Just A review From me: [ISENG] Otoyomegatari (A Bride's Story) Review

Sunday, June 3, 2018

[ISENG] Otoyomegatari (A Bride's Story) Review


SUPER SPOILER ALERT!!!!



Prolog


  1 bulan yang lalu (tepatnya tanggal 25 April 2018), sebuah film berhasil membuat saya "trauma" dan sulit berpikir untuk beberapa hari. Karena hal ini juga saya cukup mempertanyakan riwayat internet saya karena entah kenapa sampai bisa menemukan manga unik yang satu ini.




  Oh untuk yang belum paham, film yang saya maksud itu "Avenger :Infinity War" yang berhasil membuat saya kehilangan minat untuk film superhero-superhero selanjutnya, setidaknya sampai Deadpool 2 muncul XD.

  3 hal yang saya ingat dalam hal googling sebelum menemukan manga ini :

    • "Avengers : Infinity War" Ending Explanation (ini masih wajar)
    • Laila Majnun (jangan tanya karena saya juga bingung)
    • Romance Story (mungkin ini awal pelarian saya dari Infinity War ???)

  Otoyomegatari (A Bride's Story) sendiri adalah manga karangan Kaoru Mori yang sebelumnya terkenal dengan Emma. Manga ini sendiri mencoba menceritakan sejarah beberapa suku yang berada di Asia Tenggara pada abad 19.

  Seperti judulnya, manga ini memiliki tema yang (mungkin) terdengar sensitif untuk orang jaman Now (apalagi jika anda seorang aktivis HAM) yaitu :

  "Pernikahan Dini"


  Bukan, ini bukan pernikahan karena "hamil duluan" tetapi menikah dini (awal) dalam artian sebenarnya.

  Terakhir, manga ini sendiri seharusnya sudah dirilis secara legal di Indonesia tapi sampai tulisan ini dibuat saya masih belum menemukannya di berbagai toko buku, cukup masuk akal mengingat manga ini sudah berusia > 10 tahun dan masih berlanjut sampai sekarang.

Story


  Menceritakan kisah berbagai pasangan (menikah / belum menikah) pada abad 19 yang pasti terlihat "aneh" untuk ukuran jaman Now. Manga ini akan membuat kita belajar tentang berbagai adat / budaya / tradisi berbagai suku di Asia Tenggara pada jaman tersebut.

  Ciri khas manga pada awalnya ini terlihat pada berbagai perlengkapan hidup sehari-hari yang digambar secara mendetail (sampai ke motif-motifnya), belum lagi berbagai bangunan dan makanan yang ada (Yup, akan ada pelajaran memasak dalam manga ini). Tapi semakin ke sini desain beberapa karakter mulai mengalami peningkatan yang membuat mereka sedap untuk dipandang XD.

  Manga ini sendiri kelewat "adem" dari segi story karena saking sederhana tapi begitu menarik, tapi hal ini membuat manga ini nyaris tidak memiliki cerita utama. Tapi secara keseluruhan tidak menurunkan kualitas manga ini.

  Ujian sebenarnya dari manga ini adalah membaca sambil mempertanyakan dimana logika manusia pada jaman tersebut, dan sialnya hal ini terjadi pada pikiran saya yang mencoba "merusak" berbagai kejadian yang terjadi dengan membandingkannya dengan berbagai hal yang tidak kalah "konyol" (akan saya ceritakan di bawah).

  Sebagai pembuka, pasangan yang mengawali kisah pada manga ini adalah Amir – Karluk yang memiliki perbedaan usia 8 tahun. Usia mempelai pria (Karluk) sendiri adalah 12 tahun!!!

  HAYOO, JANGAN BERPIKIRAN "NGERES" DULU YAH XD

Characters


Amir Halgal



  Wanita 20 tahun yang menjadi pengantin untuk Karluk, keluarga Amir sendiri adalah keluarga yang nomaden (baca : hidup berpindah-pindah) dan melakukan pernikahan untuk memiliki tanah yang dijadikan tempat tinggal sementara. Amir sendiri mengikuti aturan budaya pada masa itu dimana istri akan tinggal bersama keluarga suami.

