Just A review From me: [TV SERIES] Better Call Saul Season 1 and 2 Review

Friday, June 30, 2017

[TV SERIES] Better Call Saul Season 1 and 2 Review

Spoiler Alert!!!!!!!!!!!



Prolog


  Breaking Bad memang sudah selesai pada tahun 2013, tapi masih ada serial TV yang memakai setting dunia dan karakter dari Breaking Bad yaitu Better Call Saul.




  Melihat judulnya, seharusnya serial ini bercerita tentang nasib Saul Goodman setelah kejadian di season akhir dari Breaking Bad, tapi ternyata serial ini lebih banyak membahas masa lalu Saul sebelum dia menjadi individu yang kita kenal dalam Breaking Bad.

  Oleh karena itu judul serial ini cukup menipu bagi para fans Breaking Bad, tapi setidaknya hal itu bisa diobati dengan cukup banyaknya karakter lama yang muncul kembali (walaupun nasib akhirnya sudah bisa ditebak jika anda menonton Breaking Bad).

  Dan satu hal yang penting, serial ini memiliki pacing cerita yang SANGAT LAMBAT meskipun cerita yang disajikan memang menarik. Dan meskipun sudah berjalan sebanyak 3 season inti ceritanya sendiri masih belum terjawab.

  Untuk review ini saya fokuskan untuk season 1 dan 2 terlebih dahulu (karena saya belum menonton season 3 XD ), untuk season 3 sendiri anggap saja "COMING SOON " (karena minggu depan Spiderman "Pulang Kampung").


Story (Season 1)


  Setelah kejadian di Breaking Bad, Saul Goodman melarikan diri dan "membeli" identitas baru dengan nama Gene di Nebraska,Omaha. Pekerjaan Gene saat ini adalah karyawan dari Cinnabon (toko kue), hidup dia saat ini yang membosankan membuatnya teringat kembali masa mudanya.

  Di masa lalu, James "Jimmy" Morgan Mcgill (nama asli Saul Goodman) adalah seorang pengacara pemula yang kerjaan tiap harinya adalah mondar-mandir ke pengadilan demi mencari klien. Dan nantinya Jimmy akan mendapat 2 kasus yang membuat namanya dikenal oleh berbagai firma hukum (law firm) besar. Jimmy sendiri tergolong memiliki cara "licik" untuk menyelesaikan kasus yang dia hadapi (seperti memalsukan barang bukti,berbohong,menyuap,dll)

  Di lain pihak ada kisah tentang Mike, salah satu karakter terbaik di Breaking Bad, di sini diperlihatkan masa lalunya yang ternyata cukup kelam.

  Cerita Jimmy pada season ini tergolong membosankan, saya sendiri lebih senang dengan kisah Mike untuk season ini.

Story (Season 2)


  Setelah namanya dikenal karena kasus Sandpiper (sebuah panti lansia/jompo), Jimmy ditawari untuk bergabung dengan Davis & Main, sebuah firma hukum besar. Di sini Jimmy mendapatkan berbagai macam kemewahan yang selama ini dia inginkan, tapi sayangnya Jimmy tidak bisa menikmatinya (karena terkekang oleh konsep "lapor ke atasan dulu").

  Di lain pihak, Mike terlibat kasus dengan Hector Salamanca yang membuatnya harus menuruti perintah Hector karena Hector mengancam akan melukai keluarga Mike, di sini Mike sudah terlihat siap untuk membunuh Hector tapi.... (yang sudah menonton Breaking Bad pasti tahu jawabannya XD).

  Season 2 cukup menarik karena kisah personal Jimmy semakin terkuak (terutama perseteruannya dengan Chuck), tapi tetap saja saya belum menemukan alasan mengapa Jimmy berganti nama menjadi Saul Goodman ??.

  Salah satu kelemahan terbesar serial ini (atau konsep prequel pada umumnya) adalah ada banyak tokoh baru yang berperan penting pada serial ini tapi tidak pernah terdengar kabarnya di Breaking Bad (bagi saya hal ini cukup penting), selain itu munculnya beberapa karakter dari Breaking Bad malah membuat saya "cukup" kesal karena sudah mengetahui nasib mereka di Breaking Bad.

