Just A review From me: [MOVIE] Aquaman Review

Thursday, December 13, 2018

[MOVIE] Aquaman Review




Prolog


  Tidak terasa tahun 2018 akan segera berakhir, sepanjang tahun ini sudah banyak film superhero yang muncul tapi kebanyakan (baca : SEMUA) berasal dari Marvel, lalu bagaimana dengan nasib DC di tahun ini setelah tahun lalu sukses dengan "Wonder Woman" dan kembali jatuh dengan "Justice League" yang penuh dengan "drama" ???




  DC akan menutup tahun ini dengan "Aquaman", sosok Superhero yang memulai debutnya di "Justice League" secara payah karena ujung-ujungnya malah terlihat seperti tokoh figuran saja -_- , apakah "Aquaman" akan sesukses "Wonder Woman" atau malah akan kembali jatuh seperti "Justice League" ???

  Di tangan James Wan yang sebelumnya terkenal dengan franchise "The Conjuring", "Aquaman" tampil layaknya tsunami yang siap "melahap" penonton dengan banyak sekali adegan berkualitas tinggi yang sangat sayang untuk dilewatkan, intinya film ini KEREN ABIS meskipun harus dibanding-bandingkan dengan "tetangga sebelah" yang menampilkan tema serupa, dan sialnya film ini (kembali) tergolong "terlambat" karena menampilkan kembali beberapa hal yang ada di film milik tetangga sebelah.

  Pada akhirnya film ini akan menjadi jawaban dari DC untuk Marvel bahwa mereka "belum menyerah".

Worlds Of DC, Akhirnya Muncul Juga Nama Resmi



  Selama ini fans menjuluki Universe (semesta) DC di layar lebar sebagai DCEU (DC Extended Universe), tapi tahukah anda jika sebenarnya DCEU itu bukan nama resmi karena tercipta dari para fans yang saat itu kesal karena Universe DC belum memiliki nama ??? (saya pribadi masih kurang "sreg" dengan DECU karena ada embel-embel extended)

  Tahun ini akhirnya Universe DC memiliki nama resmi yaitu "Worlds Of DC". Pemilihan nama ini juga memiliki arti jika kelak DC akan lebih fokus kepada Multiverse yang (mungkin) tidak akan memiliki hubungan dengan film-film DC di layar lebar selama ini.

  Saya sendiri kembali berkomentar "Telat Woii!!" karena film-film DC sudah berjalan selama lebih dari 6 tahun dan baru sekarang memiliki nama resmi -_-.

Sekilas Tentang Aquaman


  Tahukah anda jika masyarakat "awam" menganggap Aquaman sebagai Superhero yang "Tidak berguna" dan sering dijadikan parodi ???



  Selidik punya selidik ternyata semua ini bermula dari kartun "Super Friend" pada tahun 60-an dimana pada serial ini Aquaman digambarkan lemah dan sering menjadi bahan candaan teman-temannya, terutama dari salah satu kekuatan supernya yaitu "berbicara dengan ikan".


(masih bingung dimana letak konyolnya ?)

  Padahal jika mengikuti komik, Aquaman itu kuat dan sering dianggap sebagai "Superman versi laut", bahkan Superman sendiri merasa jika dia akan kalah jika melawan Aquaman di laut.


(masih mau bilang Aquaman itu lemah ???)

  Di tahun 2017 Aquaman muncul di film "Justice League" yang diperankan oleh aktor Jason Momoa yang sebelumnya sukses di serial TV terkenal "Game Of Thrones" sebagai Khal Drogo, sayang sekali aksi Aquaman di film ini tergolong "lemah" (maklum Superman hidup lagi XD) yang akhirnya malah membuat dia menjadi sosok pelawak bersama Flash dan Cyborg. Sebagai fans "Game Of Thrones" saya kecewa melihat aksi Jason Momoa di film -_- , tapi setidaknya dia bisa memberi kita bahan meme karena adegan ini.


  Setelah menonton film "Aquaman", saya semakin yakin jika Aquaman menjadi korban "drama" dari Justice League karena di film ini dia tampil begitu LUAR BIASA.

