Just A review From me: [MOVIE] Justice League Review

Wednesday, November 15, 2017

[MOVIE] Justice League Review

Tulisan ini mengandung SPOILER!!!!!!


Prolog


  Meskipun cukup tersendat di tahun 2016 karena Batman V Superman (BvS) dan Suicide Squad yang banjir kritik, tahun ini DCEU (DC Extended Universe) mulai bangkit dengan Wonder Woman yang tampil beda dan (pastinya) K-E-R-E-N, bisa dikatakan Wonder Woman-lah yang berhasil membangkitkan gairah penonton tentang DCEU.





(Sang Penyelamat DCEU)

  DCEU akan mengakhiri tahun ini dengan Justice League, sebuah film yang akan mempertemukan beberapa icon DC seperti Batman, Wonderman, dan Superman sekaligus memperkenal The Flash, Aquaman, dan Cyborg. Sudah jelas film ini sangat ditunggu-tunggu, saya sendiri sangat menantikan film ini karena 2 alasan :

  • Ezra Miller, (pemeran The Flash), akankah sebaik atau melampaui Grant Justin yang sudah memerankan The Flash selama 4 season ???
  • Diana Prince a.k.a Wonder Woman XD

  Hasilnya ?? Justice League memiliki atmosfir yang lebih ringan jika dibandingkan dengan film DCEU lainnya, tapi memiliki banyak adegan keren (budget special effect benar-benar dimanfaatkan dengan baik).

  Tapiiiii, bagi saya Justice League adalah film yang "telat", tepatnya telat 5 tahun, jika saja film ini dirilis pada tahun 2012 (tahun dirilisnya The Avengers) maka saya JAMIN film ini akan sefenomenal The Avengers dan pastinya akan mampu memuaskan dahaga fans dari kedua kubu (Marvel dan DC, tidak seperti zaman now yang sangat "berat sebelah").

  Tapi diluar itu semua, film ini tetap bagus kok (terutama untuk fans DC)

Story


  Dunia masih belum bisa "Move On" dari kematian Superman, dan hal ini dimanfaatkan beberapa pihak untuk meyakinkan dunia bahwa "sesuatu" akan datang dari luar angkasa untuk menghancurkan bumi.

  Disinilah tugas Bruce Wayne a.k.a Batman dimulai, dia mengumpulkan beberapa individu super yang dia harap dapat menyelamatkan bumi dari ancaman luar, pencariannya mempertemukan dia dengan Barry Allen (The Flash) dan Arthur Curry (Aquaman). Diana Prince (Wonder Woman) ikut bergabung setelah mendapat tanda dari kampung halamannya yaitu Themyscira. Anggota terakhir, Victor Stone (Cyborg) masih mengalami depresi karena baru saja dibangkitkan dari kematian meski dalam wujud robot. Dari 3 karakter baru yang ada hanya Cyborg yang backstory-nya digambarkan dengan jelas

  Ancaman datang dalam bentuk Steppenwolf, makhluk luar angkasa yang datang ke bumi untuk mengumpulkan 3 "kotak" yang dipercaya mampu menghancurkan seisi bumi!!!

   Kumpulan Superhero ini ternyata dianggap tidak cukup untuk mengalahkan Steppenwolf, disinilah Batman memiliki rencana "gila" untuk..................
........................................................
........................................................

  Membangkitkan Superman, dan jika rencana ini gagal Batman masih memiliki "Big Gun" lainnya XD.

  Cerita benar-benar tampil standar dan mudah dimengerti, jika anda berharap film ini akan tampil beda maka siap-siaplah untuk kecewa. 40% film berisi adegan "baper" yang menggambarkan dunia tanpa Superman, sedangkan 60% sisanya berisi adegan pertarungan keren yang diselingi dengan berbagai humor dari para anggota Justice League. Villain juga cukup mengecewakan karena sangat one dimensional (baca : Steppenwolf jahat, TITIK).

  Dan jika anda sudah melihat trailer film ini maka siap-siap kecewa (lagi) karena ada cukup banyak adegan yang di cut demi memenuhi permintaan CEO Warner Bros, Kevin Tsujihara yang ingin film superhero hanya berdurasi < 2 jam saja!!!.

  Apa artinya ???, ini berarti di masa depan akan muncul "Justice League : Complete/Director's Cut Version" versi Home Media (Blue-Ray,DVD,dll) yang berisi semua adegan dengan durasi yang lebih lama. (intinya ini strategi marketing biar Warner Bros untung 2x).

  Tapi jika dibandingkan dengan BvS, Justice League versi biskop ini lebih "enak" untuk ditonton karena hanya memberikan sedikit pertanyaan yang tidak terjawab.


Characters


Bruce Wayne a.k.a Batman (Ben Affleck)



  Berkeliling dunia demi mencari individu super lainnya, ini semua Bruce lakukan karena dia (masih) merasa dialah penyebab kematian Superman. Selain bertugas merekrut anggota baru, Batman juga lebih banyak berperan sebagai pemimpin dalam tim ini, dan itu semua dilakukan dengan baik oleh Ben Affleck.

  Dan ow, akhirnya film ini menjawab bahwa Batman sudah beroperasi di Gotham selama bertahun-tahun (tepatnya 20 tahun, sebenarnya udah terlihat di BvS sih).

  Dan yang paling penting : BATMAN ITU KAYA (I'm Rich XD)

Diana Prince a.k.a Wonder Woman (Gal Gadot)



  ini dia si primadona DCEU, Gal Gadot tetap tampil menawan sebagai Wonder Woman meskipun masih "Gagal Move On" dari Steve Trevor XD.

