Just A review From me: [Halloween + Movie] Sweeney Todd : The Demon Barber Of Fleet Street (2007) Review

Tuesday, October 24, 2023

[Halloween + Movie] Sweeney Todd : The Demon Barber Of Fleet Street (2007) Review

 Before Prolog

Halloween Month Day 24 : Horror, Gore, Romance, Tragedy ??? Semua Ada!!!


sumber : amazon

Prolog

 

  Percaya atau tidak, genre Musical bisa menjadi sebuah karya horor yang menarik meski ujung-ujungnya menjadi komedi sih, contoh terbaik ya episode Musical dari series “Todd And The Book Of Pure Evil”.

 


 

  Sayangnya saya sudah pernah membahas series ini, sepertinya saya harus mencari Todd yang lain…

 

  And no, saya tidak mau membahas Todd Howard XD.

 

  Todd yang akan saya bahas kali ini adalah Sweeney Todd, seorang pembunuh dengan profesi yang cukup mengejutkan yaitu tukang cukur, jadi jangan salahkan saya jika setelah menonton film ini anda jadi parno ke tukang cukur XD.

 

  “Sweeney Todd : The Demon Barber of Fleet Street” sendiri adalah sebuah pertunjukan musikal yang pada tahun 2007 diadaptasi menjadi film oleh sutradara Tim Burton (jadi sudah bisa ditebak style film ini seperti apa XD). Film ini sendiri amat sangat menarik untuk ditonton SELAMA anda tidak alergi kepada genre musikal.

 

  Saya sendiri mengetahui film ini ketika masih menjadi fans “Harry Potter jadi bisa dibayangkan betapa panga-plongo diri saya waktu itu ketika melihat jajaran cast film ini XD. 

 

Melihat Dari Sisi Lain


sumber : wikipedia

 

  Sweeney Todd adalah salah satu karakter dari buku “A String Of Pearl” yang muncul pada tahun 1846. Sweeney Todd digambarkan sebagai tukang cukur yang membunuh korbannya dengan cara menggorok leher mereka menggunakan pisau cukur, lalu mayat mereka “diurus” oleh partner in crime-nya yaitu Mrs Lovett. Meskipun sering ada perdebatan apakah karakter ini terinspirasi dari tokoh nyata, kenyataannya tukang cukur pada jaman dulu memang “bisa” menjadi dokter gigi (baca : jasa cabut gigi) bahkan dokter bedah (baca : amputasi), tentu saja semua ini dilakukan dengan peralatan dan ilmu seadanya.

 

  Pada tahun 1970 dan seterusnya, kisah Sweeney Todd diangkat menjadi sebuah drama musikal broadway yang masih bertahan sampai saat ini, jadi untuk yang tinggal di luar negeri + memiliki uang yang cukup monggo bisa dicoba menonton pertunjukan ini, itung-itung nyari konten gitu XD.


sumber  spotify

 

 

Overview


 

  Berkisah tentang kisah balas dendam Benjamin Barker / Sweeney Todd, tukang cukur dari London yang terpisah dari istri dan anaknya karena fitnah dari Judge Turpin yang tergila-gila pada istri Benjamin. Benjamin sendiri harus mendekam di penjara selama 15 tahun sebelum berhasil kabur dan dibantu oleh Anthony Hope (sebenarnya hal ini tidak dijelaskan secara detil -_-). Dibantu oleh Mrs Lovett yang kelewat bucin dengan dirinya, bisakah Sweeney Todd membalaskan dendamnya ???

 

  Harap diingat jika ini adalah film musikal jadi siap-siap melihat berbagai “lagu” unik yang akan membuat emosi penonton “naik turun” (baca : horor dan komedi) XD. Lagu-lagu pada film ini sukses menjadi sebuah media storytelling karena didukung oleh sinematografi dan akting pemain yang semakin memperkuat atmosfir gothic pada film ini, ditambah lagi desain kostum dan visual khas Tim Burton semakin memperbagus film ini.

 

  Overall film ini menarik dan sayang untuk dilewatkan (apalagi di bulan yang mencekam ini XD), kecuali anda alergi dengan genre musikal.

 

Seperti biasa, waktunya “kritik ngaco” :

 

- ada beberapa adegan yang kurang detil, tapi adapula adegan yang memiliki banyak detil yang bisa membuat plot hole jika dianggap serius

 

- Johnny Depp pada dasarnya “jelek” dalam menyanyi karena sering “nyerobot” ketika orang lain sedang bernyanyi -_-

 

- penggunaan teknik dubbing untuk adegan lagu (hal yang wajar sih)

 

- penggunaan darah yang berlebihan (baca : crot crot moncrot XD)

 

- Pie buatan Mrs Lovett menjadi enak hanya karena bahan bakunya diubah, sepertinya selera rakyat London patut dipertanyakan ??? 

 

- tidak ada rambut yang dipotong pada film ini -_-

 

 

Characters

 

Benjamin Barker / Sweeney Todd (Johnny Depp)


sumber : fandom

 

  Pria yang menjadi korban Judge Turpin di masa lalu yang saat ini berhasil kembali ke London dengan identitas baru “Sweeney Todd”. Dengan menggunakan keahliannya sebagai tukang cukur Todd berharap Judge Turpin akan datang ke tempatnya dan menggunakan jasanya, ketika sedang lengah dia akan….

 

  Tapi sebelum hal itu terjadi Sweeney Todd harus melakukan “pencitraan” agar nama dan kemampuannya sebagai tukang cukur diakui oleh rakyat London, untungnya dia memiliki partner dan tumbal agar usahanya berhasil XD 

 

Mrs Lovett (Helena Bonham Carter)


sumber : wikipedia

 

  Wanita “janda” pemilik Toko “Meat Pie” yang berlokasi di rumah lama Sweeney Todd. Setelah bertemu Todd dia langsung “klepek-klepek” dan siap membantu Todd untuk balaskan dendam, dia juga yang memiliki ide untuk membuat Pie dengan bahan dasar “mayat” yang dibunuh oleh Sweeney Todd.

 

  Ahh era 2000an, era dimana Depp dan Helena terlihat seperti sebuah pasangan “serasi” karena sering main film bersama dengan peran yang cenderung “aneh”, sayangnya Helena sendiri pada waktu itu sudah menikah dengan Tim Burton dan menjadi bukti nyata dari “Kekuatan Orang Dalam” jika dilakukan dengan postitif XD.

 

  Ngomong--ngomong tentang pasangan “serasi”, era 2000an masih didominasi sama BranGelina yah….

 

Judge Turpin (Alan Rickman)


sumber : wikipedia

 

  Hakim super duper kejam yang menjadi tokoh antagonis di film ini, memiliki obsesi yang berlebihan kepada Lucy meskipun cintanya sudah ditolak, tapi kekuatan privilage dia berhasil mengusir Benjamin dan *pippp Lucy.

 

  Saat ini Turpin masih menjadi sosok kejam dan memiliki obsesi kepada Johanna, anak Benjamin dan Lucy yang dia rawat bagai anak sendiri karena kelak dia akan *Pippp Johanna -_- , benar-benar sosok bucin luar dalam.

 

  Melihat tingkah lakunya di film yang diperankan secara “sempurna” oleh Alan Rockman membuat saya berpikir apa yang terjadi jika Harry Potter memiliki jenis kelamin perempuan, sungguh sulit dibayangkan betapa creepy sosok Severus Snape jika hal ini terjadi.

 

  Eh tapi kalau dipikir-pikir hal yang sama bisa terjadi meskipun Harry Potter tetap menjadi laki-laki, wong Dumbledore saja bisa dibuat menjadi anggota LGHDTV kok.

 

  Tapi ujung-ujungnya tetap terhitung sebagai grooming sih -_-

 

Lucy Barker (Laura Michelle Kelly)


sumber : fandom

 

  Istri Benjamin Barker yang harus mengalami horor amat mencekam karena harus kehilangan suaminya dan di*pipp oleh Turpin di hadapan banyak orang secara eksplisit, hal ini membuatnya depresi dan memilih untuk meminum racun. Sungguh sebuah kisah yang menyedihkan bukan ???

 

Beadle Bamford (Timothy Spall)


sumber : fandom

 

  Anak buah Judge Turpin yang menjadi wasit ketika Sweeney Todd melakukan “pencitraan”, hal ini membuat dirinya yakin jika Todd adalah tukang cukur hebat yang pantas untuk Judge Turpin.

 

Adolfo Pirelli (Sacha Baron Cohen)


sumber  fandom

 

  Tukang cukur “terhormat” yang melakukan show setiap minggu demi menjual elixir yang bisa menumbuhkan rambut yang aslinya hanya sekedar campuran air kencing dan tinta. Sweeney Todd menantang Pirelli dalam kontes bercukur sebagai ajang untuk “pencitraan” yang dengan mudah dimenangkan oleh Todd karena Pirelli sibuk bernyanyi XD.

 

  Pirelli sendiri ternyata mengetahui identitas asli Todd dan mencoba untuk memeras dirinya, tapi karena ini film horor yang membutuh korban maka Pirelli akan menjadi orang pertama yang dibunuh secara sadis oleh Todd!!!

 

Anthony Hope (Jamie Campbell Bower)


sumber  fandom

 

  Pelaut yang menjadi teman Todd dalam perjalannya ke London, Anthony langsung jatuh cinta ketika mendengar nyanyian Johanna (yang sebenarnya sulit didengar karena jendelanya tertutup -_-) dan bertekad untuk membebaskan Johanna dari pengaruh Judge Turpin, untuk melakukan hal itu dia membutuhkan bantuan Todd.

 

  Dan jika kalian menganggap Turpin adalah karakter yang creepy, Anthony ternyata tidak berbeda jauh tapi bisa dibela dengan alasan good looking tapi masih tergolong miskin XD.

 

Johanna (Jayne Wisener)


sumber : fandom

 

  Putri Benjamin Barker yang dirawat oleh Judge Turpin yang kelak akan memiliki rencana untuk menikah dengan dirinya. Peran Johanna di film ini sendiri hanya sebatas plot device untuk Anthony dan Turpin.

 

Tobias “Toby” Ragg (Ed Sander)


sumber : fandom

 

  Budak asisten Pirelli yang menjadi asisten Mrs Lovett setelah Pirelli “menghilang”, Toby sendiri memiliki masa lalu yang tergolong kejam karena harus menjadi pekerja anak-anak yang sayangnya adalah hal yang “normal” pada waktu itu..

 

  Mrs Lovett sendiri berharap bisa membuat keluarga baru bersama Todd dan Toby.

 

Conclusion

 

There's a hole in the world like a great black pit

And the vermin of the world inhabit it

And it's morals aren't worth what a pig can spit

And it goes by the name of London

At the top of the hole sit a privileged few

Making mock of the vermin in the lower zoo

Turning beauty to filth and greed

I too have sailed the world and seen it's wonders

For the cruelty of men is as wondrous as Peru

 

My Score

85, But There’s no place like London

 

No comments:

Post a Comment