Just A review From me: [TV SERIES] Reaper Review

Wednesday, January 17, 2018

[TV SERIES] Reaper Review

TULISAN INI MENGANDUNG SPOILER!!!



Prolog


  "Menjual Jiwa Kepada Iblis"

  Kalimat di atas pasti akan bermakna negatif bagi siapapun yang mendengarnya. Bayangkan saja anda bisa mendapatkan kenikmatan duniawi tetapi pada akhirnya anda akan tunduk kepada iblis.



  Ok, sekarang saya ganti kalimat di atas menjadi

  "Menjual Jiwa Anak Kepada Iblis"

  Selain kalimat di atas adalah plot untuk Pengabdi Setan (Ups Spoiler XD), sekali lagi sulit untuk menemukan arti positif dari kalimat di atas, tapi setidaknya yang akan mendapat "getahnya" adalah keturunan anda XD, dan bisa saja jika anda mati tempat anda bukan di neraka (toh sampai sekarang sulit untuk membuktikan kehidupan setelah mati bukan ???).

  2 kalimat di atas adalah tema dari serial TV yang akan saya bahas kali ini, Reaper (2007-2009) sering disebut sebagai serial TV yang sangat menarik tapi sangat underrated karena dibatalkan setelah 2 season. Reaper sendiri bercerita tentang kehidupan Sam Olliver yang harus bekerja untuk Iblis karena jiwanya dijual oleh orang tuanya, dan tugas Sam adalah menjadi Reaper (orang yang memburu dan menangkap jiwa-jiwa yang berhasil kabur dari neraka).

  Reaper sendiri cukup berbekas di ingatan saya karena dulu sempat ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta di indonesia meski hanya 1 season dan mampu menemani saat-saat saya mengalami Imsomnia (sebenarnya sekarang juga masih sih XD), dan sampai sekarang saya masih ingat bagaimana konyolnya Sam menangkap jiwa dengan memakai Vaccum Cleaner.

  Sebenarnya serial ini sudah ingin saya tulis setelah saya menonton "Todd and The Book Of Pure Evil" tapi saya tunda karena endingnya yang sangat-sangat mengecewakan dan akan membuat anda mempertanyakan tentang "Rencana Tuhan", apalagi serial ini harus dibatalkan tanpa alasan yang jelas (mungkin karena ratingnya yang kecil).

  Meski begitu, dari segi penilaian lain serial ini sangat bagus dan layak untuk ditonton!!!

  Oh, untuk tulisan di bawah saya akan menggunakan kata "Demon" dan "The Devil" karena saya merasa terjemahan indonesia bagi 2 kata di atas (setan dan iblis) tidak terlihat keren.

Story


  Sam Oliver adalah seorang pemuda yang kerjanya bermalasan-malasan, tidak punya bakat, dan terlihat tidak memiliki masa depan yang cerah tetapi sangat dimanja oleh kedua orang tuanya. Pada saat ulang tahunnya yang ke-21 Sam didatangi The Devil yang memintanya untuk menjadi Reaper, ternyata di masa lalu Ayah Sam sakit keras dan membuat perjanjian dengan The Devil agar bisa sembuh dengan bayaran anak pertamanya. Sebenarnya orang tua Sam mencoba untuk "mencurangi" The Devil dengan tidak ingin memiliki anak, tapi pada akhirnya mereka tetap memiliki anak karena The Devil memiliki berbagai cara "licik". Dan dimulailah kehidupan Sam sebagai Reaper selama 31 episode.

  Cerita berjalan simpel karena hanya berpusat dari cara Sam memburu dan menangkap jiwa yang kabur dari neraka (Escaped Souls), tentu saja dengan bantuan dari berbagai pihak. Tapi serial ini memiliki karakter yang sangat memorable dan peralatan (Vessel) untuk menangkap jiwa yang tergolong unik. Cerita akan semakin menarik karena akan ada beberapa Demon yang muncul di kehidupan Sam dan merencanakan pemberontakan terhadap The Devil!!!