Characters


James "Jimmy" Morgan McGill (Bob Odenkirk)




  Pengacara yang memulai karirnya dari nol di HHM (Hamlin,Hamlin,McGill, sebuah firma hukum besar) sebelum akhirnya memutuskan untuk ber-solo karir dengan memiliki kantor sebuah ruangan sempit di sebuah salon kecantikan. Jimmy sendiri memiliki masa lalu dan latar belakang pendidikan yang kurang sesuai bagi seorang Pengacara. Meski terlihat kurang berpengalaman sebagai pengacara tapi hal itu berhasil ditutupi dengan sifat Jimmy yang sangat "Cerewet" (baca : skill marketing yang hebat) dan kemampuannya dalam berbuat "curang".

  2 kasus yang ditanganinya berhasil membuatnya mendapat tempat di Davis & Main walaupun sebenarnya dia menggunakan banyak cara "curang" untuk menangani 2 kasus tersebut. Di Davis & Main Jimmy terlihat memiliki segalanya (faslitasnya mewah lho!!), tapi sulitnya bertindak secara "kotor" membuat Jimmy tidak bisa menikmati posisinya sekarang.

Charles "Chuck" McGill Jr (Michael McKean)




  Kakak dari Jimmy sekaligus salah pendiri dari HMM, Chuck sendiri adalah orang yang sangat Jujur,bersih,dan profesional dalam setiap kasus yang dia tangani. Dialah yang selalu mengeluarkan Jimmy kecil dari jeratan hukum di masa lalu (karena Jimmy terkenal sering melakukan banyak tindakan kriminal) sampai akhirnya memberikan Jimmy pekerjaan di HHM meskipun jabatannya tergolong kecil, hal ini sendiri membuat Jimmy tertarik untuk menjadi pengacara dan membuatnya mengambil kuliah secara diam-diam.

  Chuck saat ini menderita sebuah kondisi yang dia sebut "Electromagnetic Hypersensitivity" yaitu dimana kondisi tubuhnya akan memburuk jika dia berada dekat dengan barang yang mengandung listrik, hal ini membuatnya keluar sementara dari HHM dan bekerja di rumahnya, tentu saja Chuck harus membersihkan (baca : menyingkirkan) rumahnya dari peralatan elektronik terlebih dahulu. Jimmy sendiri terlihat sebagai orang yang merawat Chuck sekaligus memberinya "Update" tentang dunia luar.

  Meskipun sudah melakukan berbagai cara untuk membuat Chuck terkesan, pada akhirnya Jimmy tetap dianggap tidak cocok sebagai pengacara oleh Chuck (karena bagi Chuck Jimmy adalah seorang kriminal), hal ini yang akan menjadi awal dari pertengkaran mereka selama 2 season.

Mike Ehrmantraut (Jonathan Banks)



*sekarang saya jadi menyesal tidak menulis tentang Mike pada Review Breaking Bad saya (jadi tulisan tentang Mike di sini cukup panjang yah XD)

  Mike adalah seorang pensiunan polisi yang sekarang bekerja sebagai penjaga gerbang parkir di kantor pengadilan dimana dia sering bertemu Jimmy.

  Mike memiliki latar belakang militer yang hebat dan menjadi polisi selama 30 tahun, sayangnya dia terpaksa menjadi polisi "Korup" karena diajak oleh rekannya. Hal ini berubah saat anak Mike, Matt bergabung di kepolisian dan terpaksa mati ditembak oleh rekan dan atasan Mike karena dia terlalu "jujur" (tidak mau menerima uang suap), hal yang paling ironis adalah Mike awalnya sudah memaksa Matt untuk menjadi Polisi korup walaupun akhirnya ditolak!!!!

  Setelah berhasil "membereskan" mereka yang membunuh Matt, Mike pergi ke Albuquerque untuk mengurus istri dan anak Mike, demi mengurus mereka Mike bahkan rela mengambil beberapa pekerjaan berbahaya (menjadi Bodyguard, jadi preman, mencuri,dll), semua ini dia lakukan demi masa depan cucunya (hal sama yang menjadi motif utamanya pada Breaking Bad).

  Hubungan Mike dengan Jimmy menjadi lebih akrab saat Mike meminta Jimmy untuk menjadi pengacaranya saat polisi mulai menanyakan Mike tentang kematian atasannya. Mike sendiri sudah tahu dengan tingkah laku Jimmy yang "tidak bisa dipercaya" (baca : cocok bagi kriminal), dari sinilah hubungan "simbiosis mutualisme" mereka mulai terbentuk.