Sejarah Atlantis



  Pada jaman dahulu Atlantis dipimpin oleh satu raja yaitu Raja Atlan dan berada di daratan, Atlantis sendiri tampil sangat megah sekaligus canggih. Namun semua berubah saat negara api menyerang Raja Atlan melakukan sebuah "kesalahan" yang membuat Atlantis hancur dan tenggelam di lautan. Penduduk yang tersisa mengalami evolusi dan memilih untuk membagi kekuasaan menjadi 7 Kerajaan (Atlantis, Xebel, Fisherman, Trench, Brine, Missing Kingdom, dan Deserter) yang masing-masing memiliki raja dan kebudayaannya masing-masing. Atlantis sendiri dianggap memiliki teknologi militer terkuat di planet bumi.

  Raja Atlan sendiri memiliki sebuah Trisula sakti yang akan menjadi fokus pada film ini.

Overview


  Thomas Curry, seorang penjaga mercusuar menyelamatkan seorang wanita asing (Atlantean) yang akhirnya membuat mereka jatuh cinta dan memiliki seorang anak. Wanita tersebut adalah Atlanta, ratu Kerajaan Atlantis yang memilih kabur dari tempat tinggalnya. Sayangnya kisah cinta mereka harus berakhir tragis karena Atlanta terpaksa harus kembali ke Atlantis demi keselamatan suami dan anaknya. Anak mereka berdua adalah Arthur Curry, yang merupakan setengah manusia dan setengah Atlantean yang kelak akan kita kenal sebagai Aquaman.

  Di masa kini, Arthur harus berhadapan dengan kakak tirinya, Orm yang berniat untuk menyatukan 7 Kerajaan laut dan menyerang daratan. Hal ini membuat Arthur secara terpaksa terlibat dalam "drama politik" dan harus melakukan perjalanan untuk membuktikan dirinya pantas menjadi Raja Atlantis, apakah usahanya akan berhasil ??? Apa saja yang akan ditemukan Arthur dalam perjalanannya ???

  Meskipun memiliki tema yang tergolong standar (konflik kelaurga, perebutan tahta, politik), film ini berhasil menutupi semua itu dengan visual yang terlihat sangat megah yang mampu memanjakan mata penonton sekaligus membuat penonton semakin penasaran dengan budaya dari Atlantis, semua tersaji dalam film berdurasi 2,5 jam ini (jadi sebaiknya jangan membawa minuman saat menonton XD), Karakter tampil sangat baik (terutama Arthur) dan mampu membawa banyak "warna" dalam film ini, Action juga tampil megah dengan bantuan visual dan koreografi yang ada, film ini juga memiliki berbagai lelucon yang tampil pas dan semakin membaut film ini terlihat bagus. Aquaman benar-benar tampil AMAT SANGAT BERBEDA jika dibandingkan dengan aksinya di Justice League.

  James Wan men-"terjemahkan" dengan sangat baik adegan yang tergolong konyol bagi beberapa orang (seperti berbicara di dalam air), dan karena beliau sebelumnya sukses di film horor maka jangan heran jika ciri khasnya kembali muncul di film ini (baca : jumpscare XD), bahkan boneka "Annabelle" muncul di film ini jika anda jeli XD.

  Film ini juga memberi pesan moral yang kuat yaitu "JANGAN MERUSAK LAUT".

  Beberapa kelemahan "ngaco" yang saya temukan di film ini adalah :

  • Black Manta yang cuma "numpang lewat" doang
  • durasi yang lama karena diisi banyak sub-plot
  • Semakin merasa tertipu dengan Justice League
  • Apa ayng dilakukan penduduk Atalntis saat Steppenwolf menyerang ???
  • cerita yang amat sangat mudah untuk ditebak
  • 2 adegan yang dipotong (Arthur melihat memakai botol dan adegan ciuman)
  • pada akhirnya film ini mudah dilupakan karena nyaris semua hal ditutupi oleh visual

  Overall film ini tampil sangat baik dan siap menghibur anda baik fans film Superhero ataupun penonton awam

Characters


Queen Atlanta (Nicole Kidman)



  Ratu Atlantis yang kabur dari tempat tinggalnya karena tidak ingin menjadi korban "nikah paksa", di daratan dia bertemu Thomas Curry dan akhirnya jatuh cinta dengan melahirkan seorang anak yang bernama Arthur Curry. Sayang pasukan Atlantis menemukan dirinya dan membuatnya harus kembali ke Atlantis. Saat ini Atlanta dianggap sudah meninggal karena dieksekusi dengan cara dikorbankan kepada Trench.

