Just A review From me: [MOVIE] Time Lapse (2014) Review

Monday, March 5, 2018

[MOVIE] Time Lapse (2014) Review


Prolog


Apa alasan anda menonton sebuah film, apa karena....

  • Faktor cerita ???
  • Visual yang memanjakan mata ???
  • Aktor yang anda suka main di film tersebut
  • Sekedar ikut trend doang XD


  Untuk film kali ini saya memakai alasan "Aktor yang anda suka main di film tersebut". Saya menemukan film ini saat sedang iseng-iseng melihat halaman IMDB Danielle (terkenal sebagai Caitlin Snow dalam serial The Flash), apalagi Time Lapse memiliki genre Science-Fiction Thriller dengan sedikit bumbu Time Travel yang (pastinya) menarik di mata saya XD. Awalnya saya mau menulis tentang "Sky High" namun akhirnya saya urungkan karena alasan yang tidak bisa saya tulis XD.

  Hasilnya ??? meskipun memiliki kekurangan pada pertengahan cerita, Time Lapse mampu memberikan kisah "melawan takdir" dengan cara yang menarik. 

Story


  Finn, Callie, dan Jasper adalah tiga orang yang tinggal di satu apartemen dengan Finn yang bertindak sebagai manager (baca : tukang bersih-bersih XD). Saat Finn menerima laporan tentang satu penghuni yang terlambat membayar sewa (Mr.Bezzerides), Finn dkk menemukan sebuah mesin aneh yang berbentuk seperti kamera besar yang diarahkan ke ruang tamu apartemen mereka, mesin ini selalu mengeluarkan foto "setiap" jam 8 malam. Keanehan bermula saat foto yang dihasilkan mesin ini mampu memprediksi kejadian 24 jam ke depan, dan lebih mengejutkan saat mereka menemukan mayat Mr. Bezzerides dalam keadaan mengenaskan!!!.

  Berbekal jurnal yang ditinggalkan Mr Bezzerides, Finn dkk menyimpulkan bahwa mereka harus "membuat" kejadian di foto ini menjadi kenyataan atau mereka akan bernasib seperti Mr. Bezzerides. Meskipun nantinya Finn dkk memiliki kepentingannya sendiri dengan mesin ini. Apa yang akan terjadi selanjutnya ??? apakah mereka bertiga akan selalu menuruti semua kejadian yang diperlihatkan oleh mesin tersebut ???

  30 menit pertama film ini tampil dengan sangat baik dengan tiap karakter memiliki masalah masing-masing dan dijamin mampu membuat penonton penasaran dengan apa yang terjadi selanjutnya. Sayangnya pertengahan film ini terlihat "ah sudahlah" dengan jalan cerita yang sangat standar dan mudah ditebak, apalagi saat karakter Ivan dan Marcus diperkenalkan.

  Dan menjelang akhir baru muncul berbagai hal mengejutkan yang membuat film ini berakhir dengan "manis" di mata saya.


Characters

Finn (Matt O'leary)



  Pelukis yang sedang mengalami creative block (baca : tidak ada inspirasi), foto "masa depan" yang dihasilkan mesin tersebut ternyata mampu memperlihatkan lukisan yang harus Finn buat dan membuatnya terpaksa menjadikan foto tersebut sebagai "sumber inspirasi".


Callie (Danielle Panabaker)




  Pacar Finn yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang penulis, sifat Caitlin Snow masih saya temukan pada karakter Callie karena dia tampil sangat polos dan manis XD. Callie sendiri adalah orang yang pertama kali menemukan mesin ini dan menyarankan Finn dan Jasper untuk mengikuti semua kejadian yang dihasilkan oleh mesin tersebut, meskipun salah satunya adalah mencium Jasper di hadapan Finn!!!


Jasper (George Finn)



  Teman baik Finn yang "menumpang" di rumah Finn, Jasper memanfaatkan mesin tersebut untuk memberitahu hasil judi di hari esok dan membuatnya mampu menghasilkan uang yang banyak. Sayang "keberuntungan" ini membuat Ivan (bandar judi) curiga dan mencoba untuk mencelakakan Jasper.

  Dari mereka bertiga, Jasper terlihat sangat terobsesi dengan mesin tersebut dan akan melakukan apa saja untuk membuat "foto masa depan" menjadi kenyataan, sontak hal ini akan membuat Jasper menjadi sosok yang berbahaya.

Mr Bezzerides a.k.a Mr. B



  penghuni apartemen yang menjadi pencipta mesin yang menjadi fokus di film ini, menurut jurnal yang dia buat Mr B menjadi ketakutan saat mesin ini menghasilkan foto kematiannya. Mr B mencoba mencegah hal tersebut namun sayangnya malah mengalami nasib yang lebih tragis yaitu badannya menjadi hangus. Hal ini yang dianggap oleh Finn dkk sebagai "hukuman" jika seseorang mencoba melawan waktu.



Yang Sebenarnya Terjadi


SPOILER ALERT!!!!


  Inti dari film ini adalah memenuhi prediksi yang dihasilkan mesin tersebut meskipun membuat Finn dkk harus terlibat dengan Ivan yang nantinya malah memanfaatkan mereka untuk menghasilkan uang bagi dia sendiri, hal ini akan membuat Jasper menjadi sangat paranoid apalagi saat melihat lukisan Finn yang terlihat seperti ancaman baginya.


Tapi kejutan terbesar datang dari Callie yang ternyata :

  • mengetahui jika mesin tersebut bisa mengambil foto pada jam 8 pagi tapi merahasiakannya dari semua orang, bahkan Callie mengambil beberapa foto untuk menyembunyikan hal tersebut.
  • Mesin ini sendiri dapat memprediksi masa depan lebih dari 24 jam, Mr B sendiri sudah menggunakannya untuk memprediksi hal yang akan terjadi di beberapa minggu selanjutnya
  • Foto yang disembunyikan Callie adalah pesan dari Callie masa depan yang memintanya untuk melakukan beberapa hal dan memanipulasi berbagai kejadian yang ada di film ini (termasuk membunuh Jasper)
  • Saat Callie membunuh Finn, dia merasa jika dia bisa membatalkan semua kejadian di hari ini dengan memberi pesan pada dirinya di masa lalu (aduh polos banget rencananya), sayangnya hal ini gagal dilakukan karena pada akhirnya pesan yang dia tempel di jendela lepas tepat pada jam 8, foto yang sama dengan foto terakhir yang dimiliki oleh Mr B
  • Jadi intinya, semua kejadian dalam film ini sudah diprediksi oleh Mr B

Kesimpulannya, Callie bukan The Flash yang mampu merubah Timeline XD






(dia lagi, dia lagi)


Conclusion


 Film menarik dengan akting memukau dari Danielle Panabaker (ingat alasan saya untuk menonton film ini ???).


My Score

85 , you don't f*** with time

temukan review lainnya di SINI





No comments:

Post a Comment