Just A review From me: [GAME] XCOM 2 : War Of The Chosen Review

Wednesday, June 20, 2018

[GAME] XCOM 2 : War Of The Chosen Review


Prolog


  Veteran gamer PC (Personal Computer) seharusnya sudah akrab dengan franchise X-COM yang muncul pada tahun 90an. X-COM sendiri adalah sebuah Video Game bergenre strategi dimana pemain mengontrol X-COM, organisasi "elit" milik pemerintah yang bertugas untuk melawan alien yang menginvasi bumi.




  Saya pribadi baru mengenal franchise ini melalui versi reboot yaitu "XCOM : Enemy Unknown" yang dirilis pada tahun 2012 dan berhasil meraih banyak penghargaan sekaligus kembali menghidupkan kembali genre turn-based strategy pada PC yang dianggap "mati" pada waktu itu. Pada game ini para pemain memerankan pemimpin XCOM yang disebut "Commander" (meskipun tidak pernah turun langsung ke medan perang XD) dalam melawan para alien.

  Saya pribadi menganggap jika XCOM adalah organisasi "TERMISKIN" yang pernah ada karena sepanjang permainan pemain dipaksa untuk mencari dukungan dari berbagai negara guna mendapat "gaji bulanan" yang bisa digunakan untuk memperkuat pasukan XCOM, belum lagi XCOM juga minim staff yang (lagi-lagi) membuat pemain harus berkeliling dunia untuk mengumpulkan staff sekaligus prajurit. Jika kekurangan dana pemain dapat mengunjungi "Black Market" untuk menjual beberapa barang yang pemain "curi" dari para alien (termasuk mayat mereka)!!!, beginikah cara pemerintah memperlakukan organisasi yang bertugas untuk melindungi planet ini ???

  Sisi positif terbaik dari XCOM adalah dalam game ini pemain dituntut untuk SANGAT SANGAT SANGAT teliti sekaligus waspada dalam menjaga hidup tiap prajurit yang diturunkan dalam medan perang karena kematian dalam game ini bersifat PERMANEN!!! (bahkan luka sedikit saja dapat membuat para prajurit ini tidak bisa digunakan untuk beberapa waktu).

  Tahun 2016 muncul sequel game ini dengan judul XCOM 2 beserta expansion "War Of The Chosen" pada tahun 2017, XCOM 2 banyak memperbaiki/meningkatkan berbagai hal sehingga layak untuk disebut sebagai sequel yang mantap!!!

Gameplay Overview



  Dalam XCOM 2, pemain kembali harus berkeliling dunia untuk mencari berbagai dukungan guna menghentikan aksi para alien yang sudah menguasai bumi, perbedaannya kali ini adalah XCOM adalah organisasi pemberontak karena dianggap gagal dalam menjalankan tugas mereka pada ending "XCOM : Enemy Unknown" sehingga membuat aksi "mengemis-ngemis" meminta dana kali ini terlihat lebih logis ketimbang pendahulunya XD.

  2 mata uang dalam adalah resource dan intel (sangat penting menjelang akhir game) dan ditambah beberapa material yang didapat dari para alien, semua ini digunakan untuk melakukan riset sekaligus membeli perlengkapan baru bagi para prajurit.

  Dari segi gameplay sendiri tidak mengalami perubahan drastis karena memang tidak ada yang perlu untuk diubah, hanya saja kali ini pertempuran terlihat lebih kompleks dan cepat (karena kali ini pemain dituntut untuk menyelesaikan misi dengan cepat). Pembagian peran para prajurit yang ada terlihat lebih baik karena masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.

  Salah satu fitur "fun" yang sayangnya jarang saya gunakan adalah kemampuan untuk membuat poster "propaganda" yang tidak memiliki fungsi lain dalam permainan selain untuk ajang "iseng-iseng" saja XD.


(coba saja fitur ini bisa memberikan bonus dari segi performa para prajurit...)

War Of The Chosen Expansion Details



  Jika anda mulai tertarik pada game ini, saya sarankan untuk langsung membeli atau "membajak" versi "War Of The Chosen" karena menambah sekaligus mengubah banyak hal yang membuat game ini menjadi semakin menyenangkan sekaligus susah XD.

  Selain berbagai perbaikan dan optimasi fitur yang sudah ada, Tambahan "negatif" yang jelas terlihat adalah "The Chosen", 3 alien super elit (Assassin, Hunter, dan Warlock) yang siap memporak-porandakan aksi pemain karena bisa muncul kapan dan dimana saja!!! The Chosen sendiri memiliki beberapa kemampuan yang mampu menyulitkan para pemain, apalagi mereka lebih senang untuk "menculik" beberapa prajurit dengan tujuan akhir dapat mensabotase markas pemain (baca : kehilangan berbagai sumber daya), dan yang terburuk adalah mereka "tidak bisa mati" karena selalu muncul meskipun pemain sudah susah payah untuk membunuh mereka.


