Just A review From me: [TV SERIES] The Big Bang Theory Review

Wednesday, February 22, 2017

[TV SERIES] The Big Bang Theory Review



Prolog

  Nerd menurut google translate memiliki arti "Kutu Buku", tapi perkembangan jaman membuat kata ini memiliki pergeseran arti yang cukup drastis. Sekarang Nerd sering diartikan sebagai orang "Cupu" (anti sosial,aneh,gak macho,dll), tapi meski begitu predikat pintar masih menjadi ciri khas para Nerds (tentu saja pintar dalam bidang yang mereka kuasai).




  Lantas bagaimana jika ada sebuah acara sitkom (situasi komedi) dengan tokoh utama para Nerd dengan latar belakang ilmu fisika dan teknik, terdengar membosankan dan bikin mual bukan (terutama bagi yang alergi dengan pelajaran yang satu ini) ????.

  Tapi ternyata serial ini terkenal dan masih bertahan sampai sekarang (10 tahun sejak 2007), saya sendiri pertamakali mengenal serial ini melalui situs 9gag. serial ini seringkali membuat saya tertawa terbahak-bahak karena komedi yang mereka sajikan memang lucu, penuh referensi ilmiah, dan yang terpenting : Karakternya sangat pas.

  Tapi tentu saja serial ini memiliki kelemahan, penasaran ????????????

Story

  Bercerita tentang kehidupan 4 orang peneliti (Sheldon, Leonard, Rajesh, dan Howard) yang bekerja di Caltech (California Institute Of Technology), karena memiliki gaya hidup Nerd maka tidak heran jika mereka sulit bersosialisasi dengan orang awam.

  Cerita mulai berubah saat Sheldon dan Leonard memiliki tetangga baru yang sangat cantik (setidaknya menurut standar Leonard) tetapi sangat awam dengan dunia para Nerd. Dan disinilah kisah mereka dimulai.

  Meskipun sudah berjalan selama 10 tahun, tetap saja terlihat bahwa pace yang diberikan oleh serial ini sangat lambat, terutama dari hubungan romantis antar karakter. Hal yang cukup wajar sih mengingat ini adalah komedi, bukan drama romantis.

  Saya sendiri merasa setelah season 4 kualitas serial ini mulai menurun.


Characters

Sheldon Cooper (Jim Parson)
*karena serial ini, Jim Parson menjadi aktor dengan bayaran termahal (jutaan dollar untuk tiap episode)


  Bisa dibilang tokoh utama dari serial ini, seorang Theoritical Physicist dengan segudang gelar, memiliki ingatan fotografis, dan tergolong jenius (sudah mulai kuliah sejak umur 11 tahun). Padahal dia terlahir dari keluarga yang biasa-biasa saja lho. Dan dengan segala kelebihan itu tidak heran jika Sheldon mengalami Bullying selama masa kecilnya.
*coba Sheldon lahir di Indonesia, pasti sudah masuk berita XD


  Tapi dibalik itu semua dia adalah sosok yang MENYEBALKAN UNTUK DIJADIKAN TEMAN, pasalnya dia itu OCD (selalu ingin rapih), memiliki banyak aturan, ,terlihat sombong, tidak tertarik dengan lawan jenis, dan suka merusak suasana, bisa dikatakan orang yang berhubungan dengan Sheldon adalah orang yang apes. Untuk menghemat biaya sewa apartemen dia mencari seorang roommate (teman 1 apartemen), dan sudah tidak terhitung banyaknya korban yang jatuh karena tidak tahan dengan tingkah laku Sheldon. Bahkan salah satunya sampai pindah ke serial TV lain bertema zombie XD.

(kenal dia ??????)

  Hanya Leonard-lah yang sampai sekarang masih setia menjadi roommate Sheldon.

  Untungnya semua sifat itu dia tunjukkan dengan gaya yang sangat lucu. Dijamin kalian akan tertawa dibuatnya.

  Selama 10 season ini, kehidupan Sheldon mulai berubah menjadi lebih 'Normal', hal ini secara tidak langsung membuat dia menjadi kurang lucu jika dibandingkan dengan season awal.