  Amir sendiri digambarkan sebagai sosok istri "idaman" (cantik, bersemangat, pandai berburu, dan tidak ragu-ragu dalam mengungkapkan pendapat) meskipun dianggap cukup "aneh" oleh keluarga Karluk karena menurut mereka wanita harus bersikap "tertutup".


Karluk Eihon



  Pemuda (baca : bocah XD) 12 tahun yang menjadi suami Amir. Karluk sendiri pada awalnya "minder" di hadapan Amir yang jelas jauh lebih tua ketimbang dirinya. Tapi kelak Karluk akan berusaha sekaligus belajar banyak hal agar bsia menjadi suami yang baik untuk Amir.

  Pernikahan Karluk – Amir sendiri terbilang cukup "melawan tradisi" karena normalnya pengantin wanita harus lebih muda daripada pria (YOU DON'T SAY!!!), bukan sebaliknya. Tentunya hal ini membuat hubungan mereka berdua sering mendapat "cibiran halus" dari orang-orang sekitar, apalagi melihat usia Amir yang dianggap tidak pantas untuk memiliki anak (mereka pasti tidak pernah menonton AdamRuins Everything XD).

Henry Smith


*bisa dibilang inilah tokoh utama dalam manga ini



  Pemuda dari Inggris yang sudah tinggal lama dengan kelaurga Karluk untuk mempelajari adat dan budaya mereka. Kelak Henry Smith akan diminta untuk pergi ke Ankara untuk sebuah alasan (salah satunya adalah menghindari invasi Rusia), dan menjadi saksi berbagai kisah menarik lainnya yang mewarnai perjalanannya.

SPOILER ALERT!!!!


Kehidupan Pengantin Baru



  Kehidupan Amir – Karluk akan menjadi fokus disini dan ditampilkan dengan sangat "adem", apalagi kita akan mengenal lebih jauh anggota keluarga Karluk yang tampil seadanya.

  Konflik dibuka dari keluarga Amir yang meminta dirinya untuk membatalkan pernikahan mereka dan diminta pulang, hal ini terjadi karena keluarga Amir tidak memiliki tempat untuk musim dingin nanti karena pernikahan saudara peremnpuan Amir dianggap batal, terlebih lagi SEMUA saudara perempuan Amir meninggal setelah dianiaya suami mereka yang berasal dari keluarga kaya raya (salah satu cara manga ini memperkenalkan konsep KDRT).

  Tapi tentu saja Karluk tidak akan tinggal diam untuk hal ini, apalagi Karluk sudah mulai bisa menerima Amir sebagai istrinya. Dengan bantuan keluarganya Karluk berhasil "mengusir" utusan keluarga Amir (bagian ini cukup boring bagi saya).

1 Istri, 5 Suami



  Perjalanan Mr Smith sedikit tersendat karena guide yang dipersiapkan untuk dirinya tidak kunjung datang dan membuatnya menetap di kota terdekat yang membuatnya terlibat berbagai masalah karena dia dianggap sebagai "mata-mata". Tapi disini Mr Smith akan berkenalan dengan Talas, wanita yang meminta Mr Smith untuk menikahi dirinya!!!

  Talas sendiri tinggal bersama ibu mertuanya dan harus mengurusi peternakan yang cukup luas. Talas memiliki kisah cinta yang tragis dimana suaminya meninggal secara tiba-tiba dan membuat Talas harus menikah dengan adik dari suaminya tersebut sesuai tradisi yang berlaku (janda tanpa anak harus menikah dengan saudara suami). Keluarga suaminya sendiri memiliki 5 anak laki-laki.

