Just A review From me: [MOVIE] The Wizard (1989) Review

Tuesday, April 10, 2018

[MOVIE] The Wizard (1989) Review


Prolog


  Saat ini dunia lebih mengenal Nintendo sebagai perusahaan Video Game yang bersaing tidak dengan teknologi melainkan dengan inovasi/kreatifitas, hal ini dibuktikan dengan konsol Nintendo Switch yang merebut hati banyak orang pada tahun 2017 (saya sendiri tidak punya jadi tidak bisa berkata banyak XD). Nintendo sering disebut-sebut dengan istilah "Ahead Of It's Time" (selangkah lebih maju).




  Dan mau tahu produk terbaru Nintendo selanjutnya ??? sambutlah Nintendo LABO a.k.a "Nintendo Jualan Kardus".


(dasar perusahaan kardus XD)

  Meskipun begitu, semua ini hasil dari "percobaan" Nintendo di masa lalu dimana Nintendo memiliki ide yang "unik" tetapi tidak didukung oleh teknologi pada waktu itu, alhasil beberapa produk tersebut (Virtual Boy dan Power Glove) menjadi "aib" Nintendo sampai saat ini.

  Tapi tenang saja, postingan ini tidak akan membahas hal-hal di atas kok XD melainkan sebuah film jadul "The Wizard" (1989) yang dibuat Nintendo untuk mempromosikan NES (Nintendo Entertaintment System) meskipun NES sendiri sudah dirlis pada tahun 1985 dan sudah menyelamatkan industri game dari Video Game Crash -_- .

  Saya tertarik membahas film ini karena film ini sering dianggap "aib" lain dari Nintendo, film ini sendiri dikritik terlalu banyak memberi product placement (baca : iklan) secara agresif. Hampir semua review yang saya baca selalu membawa unsur "iklan" ini untuk menjatuhkan The Wizard, tapi benarkah demikian ???

  film ini memang jelek, tapi bagi saya pribadi film ini memang tergolong "salah zaman".

Overview


  Jimmy (Luke Edwards) dan Corey Woods (Fred Savage) melakukan perjalanan ke California tanpa tujuan yang jelas, Jimmy sendiri terlihat memiliki keterbelakangan mental karena jarang berbicara dan memiliki "dunianya sendiri", di tengah perjalanan mereka berdua bertemu dengan Haley Brooks (Jenny Lewis) yang menyadari jika Jimmy memiliki bakat di bidang Video Game dan meminta Jimmy untuk mengikuti kontes "Video Armageddon" di Universal Studio Hollywood dengan hadiah $50.000. dan disinilah perjalanan mereka dimulai.



  Meski terlihat simpel, film ini tidak cocok untuk dilihat anak-anak karena memiliki beberapa unsur "terlarang" pada zaman itu (PTSD, perceraian, broken family, kabur dari rumah, berjudi, mencuri, memalak, dll) yang diletakkan pada awal sampai pertengahan film yang membuat film ini menjadi "salah sasaran". Bagian yang paling menarik untuk anak-anak adalah saat Video Armageddon dimulai.




  Singkat kata, anak-anak pada zaman tersebut dinilai belum mampu mencerna isi dari film ini.

  Untuk masalah iklan, saya kira ada sekitar 40% dari keseluruhan film ini, iklan-iklan ini sendiri tampil dalam bentuk potongan Video Game yang dimainkan oleh karakter yang ada tapi tidak terlihat memaksa penonton untuk membeli produk mereka (ini film untuk anak-anak jadi wajar jika ada unsur "iklan"), mungkin kritikus pada zaman tersebut khawatir jika film ini dapat membuat anak-anak mereka merengek untuk dibelikan produk Nintendo XD.

  Entah kenapa saya tidak bisa menganggap Lucas adalah tokoh antagonis pada film ini, memang dia terlihat sombong karena jago bermain game + punya Power Glove, tapi Lucas lebih terlihat sebagai karakter yang oportunis (memiliki rencana untuk menjatuhkan Jimmy).