Leonard Hofstadter (Johnny Galecki)


  Seorang Experimental Physicist yang betah menjadi roommate Sheldon selama bertahun-tahun (meski dia sendiri sering mengeluh tentang hal ini), alasannya ada 2 yaitu biaya sewa yang lebih murah dan Sheldon pernah menyelamatkan hidupnya (yang membuat lift apartemen mereka rusak sampai sekrang). Masa kecilnya terlihat suram karena dia seringkali di "bully" oleh ibunya sendiri yang seorang psikiater terkenal. Selama serial ini berlangsung dia tertarik dengan Penny, tetangga baru mereka yang nantinya akan membawa hubungan mereka ke arah yang lebih 'aneh'

  Hubungan dia dengan Penny dibuat maju-mundur, ada waktunya mereka putus, mencari pasangan lain , akhirnya CLBK, dan akhirnya menikah 2 kali (karena yang pertama tidak dihadiri oleh orang tua mereka).


Rajesh Koothrappali (Kunal Nayyar)


  Seorang Astrophysicist yang menjadi sahabat bagi Leonard dan Sheldon, karena dia berasal dari India maka seringkali dia dijadikan sasaran untuk lelucon yang bersifat rasis XD.
Hidup dia sendiri terlihat sangat mewah, dia memiliki apartemen mewah dan memiliki banyak uang yang semua berasal dari orangtuanya di India, tidak heran sifat dia terlihat sangat manja.

  Raj sangat ingin memiliki seorang pacar, tapi sayangnya setiap kali bertemu perempuan dia akan membeku (baca :gugup) dan tidak bisa berkata apa-apa. Tapi jika dia sudah diberi minuman beralkohol maka dia akan berubah menjadi sosok Playboy yang nyebelin. Hal ini juga yang membuat dia sulit mencari pasangan hidup.

  Tapi nantinya Raj akan memiliki kisah dengan berbagai perempuan (meskipun berakhir tragis) dan penyakit gugupnya perlahan sembuh (tidak perlu minum alkohol lagi).



Howard Wolowitz (Simon Helberg)


  Tokoh yang paling sering dibully oleh Sheldon karena hanya memiliki gelar M.pd sedangkan yang lain memiliki gelar P.hd. Dia sendiri adalah Aerospace Engineering. Karir dia tergolong lebih baik dibandingkan kawannya karena nantinya dia akan pergi ke luar angkasa (meskipun di sana dia juga jadi korban Bully astronot lainnya).

  Dia menjadi tokoh paling 'lebay' dalam serial ini, terutama dari segi hal merayu perempuan, dia juga sering memiliki pikiran mesum. Jadi jangan heran kalau dia sangat akrab dengan Raj. Dia memiliki Ibu yang sangat Overprotektif dan masih menganggapnya sebagai anak kecil, dan sosok sang Ibu sendiri tidak pernah diperlihatkan (hal ini menjadi ciri khas untuk Howard), hanya suara nyaringnya saja yang terdengar XD. Tapi sayangnya akhirnya sang Ibu harus 'dimatikan' karena pengisi suaranya telah meninggal dunia.

  Meski nasib asmaranya naik-turun seperti Raj, tapi setidaknya akhirnya dia akan menikah dan memiliki anak. Dan lucunya ternyata istri dan anaknya mewarisi ciri khas dari Ibu Howard XD.



Penny (Kaley Cuoco)


  Seorang perempuan muda dengan impian besar yaitu menjadi seorang artis, sayangnya karirnya tidak pernah bersinar (hanya menjadi tokoh utama di film B),bekerja sebagai waitress di Cheesecake Factory selama beberapa season. Dengan gaya hidupnya yang boros dan gaji kecil, masih menjadi misteri bagaimana dia bisa membayar sewa apartemen miliknya ??? tapi ternyata makanan dan Wi-fi bisa dia dapatkan dari apartemen Sheldon XD.

  Dialah Love Interest bagi Leonard, dan karena hal inilah akhirnya Penny bisa akrab dengan 4 tokoh utama lainnya, bahkan nantinya dia akan menikah dengan Leonard. Dan nantinya karir dia bersinar meski bukan menjadi seorang artis melainkan seorang Sales Rep dari sebuah perusahaan Obat. Dan ternyata ini membuat dia memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan suaminya.



Bernadette Rostenkowski (Melissa Rauch)


  Muncul di season 3 sebagai perempuan yang 'dicomblangkan' oleh Penny untuk Howard, meski awal terlihat tidak cocok, ternyata mereka menjadi pasangan langgeng yang akhirnya menikah dan memiliki seorang anak.

  Bernadette sendiri adalah seorang Microbiologist dengan jabatan yang cukup besar (karyawan lain bahkan takut padanya), hal ini juga yang membuat dia bisa memasukkan Penny agar menjadi Sales Rep.


  selain memiliki fisik yang 'imut2', dia juga memilki suara yang tidak kalah 'imut', tapi meski begitu ada saatnya dia bisa menjadi sosok perempuan yang sangat galak, dan jangan lupa, ayahnya itu polisi lho!!!!!.