(trio "perusak" bumi)

  Tambahan "positif" yang ada adalah 3 faksi (Reapers, Skirmishers, dan Templars) yang "ingin" membantu pemain untuk melawan para The Chosen, masalahnya adalah 3 faksi ini saling membenci satu sama lain sehingga dibutuhkan beberapa proses negosiasi sebelum mereka siap untuk membantu pemain. Tapi jangan khawatir, kekuatan 1 unit dari tiap faksi ini setara dengan 2-3 unit normal yang ada dalam game ini!!!.


(trio "tidak akur")

  Tambahan "netral" yang ada adalah "The Lost" yang bisa muncul sebagai kawan / lawan karena mereka itu bergerak berdasarkan insting semata layaknya seorang zombie (penampilannya juga mirip sih XD), kekuatan mereka sendiri adalah "kuantitas".


(saat kuantitas > kualitas)

Story


  20 tahun setelah XCOM : Enemy Unknown, para alien berhasil menguasai bumi dan membuat XCOM dibubarkan. Para alien sendiri mendirikan ADVENT sebagai sarana untuk "pencitraan" dengan menjanjikan banyak hal bagi para manusia (salah satunya adalah obat segala penyakit), tapi ADVENT sendiri memang punya sedikit "aksi nyata" sih yaitu meng-endorse beberapa pihak untuk mempromosikan mereka XD. Commander sendiri sudah ditangkap pihak ADVENT dan dijadikan kelinci percobaan.

  Semua mulai berubah saat sisa-sisa petinggi XCOM menyelamatkan Commander dari tangan ADVENT, dan sekarang tugas pemain adalah mencoba menghentikan rencana besar para alien yang disebut-sebut sebagai "Avatar Project", tapi jangan lupa karena The Chosen selalu mencari cara untuk mengagalkan rencana XCOM.

Satu-satunya Kelemahan XCOM



  sama seperti pendahulunya, game ini memilki kelemahan dari segi akurasi yang terlihat SANGAT SANGAT SANGAT acak dan mampu membuat pemain frustasi.

  Akurasi 60 / 70 % dan meleset itu sudah biasa, tapi bagaimana jika angka itu diubah menjadi 80/90/98 % ??? hal inilah yang pasti akan pemain rasakan dalam memainkan game ini. Kapan lagi ada game dimana akurasi 98% (atau bahkan 100%) bisa tetap meleset ??? cuma XCOM yang bisa begini -_- (terkadang malah saya berpikir jika programmer game ini membenci / mencintai ilmu probabilitas -_- ???), dan sialnya dalam game ini pemain sering kali berhadapan dengan situasi "tidak adil" (baca : kalah jumlah) sehingga membuat tiap tembakan terasa sangat berharga.

Solusinya : Save Load Save Load



  Me-load file berulang-ulang untuk meraih hasil yang lebih baik sudah menjadi "tradisi" bagi pemain XCOM, bahkan game ini sendiri melakukan auto save pada setiap giliran yang semakin menggoda para pemain untuk melakukan trik ini XD.

  Sedikit peringatan saja, saat proses load berlangsung pemain akan disuguhi berbagai gambar yang terlihat jadul dan memiliki pencahayaan yang kurang sehingga mungkin bisa menjadi jumpscare (apalagi jika yang muncul adalah gambar para The Chosen XD).


(selamat tidur XD)

Memburu The Chosen



  Pada akhirnya pemain akan "dipaksa" untuk memburu para The Chosen (jika tidak ingin melawan mereka semua sekaligus dalam misi terakhir) dengan cara menjalankan beberapa misi untuk menemukan tempat persembuyian mereka, dan tentu saja ini bukan proses yang mudah karena pemain tetap membutuhkan banyak persiapan. Sedikit spoiler, pemain harus menjejahi 2 map besar sebelum bisa menemukan para The Chosen yang ternyata memiliki "sesuatu" yang membuat mereka abadi, dan "sesuatu" ini cukup sulit untuk dihancurkan karena memiliki HP yang tinggi sehingga pemain (kembali) dituntut untuk membunuh The Chosen berkali-kali sebelum akhirnya mereka mati "beneran" -_-

  2 tips yang bisa saya berikan selain (upgrade pangkat + perlengkapan para prajurit) :

  • membawa unit Reapers, Skirmishers, DAN Templars karena salah satu dari mereka secara acak akan menjadi kelemahan alami untuk The Chosen
  • Save Load Save Load XD

Masa Depan XCOM



  XCOM original masih menyisakan 3 judul yaitu "Terror From The Deep" , "Apocalypse", dan "Interceptor". Beberapa petunjuk tentang "Terror From The Deep" sudah disisipkan dalam game ini. Perjuangan XCOM masih belum berakhir Bung!!!

Conclusion


  XCOM 2 : War Of Chosen sangat mengesankan dari segala aspek dan sangat layak menyandang gelar "Best Strategy game" dari beberapa situs, tapi kelemahan yang sama tetap terjadi pada game ini yang seringkali akan membuat pemain kesal.

"akurasi 98% dan meleset ??? cuma XCOM yang bisa begini"

My Score


85, "Pemberontak" Penyelamat Bumi


temukan review lainnya di SINI

No comments:

Post a Comment