Just A review From me: [MOVIE] Ant-Man and The Wasp Review

Wednesday, July 4, 2018

[MOVIE] Ant-Man and The Wasp Review



Prolog


  Ini dia film Marvel Cinematic Universe (MCU) terakhir untuk tahun ini, setelah beberapa bulan yang lalu penonton disuguhi "Black Panther" yang sangat overrated dan penuh "pencitraan" (saya akui saya juga salah satu korbannya XD), "Infinity War" yang membuat saya "trauma" HANYA karena endingnya -_- , dan akhirnya "Ant Man And The Wasp" (AnW) yang saya harap mampu melampaui "Thor : Ragnarok" saat tahun 2018 dimulai.




  Well, AnW pada dasarnya berhasil menghibur saya dari awal sampai akhir dengan berbagai kejutan yang pastinya keren,lucu, dan bisa bikin emosional. Pokoknya film ini sangat lengkap meskipun setting dan tingkat bahaya yang ada tidak sebesar film-film MCU lainnya. Intinya AnW kembali mengulangi kesuksesan film Ant-Man XD. Beberapa kritik bahkan mengatakan jika film ini setara dengan "Captain America : Winter Soldier" sebagai sebuah sequel (kritik tidak 100% salah sih).

  TAPIIIIII.....

  Kesalahan terbesar dari film ini adalah dirilis SETELAH Infinity War yang (pastinya) membuat beberapa orang menjadi illfeel (apalagi saya) dan ending yang (lagi-lagi) dapat anda tebak dengan mudah jika anda sudah menonton Infinity War.

  Jadi intinya Infinity War SUKSES merusak keseluruhan film Ant-Man and The Wasp -_- sehingga secara terpaksa score film ini akan saya turunkan dengan sangat drastis!!!

Story


  2 tahun setelah kejadian di "Captain America : Civil War", Scott Lang menjadi tahanan rumah karena melanggar Sokovia Accord dan membuat Hank Pym dan Hope Van Dyne menjadi buronan FBI dan keberadaan mereka tidak diketahui sampai sekarang.

  Di lain tempat, Hank Pym mengembangkan sebuah teknologi untuk mengembalikan istrinya (Janet Van Dyne) yang terjebak di Quantum Realm, ujicoba pertama alat ini sukses membuat Scott memiliki "hubungan" dengan Janet yang "mau tidak mau" membuat Hank dan Hope harus meminta bantuan Scott untuk mengembalikan Janet. Usaha mereka diganggu oleh kedatangan Ghost, sosok yang bisa menembus materi yang dia sentuh, siapa dan apa motif dari Ghost ??? dan bisakah Janet kembali dari Quantum Realm ???

  Sama seperti film pertamanya, AnW tampil minimalis,kreatif, dan sangat FUN untuk ditonton tapi tetap memiliki beberapa kekurangan yaitu :

  • Fight Scene yang kurang memorable (tapi fokus action pada film ini lebih ke setting dan peralatan yang digunakan)
  • cerita yang "mungkin" menjadi membosankan karena tampil datar, penuh klise (baca : serba kebetulan), dan sederhana (tapi berhasil ditutupi oleh aksi beberapa karakter yang ada)
  • Kata mereka yang matanya "sensitif" (baca : melek special/visual effect), beberapa visual effect terlihat kasar (tapi sayangnya tidak berpengaruh bagi saya karena mata saya normal XD)
  • INFINITY WAR (yang ini sudah jelas dan tidak bisa diganggu gugat -_- )

Characters


Scott Lang a.k.a Ant-Man (Paul Rudd)


  menjadi tahanan rumah karena membantu Captain America membuatnya "dimusuhi" oleh Hank dan Hope. Bersama Luis, Scott membentuk sebuah usaha sekuritas "X-Con" yang sayangnya terancam bangkrut karena belum memiliki klien. Jadi nikmati cara Scott melakukan berbagai hal agar bisa menyelesaikan semua permasalahan dalam hidupnya.

  Saya cuma bisa WOW untuk akting Paul Rudd yang sangat sempurna (dan lucu XD) karena mampu memberikan berbagai warna untuk karakter Scott Lang, mulai dari "mantan" maling yang baik hati, ayah yang sayang putrinya, dan (bahkan) pria yang feminim XD. Scott (lagi-lagi) terpaksa menyandang gelar yang pernah diberi oleh Honest Trailers padanya yaitu :



(sulit membenci karakter ini ^_^ )

Hope Van Dyne a.k.a The Wasp (Evangeline Lily)



  Membantu Hank Pym untuk membuat teknologi yang bisa mengembalikan ibunya dari Quantum Realm meskipun harus membuat Hope berurusan dengan berbagai kriminal. Tapi tenang saja karena kali ini Hope dibekali dengan kostum khusus "The Wasp" yang selain memanfaatkan Pym Particle juga dilengkapi dengan sayap dan blaster.

  Tapi perubahan terbesar terlihat dari penampilannya yang kali ini sangat natural, tidak seperti film pertamanya yang sangat "cewek kantoran" XD.

