Just A review From me: [TV SERIES] Marvel Iron Fist Review

Friday, March 31, 2017

[TV SERIES] Marvel Iron Fist Review

*Tulisan Ini Penuh SPOILER!!!!!!!!!!!



Prolog

  Serial TV Marvel yang ditayangkan oleh Netflix benar-benar membawa banyak perubahan bagi Marvel Cinematic Universe (MCU).

  • Daredevil dengan alur cerita yang dark dan pertarungan yang (cukup) brutal
  • Jessica Jones dengan tema dewasa + memiliki Villain terbaik di MCU versi saya XD
  • Luke Cage yang membuktikan kehebatan minoritas (Well, Luke Cage sendiri dikenal sebagai salah satu superhero kulit hitam pertama) dengan lagu-lagu yang enak didengar



  dengan banyaknya review postitif untuk 3 serial TV di atas, maka jangan heran jika ekspetasi Publik terhadap Iron Fist sangat tinggi. Apakah Iron Fist berhasil memukau para penonton ???.

  singkatnya TIDAK, Iron Fist adalah serial TV Marvel TERLEMAH untuk saat ini, banyak hal yang membuat serial ini tidak sebaik pendahulunya. Belum lagi adanya kontroversi 'konyol' yang muncul oleh berbagai pihak.


Kontroversi itu sudah biasa

  Selain mendapat review yang buruk untuk episode-episode awal oleh para kritikus yang bisa melihat serial ini lebih awal. Serial ini memiliki kontroversi karena memakai Finn Jones untuk memerankan Danny Rand.

  Karena begini yah, jika ada tokoh yang ahli Kung Fu, pasti mayoritas kita berpikir bahwa tokoh ini pasti berasal dari ASIA, benar begitu saudara-saudara ????????. 

  Jadi menurut berbagai pihak Finn Jones tidak 'pantas' memerankan Danny Rand karena dia bukan orang Asia.


  Padahal............

  Danny Rand sendiri itu memang orang kulit PUTIH, jadi sebenarnya apa masalahnya sampai hal ini bisa menurunkan review awal untuk series ini ????. apakah pemikiran stereotype seperti itu masih berlaku di jaman sekarang ???

  lebih parahnya lagi, Finn Jones malah menyalahkan Donal Trump untuk masalah ini. Sebuah langkah yang bagi saya kurang tepat untuk menyikapi masalah ini.

  Mau yang lebih parah ? Di serial ini salah satu lawan yang akan dihadapi Danny yang memakai jurus Dewa Mabuk adalah aktor yang awalnya DIRENCAKAN memerankan Danny Rand , dan dia adalah orang Asia. Jadi ?????????????

*udah sih tinggal nonton aja kok malah ribut kyak gini XD



Story

  Danny Rand kembali ke New York setelah 15 tahun dianggap mati karena sebuah kecelakaan pesawat yang menimpa dirinya dan kedua-orangtuanya. Dan sekarang Danny mencoba untuk mendapatkan tempatnya kembali di Rand Industries, perusahaan yang dimiliki oleh ayahnya.

  Selama 15 tahun terakhir, Danny diselamatkan oleh para biksu dan dibawa ke sebuah kota mistik yang disebut K'un-Lun yang hanya muncul beberapa tahun sekali. Di sana Danny belajar berbagai ilmu beladiri dan akhirnya berhasil mewarisi gelar Iron Fist dengan melawan Naga yang bernama Shou-Lao. Tugas Iron Fist adalah melindungi K'un Lun dari ancaman The Hand, organisasi yang pernah muncul di Daredevil. The Hand sendiri ternyata memiliki usaha heroin sintetik dengan menggunakan Rand Industries sebagai penyamaran mereka!!!!

  Langsung saja, 1/2 season dari serial ini dihabiskan dengan cara Danny mendapatkan kembali tempatnya di Rand Industries, lengkap dengan pengacara dari berbagai pihak (wow, kisah klasik perebutan warisan) yang membosankan dengan disisipi sedikit aksi bela diri. Untuk sebuah serial TV yang menjanjikan aksi bela diri yang memukau, Iron Fist terlihat sangat mengecewakan.

  Kurangnya flashback tentang kehidupan Danny di K'un Lun juga membuat serial ini tambah mengecewakan, padahal para fans sudah berharap akan ada adegan Danny melawan Shou-Lao, apakah kurang budget untuk special effect ?????????. Jika iya maka beda sekali dengan tetangga sebelah yang memiliki budget lebih untuk special effect.

  Keseluruhan cerita juga terlihat standar dan kurang menarik untuk diikuti, memang serial ini mulai membaik saat memasuki episode-episode akhir, tapi keseluruhan serial ini tidak sebaik para pendahulunya.

  Tapi berita baiknya, tone Iron Fist lebih ringan ketimbang 3 pendahulunya, jadi jika anda belum memulai menonton serial TV Marvel di Netflix maka bisa memulai dengan Iron Fist (biar bisa kecewa lebih awal maksudnya XD).


