Just A review From me: [MEMORIES] Jurassic World (2015)

Tuesday, June 5, 2018

[MEMORIES] Jurassic World (2015)


Prolog


  "Jurassic World : Fallen Kingdom" akan dirilis besok (3 Minggu lebih cepat dari negara lain!!!) di Indonesia dan untuk merayakan hal ini saya akan (kembali) mengajak anda untuk mengingat kembali film pendahulunya Jurassic World (2015) yang berhasil menjadi film ke-lima dengan penghasilan terbaik sepanjang masa!!!




Akhirnya Dibuka!!!



  Saat Jurassic Park pertama kali dirilis pada tahun 1993, taman hiburan (theme park) ini masih belum beroperasi sepenuhnya dan sudah dirusak oleh insiden yang terjadi di film ini (gak perlu saya jelasin kan ???). Meskipun nantinya taman ini "hancur" dan ditinggalkan penghuninya saya masih berharap jika suatu hari nanti Jurassic Park akan kembali di buka dan bisa dinikmati secara normal.

  Harapan saya baru terjawab 22 tahun kemudian dengan munculnya penerusnya yaitu "Jurassic World". Sampai saat ini saya masih merinding saat adegan pintu gerbang Jurassic World dibuka lengkap dengan theme song ikonik dari Jurassic Park. Jurassic World sendiri sudah dibuka dari tahun 2005 dan sudah menjadi sebuah taman hiburan yang utuh lengkap dengan berbagai fasilitas mewah (hotel, restorant, lab, dll)/.

  Tapi, di balik semua itu....

Musuh Utama : Profit



(kenapa namanya terdengar sangat "indonesia" XD)

  10 tahun beroperasi ternyata tidak membuat Jurassic World selalu mendulang profit karena memiliki maintenance cost yang tinggi. Penurunan profit mulai terjadi pada tahun 2011-2013 dengan alasan simpel yaitu :

  "publik sudah bosan"

  Untuk mengatasi semua ini termasuk menyenangkan hati para investor/sponsor, Simon Masrani memtuskan untuk membuat sebuah dinosaurus hybrid yang lebih "Besar dan Ganas", proyek ini dinamakan Indominus Rex yang kelak akan akan membawa musibah untuk Jurassic World.

John Hammond atau Simon Masrani ???



  John Hammond adalah penggagas ide Jurassic Park yang memiliki slogan "Spare No Expense" (baca : uang bukan masalah XD) untuk proses pembuatan taman hiburan ini meskipun pada akhirnya taman ini "dirusak" oleh ulah satu orang hacker yaitu Dennis Nedry (salah satu alasannya adalah Dennis tidak mendapat kenaikan gaji). Sisi positif dari Hammond adalah passion yang sangat besar demi menghidupkan kembali dinosaururs agar bisa dilihat oleh semua pihak baik kaya ataupun miskin (ide ini pasti ditolak mentah-mentah oleh perusahaan jaman Now XD).

  Simon Masrani adalah penerus John Hammond yang nanti membuat Jurassic World, dia juga mewarisi slogan "Spare No Expense" yang kali ini terlihat cukup menjanjikan meskipun pada akhirnya "dirusak" oleh ulah Dr Henry Wu yang merahasiakan data dari Indominus Rex.

  Meskipun memiliki banyak kesamaan, saya pribadi masih memilih Hammond karena setidaknya beliau terlibat langsung dalam proses pembuatan dinosaurus sehingga tahu banyak tentang para "ciptaannya". Berbeda dengan Masrani yang hingga pertengahan film tidak tahu komposisi dari Indominus Rex. Jadi kesannya seperti Masrani main "acc" tiap proposal dari anak buahnya tanpa mencari tahu terlebih dahulu, benar-benar contoh pemimpin yang buruk bukan ???

Dibalik Senyum Gray



  Gray dan Zach Mitchell adalah 2 bersaudara yang "beruntung" bisa mengunjungi Jurassic World secara GRATIS dengan fasilitas VIP karena faktor "orang dalam" XD. Gray sendiri digambarkan sangat antusias saat menjelajahi Jurassic World tidak seperti Zach yang terkesan "ogah-ogahan".

