Just A review From me: [ISENG] 10 Program Gratis Untuk Laptop/PC Baru

Monday, April 3, 2017

[ISENG] 10 Program Gratis Untuk Laptop/PC Baru



Prolog

  Beberapa minggu yang lalu, PC yang sudah menemani saya > 6 tahun akhirnya mati (karena rusak hardware dan software), dan sekarang saya mendapat sebuah penggantinya yaitu Laptop (meskipun hak miliknya tidak 100% milik saya).




  Awalnya saya mempercayai toko untuk memasangkan sofware untuk Laptop ini, sayangnya setelah saya cek malah terdapat banyak bloatware/adware yang malah memperlambat kinerja laptop ini. Dan akhirnya saya memutuskan untuk menghapus semua ini dan memulai meng-install berbagai program baru yang saya dapatkan dari internet. Berikut adalah beberapa diantaranya :

  Dan btw, semua program yang saya tulis di bawah ini bersifat FREE alias Gratis.

  "jika anda pengguna Windows 10 sebenarnya dapat memanfaatkan fitur yang bernama Refresh yang berfungsi seperti install ulang agar windows 10 anda bebas dari bloatware/adware, sayangnya fitur ini juga yang menyebabkan PC saya rusak dan gagal booting sehingga membuat saya was-was untuk mencoba fitur ini lagi."

1.Ninite




  Program ini dapat meng-install SEMUA program yang laptop/PC anda perlukan, anda tinggal memilih program yang anda inginkan dan nantinya NINITE akan memberikan installer yang dijamin aman + bebas dari adware. Program ini sangat cocok untuk anda yang pemalas dan mau langsung jadi alias INSTANT.

  Sayangnya saya sendiri sudah membuat daftar program yang akan saya pasang sehingga saya belum mencoba program ini, tapi program ini sendiri sudah banyak mendapat review positif dari berbagai pihak sehingga saya masukkan di No 1. Mungkin jika di masa depan saya memiliki komputer baru saya akan memakai program ini.

2.Antivirus + Antimalware




  Setiap komputer membutuhkan antivirus untuk menangkal beberapa ancaman yang ada (terutama dari internet), ada banyak rekomendasi untuk Antivirus yang Free. Tapi kali ini saya memilih Avira setelah bertahun-tahun sebelumnya memakai Avast (Avast cukup sensitif untuk berbagai game).

  Dan untuk melengkapi keamanan komputer anda, tambahkan program anti Malware, Malwarebyte cukup ampuh untuk menangkal beberapa Malware asalkan komputer anda di-SCAN (minimal) seminggu 1x. Saya bilang begini karena dulu PC saya sempat terkena adware yang menempel di browser yang tidak bisa dihilangkan oleh program ini sehingga saya memakai beberapa cara lain untuk menghapus malware tersebut.

3.Ccleaner



  Program yang berguna untuk membersihkan file-file "sampah" yang ada di komputer anda. Ccleaner sendiri dapat anda gunakan untuk meng-uninstall beberapa program bawaan Windows 10 yang jarang anda gunakan (sayangnya tidak bisa digunakan untuk menghapus Internet Explorer).

4.DAM (Download Accelerator Manager)




  Selama bertahun-tahun saya biasa mendownload file memakai Internet Download Manager (IDM), kelemahan IDM hanya satu yaitu program berbayar alias tidak gratis (meskipun ada banyak cara untuk mengakalinya).

  DAM memiliki fungsi yang sama seperti IDM, bahkan interface-nya sendiri sangat mirip, bedanya DAM itu gratis. Tapi saya sendiri sudah jarang menggunakan program ini karena kebanyakan file hosting sekarang sangat lihai dalam menyembunyikan tombol "Download".

  Tips : lakukan download manual melalui browser Chrome -> cancel download -> copy link download -> masukkan ke DAM.

5.Web browser




  Sudah merupakan tradisi bahwa Internet Explorer digunakan untuk men-download Browser lain lalu dilupakan begitu saja XD. Rekomendasi saya adalah Chrome yang walaupun suka memakan RAM komputer anda tapi memiliki performa yang baik,apalagi Chrome dapat mengenali user sehingga jika anda berganti komputer tapi memakai user yang sama maka Chrome akan memasang berbagai add-on sesuai dengan yang anda pasang di komputer terdahulu, apalagi berbagai link / bookmark tetap tersimpan. Sungguh sebuah fitur yang sangat berguna.

6.Torrent



  Akui saja, jika anda memakai internet maka pasti anda pernah men-download sesuatu (entah file musik,film,game,dsb), dan Torrent adalah salah satu solusi untuk melakukan hal tersebut XD.

  Penyebaran file melalui Torrent bahkan lebih cepat ketimbang memakai Filehosting. Mencari file torrent sendiri terbilang mudah karena ada cukup banyak situs yang menyediakan berbagai daftar torrent (bahkan memakai Google saja sudah cukup), saya sendiri lebih banyak memakai torrent untuk mencari berbagai film yang sulit untuk didapatkan secara normal (seperti Evil Dead) dan berbagai TV Series yang reviewnya dapat anda temukan di blog ini.

  Tips : biasakan untuk melihat jumlah seed dan berbagai rating/komen sebuah file sebelum mulai men-download file Torrent, karena ada banyak file torrent palsu.

7.Foxit Reader




  Alternatif lain selain Adobe untuk membuka file .pdf. Program ini juga dapat merubah berbagai file lain menjadi format .pdf .

8.Media Player


  untuk memutar berbagai file musik/film yang sekarang memiliki banyak format. Apalagi embel-embel "Classic" membuat program ini semakin terasa personal XD.

9.Steam



  Untuk para Gamer yang ingin mencoba bermain game secara legal. Steam memiliki banyak judul game yang dapat anda beli dan mainkan di komputer anda, tidak mau bayar ?? Steam juga memiliki banyak game free To Play, bahkan game yang paling sering dimainkan di Steam adalah Game Free To Play. Beberapa pihak ketiga juga banyak yang memberikan game secara cuma-cuma (paling cukup melakukan like and share saja) meskipun rata-rata game yang mereka berikan adalah game lama.

  Saya sendiri lebih banyak menggunakan Steam untuk bermain game Shadowverse.

10.Open Office





  Alternatif gratis untuk yang membutuhkan program pengolah kata,angka,dsb. Saya sendiri sudah memakai Open Office selama > 3 tahun dan sudah nyaman dengan program ini.


  Tips : jika ingin mencetak file anda di luar seperti tempat fotokopi maka ubah dulu format file anda menjadi .doc melalui fitur Save As karena umumnya tempat fotokopi memakai Microsoft office yang tidak akan mengenal file .odt

No comments:

Post a Comment