Just A review From me: [MOVIE] Solo : A Star Wars Story Review

Thursday, May 24, 2018

[MOVIE] Solo : A Star Wars Story Review



Prolog


  "Star Wars : The Last Jedi" sukses menghancurkan / mengejutkan semua fans Star Wars sampai ke titik tertinggi, hal ini membuat fandom Star Wars terbagi menjadi 2 yaitu "Kubu Pendukung Disney" dan "Kubu Pembenci Disney" meskipun sebenarnya hal ini sudah terjadi sejak A ForceAwaken dirilis XD.



  Seperti tradisi sebelumnya tahun ini kita disuguhi sebuah spin-off (baca : sampingan) yang kali ini akan menceritakan Han Solo ketika dia masih muda dengan judul "Solo : A Star Wars Story". Karena The Last Jedi, satu kubu langsung mencap film ini sebagai FILM GAGAL jauh sebelum film ini dirilis. Sebegitu parahkah film ini di mata mereka yang sangat "mencintai" Star Wars ???

  Dari saya pribadi sendiri film ini tidak seburuk yang mereka kira, bahkan sebagai spin-off saya beri "dua jempol" karena benar-benar menjadi cerita sampingan, (baca :tidak membutuhkan pengetahuan film-film Star Wars sebelumnya), tidak seperti Rogue One yang memiliki peran penting di dunia Star Wars.

  Tapi saya sendiri termasuk orang yang dikecewakan oleh The Last Jedi jadi film ini seakan-akan menjadi sosok "Jelangkung" di dunia Star Wars karena :

  • Datang tak dijemput (baca : gak ada yang minta)
  • Pulang tak diantar (baca : Han Solo sudah mati)

(RIP Han Solo)

Story


  menceritakan kehidupan Han muda yang harus melakukan dan kehilangan berbagai hal agar dapat pergi dari planet Corellia yang dipimpin oleh Lady Proxima yang menganggap semua penduduk Corellia adalah budak.

  Setelah kabur Han melakukan berbagai hal untuk bertahan hidup seperti bergabung dengan Empire dan kelak melakukan usaha perampokan "mustahil" agar bisa kabur dari cengkeraman Crimson Dawn, salah satu organisasi kriminal terbesar di era Empire.

  Sepanjang perjalanan Han akan bertemu beberapa karakter yang sangat "tidak bisa dipercaya" , tapi setidaknya dia akan bertemu wookie yang akan menjadi teman terbaiknya kelak yaitu Chewbacca XD.

  Film ini juga memiliki cameo yaitu Darth Maul yang pernah muncul di "Ep 1 : The Phantom Menace".

  Tidak ada hal yang "wow" dari segi cerita (film ini hanya sekedar menaruh karakter di situasi tertentu dan meminta mereka ber-improvisasi), bahkan film ini tidak memberikan efek yang besar untuk dunia Star Wars. Salah satu yang membuat film ini menarik adalah penggambaran karakter yang "abu-abu" dan cocok untuk mengembangkan karakter Han menjadi seperti yang kita kenal dalam trilogi original Star Wars (ep 4 s/d 6). Hal lain yang cukup menarik dari film ini adalah para penonton dapat melihat betapa mengerikannya perjalanan Hyperspace.

  Kekurangan lainnya adalah (jika anda fans Star Wars) maka anda dapat dengan SANGAT mudah menebak nasib beberapa karakter yang ada di film ini.

  Disini juga saya melihat ketidak konsisten-an untuk Lembaga Sensor Film karena ada cukup banyak adegan "ciuman" yang di-cut begitu saja tapi masih memperlihatkan proses awal mereka berciuman -_- , jadi kesannya malah "tidak niat".

  Ironisnya, film ini tidak cocok diberi judul "Solo" karena Han tidak semenarik karakter lain yang ada di film ini, seharusnya film ini diganti judulnya menjadi "Duo/Trio/ Quartet/Quintet : A Star Wars Story" XD.