Characters


Danny Rand / Iron Fist (Finn Jones)


  Waktu kecil mengalami kecelakaan pesawat yang menewaskan kedua orang tuanya, dia lalu diselamatkan oleh 2 biksu dan dibawa ke K'un Lun untuk 15 tahun ke depan. Di K'un Lun Danny berhasil melewati sebuah ujian khusus yang membuatnya mendapatkan gelar dan memiliki kekuatan Iron Fist di mana dia dapat mengumpulkan Chi di tangan kanannya sehingga membuat tinjunya memiliki efek yang sangat destruktif. Memiliki gelar Iron Fist membuatnya harus menjadi pelindung K'un Lun.

  Tapi sayangnya, Danny jarang memakai kekuatan Iron Fist. Ada saja alasan dia tidak bisa menggunakan kemampuannya mulai dari pengaruh obat-obatan, kehabisan Chi, Sampai Baper (Yup, anda tidak salah baca). Untungnya dia sendiri memiliki kemampuan beladiri yang cukup tinggi.

  Lalu bagaimana caranya dia bisa kembali ke New York jika dia sendiri memiliki tanggung jawab yang sangat besar ????? hint : jawabannya bukan karena The Hand

  meskipun pada awalnya memiliki kesulitan untuk membuktikan bahwa dia adalah Danny Rand, akhirnya Danny berhasil mendapatkan tempatnya di Rand Industries.

  Dan dia juga masih sempat bersikap seperti OKB (Orang Kaya Baru).

  Nantinya Danny akan mengetahui berbagai kenyataan tentang kematian orang-tuanya dan hubungan Rand Industries dengan The Hand.


Colleen Wing (Jessica Henwick)


  seorang Ahli beladiri yang membuka Dojo bernama "Chikara Dojo" sekaligus orang yang ditemui Danny di taman kota. Dia nantinya akan banyak membantu Danny dan akhirnya menjadi Love Interest bagi Danny.

  Saat mendengar muridnya ikut dalam sebuah pertarungan ilegal, Colleen malah mencoba mengikuti pertarungan tersebut dengan nama samaran "Daughter Of The Dragon", padahal hal ini jelas bertentangan dengan idiologi Bushido yang dianut oleh Colleen.

  Bisa dibilang dialah tokoh utama di serial ini, aksinya lebih banyak + asyik untuk dilihat ketimbang Danny.

  Melihat aktingnya yg mantap, saya sampai lupa kalau dia pernah muncul di GameOf Throne sebagai tokoh yang luar biasa mengecewakan.


Ward Meachum (Tom Pelphrey) dan Joy Meachum (Jessica Stroup)


  Teman masa kecil Danny yang sekarang menjadi petinggi untuk Rand Industries. Ward dianggap sebagai pemimpin perusahaan yang ideal dan sempurna, padahal di balik semua itu dia adalah sosok yang rapuh, bahkan dia mengkonsumsi berbagai obat penenang yang membuatnya hampir menjadi seorang pecandu. Dan yang terburuk, hampir semua tindakannya dikendalikan oleh 'seseorang'.

  Banyak yang bilang bahwa Ward adalah Villain MCU terburuk, saya tidak setuju karena Ward tidak cocok dianggap sebagai Villain, dia memiliki alasan untuk semua tindakannya. Bahkan saya bersimpati padanya untuk episode-episode akhir.

  Joy sendiri terlihat sangat mempercayai semua perkataan Danny, bahkan dia membantu memberikan berbagai bukti secara diam-diam agar Danny dapat kembali ke Rand Industries.Tapi setelah itu peran dia hampir tidak ada.

  Saat posisi dia dan Ward di perusahaan terancam oleh ulah para pemegang saham, Joy menyewa seorang Private Investigator (PI) untuk mencari sisi gelap para pemegang saham dengan. Joy sendiri bilang bahwa PI ini sangat berbakat saat dia tidak mabuk, sepertinya kita sudah bisa menebak siapa sosok yang Joy sewa.


Jeri Hogarth (Carrie-Anee Moss)



  Pengacara berbakat ini kembali muncul untuk membantu Danny dari segi hukum. Ternyata dulu Jeri pernah bekerja di perusahaan Rand pada awal-awal karirnya dan memiliki hutang budi kepada ayah Danny, pantas saja Jeri mau membantu Danny.

  Btw, gimana kabar istrinya yah ??? masih sehat ?????


Claire Temple (Rosario Dawson)


  Suster yang kembali harus berurusan dengan orang-orang super, setelah akhir di Luke Cage, Claire belajar bela diri dan menjadi murid Colleen. Lalu dia bertemu Danny dan akhirnya harus membantunya setelah mengetahui bahwa lawan yang mereka hadapi adalah The Hand.

  dan berikut adalah musuh yang harus dihadapi Danny dkk


Madame Gao (Wai Ching Ho)


  Sebelumnya pernah muncul di Daredevil, janga remehkan sosok nenek yang satu ini karena dia sangat manipulatif dan memiliki kemampuan super (meskipun hanya muncul 1x), benar-benar The Power Of Nenek-Nenek.