Amy Farah Fowler (Mayim Bialik)


  Muncul di akhir season 3 sebagai pacar bagi Sheldon yang ditemukan lewat Online Dating. Sheldon sendiri awalnya menganggap bahwa ini bisa menjadi eksperimen untuk mempelajari cara bersosialisasi sedangkan Amy terpaksa memiliki pacar 1 tahun sekali karena perjanjian dengan ibunya. Tidak disangka dua orang aneh ini ternyata cocok satu sama lain. Bahkan Amy sangat mengagumi Sheldon.dan memiliki beberapa fantasi yang sebaiknya tidak saya tulis di sini XD. Dia sendiri adalah seorang Neurobiologist.

  Karena mereka berdua adalah pasangan aneh (dijuluki Shamy), jangan heran jika perkembangan hubungan mereka dibuat SANGAT LAMBAT (sempat putus yang membuat Sheldon menjadi depresi). Tapi meski begitu, Sheldon terbukti mampu memberikan episode romantis yang terbaik sekaligus teraneh (episode saat dia mencium Amy dan memberikan hadiah ulang tahun).


The Big Bang Theory memiliki beberapa tokoh tamu (hanya muncul 1-2 episode saja), dan ini adalah tokoh tamu terbaik versi saya


Mary Cooper (Laurie Metcalf)


  Sering dengar istilah toleransi akhir-akhir ini ???? bagi saya Mary Cooper adalah sosok terbaik untuk mewakili hal tersebut.

  Dia adalah ibu Sheldon, dia hanyalah wanita religius normal (Kristen) yang memiliki keluarga yang cukup 'berantakan' (semua anaknya tergolong nakal kecuali Sheldon), tidak heran jika dia menganggap Sheldon adalah anugerah sekaligus kutukan bagi hidupnya.

  Sheldon mungkin sosok yang pintar, sayangnya dia menolak secara mentah-mentah ajaran agama yang diberikan oleh ibunya dan memilih untuk tidak mempercayai konsep Tuhan (kecuali jika terpaksa), tapi Mary menghormati keputusan anaknya dan tetap menjadi sosok yang religius di mata anaknya. Inilah toleransi dalam arti sesungguhnya.

  makanya sangat menarik saat Mary bertemu ibu Leonard (Beverly) yang ternyata sangat cocok dengan Sheldon (bahkan Sheldon berharap bahwa Beverly menjadi ibunya). Bisakah sifat religius menolong dia dalam situasi ini ????


  Tapi bagian terbaik adalah saat Sheldon memergoki Mary sedang berduaan dengan seorang laki-laki (situasi yang tidak akan saya tulis di sini), sontak Sheldon langsung mempertanyakan sifat religus yang selalu diperlihatkan ibunya selama ini. Hal ini malah membuat saya berpikir bahwa Mary tetap adalah sosok manusia yang tidak luput dari kesalahan.

  What ??? , memang jika memiliki agama maka kalian tidak boleh melakukan kesalahan dan selalu harus terlihat suci di hadapan setiap orang ??????


That's annoying you know, because Human is not perfect at all..........



Kualitas Mulai Menurun

  Mulai season 5 sampai sekarang, serial ini sudah sulit untuk membuat saya tertawa lagi (karena saya sudah hapal sifat dan kelakuan semua tokoh), minimal hanya senyum yang bisa saya keluarkan.Alhasil saya melanjutkan menonton hanya demi kompleksitas ceritanya saja (yang sayangnya tidak saya temukan sampai sekarang).Serial ini sebaiknya berakhir secepatnya selama masih sempat.

  Tapi mo gimana lagi, serial ini sudah menjadi favorit saya untuk urusan komedi, untung tahun lalu saya bisa menemukan alternatif yang setara dengan serial ini.


Kapan tamatnya ???????

  Meski begitu, ternyata sampai sekarang serial ini masih berjalan dan bahkan masih akan ada 2-3 season lagi, entah bagaimana mereka akan membawa kisah para Nerd ini ke depannya ?????


Conclusion

  serial TV yang sangat menarik untuk diikuti di season-season awal, butuh mental yang kuat jika ingin melanjutkan menonton serial ini (siap-siap jika mungkin nantinya ending serial ini tidak akan seperti yang kalian bayangkan).



My Score

95 (season 1-4), Nerd Life can be funny

65 (season 5-sekarang), I'm just watching it for story



temukan review lainnya di sini

No comments:

Post a Comment