan hari yang kelak akan dikenal sebagai Halloween.

 

  Jadi setiap bulan Oktober jangan lupa untuk menonton, membeli, dan menyebarkan idiologi film horor dan berdandan seperti tokoh horor favorit kalian yah, kalau tidak bisa silahkan beli kostum yang sudah kami desain semurah mungkin

 

  - tertanda, Korporat Rakus XD

 

  Konon katanya, perputaran uang pada hari Halloween dijamin bisa membuat anda planga-plongo karena nominalnya sangat...


sumber  tenor


Halloween di Indonesia

 

  Untungnya di negara ini perayaan Halloween nyaris tidak terdengar karena bangsa ini adalah bangsa yang siap menolak paham-paham kapitalisme.

 

.…

.…

.…

 

  Tapi boong XD, beberapa “agen kapitalisme” memasukkan Halloween dengan cara “halus” yaitu menjadikan Halloween sebagai tema untuk event di bulan Oktober. Tapi tentu saja hal ini akan dipengaruhi dari kondisi pergaulan anda (baca : sirkel XD), tapi kebanyakan sih tergolong event berbayar.

 

  Oh hampir lupa, jika anda ingin merayakan Halloween dengan “sempurna” di negara ini maka disarankan agar anda memiliki mindset Open Minded” karena pada dasarnya anda ikut merayakan budaya bangsa Celtic / Kristen. Selalu siapkan berbagai opini agar posisi anda selalu di atas angin.

 

    Atau anda cukup merahasiakan event ini, sungguh mudah bukan XD ???

 

  Dah ah segini dulu, karena sekarang saya harus mencari berbagai inspirasi untuk 30 hari ke depan -_-

 

 

 

No comments:

Post a Comment