Just A review From me: [MOVIE] Bumblebee Review

Wednesday, December 26, 2018

[MOVIE] Bumblebee Review




Prolog


  Percayakah anda jika usia dari film layar lebar franchise "Transformer" sudah mencapai > 10 tahun ??? , franchise yang berasal dari mainan anak-anak ternyata masih berjalan meskipun kualitasnya semakin "terjun bebas". Semua ini terjadi karena franchise ini dipegang oleh Michael Bay yang selama 10 tahun "menghiasi" film ini dengan sesuatu yang "you know lah" (baca : perempuan dan ledakan).




  Tahun ini Transformer akan kembali ke layar lebar dengan "Bumblebee" yang akan menjadi spin-off sekaligus prequel, tetapi kali ini berada di sutradara yang berbeda Travis Knight yang sebelumnya dikenal dengan berbagai film animasi yang cukup "aneh" seperti Coraline dan Paranorman. Dapatkah Travis Knight menyelamatkan franchise ini ???

  Setelah melihat film ini saya hanya bisa berkomentar


"Siapa itu Michael Bay XD ???"


Yang Salah Dengan Transformer Versi Michael Bay



Berikut adalah alasan mengapa banyak pihak "membenci" franchise ini :

  • karakter manusia yang terlalu mendominasi daripada para Transformers
  • exploitasi wanita secara berlebihan
  • lore yang kacau balau dan siap membuat anda terbengong-bengong
  • desain transformer yang terlalu "manusiawi"
  • BOOOMMM (baca : ledakan) dimana-mana
  Saya pribadi menyukai desain para Transformers di franchise ini, apalagi jika melihat versi mainannya. Tapi semua berubah saat para Transformers ini bertarung.....


  Setiap pertarungan jarak dekat membuat saya berpikir keras



  "yang mana Autobots, yang mana Decepticons ??? (karena semua terlihat tidak ada bedanya)"


Overview



  Perang besar di planet Cybertron antara Autobots dan Decepticons memaksa Optimus Prime untuk meninggalkan planet ini dan mengirim B-127 ke planet bumi untuk membuat markas sementara bagi para Autobots. Sayang di perjalanan B-127 mengalami "kecelakaan" yang membuat dirinya kehilangan suara dan ingatannya, hal ini membuat B-127 "tertidur" sebagai 1967 Volkswagen Beetle. B-127 akhirnya ditemukan oleh Charlie Watson, remaja yang "gagal move-on" dan akhirnya mereka berdua menjadi "sekedar teman" (salahkan film-film sebelumnya yang membuat saya berpikir demikian). Di lain tempat, 2 Decepticons mulai memburu B-127 di bumi dan mendapat bantuan dari militer!!!, dapatkah B-127 mendapatkan kembali ingatannya sekaligus menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Optimus Prime ???

  Tidak seperti film-film sebelumnya, "Bumblebee" hadir ringan, penuh canda tawa sekaligus drama "realita kehidupan" yang dikemas dengan baik meskipun harus mengorbankan adegan action yang kali ini terlihat sangat "normal" (ini sebenarnya berita baik sih XD), tidak heran jika film ini dianggap sebagai film Transformers terbaik.

  Meskipun tampil sebentar, saya sangat menyukai adegan di Cybertron karena mengingatkan saya kepada video game "Transformer : War For Cybertron" dan sequelnya, serta nyaris berpikir jika Optimus di film ini belum memiliki gelar "prime" XD.

  Kelemahan terbesar film ini bagi saya adalah posisinya sebagai prequel yang membuat penonton dapat menebak apa yang terjadi dengan B-127 setelah film ini berakhir (baca : berakhir di toko mobil bekas dan ditemukan oleh Sam Witwicky).


(ingat ini ???)

  Overall film ini membuktikan jika franchise Transformers dapat "berhasil" tanpa elemen-elemen khas dari Michael Bay -__- .