  Tapi ternyata dibalik semua itu orangtua mereka berdua sedang dalam proses "perceraian" (penyebabnya sendiri tidak pernah dijelaskan) dan hal ini membuat Gray menangis pada salah satu adengan di film ini karena dia tidak ingin keluarganya berpisah.

Pegawai yang Tidak Kompeten


  Jadi Indominus Rex adalah dinosaurus berbahaya yang pastinya membutuhkan berbagai pengawasan ekstra dari para profesional bukan ???

  Nope, karena inilah salah satu pegawai yang menjaga kandang Indominus Rex


(tidak heran kenapa hewan ini bisa melarikan diri)

  Apakah berlebihan jika menganggap sebagian besar pegawai Jurassic World berasal dari outsourcing ???

Claire Dearing , Karakter Terburuk Di Film Ini ???



Operational Manager dari Jurassic World yang memiliki banyak kekurangan yaitu :

  • kelewat workaholic sampai tidak menghabiskan waktu dengan kedua keponakannya
  • menganggap dinosaurus adalah "aset"
  • tidak mengetahui komposisi dari Indominus Rex
  • hanya memikirkan profit

  Dan tidak, saya tidak bisa mengkritik Owen Grady karena pria ini sudah melalui banyak hal yaitu menyelamatkan galaksi dua kali sekaligus menjadi penyebab kehancuran 1/2 populasi alam semesta XD.


Rencana InGen yang Kelewat "Ngaco"



  InGen yang diwakili oleh Vic Hoskin memiliki rencana untuk menjadikan Raptor dan dinosaurus lainnya sebagai senjata perang karena merasa jika teknologi saja tidak cukup untuk memenangkan perang. Masalahnya adalah para dinosaurus ini masih sulit untuk dilatih dan Owen Grady sendiri menentang rencana ini.

  Oh hampir lupa, Vic Hoskin sendiri "sepertinya" bekerjasama dengan Dr Henry Wu untuk menutup Jurassic World dalam bentuk Indominus Rex.

Sisi Positif Claire Dearing



  Pada akhirnya Calire akan pergi bersama Owen untuk mencari kedua keponakannya dan sepanjang perjalanan dia terlibat berbagai aksi lari dari berbagai dinosaurus. Tapi coba perhatikan kakinya dan anda dijamin akan terkejut karena sepanjang film Claire menggunakan.


(High Heel!!!)

  Bisa dibayangkan sendiri bagaimana rasanya berlari dari kejaran dinosaurus dengan alas kaki seperti diatas ??? . hal ini sendiri membuat beberapa orang merasa jika "High Heel" ini adalah hal terkonyol pada film ini. Apakah anda juga demikian ???

Tyrannosaurus Ex-Machina



  Untuk melawan Indominus Rex yang semakin ganas. Claire membawa seekor T-Rex dengan memakai cara yang sama seperti yang Dr Grant lakukan pada film Jurassic Park (memakai suar agar T-Rex mengejar dirinya). Dan hebatnya dia masih bisa kabur dari kejaran T-Rex dengan masih memakai sepatu High Heel!!!


(Pro sekali wanita yang satu ini XD)

  dan dimulailah duel Tag Team T-Rex + Raptor VS Indominus Rex yang masih terlihat keren sampai hari ini.


(SO AWESOME)

Dan Pemenangnya.....


  Tapi sialnya duel epik di atas dimenangkan oleh.....


(Yah gitu deh...)

Mari Mengheningkan Cipta



  Untuk Lowery Cruther yang di "friendzoned" pujaan hatinya yaitu Vivian dengan sebuah alasan "sepele" :'(


======================================================================

Bonus, Ide Awal Yang "Terbuang"




  Pada tahun 2005, ide awal film "Jurassic World" adalah memperkenalkan dinosaurus Hybrid yang menyatukan DNA dinosaurus dengan manusia. Sayang sekali ide "gila" ini akhirnya ditolak dan digantikan dengan Indominus Rex yang terlihat lebih generik.

  Tapi mungkin saja di masa depan ide ini akan lebih dieskplorasi karena InGen menginginkan dinosaurus untuk bisa digunakan dalam perang. So , Jurassic Army anyone ???

No comments:

Post a Comment