Just A review From me: [TV SERIES] Marvel The Defenders Review

Sunday, August 20, 2017

[TV SERIES] Marvel The Defenders Review

TULISAN INI PENUH DENGAN SPOILER!!!!!!!!!!!



Prolog


  Setelah lebih dari 2 (Daredevil dirilis pada tahun 2015) tahun menunggu kapan mereka bersatu, akhirnya Daredevil, Jessica Jones, Luke Cage, dan Iron Fist bersatu untuk melawan ancaman sesungguhnya yang mengincar kota New York. Serial TV yang sudah ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya ini hanya memiliki 8 episode, tapi 8 episode yang ada sudah cukup untuk mengumpulkan para "Avenger" versi serial TV ini sekaligus mempersiapkan mereka untuk season-season selanjutnya.




  Meski memiliki banyak review positif dari berbagai situs review, bagi saya sendiri serial TV ini (masih) memiliki beberapa kelemahan. Tapi jika anda sudah mengikuti serial TV ini sebelumnya maka bisa dibilang jika serial TV ini tergolong WAJIB untuk anda tonton dan nilai sendiri baik/buruknya.


Story


  Setelah kejadian di Iron Fist, Danny Rand dan Colleen Wing berkeliling dunia untuk mencari The Hand, organisasi misterius yang selama ini memiliki peran besar dalam serial TV Marvel di Netflix, bukti terbaru membawa mereka kembali ke kota New York.

  Luke Cage yang baru saja bebas dari penjara kembali harus berurusan dengan berbagai masalah di kota Harlem yang akhirnya mempertemukan dia dengan Iron Fist.

  Di lain pihak, Jessica Jones "terpaksa" menerima kasus baru untuk menemukan pria yang menghilang, penyelidikannya membuatnya Jessica harus berurusan dengan dengan pihak berwajib yang nantinya membuat dia tertangkap dan mendapat seorang pengacara yaitu Matt Murdock.

  Matt Murdock yang sudah berniat pensiun sebagai Daredevil akhirnya harus kembali menjadi Daredevil setelah mengetahui bahwa The Hand menghidupkan kembali kekasihnya yaitu Elektra.

  4 individu yang berbeda ini akhirnya harus bersatu untuk melawan The Hand yang berniat untuk menghancurkan kota New York.

  Dan pada akhirnya perang pun dimulai antara para Defenders VS The Hand, siapakah
yang akan menjadi pemenangnya ??

  Saya cukup puas dengan episode awal dari serial ini (1 s/d 4) karena tetap menjaga atmosfir dari setiap tokoh dengan cukup baik, unsur misteri yang dibawakan juga menarik dan (bisa) membuat penonton menebak rencana dari The Hand.

  Tapi memasuki ep 5 s/d 8 serial ini mulai mengalami penurunan yang cukup signifikan, terutama dari segi Villain, padahal selama ini Villain serial TV Marvel selalu memuaskan.

Para Pelindung Kota New York


Danny Rand a.k.a Iron Fist (Finn Jones)



  Setelah melihat hilangnya kota K'un Lun karena ulah The Hand, Danny bersama Colleen mulai berkeliling dunia untuk mencari informasi tentang The Hand, penyelidikan mereka membawa mereka kembali ke kota New York dan membuat Danny akhirnya bertemu dengan anggota Defenders lainnya. Dan nantinya terkuak bahwa Iron Fist memiliki peran penting bagi The Hand.

  Btw, Disini akhirnya Danny menyadari bahwa dia memiliki kekuatan yang lebih hebat daripada Iron Fist yaitu Uang XD.

  Akting Finn Jones bisa dibilang meningkat ketimbang aksinya yang cukup "cengeng" di serial TV Iron Fist, tapi jika anda masih kesal dengan aksi Danny maka tenang saja karena selalu ada Colleen Wing (Jessica Henwick) yang siap menyejukkan hati penonton dengan aksinya yang keren (meskipun di sini Colleen hanya menjadi pemain pendukung saja).

Luke Cage (Mike Colter)



  Setelah bebas dari penjara karena jasa pengacara Franklin "Foggy" Nelson, Luke kembali ke Harlem dan tinggal bersama Claire Temple (Rosario Dawson), tidak lupa Luke kembali melakukan aksi "minum kopi XD".

  Melalui Misty Knight (Simone Missick), Luke mengetahui adanya kejadian dimana beberapa anak muda mati karena kecelakaan misterius membuat Luke menyelidiki peristiwa ini , hal ini akhirnya mempertemukannya dengan Danny Rand, dan di sini Danny akhirnya bisa melukai Luke yang seharusnya "Bulletproof".