  Setelah mendapat pesan dari Themyscira tetnang kedatangan Steppenwolf, Diana mendatangi Bruce dan berharap dapat membentuk tim untuk mengalahkan Steppenwolf. Sifat lemah lembutnya membuatnya pantas sebagai figur ibu di Justice League.


Arthur Curry a.k.a Aquaman (Jason Momoa)



  Penguasa Tahta Atlantis yang awalnya menolak ajakan Batman sebelum melihat Atlantis diserang oleh Steppenwolf. Bersama Flash dia memberikan cukup banyak humor dalam film ini XD .

Barry Allen a.k.a The Flash (Ezra Miller)




  Barry Allen sulit dilacak Bruce Wayne karena keberadaan selalu berpindah-pindah, apalagi dia memiliki kecepatan super!!! , tapi Barry selalu pergi ke tempat yang sama yaitu penjara untuk menengok ayahnya (Henry Allen) yang dituduh telah membunuh ibunya.  

  Barry juga tergolong mandiri karena memiliki markas dan kostum buatan dia sendiri, bisa dibilang Barry Allen versi DCEU adalah kombinasi berbagai karakter dalam TV Series The Flash (cuma kurang di bagian emosional saja). Kekurangan Barry adalah tidak memiliki T-E-M-A-N.

  Sebagai The Flash, ternyata Barry tergolong "Cupu" karena tidak berpengalaman dalam melawan alien, untungnya kecepatan super dia masih bisa digunakan untuk hal lain.

  Dan dialah sosok pelawak dalam film ini karena memiliki ekpresi muka yang bikin ngakak dan lelucon "kadang lucu dan kadang tidak" yang Barry gunakan untuk mencairkan suasana.

  Saya puas dengan aksi Ezra Miller sebagai The Flash dan tidak sabar dengan film solonya yang sampai sekarang belum menemukan sutradara -_- tapi sudah direncanakan akan dibuat Flashpoint.

  Flashpoint ??? O-M-G, jika nanti Ezra Miller menguasai ilmu Time Travel (sebenarnya sudah jika melihat BvS), jangan sampai Ezra bertransformasi menjadi...........



(dia lagi, dia lagi.....)

Victor Stone a.k.a Cyborg (Ray Fisher)



  Atlet berbakat yang meninggal karena sebuah kecelakaan, tapi berkat jasa ayahnya yang ilmuwan di STAR Lab Victor dibangkitkan dengan bantuan benda dari luar angkasa. Victor Stone saat ini mampu masuk ke semua teknologi yang ada di muka bumi, tapi hal ini yang membuat Cyborg "takut" untuk melihat dunia luar, sampai Steppenwolf datang menyerang bumi.

Steppenwolf (Ciaran Hinds)



  Alien yang dulu datang untuk menghancurkan bumi dengan bantuan 3 kotak yang disebut "Mother Boxes" tapi berhasil digagalkan oleh gabungan 3 pasukan (manusia, Atlantis, dan Amazon) dan bantuan dari luar angkasa (denger-denger sih warnanya hijau XD).

  Sekarang setelah kematian Superman, Steppenwolf datang kembali ke bumi untuk mengumpulkan 3 Mother Boxes yang tersebar di penjuru dunia, dan dia ditemani oleh pasukan Parademon (sangat berbakat dalam hal jumpscare XD) yang memangsa rasa takut pada tiap makhluk hidup, Steppenwolf terlihat kuat dan sulit untuk dihentikan !!!

  Cuma yah itu, Steppenwolf kelewat jahat sampai aksi dan tindakannya sangat mudah untuk ditebak sekaligus minim kepribadian.


Superman (Henry Cavill)



(Superman Is Dead)

  Sudah meninggal saat melawan Doomsday di BvS, tapi terlihat sekali di film ini jika dunia masih membutuhkan Superman karena secara tidak langsung kematiannya yang menyebabkan kedatangan Steppenwolf!!!

  Batman sendiri memiliki rencana untuk membangkitkan Superman dengan memakai cara yang sama saat Lex Luthor menciptakan Doomsday, tapi jika nanti Superman mengamuk maka Batman sudah punya solusi dalam bentuk "Big Gun" (yang konyol sekaligus aneh di waktu bersamaan).

  konyol sekaligus aneh di waktu bersamaan, oh tidak jangan-jangan......

Post Credit Scene Explanation (SPOILER!!!!)


SEKALI LAGI, SPOILER ALERT!!!!!!


2 Adegan yang ada setelah credit

  • Balapan The Flash VS Superman, siapakah yang menang ??? (saya sih realistis saja dengan berpihak pada Superman, soalnya Flash masih pemula XD)
  • nasib dan rencana selanjutnya dari si botak dari DCEU yaitu Lex Luthor yang ditemani oleh pria bernama Slade Wilson a.k.a Deathstroke!!!

Conclusion


  Meskipun memakai formula yang mainstream tapi Justice League terbukti masih menjadi tontonan yang menghibur..........

  jika dirilis di tahun 2012, karena jujur saja sekarang penonton sudah cukup bosan dengan formula film Superhero yang begitu-begitu saja.

  Tapi tetap saja, akting kuat dari TIAP karakter semakin menambah kualitas dari film ini.

My Score


85, 75 nilai awal, + 10 karena akting para karakternya



temukan review lainnya di SINI

2 comments:

  1. Review Serial tv punisher dong, gosipnya rating bagus, apa bener??

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ada rencana ditonton, jadi anggap saja COMING SOON :p

      Delete