  Di sini dia menggunakan dermaga yang dimiliki Rand Industries untuk memasarkan heroin sintetik. Dan dia juga mengetahui kenyataan di balik kecelakaan yang dialami oleh Danny.

  Karena dia adalah anggota The Hand, dia memiliki banyak pengaruh di kota ini. Dia sendiri mengaku sudah pernah bertemu Iron Fist terdahulu dan menganggap bahwa Danny adalah Iron Fist yang buruk.


Bakuto (Ramon Rodriguez)


  sensei Colleen Wing yang datang saat Colleen terkena racun dari The Hand, dialah orang yang mengajari Danny cara menggunakan Chi untuk pengobatan sekaligus cara untuk mengumpulkan Chi. Tapi di balik itu semua dia adalah anggota The Hand !!!!!.

  well, bagi Bakuto sendiri Madame Gao memiliki visi dan misi yang berbeda dengan dirinya, untuk itu dia berniat untuk menangkap Gao sekaligus membuktikan bahwa The Hand adalah organisasi yang baik.

  Tapi sudah jelas dong klo itu semua cuma bualan belaka.....

  Oh ya, karena Bakuto Adalah anggota The Hand, maka otomatis Colleen juga anggota The Hand.



Davos (Sacha Dhawan)


  Anak dari Lei Kung (salah satu guru Danny), dia diutus oleh K'un Lun untuk membawa pulang Danny. Dia sendiri awalnya berniat untuk menjadi pewaris Iron Fist, sayangnya gelar itu jatuh ke Danny. Tidak heran kalau dia iri terhadap Danny

  dan musuh terbesar Danny adalah ?????????




===============================================================



apa saya mendengar 'pasti orang yang dekat sama Danny' ?????















Harold Meachum (David Wenham)


  Teman dekat ayah Danny sekaligus orang tua bagi Ward dan Joy, dia sendiri sudah mati karena kanker, tapi karena bantuan The Hand dia bisa hidup lagi (bahkan dianggap Immortal), tapi bayarannya adalah dia harus hidup tertutup (tapi dengan fasilitas VVIP), menjadi pelayan The Hand, dan kehilangan kontak dengan anak-anaknya (kecuali Ward).

  Yup, dialah sosok yang mengendalikan semua tindakan Ward untuk perusahaan Rand, dia juga memiliki banyak kamera yang membuatnya bisa memantau banyak hal. Saat mengetahui bahwa Danny adalah musuh dari The Hand, Harold mulai mencoba untuk membantu Danny dengan harapan bahwa dia akan terbebas dari The Hand.

  Sayangnya hal itu tidak berjalan dengan lancar, bahkan akhirnya Ward 'sempat' membunuh Harold karena saking tidak tahan dengan perlakuan Harold.

  Tapi yah itu, Harold bisa hidup kembali dan nantinya akan meng-kambing hitamkan Danny dengan memanipulasi file The Hand yang Danny titipkan kepadanya.

  Oh, dan dia juga yang berada di balik kecelakaan pesawat yang menimpa Danny.



The Hand, "calon" musuh besar di The Defender


  Dengan melihat berbagai aksi mereka dan betapa The Hand sangat berpengaruh (mungkin bisa mengalahkan HYDRA), sepertinya bisa dikatakan bahwa mereka akan menjadi musuh di The Defender, serial TV yang akan mempertemukan Daredevil,Jessica Jones,Luke Cage, dan Iron Fist.

  Menurut info yang beredar, salah satu Villain untuk di Defender (Alexandra) akan diperankan oleh Sigourney Weaver yang terkenal akan perannya di Alien dan Ghostbuster. Konon Alexandra adalah orang penting di New York. Mari kita lihat apakah dia akan menjadi tokoh politik, anggota The Hand, atau tokoh politik yang bergabung dengan The Hand XD.



The Ending Suck.......

  Harold Meachum memang memiliki kualitas sebagai Villain yang bagus, sayangnya selain immortal dia tidak punya kemampuan yang lain, apalagi lawan dia adalah Iron Fist. Terlihat berat sebelah.

  Lebih mengecewakan lagi, dia kalah karena ditembak oleh Ward. Lalu mayat dia dikremasi agar tidak bangkit lagi.


  Setelah semua ini berakhir, Danny berniat untuk kembali ke K'un Lun bersama Collen.

  Tapi sebelum hal itu terjadi, Joy dan Davos terlihat membicarakan bahwa Danny adalah ancaman yang harus disingkirkan, dan di sebelahnya ada Madame Gao yang mendengarkan mereka sambil ngopi. Sudah jelas mereka akan menjadi lawan Danny di season 2 nanti.


  Dan nasib Danny sendiri ????? dia menemukan K'un Lun dengan keadaan kosong (menghilang) dengan mayat anggota The Hand di gerbang menuju K'un Lun.


Conclusion

  Cukup mengecewakan dari semua sisi. Coba saja Iron Fist tayang sebelum Jessica Jones (maklum ekspetasi saya tinggi kepada serial ini), mungkin saya akan memberi nilai yang lebih tinggi.


My Score

55, Dirimu tidak sekuat Tinjumu....



temukan review lainnya di SINI.

No comments:

Post a Comment