  Kisah Mike pada serial ini dimulai saat Mike menolak untuk membunuh Tuco dan memilih untuk membuat Tuco masuk penjara, hal ini membuat Hector (paman Tuco) meminta Mike memalsukan kesaksiannya jika tidak ingin keluarganya disakiti. Dan Mike tentu saja lebih memilih untuk "membereskan" Hector dengan caranya sendiri, sayangnya tindakan ini dihalangi oleh sosok misterus yang akan muncul di season 3 (tapi tentu saja penonton Breaking Bad sudah tahu siapa identitasnya XD).

  Dengan kisahnya yang sangat menarik untuk diikuti, saya tetap tidak terima nasib akhir Mike pada Breaking Bad yang sangat KETERLALUAN (dibunuh oleh penderita kanker dan dimasukkan ke larutan kimia untuk menghancurkan tubuhnya, terus dibuang begitu saja)

Kimberly "Kim" Wexler (Rhea Seehorn)



  Salah satu karyawan HHM yang memulai karir dari Nol di HHM bersama Jimmy sekaligus menjadi Love Interest bagi Jimmy, Kim sendiri adalah orang yang merekomendasikan Jimmy agar dia mendapat tempat di Davis & Main (sebuah keputusan yang akan dia sesali nanti). Kim sendiri kagum sekaligus iri dengan cara kerja Jimmy yang tergolong bebas. Pada akhirnya Kim harus membuat keputusan yang akan mempengaruhi karirnya.

Howard Hamlin (Patrick Fabian)



  Salah satu pendiri dari HHM yang terlihat sangat membenci Jimmy, dialah ayng melarang Jimmy untuk menjadi pengacara di HHM,apalagi tingkah lakunya selama ini semakin meyakinkan Jimmy bahwa Howard sangat membencinya.

  Tapi dibalik semua itu, Howard tidaklah sejahat yang Jimmy pikir.

Tulisan di Bawah ini memiliki SPOILER kelas berat!!!!!!!



Penyebab Karir Saul Meroket



  (demi mendapat klien)

  2 kasus yang membuat Jimmy terkenal adalah kasus pencurian uang 1,6 juta dollar yang disembunyikan oleh 2 orang bendahara (suami istrei Kettleman) pada sebuah lembaga pemerintah, Jimmy berhasil membongkar semua ini setelah mengetahui bahwa Kettleman sengaja "menghilangkan" diri mereka untuk menghindari jeratan hukum. Walau berhasil meyakinkan Kettleman bahwa mereka harus mengikuti proses hukum (dengan cara meminta Mike mencuri uang tersebut), Jimmy pada akhirnya meminta Kettleman untuk berkonsultasi dengan HHM (pada akhirnya Howard mengambil alih semuanya tanpa memberikan imbalan untuk Jimmy).

  Kasus kedua adalah kasus korupsi pada Sandpiper (panti lansia/jompo) dimana para pengurus menaikkan harga pelayanan mereka secara diam-diam yang tentu saja merugikan para penghuni panti. Jimmy berhasil mencuri hati penghuni Sandpiper dengan cara mengakrabkan diri bersama mereka (bahkan di sini Jimmy merasa bahwa hukum tentang warisan adalah spesialisasinya). Tidak heran hal ini membuat Jimmy ditawari sebuah tempat di Davis & Main.

Kerjasama Tidak Selamanya Baik



(iklan terbaik nih XD)

  Di Davis & Main, Jimmy mencoba membuat sebuah iklan "kreatif" guna meraih banyak klien di cabang-cabang Sandpiper lainnya, sayangnya Jimmy melakukannya tanpa sepengetahuan atasannya yang membuat posisinya terancam.

  Banyaknya tekanan yang Jimmy alami (bahkan dia hanya bisa tidur di kantor lamanya) membuatnya mencoba keluar dari Davis & Main, bahkan denda yang harus dia bayar jika dia resign tidak membuatnya takut karena pada akhrinya Jimmy menemukan sebuah "celah" pada kontraknya yang membuatnya bisa keluar dari Davis & Main tanpa harus membayar denda. Setelah ini Jimmy mencoba membuat firma hukumnya sendiri dengan bekerjasama dengan Kim.

Musuh Sebenarnya


  Ternyata sifat Howard yang membenci Jimmy adalah sebuah sandiwara yang dibuat oleh..............................................
.....................................................
.....................................................


  Chuck


  Bahkan sampai sekarang Chuck masih merasa Jimmy tidak pantas untuk menjadi pengacara, setelah mengetahui hal ini Jimmy memutuskan untuk tidak mengurus Chuck lagi!!.