  Lebih tragisnya lagi, hal serupa menimpa suami keduanya, ketiga, keempat, dan kelima. Hal ini membuat Talas harus hidup berdua dengan ibu mertuanya dan mengurusi banyak hal karena dia menganggap jika semua ini adalah kesalahannya (apalagi bapak mertuanya juga ikut-ikutan meninggal). Mr Smith yang mengetahui hal ini ternyata masih jatuh hati kepada Talas.

  Entah kenapa kisah hidup Talas mengingatkan saya pada mitos Jawa yaitu "Wanita Bahu Laweyan" yaitu wanita pembawa sial yang akan membuat suaminya mati tanpa sebab yang jelas.

  Tapi sialnya paman "preman" Talas muncul dan memaksa Talas untuk menjadi sitri kedua untuk anaknya, dan dia tidak segan-segan membahayakan hidup Mr Smith untuk mencapai tujuannya dengan cara melaporkan Mr Smith sebagai mata-mata agar dia ditangkap. Untungnya kesalahpahaman ini bisa diselesaikan dengan munculnya Karluk dan Ali (guide untuk Mr Smith). Mr Smith berjanji akan menikahi Talas setelah urusannya di Ankara selesai, dan sebagai bukti dia memberikan "Pocket Watch" sebagai mas kawin (benda ini sendiri adalah benda berharga karena harganya setara dengan 5 ekor kuda!!!). Yang tersisa adalah meminta persetujuan dari ibu mertua Talas (tentunya ini bukan hal yang sulit bukan XD).


  Dan disinilah "realitas" terjadi, paman Talas secara tiba-tiba menikahi ibu mertua dan berjanji akan menikahkan Talas dengan pria lain (baca : perintah Ayah tidak bisa dilawan), dan tentu saja dia tidak merestui hubungan Talas dengan Mr Smith. Talas lalu memberikan kembali "Pocket Watch" dan meminta Mr Smith untuk melupakan dirinya.

  Mr Smith akhirnya melanjutkan perjalanannya ke Ankara, dan di tengah malam membuang "Pocket Watch" miliknya sekaligus mengakhiri kisah tragis ini.


(siapa yang menaruh bawang di sini :'( )

Si Kembar Mencari "Cinta"



  Di laut Aral, Mr Smith tenggelam dan diselamatkan oleh 2 orang anak kembar. Sebagai gantinya Mr Smith diminta menjadi doktor di desa kedua anak kembar ini. Lalu kisah berfokus kepada 2 anak kembar ini (Laila dan Leyli) yang "kebelet pengen nikah secepatnya" (usia mereka berdua sudah dianggap pantas untuk menikah, tapi bagi saya pribadi jelas mereka masih JAUH dari usia menikah).

  Laila dan Leyli sendiri ingin memiliki calon suami yang "kaya" dan membuat mereka melakukan berbagai hal "konyol" agar bisa mendapat calon yang kaya. Ada cukup banyak adegan humor pada bagian ini jadi siap-siap saja untuk tertawa XD.

  Pada akhirnya semua usaha si kembar ini GATOT (gagal total) dan membuat ayah mereka mencarikan calon untuk mereka, dan calon yang terpilih adalah 2 kakak adik (Sarmaan dan Farsami), anak keluarga nelayan yang menjadi teman baik ayah si kembar.


(bukti nyata jika jodoh itu ada yang mengatur XD)


  Keluarga mempelai pria sendiri meminta "sedikit" keringanan untuk mas kawin, tapi ujung-ujungnya tetap saja upacara pernikahan mereka berjalan mewah layaknya "pesta 7 hari 7 malam" dengan banyaknya persiapan yang dilakukan, saya sendiri masih bingung "keringanan" seperti apa yang mereka maksud ???

  Mulai disini kita akan mempelajari persiapan 2 orang mempelai baik dari pihak pria maupun wanita, si kembar sendiri ternyata masih tidak tahu jika kelak mereka harus tinggal bersama suami mereka dan ditambah lagi mereka belum menguasai ilmu-ilmu dasar dalam berumah tangga, tidak heran jika ibu mereka akhirnya terpaksa "melatih" mereka dengan sadis XD. Tapi tentu saja kelak sang ibu akan.....