(tipe-tipe anak sombong nih...)

  Tokoh antagonis lebih tepat dijatuhkan pada Putnam (Seltzer) yang disewa ayah angkat Jimmy untuk membawa pulang Jimmy apapun caranya, dan nanti Putnam akan telribat konflik dengan ayah kandung Jimmy dan menyelesaikan perselisihan mereka dengan main tabrak-tabrakan mobil XD.


(ini baru konflik orang dewasa XD)

  Overall The Wizard tidak seburuk yang orang katakan, tapi pada akhirnya hanya bagian "Video Armageddon" saja yang terlihat menarik, sisanya cukup kelam dan membutuhkan "sedikit" pemahaman tentang "realitas" dunia (lebay mode : on).

  Tapi film ini sendiri memiliki 2 "warisan" untuk generasi mendatang yaitu :

Nintendo World Championship, E-sport Zaman Old



  Terinspirasi dari Video Armageddon, Nintendo membuat kontes serupa pada tahun 1990 dengan sebutan "Nintendo World Championship", pemenang kontes ini kaan memperoleh "uang tabungan" + merchandise dari Nintedo.

  Kontes ini sendiri dimainkan dalam sebuah cartridge (baca : kaset) khusus yang berisi bagian-bagian dari Super Mario Bros, Rad Racer, dan Tetris. Tugas kontestan adalah menyelesaikan game ini secepat mungkin sekaligus memperoleh score tertinggi. Cartridge ini nantinya akan diberikan kepada para finalis, dan ada juga versi "emas" yang terlihat sangat menggoda.


  Dan tahukah anda jika saat ini 2 kaset di atas menjadi sangat langka dan harganya bisa mencapai $15.000 ???

Nintendo Power Glove, Aksesoris Ambisius Dari Nintendo



  Sarung tangan ini digunakan Lucas untuk menunjukkan skill bermainnya pada Jimmy saat mereka bertemu untuk pertama kali. Power Glove membuat anda dapat mengendalikan permainan NES dengan gerakan tangan saja dengan konsep Motion Sensor. Bagi anak kecil sudah jelas jika "mainan" ini terlihat sangat menggoda. Untungnya saya tidak pernah melihat benda ini di masa kecil saya karena pada masa itu pembelian 1 paket NES sudah termasuk 2 "stik" , 1 pistol, dan 1 game" XXX in 1" (kami tidak menyebutnya "bajakan" pada masa itu XD).

  Tapi masalah utama dari Power Glove adalah : ALAT INI TIDAK BEKERJA!!! (sangat wajar mengingat keterbatasan teknologi pada waktu itu) sehingga banyak konsumen yang merasa tertipu dan menjadikan alat ini sebagai "aib" bagi Nintendo.


  Tapi tenang saja, 17 tahun mendatang (tahun 2006), Nintendo memperkenalkan konsol Nintendo Wii dengan "wii-mote" yang memiliki konsep sama dengan Power Gloves yang kelak akan membawa kesuksesan bagi Nintendo.

  Nintendo benar-benar belajar dari kesalahannya meskipun butuh waktu belasan tahun XD.

Conclusion


  Film anak-anak yang tidak cocok ditonton untuk anak-anak XD

My Score

60, I Love The Power Glove, It's So Bad!!


temukan review lainnya di SINI

=======================================================================

Bonus


  Selain Power Glove, Nintendo juga membuat aksesoris offisial "kreatif tapi salah zaman" untuk NES yaitu R.O.B (Robot Operating Buddy), sebuah robot yang dapat menemani anda dalam bermain game-game tertentu (cuma 2 saja sih XD). Sudah jelas R.O.B menjadi "aib" lain bagi Nintendo.



(satu lagi bukti jika Nintendo itu "kreatif" XD)



No comments:

Post a Comment