  Selain dari segi drama, Nicole Kidman juga mampu memberikan beberapa fight scene keren yang muncul di permulaan film ini.

Arthur Curry a.k.a Aquaman (Jason Momoa)



  "Anak haram" yang memiliki bakat "berbicara dengan ikan" sejak lahir. Setelah kejadian di Justice League Arthur menjadi pelindung lautan meskipun menolak ikut campur dengan intrik politik yang terjadi di Atlantis. Tapi semua berubah saat Orm berniat untuk menyerang daratan. Arthur terpaksa harus menjadi Raja Atlantis untuk menghentikan rencana Orm, dan untuk memulainya dia harus mencari Trisula Raja Atlan yang konon dapat membuat pemiliknya menjadi raja lautan. Aksi Arthur dalam film ini kembali menegaskan jika dia itu sangat kuat dan terpaksa menjadi pemain figuran dalam Justice League XD.

Mera (Amber Heard)



  Putri Kerajaan Xebel yang akan menemani Arthur dalam perjalanannya mencari Trisula Raja Atlan, Mera sendiri tampil sebagai sosok wanita tangguh meskipun terkadang terlihat lugu (maklum belum pernah ke daratan), mirip dengan Wonder Woman XD.

Orm a.k.a Ocean Master (Patrick Wilson)



  Kakak tiri Arthur sekaligus Raja Atlantis saat ini, Orm memiliki rencana untuk menyerang daratan karena dia sudah muak melihat laut dikotori oleh ulah para penghuni daratan (motif yang sangat nyata), tapi untuk melakukan itu semua dia harus mencari dukungan dari 6 kerajaan lainnya. Orm sendiri tampil layaknya pemimpin yang sangat dicintai rakyatnya, berwibawa, kuat, tapi jahat XD.

David Kane a.k.a Black Manta (Yahya Abdul-Mateen II)



  Bajak laut yang aksinya digagalkan Arthur pada permulaan film ini, hal ini membuat dirinya AMAT SANGAT membenci Arthur dan berniat untuk membunuhnya. Untungnya sebuah "hadiah" diberikan padanya yaitu perlengkapan perang Atlantis yang membuatnya menjadi sosok yang akan dikenal sebagai Black Manta.

  Black Manta sendiri tampil sangat sempurna di mata saya (desain,motif,karakter), bahkan sampai ada adegan singkat dimana dia "berlatih" untuk menjadi Black Manta, sayang sekali pada akhirnya dia cuma "numpang lewat" saja alias perannya tidak terlalu berpengaruh pada film ini -_-


Penjelasan Credit Scene



  Hanya menjelaskan nasib akhir dari Black Manta yang sekarang memiliki rekan baru yaitu Dr. Stephen Shin (muncul di awal film ini pada sebuah acara TV) yang "ironisnya" diperankan oleh Randall Park yang pernah muncul di "Ant-Man And The Wasp" sebagai Agent Jimmy Woo (soalnya saya suka dengan karakter ini).

Conclusion


  Aquaman menjadi bukti jika DC melawan layar lebar dengan kualitas, bukan kuantitas. Hal ini membuat saya semakin hype dengan film-film DC di tahun depan (terutama Shazam). Tapi karena first impression saya kepada Aquaman itu "lemah" maka film ini mendapat pengurangan nilai sebesar 5 sehingga menjadi...



My Score


85, Basah Deh XD



Temukan review lainnya di SINI


===============================================

POJOK IKLAN

Butuh Pemadam Kebakaran atau Peralatan Safety lainnya untuk rumah / tempat kerja anda ???

 Hubungi Cipta Sarana Abadi  (cek web untuk info produk dll)

Telp  : (022)  753-6636
Fax  : (022)  8730-8445

(dapatkan discount khusus dengan me-mention blog ini XD)

===============================================




Bonus


  Sekedar mengingatkan saja

  Jangan sampai kehebatan film Aquaman membuat kita lupa tentang nasib Tony Stark yang saat ini terdampar di luar angkasa, ditambah lagi Tony sudah kehabisan air beserta makanan T_T.



(#savetonystark)

No comments:

Post a Comment