Just A review From me: [MOVIE] Doctor Strange Review

Wednesday, October 26, 2016

[MOVIE] Doctor Strange Review



Prolog

  Apa cuma saya yang berpikir bahwa film ini sangat cocok bagi rakyat Indonesia yang akhir-akhir sangat sensitif terhadap hal-hal mistis, terutama setelah kasus "Bimas Gendeng Gak bisa Move On Kepemilikan Bersama" (Nama sengaja disamarkan) yang konon sakti mandraguna sampai bisa menggandakan benda dengan bantuan makhluk dari alam lain dan seorang penasehat spiritual yang saya lupa namanya XD..




  Karena alasan tersebut maka sebuah film yang bertema mistik akan terasa cocok untuk momen-momen seperti ini XD .



............................................................................................................................................
............................................................................................................................................




  Ok sepertinya tulisan saya kelewat ngawur, waktunya kembali ke realitas



  Setelah Sukses dengan Civil War, Marvel dengan MCU (Marvel Cinematic Universe) akan mengenalkan lagi satu tokoh superhero yang (mungkin) terdengar asing di telinga para masyarakat mainstream yaitu Dr Strange.

  Setelah 2 tahun sebelumnya berhasil memperkenalkan Guardian of The Galaxy dan Ant-man, apakah Dr Strange akan berhasil membuat penonton kembali mengatakan bahwa "Marvel Has Done It Again" ????

  Jika melihat sekilas berdasarkan trailer yang ada, Dr Strange tergolong unik dengan membawa unsur magis dan memiliki Visual yang menarik (seperti film Inception). Apalagi Dr Strange diperankan oleh Benedict Cumberbatch, aktor yang menurut riset iseng yang saya lakukan, adalah aktor terganteng no-2 (yang no-1 adalah artis korea btw) di mata perempuan di Indonesia.

  Jadi, Siap mengenal Dr yang namanya memang aneh ini ??????????



Dr Strange Brief History


  Stephen Strange awalnya adalah seorang dokter bedah yang sangat ahli sehingga dianggap yang terbaik di dunia. Hanya saja dia sangat sombong + angkuh + tidak peduli terhadap pasiennya + hanya peduli terhadap uang. Kombinasi sifat Stephen Strange tentunya akan membuat beberapa orang membenci dia dan mengharapkan hal buruk terjadi pada dia (walah sinetron banget XD).

  Sampai suatu hari dia mengalami kecelakaan yang membuat tangannya tidak bisa digunakan untuk membedah , dan karena dia sangat sombong maka dia menolak kenyataan bahwa karirnya sebagai dokter bedah sudah tamat dan mencoba berbagai cara untuk bisa menyembuhkan tangannya.

  Pencariannya menghabiskan harta miliknya + membuat kehidupannya berubah 180 derajat, sampai akhirnya dia mendengar kabar bahwa ada seseorang di Himalaya yang disebut "Ancient One" yang bisa menyembuhkan tangannya. Tapi Ancient One sendiri menolak untuk menyembuhkan Stephen karena dia terlalu sombong. Tapi akhirnya Stephen Strange dilatih oleh Ancient One berbagai ilmu mistis setelah dia melihat ada kebaikan dalam dirinya dan karena Stephen berhasil membongkar bahwa Mordo, salah satu murid Ancient One berniat untuk membunuh sang Guru.

  Setelah latihannya selesai, Strange kembali ke New York dan membuka tempat praktek yang bernama "Sanctum Santorum" dan menjadi konsultan spiritual untuk berbagai hal mistis yang ada di dunia Marvel, dan dia juga kerap melindungi bumi dari ancaman mistis.

  Jadi, dari dokter sombong menjadi dokter ahli spiritual, not bad for a career choice right ????

Dr Strange In MCU

  Kehadiran Dr Strange dalam MCU muncul dalam bentuk mention di Winter Soldier saat Agent Sitwell mengatakan bahwa Dr Strange adalah ancaman bagi HYDRA.


  Entah benar atau tidak, saya harap bisa menemukan jawabannya di film ini.


Story

  Hidup Dr. Stephen Strange sebagai seorang dokter ahli bedah terlihat sangat sempurna, sampai suatu hari dia mendapat kecelakaan yang membuat tangannya cedera dan membuat dia tidak bisa lagi membedah.

  Dengan menggunakan seluruh hartanya, Stephen mencari cara untuk menyembuhkan tangannya tapi hasilnya nihil. Sampai suatu hari dia mendengar kabar bahwa ada seseorang yang sembuh setelah didiagnosa lumpuh total, dan dari orang itu Stephen diminta untuk pergi ke Kamar-Taj dan berguru di sana.

  Tapi yang akan Stephen temukan di sana adalah sebuah dunia baru, dan juga kemampuan untuk mengendalikan Mystic Arts.

  Di lain pihak, ada seseorang yang berniat menyatukan bumi dengan dimensi lain.

  Cerita standar Origin superhero sih, nothing special

  Dan ada cukup banyak istilah kedokteran pada film ini.

  Benar-benar film yang Strange bukan ????