(siapa yang menaruh bawang di sini ??? (part 2) )

  Pesta pernikahan mereka sendiri berjalan lancar dengan berbagai macam hal konyol di dalamnya, tapi semua berakhir bahagia dengan hadiah perkawinan berupa 2 kapal kecil yang akan digunakan untuk mencari ikan di Laut Aral, apalagi terlihat jika tangkapan awal mereka cukup menjanjikan dan si kembar sudah optimis jika mereka akan hidup bahagia, semoga demikian.


(Happy Ending!!!)

.................................
.................................
.................................

  atau tidak, karena menurut sejarah asli, laut Aral mengecil menjadi 10% ukuran aslinya karena digunakan oleh Soviet pada tahun 1960, dan kelak akan dikenal sebagai "salah bencana alam terbesar untuk planet bumi".



(belajar sejarah ternyata menyebalkan)

Istri Untuk Suamiku ???



  Perjalanan Mr Smith berlanjut ke sebuah negara dimana perempuan harus menjaga pandangannya dari pria, kita sebut saja tempat ini Persia XD. Mr Smith singgah di tempat ini dan beristirahat di tempat kenalannya yang ternyata sangat kaya. Lalu kisah berfokus pada Anis, istri "orang kaya" tersebut yang memiliki segalanya (sandang pangan lengkap, apalagi sang Suami merasa cukup dengan 1 istri). Tapi Anis tidak memiliki...........

        Teman


  Sudah bisa ditebak, fokus cerita kali ini adalah Anis yang mencari sosok "teman sejati", melalui pembantunya Anis diminta pergi ke sebuah pemandian umum yang menjadi tempat para wanita berkumpul dan bersosialisasi (baca : bergosip XD).

  Perhatian Anis langsung tertuju pada Shirin, wanita "atraktif" miskin yang cocok dengan Anis, bahkan Anis ingin menjadikan Shirin sebagai "Sister Wives" (baca : (seharusnya sih) Best Friend Forever (BFF) ). Prosesnya juga tidak main-main karena ada syarat dan ketentuan yang berlaku yaitu mengirim sejenis "seserahan" dan upacara khusus.

  Dan begitu mereka menjadi BFF, secara tiba-tiba suami Shirin meninggal karena sebuah penyakit dan membuat Shirin kesulitan dalam menyambung hidup (apalagi dia memiliki seorang putra dan mertua). Lalu Anis memiliki sebuah solusi yang pastinya mudah ditebak oleh para pembaca :

  "meminta suaminya untuk menikahi Shirin" (tentu saja setelah melewati masa iddah)

  entah kenapa saya jadi kasihan sama suaminya, Overall cerita kali ini saya anggap buruk dari segala sisi, apalagi art-nya mengingatkan saya pada "serial cantik" , belum lagi terdapat banyak gambar berbau nudity (soalnya ada pemandian umum).

  Tapi hey, setidaknya Anis hidup bahagia bersama keluarga barunya.



Pariya Mencari "Cinta"



  Kali ini bercerita tentang Pariya, teman Amir yang "pengen nikah" tetapi selalu "layu sebelum berkembang" karena sikap Pariya yang terbilang berbeda dengan wanita pada umumnya (baca : tidak feminim) dan membuat calon suaminya kabur. Saat menolong Mr Smith, Pariya diperkenalkan dengan Umar melalui kenalan ayahnya, pria yang langsung membuat dia "klepek klepek" XD.

  Masalahnya adalah desa Pariya menjadi korban perang dua suku (salah satunya dari keluarga Amir) dan membuat rumahnya hancur. Tapi yang terpenting adalah hancurnya berbagai sulaman yang menjadi syarat untuk menikah!!!