  Mungkin inti cerita dari serial ini adalah bagaimana Sam dapat bebas dari The Devil, dan percayalah hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan.

  Untuk Season 1 penonton akan dihibur dengan berbagai Vessel unik yang dipakai Sam untuk menangkap jiwa seperti Mobil RC, korek api, kaset musik, Vaccum Cleaner, dll.

  Pada Season 2 penonton akan "sedikit" dibuat iba dengan berbagai latar belakang para Escaped Souls, seperti saat seorang wanita kabur dari neraka dan meninggalkan bayi, apakah anda tega melihat bayi tersebut harus dikirim ke neraka karena perbuatan terdahulu ibunya ???


Characters

Sam Oliver (Bret Harrison)



  Tipikal pemuda pemalas yang tidak punya masa depan, Sam terpaksa menjadi Reaper karena The Devil mengancam akan melukai ibu Sam dan tidak tega saat melihat orang lain terluka karena ulah jiwa-jiwa yang kabur dari neraka. Sam digambarkan sebagai orang baik dalam serial ini.

  Sam memiliki "pekerjaan abadi" di Work Bench (sejenis supermarket peralatan rumah tangga) dan memiliki beberapa teman yang mau membantunya untuk menangkap jiwa yang kabur dari neraka.

  Sam naksir kepada Andi, teman masa kecil + kerjanya yang sebenarnya juga suka pada Sam (tapi masih menunggu "kode" dari Sam), namun sayang pekerjaan Sam sebagai Reaper membuat mereka sulit untuk berduaan.

  Untuk alasan yang tidak diketahui, Sam terlihat sangat akrab dengan The Devil, bahkan seorang Demon merasa bahwa hubungan mereka berdua seperti ayah dan anak, mungkinkah ada sesuatu diantara mereka berdua ???


Bert "Sock" Wysocki (Tyler Labine)



  Teman baik Sam dan merupakan pegawai termalas di Work Bench, tapi di balik semua keburukan itu Sock adalah teman yang sangat setia dan mau membantu Sam menangkap jiwa walaupun nyawa taruhannya. Sock tinggal bersama ibunya dan diusir di awal season 2 saat ibunya kawin dengan seorang pria Asia.

  Sock sering membawa kekonyolan untuk serial ini dan nyaris tidak memiliki cerita tentang dirinya, kecuali hubungan putus nyambungnya dengan Josie dan fakta bahwa umur Sock sudah tidak panjang lagi (sekitar 3 tahun) karena dia mencium Succubus dan kehilangan 1 tahun untuk setiap ciuman pada akhir season 1. Sayang hal di atas kurang dibahas saat season 2 berlangsung.

Benjamin "Ben" Gonzales (Rick Gonzales)



  Team baik Sam dan Sock meski sering menjadi korban kejahilan mereka berdua, Ben juga mau membantu Sam untuk menangkap jiwa bahkan sering menjadi "otak" saat mereka bertiga sedang memburu jiwa. Ben sendiri memiliki cukup banyak pengetahuan tentang Injil dan memiliki nenek yang memiliki indera keenam, meski sang nenek hampir shock saat mengetahui cucunya membantu Sam.

  Ben memiliki cerita tersendiri terutama dari segi C-I-N-T-A, jadi awalnya Ben memiliki kriteria untuk wanita idaman yaitu kaya, suka Mixed Martial Art, dan membaca novel karangan Sue Grafton. Pencariannya berhenti saat dia diminta pura-pura "Menikah" oleh teman kerjanya yaitu Sara demi Green Card (agar Sara tidak dianggap sebagai imigran ilegal), dan begitu mereka menikah Ben bertemu dengan wanita idamannya yaitu Cassidy!!!. bisa ditebak kisah cinta segitiga Ben berakhir dengan cukup tragis.

  Di season 2 Ben memiliki pacar baru dalam bentuk Nina (Jenny Wade), seorang Demon yang awalnya dikirim untuk membunuh Sam. Ternyata hubungan mereka berdua bisa langgeng dan tetap berlanjut selama season 2.