Characters


Han "Solo" (Alden Ehrenreich)



  Pemuda dari Corellia yang bercita-cita menjadi pilot terbaik di galaksi. Perjalanan hidupnya membuatnya bergabung dengan Empire dan kelak sekelompok pencuri yang terlibat hutang pada Crinson Dawn.

  Han disini terlihat seperti orang yang terlalu oportunis alias akan melakukan segala hal demi kepentingannya sendiri. Aksinya terbilang "cukup bagus" (baca : banyak kekurangan XD) tapi sayangnya tidak memorable di mata saya dan belum bisa memberikan kesan seperti Han Solo di film Star Wars sebelumnya.

Qi'ra (Emilia Clarke)



  Wanita yang tumbuh bersama Han dan harus berpisah karena suatu "hal", Qi'ra bertemu lagi Han di masa depan dan kali dia sudah menjadi salah satu bawahan terpercaya dari Dryden Vos, pemimpin dari Crimson Dawn. Tugas Qi'ra sekarang adalah membantu Han dalam merampok "barang berharga" agar bisa terbebas dari Crimson Dawn.

  Dan seperti akting Han, aksi Qi'ra juga tidak terlalu memorable meskipun dia memiliki peran yang cukup besar selain menjadi love interest bagi Han. Ternyata seorang Khalessi tidak mampu menyelamatkan film ini -_- .

  tapi hey, setidaknya dia menguasai Teras Kasi, seni bela diri di dunia Star Wars yang terinspirasi dari.....

  Pencak Silat!!!

Tobias Beckett (Woody Harrelson)



  Pria yang ditemui Han saat dia bergabung dengan Empire dan akan menjadi sosok mentor yang mengajari Han banyak hal, salah satunya adalah "jangan percaya pada siapapun". Karakter Tobias sangat "abu-abu" dan ditampilkan dengan sangat baik di film ini.

Chewbacca a.k.a Chewie (Joonas Suotamo)



  Wookie favorit saya kembali lagi dan kali ini Chewie memiliki berbagai aksi keren.

  Awalnya Chewie ditangkap Empire dan dijadikan "hiburan" sampai dibebaskan oleh Han dan menjadi rekan yang bisa diandalkan. Tidak saya sangka jika Chewie sudah berusia > 190 tahun!!!

Lando Calrissian (Donald Glover)



  Mantan Smuggler legendaris yang sekarang menjadi seorang penipu ulung, Lando menjadi penting karena dia memiliki pesawat yang sangat ikonik dalam dunia Star Wars yaitu Millenium Falcon!!!

  Lando tidak tampil sendirian karena dia ditemani....

L3-37 (Phoebe Waller)



*karakter favorit saya yang meskipun tampil singkat tapi sangat memorable

  Droid milik Lando yang memiliki kemampuan navigasi terbaik tapi sangat terbuka dalam mengemukakan pendapatnya, L3 sendiri sangat memperjuangkan HAD (Hak Asasi Droid) karena merasa jika Droid selalu dianggap menjadi budak, dan itu semua L3 perlihatkan dengan sangat keren.

  Yang terakhir, L3 itu memiliki suara dan kepribadian seorang wanita, bahkan Lando tertarik kepadanya!!!!

Conclusion


  Solo tidak memberikan hal baru bagi para fans Star Wars dan keberadaannya sendiri tidak penting, film ini benar-benar menjadi film selingan yang "tidak diperlukan". Anda yang membenci The Last Jedi memang "sangat" pantas untuk melewatkan dan menjelek-jelekkan film ini.

  Tapi sebagai spin-off, Solo mampu memberikan sebuah pengalaman berbeda yang tidak akan anda temukan pada film Star Wars lainnya, dan sialnya saya terhibur dengan film ini.

My Score


75 , Solo : A "true" Star Wars spin-off!!!


temukan review lainnya di SINI


No comments:

Post a Comment