  Jadi menurut tradisi disana, wanita sejak dini diminta untuk merajut berbagai sulaman yang kelak akan mereka pasang di rumah suami mereka. Hal ini jelas membuat Pariya harus "kerja lembur bagai kuda" jika dia ingin menikah dengan Umar tepat waktu.

  Semakin parahnya lagi, Umar datang untuk membantu di desa Pariya dan tidak sengaja memergoki Pariya dalam kondisi "tidak feminim" (Pariya sendiri sangat malu-malu dan cenderung "jaga image" di depan Umar). Sontak hal ini membuat Umar menjadi was was dengan Pariya XD. Ada banyak sekali adegan yang membuat saya "Ingin ketawa tapi kasihan" pada kisah kali ini XD. Malang sekali nasibmu nak.....

Cerita Saat Ini



  10 tahun manga ini terbit dan cerita baru berjalan kurang lebih 1 tahun -_-

  Selain berbagai kisah sampingan, ada tulisan kecil yang mengatakan jika anda mengetahui sejarah pasti akan mengetahui kejadian selanjutnya yang terjadi setelah musim dingin (iseng2 googling menghasilkan perang besar yang dimulai oleh bangsa Rusia). Semoga tidak ada nasib tragis yang menimpa para karater yang ada (terutama Pariya).

  Akhirnya Mr Smith sampai di Ankara demi sebuah KAMERA karena Mr Smith menolak pulang ke negara asalnya dan lebih memilih untuk kembali ke desa Karluk. Tapi sebuah kejadian "super kebetulan" membuat Mr Smith bertemu dengan......

  Talas


(LHO LHO LHO KOK BISA!!!)

  Ternyata Talas sudah menikah dan pergi ke Ankara sebagai "bulan madu", tapi hebatnya ternyata suami Talas saat ini sudah merencanakan semua ini agar Talas dapat bertemu kembali dengan Mr Smith. Bahkan suaminya sendiri sudah siap untuk melepaskan Talas dengan membuat alasan jika Talas meninggal selama perjalanan. Semua ini dia lakukan agar Talas bahagia. Saya speechless saat membaca bagian ini.


Conclusion


Art memanjakan mata
cerita bikin "adem"
karakter sangat memorable

  terimakasih Otoyomegatari karena membuat saya mampu melupakan Infinity War, kekurangan yang saya temukan hanya satu yaitu "KAPAN TAMATNYA???"

My Score


95 , Love Is Unique In Every Way


temukan review lainnya di SINI

8 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Paling suka sama ceritanya Pariya dan Umar, gemesh bat ga nahan :3

    Overall, setuju bat kalo cerita Anis yang paling menjijikan (:'v), tapi tetep recomended bat ini manga buat dibaca mengisi waktu luang!!!

    Btw, penasaran sama Amir yang udh dewasa nanti se ganteng apa :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi pacingnya itu loh, terllau lambat tapi enak buat dibaca XD

      mungkin 3-4 tahun lagi kita bisa lihat Amir versi dewasa

      Delete
    2. Cerita anis kesannya kayak yuri jadi gmna gtu ga banget rasanya, sbnernya kalo maslah berisitri lbh dri 1 gw ga maslah ..cman nih arc agak terkesan yuri

      Delete
  3. Review yang unik... kalau bisa ditambah ulasan ttg budaya asia tengah sendiri spt apa aslinya..

    ReplyDelete
  4. Suka banget sama kisah antara mr smith dan talas

    ReplyDelete
  5. chapter 96 itu udah tamat apa belum sih bang?...btw yang rute ceritanya mr smith itu sempet mau bikin gw drop ini manga tapi pas baca chapter 94 kalo gak salah langsung seneng ati gua

    ReplyDelete
  6. maaf mau mengoreksi sedikit. Setting ceritanya bukan di asia asia tenggara tapi di asia tengah(central asia). Asia tenggara itu di wilayah Indonesia dan asean.

    ReplyDelete