(bentuk manusia)

  Tapi tentu saja ada saatnya mereka "putus" karena nenek Ben tidak suka dengan Nina, dan mulai saat itu Ben mulai "diteror" oleh Nina.

  Diteror sang mantan mungkin hal yang biasa, tapi bagaimana jika mantan anda adalah seorang Demon ????



(SERAM!!!!)

Andi Prendergast (Missy Peregrym)



  Pacar Sam (dan nantinya Manager Work Bench) yang sulit berduaan dengan Sam karena tugas Sam sebagai Reaper, bahkan Andi menganggap Sam adalah seorang psikopat saat Andi melihat Sam memenggal kepala seseorang (sebenarnya itu adalah Escaped Souls). Pada akhirnya Sam membuat perjanjian dengan The Devil agar dia boleh memberitahu Andi tentang Reaper, dan tentu saja ada harga yang harus dibayar oleh Sam.

  Dan meski sudah tahu semuanya Andi tetap menyukai Sam dan bahkan mau membantu Sam dalam menangkap jiwa, pokoknya Andi benar-benar sosok wanita idaman dan hebatnya aksi dia tidak terlihat "menyebalkan" sangat berlainan dengan aksi wanita lain di serial TV yang sedang saya tonton saat ini (Uhuk, Iris West).

  Dan seperti kisah Ben, pada akhirnya Andi memutuskan untuk putus dengan Sam karena tidak tahan dengan pekerjaannya sebagai Reaper, tapi meski demikian Andi tetap mendukung Sam. Dan untungnya nantinya mereka kembali jadian dan saling mencintai satu sama lain. Satu lagi alasan untuk menyukai Andi XD.


The Devil / Lucifer / Jerry Belvedere (Ray Wise)



  Karakter terbaik di serial ini, padahal dia ini Iblis alias Lucifer alias si penguasa Neraka alias pencipta Dosa alias Perusak hidup orang alias Playboy alias dll XD.

  Sebagai penguasa neraka, The Devil tetap mencoba untuk merayu manusia untuk berbuat dosa, dan percayalah cara yang dia pakai itu terbilang genius sekaligus jahat. Salah satunya adalah The Devil pernah menjadi ketua untuk perkumpulan rehabilitasi para pecandu alkohol, tapi dia selalu menggoda para pecandu dengan alkohol, dan hadiah apa yang akan dia berikan jika ada pecandu yang sembuh ???? jelas alkohol DONG XD.

  The Devil meminta Sam menjadi Reaper selain karena perjanjian dengan ayah Sam juga karena banyak pegawainya (Demon) yang tidak becus dan membiarkan beberapa jiwa kabur dari neraka. The Devil sendiri tidak segan-segan untuk memberi Sam "motivasi" agar Sam mau menjalankan tugasnya sebagai Reaper.

  Aksi The Devil saat dia muncul juga benar-benar WOW karena aura horor dan humor bercampur pada dirinya, sulit sekali membenci karakter yang satu ini. The Devil sendiri adalah karakter terkuat dalam serial ini karena bisa muncul kapan dan dimana saja (kecuali dalam sebuah lingkaran) dan selalu membuat "twist" menarik.

  The Devil terlihat sangat akrab dengan Sam dan sering "curhat" beberapa masalah kepada Sam (dan akting Ray Wise benar-benar memukau untuk hal ini), padahal di kalangan Demon sendiri The Devil tidak pernah terlihat bersenang-senang dengan manusia sehingga ada anggapan bahwa Sam adalah anak dari The Devil (ide yang akan terus dibawa sampai season 2).

  beberapa hal "menarik" tentang The Devil lainnya versi saya adalah :

  • The Devil tahu pada akhirnya "Tuhan yang akan menang" tapi tetap tidak menyerah untuk merayu manusia sampai hari akhir
  • The Devil sangat mencintai Tuhan meskipun dia diusir dari surga
  • The Devil sangat menyukai es krim tapi tidak bisa memakannya (meleleh saat dia pegang), hal ini The Devil anggap sebagai suatu anugerah yang diberikan oleh Tuhan

  bagaimana mungkin sebuah tokoh menyeramkan bisa menjadi sangat memorable ???

Season 1 SPOILERS !!!


Cara Kerja Seorang Reaper


  Sam di-teleport oleh The Devil -> The Devil memberikan briefing singkat -> The Vessel muncul dalam bentuk kotak kuno bertuliskan "Lasciate ogni speranza, voi ch'entrate" (Abandon all hope, ye who enter here) , tulisan yang ada di gerbang neraka versi Dante's Inferno. Vessel sendiri memiliki banyak bentuk dan cara pakai tersendiri yang harus Sam temukan.


(contoh salah satu Vessel)

  Jiwa yang kabur dari neraka (Escaped Souls) terlihat layaknya supervillain karena mereka memiliki kekuatan super berdasarkan dosa saat mereka masih hidup, dan sudah tentu Sam dkk harus memutar otak untuk bisa menangkap mereka.


  Saat Sam berhasil menangkap mereka, Sam harus membawa Vessel ke tempat yang dianggap "neraka di bumi" dan tempat itu adalah DMV (Departement Of Motor Vehicle atau SAMSAT jika di Indonesia) dan memberikan Vessel kepada Gladys, Demon yang bekerja di sana.


(kurir bagi para Vessel)

Hadiah Untuk Pekerja Keras


  Meski terlihat ogah-ogahan dalam menjalankan tugasnya sebagai Reaper, toh pada akhirnya Sam tetap dapat menangkap semua Escaped Souls yang ada, The Devil puas dengan kinerja Sam dan memberikan sebuah kartu bebas dari neraka!!


(apakah anda sepemikiran dengan saya ???)

  jadi Sam bisa saja bunuh diri dan menggunakan kartu itu sehingga dia tidak harus ke neraka, itu berarti tempat Sam adalah surga dan Sam bisa hidup bahagia selama-lamanya....

.....................
.....................

  atau tidak, karena Sam "terlalu baik" dan menggunakan kartu itu untuk Greg, mantan Andi yang cemburu saat melihat Sam berduaan dengan Andi. Greg menjual jiwanya pada The Devil dengan harapan bisa meng-"hipnotis" Andi agar mencintai dirinya. Sayang pada akhirnya Greg ditipu The Devil karena The Devil tidak bisa melawan konsep "True Love".

Kontrak Super Ribet



  Perjanjian ayah Sam dengan The Devil ternyata sangat rinci, tersedia dalam buku tebal, dan berbahasa Latin. Ayah Sam menawarkan diri untuk menerjemahkan kontrak tersebut dengan harapan dapat menemukan "celah" agar Sam bisa terbebas dari The Devil. Tapi anehnya ayah Sam merobek beberapa halaman kontrak tersebut dan membakarnya, sangat mencurigakan ???

  sayang sampai serial ini berakhir tidak ada penjelasan untuk hal tersebut.

Tetangga Masa Gitu


  Sock menemukan sebuah apartemen "murah" dan memalsukan tanda tangan Sam dan Ben agar bisa tinggal bersama. Sekilas apartemen ini terlihat sempurna, apalagi saat mereka kedatangan tetangga mereka, Tony dan Steve yang meskipun LGBT ternyata sangat ramah dan baik kepada mereka bertiga.

  Tapi ternyata JENG JENG JENG

...........................................
...........................................
...........................................


  Steve dan Tony adalah Demon, dan mereka tahu Sam adalah seorang Reaper!!!

Rencana untuk Membunuh The Devil


  Steve dan Tony (dan beberapa Demon lainnya) ternyata memiliki rencana untuk "membunuh" The Devil dengan cara mengajak manusia untuk berbuat baik agar The Devil tidak bisa merayu mereka dan akhirnya "hancur", tapi sudah jelas rencana ini sangat TIDAK MUNGKIN dan membutuhkan waktu lama. Para Demon dulunya adalah malaikat yang mengikuti ajakan The Devil untuk menjatuhkan Tuhan dan akhirnya diusir ke neraka dan bumi.

  Tony memiliki rencana lain dengan meminta Sam menelpon The Devil dan membawanya ke tempat khusus dimana mereka akan menggunakan "Sword Of Archangel Michael" yang diyakini dapat menghancurkan The Devil.

  Berhasilkah ?????
..............................................
..............................................

  Jelas GATOT alias Gagal Total, hal ini disebabkan selain Sword Of Archangel Michael yang ada di tangan Tony adalah benda palsu (pedang asli dimiliki oleh The Devil), The Devil juga yang mengatur agar Sock menyewa apartemen dan membuat Tony dan Steve sebagai tetangga mereka, jadi sejak awal The Devil memang sudah merencanakan semua ini!!!


(selalu menjadi pemenang)

  dan sebagai penutup The Devil menghancurkan tempat para Demon berkumpul dan menyebabkan kematian beberapa Demon, salah satunya adalah Steve. Beberapa Demon yang tersisa kabur dan mulai mencurigai Sam sebagai anak dari The Devil.

Perjuangan masih belum berakhir


  Tony dan beberapa Demon lain masih memiliki rencana lain, dan sialnya kali ini Sam terpaksa memata-matai mereka karena sudah membuat perjanjian dengan The Devil agar Andi tahu pekerjaannya sebagai Reaper. Sam terpaksa melakukan hal ini meski Tony tetap memperlakukannya dengan ramah.

  Rencana Tony kali ini adalah membuat "Solomon's Cage" dan mengurung The Devil di dalamnya, tapi kali ini Tony memiliki twist dengan menculik Sam beserta ayahnya dan mengubur mereka hidup-hidup karena kali ini tujuan mereka adalah Sam!!!


  Untungnya pikiran Tony berubah saat dia melihat Steve (dalam wujud malaikat) sehingga Tony mau menyelamatkan Sam, namun sayang ayah Sam tetap terkubur hidup-hidup dan dianggap mati.


  Dan di akhir season 1 ibu Sam menggali tempat ini dan menemukan bahwa ayah Sam masih hidup walau sebagai Zombie !!!



Season 2 SPOILERS !!!


Dia Yang Berhasil Kabur Dari The Devil


  Season 2 memperkenalkan Alan Townsend (Sean Patrick Thomas), seorang escaped souls yang tidak bisa ditangkap oleh Sam karena mengaku bahwa dia menang dari The Devil. Pencarian Alan menjadi fokus utama di season 2.

  Alan sendiri ternyata sangat berhati-hati dalam kehidupannya karena selain sulit dilacak Alan juga sebisa mungkin menjauhkan diri dari godaan dunia karena jika dia melakukan dosa dia akan kembali ke neraka, bahkan dia terpaksa bekerja sebagai tukang gali kubur dan tinggal di kuburan karena tanahnya terbilang suci dan tidak bisa dimasuki oleh The Devil.

  Tapi semua orang memiliki kelemahan, dan kelemahan Alan adalah dia adalah seorang penjudi yang membuat Sam menggunakan tiket pacuan kuda untuk membuat Alan mau mengungkapkan rahasianya, tapi sebelum memberitahu itu semua Alan meminta dirinya berada di tempat yang aman, jauh dari The Devil. Sam akhirnya berencana untuk mengirim Alan ke kota suci Vatican. Alan sendiri memberitahu 1/2 dari perjanjian mereka yaitu dia mengalahkan The Devil dalam sebuah kontes (Poker untuk Alan) dan akan memberitahu cara untuk "memaksa" The Devil setelah dia sampai di Vatican.

  Berhasilkah ??? Tentu saja tidak karena The Devil dengan akal liciknya berhasil membuat pesawat yang ditumpangi Alan singgah di Las Vegas dan memberi setiap penumpang chip untuk berjudi. Dan karena Alan adalah seorang Kakegurui (baca : maniak judi) maka tidak perlu saya tulis apa yang terjadi selanjutnya bukan ???



(selalu jadi pemenang)

Morgan, anak The Devil



  Ternyata The Devil memiliki seorang anak yang bernama Morgan dan meminta Sam untuk melatihnya agar menjadi penerus The Devil. Masalahnya adalah Morgan tidak memiliki minat untuk melanjutkan bisnis ayahnya dan memilih untuk hidup berfoya-foya.

  Di sini The Devil mengalami sebuah dilema, dia memiliki Morgan yang 1000% sifatnya mirip dengan dia tapi tidak punya semangat kerja, dan ada Sam yang meski tidak mau menjadi Reaper tetapi memiliki etos "Kerja,Kerja,Kerja (walau terpaksa XD)" yang terbukti ampuh sampai saat ini. Untuk menyelesaikan semua ini The Devil mengadakan kontes dimana siapa yang berhasil menangkap escaped souls kali ini akan menjadi tangan kanan The Devil.

  Dan percayalah jika Sam bilang dia tidak mau menang, namun sayang nasib berkata lain dan Sam menjadi pemenangnya. Sebagai hukuman The Devil mencabut semua "tunjangan hidup" Morgan dan membuat hidup Morgan menjadi sangat menyedihkan.

  Morgan sendiri mencoba mendapat tempatnya kembali dengan cara menyusup ke perkumpulan Demon yang dipimpin oleh Tony dengan memanfaatkan Nina dan berniat untuk membunuh mereka semua agar The Devil senang namun sayang Morgan "dimakan" oleh Nina dan teman-temannya. Morgan sendiri (pastinya) dikirim ke neraka dan terus- menerus menyebut nama Sam saat dia sedang disiksa (menurut pandangan The Devil).

(ouch)

  Dan info tambahan, para Demon ini sekarang memiliki ajaran baru yang bernama "Path Of Steve" dimana sekarang mereka benar-benar berlomba untuk berbuat kebaikan (terutama mengorbankan diri) demi menjadi malaikat.

Pengorbanan Ayah Sam


  Ayah Sam tidak bisa mati dan hidup sebagai zombie, setelah diusir oleh istrinya yang sudah tidak kuat (alasan karena di season 2 ibu Sam tidak pernah muncul) dan membuat ayah Sam harus hidup di garasi rumah Sock dan tinggal di lemari pendingin agar tubuhnya tidak membusuk. Ayah Sam sendiri tidak bisa keluar rumah dan memilih untuk menjadi blogger.

  Tapi pada akhirnya ayah Sam meminta Sam untuk mengirimnya ke neraka (memakai Vessel buatan) dengan harapan di neraka dia akan mencari Alan dan meminta info yang Sam butuhkan.


(Bye Dad)

  pada akhirnya beliau terjebak di neraka tingkat tiga (Gluttony) tanpa alasan yang jelas dan membuat Sam meminta Nina untuk menyelamatkannya. Tapi ayah Sam memilih untuk tinggal di neraka dan memberikan surat dengan tulisan kuno untuk Nina.

The Ending


sudah siap untuk kecewa ???


  Bermula dengan Sam mencari seseorang untuk menerjemahkan surat dari ayahnya, dan di sini Steve (saat ini bertugas sebagai malaikat pelindung) muncul dan menerjemahkan surat tersebut. Isinya (versi steve) adalah sebuah mantra untuk memaksa The Devil untuk mengikuti kontes yang sudah dipersiapkan dan Sam harus berpenampilan layaknya The Devil.

  Masalahnya adalah mencari kontes yang tepat untuk Sam, apalagi Sam tidak terlihat memiliki bakat yang menonjol, akhirnya Sam memutuskan untuk menantang The Devil dalam permainan "Quarter" (memasukkan koin kedalam gelas).


(akankah Sam menang ???)

  meskipun Quarter adalah permainan yang cukup asing di mata The Devil, tapi The Devil tetap adalah sosok yang kuat dan mampu membuat hasil permainan menjadi seri, hilang sudah kesempatan Sam untuk meraih kebebasan -_- .

  saat Andi membawa Gladys untuk menerjemahkan surat tersebut ternyata ada kesalahan dimana seharusnya Sam membawa cermin saat melakukan kontes dengan The Devil karena kelemahan The Devil adalah Vanity (kesombongan) yang membuat The Devil tidak kuat jika melihat dirinya sendiri. Sayang info ini datang terlambat.


(penyesalan selalu datang terlambat)

  Atau tidak, karena The Devil setuju untuk melakukan rematch karena Andi menawarkan jiwanya untuk The Devil jika Sam kalah.

  Jadi, apakah kekuatan Cinta dapat mengalahkan The Devil ???


  dan untuk menambah kesempurnaan Andi, dia membawa meja dengan cermin yang membuat The Devil harus melihat pantulan dirinya saat akan melempar koin.


  Strategi ini berhasil karena dari 5 lemparan The Devil hanya berhasil memasukkan 1 koin saja!!! (itu juga pake acara tutup mata XD). The Devil sangat marah sampai memecahkan gelas yang mereka pakai.


  Disinilah petaka dimulai, Sam yang berlari untuk mencari gelas pengganti bertemu Steve yang tiba-tiba MEMATAHKAN tangan kanannya dengan alasan "Ini Rencana Terbaik".


  Dengan tangan yang patah dan tidak kidal, sudah tidak mungkin bagi Sam untuk mengalahkan The Devil.

  Dan lagi-lagi The Devil keluar sebagai pemenang, dan kali ini dia mendapat jiwa Andi sebagai hadiahnya T_T.

  Dan coba tebak siapa yang "bahagia" di episode ini selain The Devil ???

  Jawabannya adalah Steve, karena dengan mematahkan tangan Sam atas perintah atasannya (Surga/Tuhan) dia mendapat sayap yang membuatnya dapat pergi ke surga.



(!@#$%^&*()

  selain konflik yang tidak selesai, serial ini juga memberi pesan bahwa pada akhirnya The Devil selalu menang dan Sam dibenci oleh Surga, sebenarnya tidak ada masalah jika ada season 3. tapi masalahnya serial ini tidak pernah dilanjutkan sampai saat ini !!!



(Literally Childhood Ruined)

Season 3 Yang Tidak Pernah Ada


  8 tahun berlalu dan tidak ada rencana untuk menghidupkan serial ini, beberapa rencana pernah dilakukan untuk melanjutkan serial ini seperti memakai media lain (komik/novel) dan melalui Kickstarter namun sayang tidak ada kelanjutannya sampai aktor Sock mengatakan bahwa serial ini sudah TAMAT.

  Tapi di tahun 2010 dalam wawancara dengan 2 pencipta serial ini (Michele Fazekas dan Tara Butters) memberikan beberapa ide untuk season 3 yaitu :

  • Andi akan bekerja bersama Gladys di DMV
  • memperkenalkan Archangel Michael tapi tidak akan memperkenalkan Tuhan
  • identitas ayah Sam yang sebenarnya adalah DEMON, jadi dulu ayah Sam melakukan perjanjian dengan The Devil agar bisa menjadi manusia, dan karena Demon tidak bisa mati dengan cara manusiawi maka dia menjadi zombie, hal ini membuat keputusannya untuk tinggal di neraka menjadi masuk akal.
  • Karena ayah Sam adalah Demon sedangkan ibunya adalah manusia biasa, hal ini membuat Sam menjadi 1/2 Demon, inilah yang membuat Sam spesial di mata The Devil


Conclusion


  sebuah serial yang sangat menarik dari segala sisi tapi dirusak oleh ending, coba saja ada kelanjutannya.........


My Score

95, Sam, I'm The Devil (tanpa menghitung ending)


80 -> 75 -> 60 (dengan menghitung ending)



temukan review lainnya di SINI

No comments:

Post a Comment