  Tapi dibalik semua ini, kebencian Chuck terhadap Jimmy sudah ada sejak mereka masih muda dimana Chuck merasa kedua orangtua mereka lebih memperhatikan Jimmy walaupun di balik layar Jimmy mencuri uang milik keluarganya. Apalagi kalimat terakhir yang ibu mereka ucapkan sebelum dia meninggal adalah ......



  Bayangkan anda adalah orang yang "putih" tapi seluruh dunia lebih mencintai adik anda yang "hitam" , tidak heran mengapa Chuck diam-diam sangat membenci Jimmy.

Apakah Chuck Benar-benar Sakit ???




  Pada salah satu episode, Chuck terpaksa masuk rumah sakit dan tentu saja benda elektronik di rumah sakit membuat keadaan tubuhnya menjadi lebih buruk. Dokter yang menanganinya mencoba menyalakan benda elektronik TANPA seperngetahuan Chuck dan ternyata Chuck tidak merasakan apa-apa.

  Apakah ini berarti Chuck memiliki masalah dengan mentalnya ????

  Video di atas mencoba menjawab hal tersebut, karena nantinya di Season 3 Jimmy akan memasang perangkap untuk Chuck yang semakin meyakinkan bahwa penyakit yang Chuck miliki (electromagnetic hypersensitivity) adalah bualan belaka.

  Penjelasan ilmiahnya adalah Chuck mengalami sesuatu yagn disebut sebagai "Nocebo Effect", jika Placebo Effect (atau bahasa kerennya adalah Sugesti) adalah reaksi positif yang dialami tubuh oleh sebuah benda yang diyakini memiliki efek positif (padahal tidak), sebagai contoh adalah Batu Celup Dukun Ponari dan berbagai pengobatan alternatif yang belum terbukti kebenarannya XD, maka Nocebo Effect adalah kebalikannya dimana sebuah benda diyakini dapat membuat keadaan tubuh menjadi buruk. Sebagai contoh memakan sayuran X dapat membuat mual-mual.


1216 dan 1261




  Kisah Mesa Verde Bank adalah penutup untuk season 2, klien ini pada awalnya ditemukan oleh Kim Wexler untuk HHM, tapi setelah Kim memutuskan untuk resign dari HHM maka terjadi perebutan klien yang nantinya dimenangkan oleh HHM karena Chuck yang berhasil meyakinkan pihak Mesa Verde meskipun Chuck terpaksa harus keluar rumah yang membuat keadaan tubuhnya menjadi buruk.

  Jimmy yang kesal dengan hal ini pergi ke rumah Chuck dengan alasan untuk merawat Chuck dan secara diam-diam mencuri berbagai dokumen Mesa Verde dan merubah berbagai detail yang ada yaitu mengubah alamat cabang baru Mesa Verde dari 1216 menjadi 1261. Hal kecil ini nantinya membuat Mesa Verde terpaksa menunda pembukaan cabang barunya dan mencoba kembali sebagai klien bagi Kim, tentu saja hal ini membuat Chuck menjadi kecewa dan terhina (karena Chuck selalu melakukan sesuatu dengan "sempurna").

  Chuck sendiri berpikir bahwa Jimmy berada di balik semua ini dan berhasil mengumpulkan bukti yang bisa memberatkan Jimmy, untungnya Jiimy berhasil menghindari semua itu dengan cara menyuap karyawan tempat fotokopi tempat dia memanipulasi dokumen Mesa Verde.

  Langkah terakhir yang bisa Chuck lakukan adalah keluar dari HHM dan bertingkah bahwa dia menjadi gila karena penyakit electromagnetic hypersensitivity. Jimmy dengan terpaksa mengakui bahwa dia yang melakukan semua ini demi Kim, semua terlihat normal.

  Sampai Chuck terlihat merekam semua pembicaraan ini secara diam-diam, hal ini akan berlanjut di season 3 (saya sendiri belum nonton sampai sekarang).


Conclusion


  Walaupun cerita berjalan lambat dan belum terlihat tanda-tanda Jimmy menjadi Saul. Serial ini cukup menarik untuk diikuti. Munculnya berbagai karakter dari Breaking Bad mungkin bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton.


My Score


80, The Criminal Lawyer "Boring" Story




Temukan review lainnya di SINI.

No comments:

Post a Comment