  Tunggu dulu, dari cewek kantoran -> natural ??? plagiat "Jurassic Park : Fallen Kingdom" dong XD.

Hank Pym (Michael Douglas)



  Ini dia karakter paling "membosankan tapi terkeren" versi saya di MCU ^_^

  Kembalinya Scott dari Quantum Realm membuat Hank kembali bersemangat untuk mencari cara agar istrinya dapat keluar dari Quantum Realm meskipun kondisinya saat ini sedang diburu oleh FBI, untung saja Pym Particle banyak membantu Hank untuk menyembunyikan diri sekaligus membuat teknologi yang diharapkan mampu mengembalikan kembali istrinya.

  Sifat Hank masih sama seperti film pertama (serius, sombong, dan egois) tapi kali ini mulai "sedikit" terbuka pada orang lain.

Luis (Michael Pena)



  "Pelawak" terbaik di MCU kembali dengan berbagai aksi super lucu yang siap menghibur penonton XD.

  Bersama teman-temannya (Dave dan Kurt) membentuk perusahaan sekuritas "X-Con" yang belum memiliki klien dan terancam bangkrut, bakat "bercerita" Luis akan kembali ditampilkan dalam film ini (Korg punya saingan berat nih ^_^ ).

Bill Foster (Laurence Fishburne)



  "Mantan" rekan Hank Pym saat dia masih menjadi anggota S.H.I.E.L.D yang sama-sama mempelajari tentang Quantum Realm dan proyek lain yang diberi nama "Goliath". Sayangnya perbedaan pendapat membuat Foster keluar/dipecat dari proyek Hank dan memabut mereka tidak pernah bertemu selama 30 tahun (apalagi Foster juga kesal dengan sifat Hank yang "tau sendiri lah"). Saat ini Foster menjadi dosen dan diminta bantuannya oleh Hank untuk mencari barang miliknya yang dicuri oleh Ghost.

Ghost (Hannah John-Kamen)



*tahun ini MCU sudah memberi 2 Villain yang super keren (Killmonger dan Thanos) jadi kayaknya "kebangetan" banget jika Ghost juga tampil super keren XD

  Sosok yang mampu "menembus dinding" dan menjadi Villain untuk film ini (meskipun saya sendiri tidak menganggap Ghost sebagai seorang Villain), siapa sangka dia memiliki hubungan dengan S.H.I.E.L.D!!!

Janet Van Dyne (Michelle Pteiffer)



  Istri Hank Pym yang menjadi fokus utama di film ini karena terjebak selama 30 tahun di Quantum Realm dan memiliki "hubungan" khusus dengan Scott, udah gitu aja. Aksinya sendiri meskipun tergolong singkat tapi sangat menyentuh (maklum beberapa adegannya sudah diwakili sama Scott XD)

The Greatest Allies



Aset terbaik Ant-Man kembali dan kali ini mereka tampil lebih unik ^_^

Sonny Burch (Walton Goggins)



  hanya sekedar mafia yang ingin mencuri teknologi milik Hank Pym, udah gitu aja, tapi setidaknya anak buahnya memiliki "sesuatu" yang menjadi adegan lucu dalam film ini XD.


SPOILER ALERT!!!


=============================

Post-Credit Scene Explained


  seperti biasa ada 2 adegan, harap SIAPKAN MENTAL karena post-credit scene kali ini sangat WTF :

  Adegan pertama (yang pasti sudah bisa ditebak) adalah adegan yang menjelaskan kenapa Ant-Man tidak ada di Infinity War sekaligus memperlihatkan mereka yang menjadi korban "keganasan" Thanos alias siap-siap "trauma" lagi deh -_- .


(yah dia nongol lagi -_- )

  Adegan kedua adalah adegan humor yang berhubungan dengan semut besar yang ada di rumah Scott, adegan ini sendiri bisa anda temukan dalam trailer/TV-Spot AnW jika anda jeli. Saya pribadi menganggap adegan ini sebagai dark humor karena tampil SETELAH adegan sebelumnya yang sangat "traumatis".


(semut kok ngelawak)

Hubungan Quantum Realm dan Avenger 4


jawabannya adalah (sengaja saya perkecil biar tidak bisa dibaca orang normal XD)

belum ada, karena penjelasan Quantum Realm dalam film ini masih tergolong minim, tetapi Janet mengatakan jika dalam Quantum Realm ada sebuah korteks waktu yang sangat berbahaya jika dimasuki. Tapi masalahnya korteks waktu ini PASTI akan digunakan Scott setelah kejadian yang terjadi di post-credit yang pertama.

=============================

Conclusion


  Saya ingin memuji film ini yang tampil sangat baik dan layak menjadi sequel MCU terbaik setelah "Captain America : Winter Soldier". Tapi mau gimana lagi. Infinity War benar-benar merusak keseluruhan film ini sehingga "menonton film ini = membuka luka lama T_T". Kalau kata pepatah sih :

  "Karena Nila Setitik, Rusak Susu Sebelangga"


My Score


90 - X, dimana X = 1 poin setiap saya mengingat ending Infinity War (saat ini sudah mencapai angka 43)


temukan REVIEW lainnya di SINI


2 comments: