Just A review From me: [MEMORIES] Ant-Man (2015)

Monday, July 16, 2018

[MEMORIES] Ant-Man (2015)


SUPER SPOILER ALERT!!!


SUPER SPOILER ALERT!!!

SUPER SPOILER ALERT!!!



Before Prolog


  Biasanya saya menulis "Memories" untuk menaikkan hype sekaligus mengingat kembali sebuah franchise / film sebelum sequel film itu dirilis, tetapi karena ada sesuatu dalam 2 minggu terakhir ini jadinya terpaksa saya menunda menulis tentang Ant-Man (2015), bahkan kalau dipikir-pikir saya bisa menonton Ant-Man And The Wasp "tepat waktu" juga bisa dianggap "mukjizat".



Prolog


  Karena score film "Ant-Man And The Wasp" sudah mencapai angka "nol" bagi saya pribadi (alasannya sudah JELAS bukan ???), mari kita kembali ke tahun 2015 dimana si manusia semut ini memulai debutnya dalam film Ant-Man yang sampai saat ini masih layak untuk dibicarakan. Tapi tunggu dulu, saya juga akan "sedikit" membahas "drama di balik layar" yang terdapat dalam film ini (bukannya film-film MCU itu bebas drama yah ???).

Mari Berpikir Kritis, Ant-Man Itu...


  Percaya atau tidak, proses pembuatan film ini sudah dimulai sejak tahun 2006 (bahkan sudah direncanakan sejak tahun 1990) dan awalnya direncanakan sebagai film pembuka untuk Marvel Cinematic Universe (MCU) yang pada akhirnya jatuh pada Iron Man (2009), kenapa hal ini bisa terjadi ???

  sebelum membahas lebih lanjut, coba lupakan apa yang anda ketahui tentang Ant-Man saat ini dan coba bayangkan (pasti susah XD) :

"Superhero dengan kemampuan mengecilkan diri dan mengendalikan SEMUT"

...............................
...............................
...............................
...............................

  SUNGGUH SEBUAH IDE YANG SANGAT KONYOL BUKAN ????


(ekpresi saya saat pertama kali mendengar tentang Ant-Man)

"Drama" MCU Di Jaman Old



  Jadi sudah jelas jika Ant-Man adalah sebuah proyek yang sangat berisiko (lebih beresiko ketimbang Guardians Of The Galaxy) sehingga pihak MCU harus menunda film ini bertahun-tahun sampai dirasa jika pasar/penonton mulai bisa menerima sosok superhero yang "aneh" ini XD (butuh 9 tahun gitu loh!!!).

  Masalah di balik layar adalah sejak tahun 2006 pihak MCU sudah menunjuk Edgard Wright sebagai sutradara film ini bersama Joe Cornish sebagai co-writer. Selama bertahun-tahun mereka berdua membuat berbagai draft untuk film ini dan sudah siap untuk memproduksi film ini pada akhir tahun 2013 (karena Edgard Wright memiliki proyek lain yang harus dia selesaikan) tetapi proses casting film ini sudah selesai jauh-jauh hari. Konon terjadi "cekcok" (baca : perbedaan kreativitas) antar Edgard Wright dan pihak MCU yang pada akhirnya membuat beliau mundur dari posisi sutradara pada tahun 2014 (tapi nama Edgard Wright masih masuk dalam credit film ini), posisi Edgard Wright akhirnya digantikan oleh Peyton Reed yang biasa membuat film komedi.

  Bahasa kasarnya sih Edgard Wright "ditendang/diusir" oleh pihak MCU, Edgard Wright sendiri seorang sutradara yang unik dan memiliki karya-karya yang tergolong keren lho (beberapa diantaranya adalah three flavour cornetto trilogy, Scott Pilgrim vs The World , dan Baby Driver). Biasanya sih kalau ada drama seperti ini maka film tersebut sudah bisa dianggap gagal karena kehilangan visi awal dari sang sutradara (uhuk-uhuk "liga keadilan"), apalagi Peyton Reed terkesan hanya "melanjutkan" apa yang sudah susah payah dibuat oleh Edgard Wright (mari kita anggap 70% film ini adalah milik Edgard Wright) dan hanya perlu menambahkan unsur komedi pada film ini (yang sebenarnya sudah dimiliki oleh Edgard Wright -_-). Edgard Wright sendiri dikabarkan tidak mau menonton film ini sampai saat ini saking "trauma" dengan apa yang sudah pihak MCU lakukan pada dirinya.


(tugasnya terlihat "mudah" nih)

  Beruntungnya MCU karena Paul Rudd si pemeran Scott Lang ikut membantu "memperbaiki" script yang sudah ada sehingga bisa menjadi seperti yang anda lihat saat ini (apalagi Paul Rudd itu dasarnya adalah seorang pelawak XD).


(cucok gak cyin XD ???)

  Mulai dari proyek beresiko tinggi -> nyaris gagal karena drama -> menjadi penyelamat MCU di tahun 2015 setelah Age Of Ultron yang kelewat "ngaco". Perjalanan Ant-Man benar-benar patut diapresiasi.

  Pihak MCU sendiri menjadikan "cekcok" dengan Edgard Wright sebagai sebuah pelajaran untuk menghargai kreativitas para sutradara yang menangani film-film MCU dan jangan mengganggu sutradara yang kelewat "unik", contoh terbaiknya adalah Taika Waititi dalam Thor : Ragnarok ^_^

  Ok, sekarang saatnya saya membahas film ini

If It Ain't Broke...



  Sudah menjadi rahasia umum jika film-film MCU memiliki formula sama yang "anehnya" masih diterima penonton sampai saat ini, hal serupa terjadi pada film ini karena memiliki banyak kesamaan dengan film Iron Man seperti seorang jenius (Hank Pym/ Tony Stark) yang kehilangan perusahaannya karena ulah "mantan" (Darren Cross / Obadiah Stane), apalagi secara kebetulan mereka berdua itu botak XD.


(kok dulu saya tidak menyadari hal ini yah ???)

  belum lagi ada adegan dimana tokoh pendukung (Hope / Rhodey yang belum terkena recast XD) yang melihat kostum baru sambil berkata "Next Time".



(lagi-lagi plagiat)

  Mungkin salah satu alasan mengapa saya telat menyadari hal ini karena sejak film ini dimulai dengan cara yang unik dengan memakai musik "Borombon" saat logo Marvel muncul (biasanya kemunculan logo ini selalu diiringi musik yang heroik).


(unik sekali XD)

Scott Lang, "Maling" Idaman Kita Semua ^_^



  Scott Lang layak disebut sebagai sosok "Robin Hood" di masa kini karena rela dipenjara setelah "merampok" perusahaan "Vista Corps" tempat dia bekerja karena perusahaan ini tidak mau membayar hak para pegawai/pelanggan mereka. Aksi Scott dalam membobol Vista dapat anda saksikan melalui channel Youtube "WHIH World News" yang berfungsi sebagai ajang promosi sekaligus sebagai acara berita untuk dunia MCU (sayangnya Channel ini sendiri sudah tidak di-update).


(aksi sang maling)

  tapi ini semua membuat Scott harus membayar harga mahal karena selain dia harus bercerai dengan istrinya dan kehilangan kontak dengan putrinya (Cassie Lang) karena tidak bisa membayar child support, Scott juga sulit mendapat pekerjaan karena statusnya yang seorang "mantan narapidana" meskipun Scott sendiri memiliki gelar Master dalam bidang electrical engineering. Realitas ini sampai memaksa Scott untuk bekerja pada...


(sangat "jleb" bagi saya pribadi)

  Scott juga langsung dipecat karena B**in R***ins always finds out, hal ini membuat dia terpaksa harus kembali "merampok" agar bisa bertemu kembali dengan putrinya. Tidak disangka-sangka aksinya merampok kali ini malah membuatnya bertemu dengan Hank Pym yang memintanya untuk (lagi-lagi) merampok sesuatu XD.

Luis, "Nyaris" Menjadi Tokoh MCU Terlucu -_-


  Teman satu sel Scott yang ditangkap karena mencuri 2 "blender" XD, sifat luis yang sangat jujur + ceria + punya "ingatan fotografis" XD + lucu nyaris membuat saya lupa jika dia juga sudah mengalami realitas dunia (diputus pacar, ibu meninggal, ayah dideportasi).


(yang sabar yah Luis)

  Tapi meskipun begitu Luis tetap memiliki koneksi dalam "dunia permalingan" XD dan tetap merayu Scott untuk merampok rumah milik pria tua yang dia anggap memiliki "barang berharga", Luis sendiri mendapat info tersebut dengan cara yang "wow".


  Aksi Luis sendiri sangat menarik untuk diikuti, tapi "sialnya" bakat terpendam dia sangat merusak ending film ini (setidaknya bagi saya pribadi).

Hank Pym, Membosankan Tapi Sangat Dibutuhkan



  Dalam kisah fiksi dibutuhkan karakter "pintar" yang bisa menjelaskan berbagai istilah "asing" dengan sangat serius dan (mungkin) membosankan agar penonton juga bisa ikut berpikir, dan jujur saja sebelum film ini muncul MCU tidak memiliki karakter seperti ini (Tony Stark, Bruce Banner, bahkan Shuri masih memiliki elemen humor dalam setiap dialog mereka). Makanya Hank Pym terlihat sangat cocok untuk posisi ini XD.

  Hank Pym sendiri adalah seorang ilmuwan genius yang menciptakan "Pym Particle" (partikel yang bisa menambah/mengurangi massa suatu benda) yang memilih keluar dari SHIELD untuk melindungi ciptaannya agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Hank Pym sendiri tampil sangat "menyebalkan" (dalam arti positif) karena dialognya selalui dibumbui istilah-istilah ilmiah yang siap membuat bingung para penonton XD. Hank membutuhkan bantuan Scott untuk menghancurkan perusahaannya agar teknologi yang dikembangkan "mantan" muridnya (Cross Particle) tidak jatuh ke tangan yang salah.

  Bahkan saat dia menceritakan nasib istrinya (Janet Van Dyne) yang terjebak dalam Quantum Realm, Hank masih bisa menyisipkan berbagai istilah ilmiah yang membuat dirinya semakin sulit untuk dimengerti -_-, tapi overall Hank Pym adalah karakter yang sangat dibutuhkan oleh MCU untuk saat ini karena tampil sangat serius dan menyebalkan XD.


(saat sedih aja masih bisa bikin orang bingung)

  Setelah melihat aksi Hank saya hanya memiliki satu harapan "semu" yaitu "Saya ingin Hank Pym bertemu dengan Tony Stark!!!"


Hope Van Dyne, Emosional Tapi "Jelek"



  Putri Hank Pym yang terlihat sangat membenci ayahnya karena menyembunyikan kejadian sebenarnya yang terjadi pada ibunya. Hope terlihat mendukung setiap tindakan Darren Cross untuk mengambil alih perusahaan Pym, tapi dibalik itu semua Hope ternyata "rela" menjadi mata-mata bagi Hank untuk menggagalkan usaha Darren!!!, chemistry yang cukup aneh dapat terlihat dari 2 karakter ini yang sayangnya harus terkubur dalam-dalam karena penampilan Hope yang terlihat "super boring" di mata saya.

Berlatih Menjadi Ant-Man



  Proses Scott Lang menjadi Ant-Man ditampilkan cukup singkat (tapi lucu) karena dia mengalami berbagai kesulitan saat pertama kali menggunakan kostum Ant-Man, apalagi Scott belum bisa mengendalikan para semut yang menjadi aset berharga bagi Ant-Man. Untungnya dengan bantuan Hope yang meminta Scott untuk memikirkan Cassie akhirnya Scott dapat mengendalikan para semut dan membuatnya siap untuk menjadi Ant-Man.

  Tapi sebelum Scott bisa merampok Darren, dia diminta untuk test drive dengan mencuri teknologi milik Hank yang terdapat di sebuah gudang tua, sialnya gudang tua ini sekarang sudah menjadi markas Avengers dan membuat Scott harus berhadapan dengan Falcon!!!

"Kematian" Paling Menyedihkan



  Proses merampok kostum "Yellowjacket" saya skip karena terlalu keren untuk diceritakan XD

  tapi sayangnya aksi ini harus memakan korban yaitu Ant-Thony sebuah semut kecil yang tidak memiliki karakter sama sekali tetapi mampu membuat saya sedih karena kematiannya terlihat sangat menyedihkan, bahkan sampai sekarang!!!

Pertempuran "besar" Di Tempat "kecil"


  Darren Cross yang (akhirnya) memakai kostum Yellowjacket menjadi lawan yang cukup merepotkan bagi Ant-Man, apalagi tempat bertempur yang mereka pilih sangat anti-mainstream XD (berkelahi kok di tempat mainan anak-anak!!!).


(pengen ketawa tapi kasihan XD)

Pengorbanan Seorang Ayah



  Agar bisa mengalahkan Yellowjacket , Ant-Man terpaksa harus menyusut ke level subatomic, tapi ini berarti Ant-Man akan terjebak di Quantum Realm seperti yang terjadi pada Janet!!!

  Tapi Scott berhasil kembali dari Quantum Realm karena teringat pada putrinya + mengotak-atik regulator yang dia miliki, kembalinya Scott dari Quantum Realm juga menginspirasi Hank Pym untuk kembali mencari istrinya dan menjadi fokus utama dalam sequel film ini.

 Film ini nyaris berakhir manis, sampai Luis dengan bakat storytelling yang dia miliki merusak ending film ini dengan mengatakan jika seseorang mencari Scott dan Luis dengan "santainya" mengatakan "YA" (dasar Luis -_-).


  Adegan ini sebenarnya tidak buruk sih, hanya saja terlihat salah tempat dan membuat film ini berakhir dengan cukup aneh. Sebuah kesalahan yang sebaiknya tidak diulangi MCU di masa depan.

Atau tidak, karena tahun ini MCU berhasil membuat penggemarnya "jungkir balik" dengan ending Infinity War dan post-credit Ant-Man And The Wasp yang tampil sangat mengejutkan!!!


Bonus, promosi terbaik MCU


  jika yang saya tulis di atas belum bisa membuat anda tertarik dengan film ini, silahkan lihat promosi unik ini yang (mungkin) bisa membuat anda tertarik pada film ini XD.


(gila, kreatif banget XD)


===============================================

POJOK IKLAN

Butuh Pemadam Kebakaran atau Peralatan Safety lainnya untuk rumah / tempat kerja anda ??? Hubungi Cipta Sarana Abadi (022-87308445) (cek web untuk info produk dll)

(dapatkan discount khusus dengan me-mention blog ini XD)

===============================================

Temukan Review lainnya di SINI


No comments:

Post a Comment