Characters


Dr. Stephen Strange (Benedict Cumberbatch)



  Seorang dokter yang mencari cara untuk menyembuhkan tangannya setelah mengalami kecelakaan. Melalui Ancient One, dia diajari untuk menggunakan Mystic Arts yang Stephen pikir akan bisa menyembuhkan tangannya. Tapi sifat Stephen yang terlalu ingin tahu malah membuatnya terlibat dalam konflik antar dimensi.

  Lucu, saya tidak melihat adanya aura sombong dari Benedict Cumberbatch, kesombongan dia hanya terlihat SETELAH dia mengalami kecelakaan dan saat dia mencari info rahasia di Kamar-Taj, tapi sepertinya semua orang menganggap dia sombong.

  Dia juga sangat logis dan awalnya akan cukup sulit baginya untuk menerima semua kenyataan yang akan dia alami dalam film ini, tapi ternyata dia memiliki bakat alami dalam mempelajari Mystic Arts.


Ancient One (Tilda Swinton)


  Seorang penyihir Agung (Sorcerer Supreme) yang mengajari Strange Mystic Arts. Dia juga menjadi pelindung bumi dari ancaman mistis yang berasal dari dimensi lain.

  Sifat dia sangat bijak dan cocok sebagai guru, walaupun terkadang metodenya sedikit ekstrim.

  Tapi dibalik itu semua, dia menyimpan sebuah rahasia besar.


Kaecillius (Mads Nikkelsen)


  Mantan murid dari Ancient One yang memiliki masa lalu yang cukup tragis. Dia berkhianat setelah mengetahui bahwa ada kekuatan yang lebih besar dari Ancient One yang bisa membuatnya hidup abadi, bersama dengan muridnya dia mencuri sebuah halaman buku dan berniat untuk memanggil sosok dari dimesi lain yaitu Dormammu.

  Dia Villain yang keren, cuma sayang saja akhirnya dia tetap menjadi standar Villain Marvel yang mudah dilupakan.

  Tapi setidaknya ada twist yang cukup menarik di pertempuran akhir film ini.


Mordo (Chiwetel Eljofor)


  Bagi saya, dialah tokoh yang paling menderita pada film ini.

  Mordo sudah lama berguru pada Ancient One, dia setia dan berani tetapi Ancient One belum berani memberikan kepercayaan lebih kepada dirinya (menjadikannya seorang pelindung Sanctum), apalagi setelah adanya pengkhianatan dari Kaecillius.

  Lalu Strange datang dan mencuri perhatian, tapi tetap saja dia sabar dan mau membantu Strange untuk mengendalikan Mystic Arts sekaligus menjadi partner yang baik bagi Strange.

  Tapi setelah kejadian di akhir film, bahkan kesabaran Mordo pun ada batasnya.


Post Credit Scene Explanation



Ada dua adegan extra di akhir film (setelah credit)

  Adegan pertama adalah Strange yang kedatangan seorang tamu Agung, tamu ini bukan Tamu biasa karena dia berasal dari alam lain.

  Dan dia juga adalah seorang Dewa, yang sayangnya imagenya sudah rusak karena sebuah film yang saya review di blog ini -_- .

  penasaran siapa tamunya, ini dia.......



  Ups salah, maksudnya yang ini.





  Adegan extra kedua berhubungan dengan Mordo, dan saya menghormati keputusan yang Mordo lakukan di adegan ini.




A mixture of Harry Potter + Avatar



  Film ini memberikan nuansa mistis di mata orang biasa, seperti yang terjadi pada Harry Potter. Dan adegan action di film ini terlihat cantik karena terjadi di dimensi cermin (Mirror dimension) yang dimana dapat menghasilkan efek visual seperti pada film Inception, dan keren karena gerakan tokoh saat mengeluarkan mantra terlihat seperti pengendalian elemen pada serial Avatar.






Conclusion

  Nuansa mistis terasa sangat kental + Visual yang keren , tapi sayang hal lainnya terlihat begitu standar.


My Score

75, 70 nilai awal + 5 karena Visual


Benar benar film yang terlalu Strange untuk dilupakan.



Temukan review lainnya di sini.




Extra : Sepertinya penulis skenario film ini adalah fans dari The Flash.



Biar saya taruh gambar ini agar semua ingat ulah dari Barry Allen XD.

3 comments:

  1. Ulasannya detail banget sampe setiap karakter utama diberi penjelasannya masing2. Sayangnya difilm ini, musuhnya kurang memorable layaknya film Marvel sebelumnya (except Loki and Zemo) tapi selain itu overall Doctor strange mampu tampil dengan baik sekali.
    4/5

    ReplyDelete
    Replies
    1. - soalnya udah kebiasaan klo nulis review harus kya gini :D

      - musuh 'lemah' sepertinya udah jadi tradisi buat film MCU, harapan saya tinggal Thanos

      - Loki emang mantap , zemo paling memorable karena motif + "Mission Report december 16,1991" XD

      - Klo saya gak nonton Flash mungkin score buat Dr Strange bkal saya naikin , malah klo buat saya Mordo jauh lebih memorable ketimbang Strange

      Delete
  2. i have come to bargain , ngakak so hard

    ReplyDelete