(pasti sakit XD)

  Meskipun awalnya mereka saling tidak mempercayai satu sama lain, akhirnya Luke setuju untuk membantu Danny dalam melawan The Hand.

  Dari semua anggota Defender, Luke-lah yang terlihat paling niat dalam melawan The Hand, selain karena ingin mencari keadilan bagi para korban di Kota Harlem Luke juga ternyata memiliki banyak waktu alias sedang menjadi seorang Pengangguran XD.

Jessica Jones (Krysten Ritter)



  Setelah kejadian yang terjadi di serial TV Jessica Jones, Jessica memilih menjadi seorang pemabuk dan tidak membuka kembali Alias Investigation meskipun banyak orang yang ingin memakai jasanya (terus kapan dia ngambil info para petinggi perusahaan Rand di Iron Fist yah ???). Tapi semua berubah saat dia menerima telepon misterius yang meminta Jessica untuk TIDAK mencari klien yang baru saja menemui dia, hal ini nantinya membuat dia harus tertangkap polisi dan mendapat seorang pengacara.

  Jika anda sudah menonton serial TV Jessica Jones maka pasti sudah tahu bahwa Jessica tidak terlalu jago dalam hal berkelahi, hal ini juga terjadi di serial TV ini, untungnya kemampuannya sebagai seorang P.I (Private Investigator) dan pembohong cukup berguna untuk menguak misteri yang ada di serial ini.

Matt Murdock a.k.a Daredevil (Charlie Cox)




  Setelah kematian Elektra, Matt mencoba untuk berhenti sebagai Daredevil, apalagi teman-temannya juga meminta Matt untuk hidup normal, tapi semua berubah saat dia harus menjadi pengacara Jessica Jones yang membuatnya terlibat dalam perang melawan The Hand.

  Selain itu, Elektra yang dihidupkan kembali oleh The Hand juga membuat Matt akhirnya harus kembali menjadi Daredevil dengan harapan bisa membuat Elektra kembali seperti semula.

Finger Of The Hand



  The Hand yang menjadi musuh pada serial TV sebelumnya ternyata berasal dari K'un Lun pada masa lalu, tapi pada akhirnya 5 anggota ini melarikan diri dari K'un Lun dan berniat untuk hidup abadi dengan ilmu Chi yang mereka dapat dari K'un Lun. Ke lima anggota ini akhirnya mendirikan The Hand dan memiliki pengaruh yang besar di dunia. Ke lima anggota ini adalah Lady Gao (Wai Ching Ho) yang cocok menyandang gelar "tua-tua keladi XD", Sowande (Babs Olusanmokun) yang berpakaian serba putih yang memiliki koneksi kuat di dunia mafia, Murakami (Yutaka Takeuchi) yang berasal dari Jepang dan adalah atasan dari Nobu yang ada di serial Daredevil, Bakuto (Ramon Rodriguez) yang hidup kembali meskipun seharusnya sudah mati dalam serial TV Iron Fist.

  Pemimpin mereka semua adalah Alexandra (Sigourney Weaver) yang terlihat sangat berkharisma dan cerdik, aksi Alexandra di episode-episode awal benar-benar memukau dan membuat saya merasa bahwa dia memiliki potensi sebagai Villain yang keren.

  Tapi sayangnya, Alexandra membuat sebuah kesalahan fatal yaitu memakai semua ramuan/cairan yang membuat para petinggi The Hand hidup abadi untuk menghidupkan kembali Black Sky dalam tubuh.....

Elektra Natchios (Elodie Yung)



  Kekasih Matt Murdock yang dihidupkan kembali oleh Alexandra dan menjadi senjata terkuat bagi The Hand dengan julukan "Black Sky", tapi sayangnya Elektra tidak memiliki ingatan kehidupan sebelumnya, hal ini membuatnya menjadi sosok pembunuh yang "sempurna".

  Tapi pertemuannya kembali dengan Matt membuat dirinya cukup terguncang dan mulai kembali mempertanyakan siapakah dia di kehidupan sebelumnya ??


Bukan Pahlawan Biasa



  Pada dasarnya semua anggota the Defenders adalah manusia biasa dengan kehidupan dan karir masing-masing, hal ini membuat mereka tidak bisa bertindak di luar hukum seperti para Avenger, jadi tidak heran di serial TV ini mereka terlibat aksi "kucing-kucingan" dengan para polisi yang ada. Semoga aksi mereka di sini (nantinya) mendapat pengakuan dari para "senior" mereka yang ada di versi layar lebar :D

Yakin masih "It's All Connected" ??



