Just A review From me: [MOVIE] Pacific Rim : Uprising Review

Wednesday, March 21, 2018

[MOVIE] Pacific Rim : Uprising Review



Prolog


  Terkadang ada film yang sebaiknya tidak dilanjutkan karena akan sangat merusak kehebatan film tersebut, sialnya hal ini akan terjadi pada Pacific Rim karena tahun ini mendapat sequel setelah menanti selama 5 tahun.




  Pacific Rim yang dirilis pada tahun 2013 sendiri dilihat dari sisi manapun sudah tidak mungkin untuk dilanjutkan (karena portal sudah berhasil ditutup), melanjutkan cerita film ini berarti harus kembali mengulang beberapa elemen yang membuat film ini keren dan pastinya hal ini sulit untuk dicapai.

  Itulah yang terjadi pada Pacific Rim : Uprising yang tampil dengan cerita seadanya dan adegan action yang lebih sedikit ketimbang pendahulunya. 2 hal yang menghibur dari film ini hanya akting John Boyega sebagai Jake Pentecost dan adegan pertempuran akhir yang "cukup" EPIC.

Story


  10 tahun setelah kejadian di film pertama, dunia mulai kembali pulih dan proyek Jaeger masih dilanjutkan meskipun mengalami saingan dari perusahaan China yang ingin membuat sebuah sistem dimana Jaeger dapat dikendalikan secara bebas.

  Jake Pentecost yang sebelumnya diberhentikan paksa sebagai pilot Jaeger terpaksa kembali ke militer untuk melatih para pilot baru yang tentunya masih sangat "hijau".

  Ancaman datang dari sebuah Jaeger liar (Obsidian Fury) yang tiba-tiba mengamuk tanpa alasan yang jelas dan nantinya akan ada beberapa pihak yang ingin membawa para Kaiju kembali ke bumi.

  Seperti pendahulunya, tidak ada yang bisa dibanggakan dari segi cerita meskipun film memiliki cukup banyak narasi/penjelasan. Karakter yang muncul juga sangat banyak (apalagi para pilot muda) yang sayangnya tampil singkat dan mudah dilupakan, Jake benar-benar menjadi fokus di film ini.

  Untuk musuh nantinya akan muncul dalam bentuk Jaeger liar dan nantinya gabungan Kaiju + Jaeger, sangat "kreatif" bukan ???

  Meskipun secara visual masih terlihat bagus, setting siang hari membuat beberapa adegan action dalam film ini tidak se-memorable pendahulunya sekaligus menghilangkan kesan seram dari para Jaeger dan musuh-musuhnya. Tempo pertarungan juga terlihat "sedikit" dipercepat yang (lagi-lagi) menghilangkan ciri khas Pacific Rim, bahkan beberapa terlihat "nyaris" mendekati seri Transformer (untung saja efek ledakan di sini tidak kelewat hiperbola).

  Nasib karakter di film terdahulu juga tidak dijelaskan, hanya Mako Mori dan duo doktor "nyentrik" yang hadir kembali di film ini. Saya masih kesal mengapa karakter Hannibal Chao tidak muncul/dimention di film ini -_- (padahal perannya cukup besar jika melihat "konsep" cerita dari film ini).

  Film ini juga memiliki cukup banyak karakter yang berasal dari Asia (bahkan beberapa dialog menggunakan bahasa Mandarin), tapi jangan berpikiran rasis dulu karena :

  • Pacific Rim pertama sangat terkenal di China
  • Legendary Picture sudah lama dibeli oleh perusahaan China
  • Pasar di China memang lebih menggiurkan untuk film seperti ini (Transformers juga pernah mencoba hal serupa di film ke-4 dengan memindahkan setting ke Hong Kong untuk bagian terakhir film)


Characters


Jake Pentecost (John Boyega) dan Amara Namani (Cailee Spaeny)



  Anak dari Marshal Pentecost yang memilih untuk hidup bebas di jalanan sampai nantinya tertangkap menaiki Jaeger ilegal buatan Amara, hal ini membuat Jake terpaksa kembali ke militer jika tidak ingin dipenjara. Sekarang tugasnya adalah melatih pilot baru sampai Obsidian Fury hadir untuk merusak hidupnya.

  Akting John Boyega patut mendapat apresiasi karena dia tahu kapan harus serius dan kapan harus melawak (ada adegan dia meniru gerakan "salt bae" lho XD). Amara sendiri adalah karakter yang menarik (bisa merakit Jaeger dari rongsokan) tapi sayang kurang digali potensinya.

Dr Newt Geiszler (Charlie Day) dan Dr. Hermann Gottlieb (Burn Gorman)


  Duo ilmuwan nyentrik ini kembali hadir meskipun Newt sudah lama direkrut oleh Shao industries (perusahaan yang mengajukan ide Jaeger yang dikendalikan dengan bebas), Gottlieb sendiri masih bersama dengan militer sebagai peneliti Kaiju. Salah satu dari mereka menyimpan rahasia besar untuk film ini.

Obsidian Fury



  Jaeger liar yang merusak acara rapat perdamaian dan terlihat sulit untuk dihentikan, identitas pilotnya dijamin bisa membuat anda bengong XD.

The Jaegers



(kiri ke kanan : Saber Althena, Bracer Phoenix, Gipsy Avenger, dan Guardian Bravo)

  4 Jaeger yang siap bertarung mempertahankan bumi, yang membuat mereka spesial hanya senjata yang digunakan dan warna yang terlihat lebih mencolok (apalagi adegan action di film ini kebanyakan terjadi  pada siang hari). Pilot-pilotnya sendiri (kecuali Gipsy Avenger) terlihat masih sangat muda dan amatir.

Conclusion


  Cukup menghibur jika anda baru mengenal Pacific Rim (apalagi franchise ini masih memiliki sequel di masa depan) tetapi akan membuat kecewa mereka yang sudah pernah menonton Pacific Rim sebelumnya dan memasang ekspetasi tinggi untuk film ini.


My Score


65, Fun And Dumb At The Same Time......


temukan review lainnya di SINI

2 comments: