Just A review From me: [GAME] Shadowverse Review

Friday, September 23, 2016

[GAME] Shadowverse Review






Prolog

  Sampai saat ini, Hearthstone tetap memegang posisi sebagai game collectible card game yang paling banyak dimainkan, apalagi dengan berbagai update yang ditawarkan game ini.




  Hanya saja, bagi saya sekarang Hearthstone sangat membosankan, dan itu semua terjadi karena ulah satu kartu saja.




  Pemain Hearthstone pasti setuju kalo kartu ini sangat 'tidak adil'.

  Karena hal itulah saya mencoba mencari game lain yang memiliki gameplay yang mirip dengan Hearthstone. Setelah sebelumnya mencoba 'kloningan' dalam bentuk Kungfu Panda akhirnya saya menemukan game lain yang lebih 'adil' bernama Shadowverse.

  Dan untuk yang menyenangi artwork bergaya Jepang (Anime) akan lebih akrab karena game ini memiliki artwork yang keren (baca : cantik untuk cewek, ganteng buat cowok) dan voice acting bahasa Inggris yang tergolong bagus (hal ini terjadi karena kuping saya yang tidak termasuk golongan elitist (hanya mau mendengar bahasa Jepang saja) ).

  Hanya saja butuh usaha extra untuk memainkan game ini (karena playstore indonesia kelewat lelet), untuk sekarang sih sudah tersedia di playstore/appstore secara legal.


Way To Play

  Awalnya saya mencoba mendaftar close beta, karena game ini hanya tersedia di beberapa negara saja untuk awalnya (mirip dengan MAA 2 ) maka saya mencoba mem-bypass dengan memakai aplikasi yang bernama Qooapp (mirip playstore tapi gamenya kebanyakan game buatan Jepang) dan saya memainkannya dengan memakai Emulator Android (MEmu).

  Kelemahan terbesar dengan memakai Emulator adalah hilangnya gambar para hero saat game berlangsung, liat saja gambar untuk lebih jelas.


  Tapi saya dengar ini hanya terjadi di beberapa Emulator saja dan jika memakai emulator Bluestack maka game akan berjalan normal, hanya saja saya sudah terlanjur senang dengan Memu.

  Tapi ini hanya berlaku untuk tampilan hero saja, tidak untuk hal lainnya


  Saran, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah melakukan link account (baik melalui akun Facebook/Google) agar data kalian tetap tersimpan.


The Basic

  Aturan game ini sama dengan Hearthstone yaitu menurunkan life leader (Hero) lawan sampai 0 dengan resource (playpoint) yang akan terisi secara otomatis sehingga pemain tidak harus sibuk mengatur resource.

Berikut adalah tipe kartu yang ada di game ini



dan ini adalah beberapa Keyword untuk follower yang ada di game ini

  • Fanfare : aktif saat dipanggil
  • Last Word : aktif saat kartu ini meninggalkan arena
  • Bane : menghancurkan follower lawan yang diserang oleh follower yang memiliki Bane
  • Ward : pelindung/blocker, lawan harus menarget follower ini dulu sebelum bisa menyerang follower lain
  • Storm : bisa langsung menyerang setelah dipanggil (tidak terkena summoning sickness)
  • Evolved : akan aktif jika follower ini mengalami Evolusi

It's Evolution Time


  Ini yang membuat Shadowverse berbeda, di turn ke 4 para pemain dapat meng-evolusi kartu mereka yang ada di Arena agar menjadi lebih kuat. Kemampuan ini dibatasi hanya 2x (3x untuk pemain yang mendapat giliran kedua) dalam 1 game.

  Secara umum, Evolve akan menaikkan status Follower sebesar 2/2 (tidak semua Follower), Follower yang dievolusi juga bisa langsung menyerang FOLLOWER lainnya, Leader tidak bisa diserang oleh Follower yang baru saja ber-evolusi kecuali Follower tersebut memiliki kemampuan "Storm".

  Evolusi juga membuat artwork kartu menjadi lebih 'menarik', tapi lucu juga karena kebanyakan (tidak semua) kartu wanita yang ber-evolusi akan mengalami perubahan warna rambut menjadi pirang (apakah hal ini terjadi karena orang Jepang yang tergila-gila dengan rambut pirang ???).


Heroes Overview

*saya menggunakan skin original untuk penjelasan story
*saya membandingkan beberapa mekanisme dengan Hearthstone agar lebih mudah dimengerti

  Hanya beberapa tokoh yang memiliki tujuan sendiri dan bertemu di perjalanan untuk melawan moster dan mencari sebuah benda melayang di angkasa yang disebut "Morning Star' yang konon bisa mengabulkan keinginan.


Arisa (Forescraft)


  Elf pemula yang melakukan perjalanan untuk mencari mentornya yang hilang.

  Forestcraft sendiri memiliki kemampuan unik yaitu beberapa kartunya akan memiliki efek tambahan jika dimainkan setelah pemain menggunakan X kartu (mirip dengan Combo pada Rogue di Hearthstone). Contohnya adalah Magma Botanist yang akan menambah 1/1 ke semua allies jika dia dipanggil setelah memakai 2 kartu lain.


  Terkesan mahal/sulit bukan ???? karena itulah Forestcraft memiliki kartu dengan kemampuan untuk membuat "Fairy", follower berstatus 1/1 dengan cost 1 yang akan mempermudah kalian untuk memanfaatkan kemampuan kartu Forescraft lainnya.


  Untuk sekarang Deck Forescraft yang kompetitif adalah PTP (path To Purgatory) yang akan memaksa pemainnya untuk membuang kartu di tangannya (terutama para Fairy) agar bisa menambah jumlah Shadow sampai 30 sebelum akhirnya menggunakan efek dari kartu Path To Purgatory.



Erika (Swordcraft)


  Seorang Knight wanita yang melakukan apapun untuk melindungi Sang Putri, dan saya harap Si Putri mati secara mengenaskan!!!!!!!

  Kenapa ??? karena Swordcraft terlalu menyebalkan. Kartu-kartunya tergolong cepat dan agresif (cost rendah dan memiliki storm), jangan heran jika pemain Swordcraft akan bisa memenangkan game hanya dalam 4-5 turn saja. Ditambah lagi Swordcraft terlalu komplit dari segi kemampuan kartunya (bisa membunuh Follower kuat,mengisi arena dengan cepat, menambah kartu kunci,draw kartu,dll) membuat Sworcraft benar-benar anak emas di game ini.

  Apalagi di game ini life maksimal Leader hanya 20 (di Hearthstone saja 30), membuat Swordcraft sangat berjaya di awal game karena kelas lain kurang memiliki kartu-kartu awal yang tangguh.

  Kembali ke mekanisme unik Swordcraft, kartu-kartu Swordcraft memiliki 2 tipe (Officer dan Commander), Commander bisa menambah kekuatan para Officer dan Officer terkadang membutuhkan Commander untuk bisa menggunakan kemampuannya. Ikon Officer/ Commander akan terlihat jelas saat kalian menekan tombol "Trait" saat game berlangsung ( Commander memiliki simbol mahkota kuning sedangkan Officer berwarna perak).



Isabelle (Runecraft)


  Seorang Wanita pintar yang mencari cara apapun agar bisa menghidupkan kembali kekasihnya yang sudah mati (waw, benar-benar pria yang beruntung).

  Runecraft memiliki 2 kemampuan khusus, yang pertama adalah Spellboost yaitu kartu jenis ini akan semakin kuat (bertambah damage/menurunkan cost) jika pemain menggunakan spell lain selama kartu ini ada di hand. Yang kedua adalah Earth rite dimana saat digunakan maka kartu jenis ini akan mengorbankan amulet khusus yang disebut Earth Sigil untuk memperoleh tambahan kekuatan.


  Deck Runecraft kompetitif ada 2 yaitu Deck berbasis Earth Rite dan D-Shift (deck yang memanfaatkan kartu Dimension Shift agar mendapat extra turn).

Rowen (Dragoncraft)


  Mantan komandan yang pergi menyendiri setelah membunuh rekannya (yang ternyata tunangannya Isabelle) karena dia berubah menjadi naga dan hilang kendali.

  Dragoncraft memiliki kartu yang bisa menambah playpoint secara permanen (mirip dengan Druid di Hearthstone), dan beberapa kartunya (yang didominasi oleh Dragon) memiliki kemampuan khusus yang disebut "Overflow" yang akan aktif saat Playpoint pemain sudah mencapai angka 7.