Characters


B-127 a.k.a Bumblebee (Dylan O'Brien)



  Autobots muda yang pergi ke bumi untuk membuat markas sementara, sayang di bumi dia kehilangan suara dan ingatannya karena ulah salah satu Decepticons yaitu Blitzwing. Hal ini membuatnya tertidur sebelum akhirnya ditemukan oleh Charlie. Karena mengalami amnesia jadi jangan heran jika sifat B-127 akan terlihat sangat kekanak-kanakan.

Charlie Watson (Hailee Steinfeld)



  Remaja yang baru saja kehilangan ayahnya dan melihat ibu dan adiknya sudah bisa "move on" karena kehadiran suami baru membuatnya sulit menghadapi hidup dan memilih untuk menjauhi mereka semua. Karena hal ini dia sangat senang saat melihat mobil yang dia temukan berubah menjadi Transformers. Charlie akan memiliki peran yang sangat besar pada kehidupan B-217 atau yang nanti akan kita kenal dengan nama Bumblebee.

  Selain kisah hidup yang menarik dan (cukup) realistis, beberapa aksi Charlie dalam film ini juga mampu mencuri perhatian dan dijamin akan membuat penonton lupa dengan Sam Witwicky (karena dia cengeng XD) dan Cade Yaeger (karena terlalu overprotektif XD) pada film-film sebelumnya.

Jack Burns (John Cena)



  agent dari Sector 7, divisi militer rahasia yang bertugas mengawasi kegiatan makhluk asing di planet bumi, tapi pada prakteknya lebih terlihat seperti pasukan militer normal sih -_- . Jack sendiri tampil layaknya karakter militer pada umumnya (patriotisme dan sulit percaya pada orang lain). Tapi aksinya cukup bagus meskipun porsi action di film ini terbilang kurang jika dibandingkan dengan film-film sebelumnya.

  Sosoknya juga "sulit untuk dilihat:, dapat dibuktikan dengan gambar di atas ini. Saya sendiri hanya melihat sosok Bumblebee pada gambar ini, bagaimana dengan anda XD ???

Shatter (Angela Bassett) dan Dropkick (Justin Theroux)



  2 Decepticons (Shatter sebagai otak dan Dropkick sebagai "otot") penjaga perdamaian yang ditugaskan untuk memburu para pemberontak Autobots (iya, anda tidak salah baca kok). Di planet bumi, aksi "santun" dari Shatter membuat mereka berdua dipercaya oleh pihak militer dalam menemukan B-127.

  Hampir lupa, berbeda dengan Transformers yang pada umumnya memiliki 2 bentuk, mereka berdua mampu berubah menjadi 3 bentuk (robot, mobil, dan pesawat).

Conclusion


  "Bumblebee" terbukti mampu menyelamatkan franchise Transformers yang selama 10 tahun "dijajah" oleh Michael Bay, sayang sekali posisinya sebagai prequel membuat kualitas film ini sedikit menurun bagi saya (karena pada film tidak memiliki hubungan jelas dengan film-film lainnya), coba saja film ini ber-setting di alternate universe mungkin saya akan bisa menilai film ini dengan lebih tinggi (anggap aja seperti Logan XD).


Soalnya sampai sekarang saya masih kesal mengapa Bumblebee lebih memilih Sam Witwicky (bisanya cuma "teriak doang") dan Cade Yeager si inventor "gagal" daripada Charlie yang jelas-jelas lebih baik daripada mereka berdua -_-


My Score


85-10 , Penyelamat Franchise Transformers



Temukan review lainnya di SINI



===============================================

POJOK IKLAN

Butuh Pemadam Kebakaran atau Peralatan Safety lainnya untuk rumah / tempat kerja anda ???

 Hubungi Cipta Sarana Abadi  (cek web untuk info produk dll)

Telp  : (022)  753-6636
Fax  : (022)  8730-8445

(dapatkan discount khusus dengan me-mention blog ini XD)

===============================================



No comments:

Post a Comment