  Meskipun Marvel Cinematic Universe (MCU) sudah berjalan > 10 tahun, sudah bukan menjadi rahasia lagi dimana serial TV Marvel SELALU tidak pernah dimention dalam versi layar lebar. Hal ini bertolak belakang dimana pada setiap serial TV Marvel PASTI me-mention kejadian yang terjadi di layar lebar yang akhirnya malah membuat serial TV ini menjadi ajang promosi bagi film layar lebar MCU. Bahkan hal ini cukup membuat Timeline MCU menjadi berantakan karena easter egg di Daredevil ternyata berlawanan dengan info yang ada di SpidermanHomecoming.

  Untungnya, serial TV The Defenders bersih dari mention-mention film MCU layar lebar lainnya, hal ini membuat serial ini bisa fokus dalam menangani konflik yang ada

Mulai di bawah adalah Spoiler kelas berat, akhiri membaca tulisan ini jika anda tidak siap!!!!





Rencana The Hand


  The Hand memiliki rencana untuk mencari sebuah peninggalan K'un Lun yang ada di bawah tanah kota New York yang dipercaya memiliki sebuah zat (substance) yang bisa membuat hidup mereka menjadi abadi, apalagi stock zat ini sudah dihabiskan Alexandra untuk menghidupkan kembali Elektra. Tidak heran para petinggi The Hand ini terliaht terburu-buru dalam mencari zat ini karena nyawa mereka menjadi taruhannya!!!.

  Sialnya, zat ini dilindungi oleh sebuah dinding khusus yang hanya bisa dihancurkan oleh Iron Fist, jadi tujuan mereka sekarang adalah menculik Danny Rand.



(ternyata isi di dalamnya adalah fosil Naga!!!)

  Bagaimana dengan nasib Alexandra ??? dia mati karena ditusuk oleh..................
...............................................
...............................................


  Elektra, yang mendapat ingatannya kembali karena mengunjungi apartemen Matt, di sini Elektra menjadi pemimpin The Hand.

  Lalu singkatnya akhirnya Iron Fist berhasil mereka tangkap (yang memakan korban Stick, guru dari Daredevil), lalu dimulai pertarungan terakhir mereka di bawah tanah dengan waktu terbatas karena Colleen Wing memasang peledak yang akan menutup lubang di bawah tanah temapt mereka bertarung.

  Dan seperti kisah klasik superhero lainnya, di sini kebaikanlah yang menang.

  Tapi tetap saja ada pengorbanan dari salah satu anggota Defenders yaitu Daredevil yang memilih tinggal di bawah tanah demi mengembalikan Elektra seperti semula.

Aftermath


  Semua anggota Defender ke kehidupannya masing-masing

  Misty Knight yang lengannya terpotong oleh Bakuto mendapat jaminan dari Collenn Wing bahwa rekan kerja Rand memiliki sesuatu untuk dirinya (mungkinkah Stark Industries ???) yang bsia menggantikan lengannya yang hilang. Apakah nanti mereka akan membentuk Daughter Of The Dragon ????



  Luke Cage kembali ke Harlem setelah sebelumnya berpisah dengan Jessica Jones, tapi Luke berjanji akan membantu Jessica jika ia membutuhkan bantuannya.


  Jessica sendiri akhirnya membuka kembali Alias Investigation.



  Danny Rand memenuhi permintaan Matt untuk melindungi kota mereka. Yah baguslah karena tujuan hidup Danny sebagai Iron Fist memang sudah berakhir dengan hancurnya The Hand.


(pelindung terbaru Hell's Kitchen)

  Lalu Matt terbangun di sebuah tempat misterius dan suster yang merawatnya memanggil seseorang (yang menurut berbagai teori adalah ibu dari Matt, sekaligus pertanda bahwa season 3 dari Daredevil akan mengadaptasi kisah dari event "Born Again")



The Punisher Trailer



(Coming Soon)


  Episode terakhir dari The Defender memiliki sebuah kejutan kecil yaitu Trailer The Punisher (yang akan rilis tahun ini), apakah aksi Jon Bernthal sebagai Punisher dapat memukau para fans ??? (saya sendiri sih kurang tahu banyak tentang Punisher jadi tidak terlalu berharap banyak).


Conclusion


  The Defenders cukup memukau di awal-awal dan akhirnya malah menjadi cukup mengecewakan di akhir, serial ini bagi saya berada di atas rata-rata dan cocok ditonton abgi mereka yang sudah mengikuti serial TV Marvel di Netflix selama ini.


My Score
70, Finally They Working Together as a Team...



temukan review lainnya di SINI.


No comments:

Post a Comment