  Dragoncraft juga memiliki banyak kartu dengan kemampuan Storm tapi dengan power yang besar (tidak seperti Swordcraft), dan yang penting artworknya keren.



Luna (Shadowcraft)



  Gadis kecil yang senang bermain dan berpetualang, hanya saja Luna senang bermain 'membunuh orang' dan berpetualang bersama 2 orangtuanya yang sudah mati.

  Shadowcraft memiliki mekanisme khusus yang memanfaatkan jumlah shadow (kartu yang masuk grave) yaitu Necromancy (memakai Shadow untuk mendapat kemampuan tambahan). Kartu-kartu Shadowcraft juga banyak yang memiliki kemampuan untuk menambah jumlah Shadow. Pokoknya dari segi agresif Shadowcraft tidak kalah jika dibandingkan dengan swordcraft (hanya saja Shadowcraft lebih berhati-hati dalam setiap play-nya).

  Dan jika kalian senang dengan artwork yang berbau monster mengerikan seperti Zombie/tulang belulang maka akan cocok memainkan Shadowcraft.

  Sayangnya meskipun saya senang dengan Zombie tapi saya tidak bisa menerima bahwa pengendali mereka adalah seorang gadis kecil yang masih belia.

  Intinya sih saya bukan lolicon (senang dengan anak kecil). Cukup disayangkan karena kelas ini memiliki kartu Cerberus yang selain kuat dan menghasilkan 2 kartu lain (Coco dan Mimi) juga memiliki sound effect yang lucu.



Urias (Bloodcraft)


  Vampir kuat yang baru saja bangkit dari tidur panjangnya dan pergi untuk mencari lawan yang cocok bagi dirinya.sangat Manly.

  Bloodcraft memiliki mekanisme unik yang awalnya terkesan konyol yaitu Vengeance, saat life Leader mencapai 10 atau kurang maka Vengeance akan aktif dan menambah kemampuan beberapa kartu.


  Masalahnya membuat life menjadi 10 terkesan bunuh diri, apalagi bloodcraft memiliki beberapa kartu yang mengurangi nyawa diri sendiri. Tapi di tangan yang tepat maka kelas ini akan menjadi sangat menakutkan (apalagi saat kalian sudah memiliki kartu-kartu rare dari kelas ini).


Eris (Havencraft)


  Seorang Wanita yang mengalami Amnesia dan mencoba mencari kebenaran dari dunia Shadowverse, ternyata dia memiliki kembaran jahat dengan agendanya tersendiri.

  Haven adalah kelas favorit saya di game ini walaupun sangat lambat, mekanisme unik Havencraft adalah "Countdown Amulet", Amulet yang akan menghasilkan efek tertentu atau mengeluarkan Follower yang kuat saat countdown-nya sudah mencapai nol. Havencraft sendiri juga memiliki kartu yang bisa menurunkan countdown amulet milik mereka.


               (beberapa Follower yang terlahir dari Amulet)


  Tapi yah itu, kelas ini tergolong lambat jika dibandingkan kelas lainnya, ditambah lagi kebanyakan Follower hasil amulet tetap tidak bisa menyerang saat mereka dipanggil (kecuali jika di Evolusi)



Beginner Guide

  • Selesaikan Solo mode dulu agar bisa mendapat tambahan resource (uang,kartu, atau vial yang bisa diapkai untuk mmebuat kartu)
  • fokus kepada satu kelas terlebih dahulu
  • 2 kartu rekomendasi saya yang sebaiknya dibuat secepat mungkin karena bisa dipakai di semua kelas : Bellringer Angel (untuk Extra Draw) dan Prince Of Darkness (kuat di late game)
  • kenali winning condition dari deck yang kalian mainkan
  • selesaikan beberapa Achievement untuk mendapat hadiah extra



Video Gameplay






New Expansion : Darkness Evolved

  Game ini akan mendapat update baru di akhir bulan September, silahkan cek kartu-kartu terbarunya di

https://shadowverse.com/cardpack/darknessevolved/


Conclusion

Menarik,mudah,dan indah, apalagi unsur 'random' di game ini tidak separah Hearthstone.


My Score


85

No comments:

Post a Comment