Just A review From me: [MOVIE] Maze Runner : The Death Cure Review

Friday, January 26, 2018

[MOVIE] Maze Runner : The Death Cure Review



Prolog

  Ada saatnya dunia tergila-gila dengan novel Young Adult (YA, usia 15-20 tahun) yang mengambil tema Dystopian / Post Apocalypse. Tiga pemain besar dalam genre ini adalah The Hunger Game, Divergent, dan The Maze Runner. Dan seperti bisa ditebak, 3 novel ini mendapat adaptasi layar lebarnya masing-masing dan meraih cukup banyak fans (dan keuntungan bagi studio XD).




(yang mana favorit anda ???)

  Tapi disinilah masalah dimulai, ke-3 novel ini sebenarnya "sama" (dari segi tema / konsep) tapi versi filmnya keluar nyaris setiap tahun, hal ini pada akhirnya membuat penonton menjadi jenuh dengan genre ini (hal yang anehnya belum terjadi pada genre superhero XD), belum lagi keputusan studio untuk membuat film terakhir 3 novel ini menjadi 2 bagian yang terlihat semakin membuat 3 novel ini menjadi "sapi perah".

  Hasilnya ??? hanya The Hunger Games yang berhasil tayang sampai akhir, Divergent harus berhenti di Allegiant dan memutuskan membuat lanjutannya dalam bentuk film TV (FTV) yang sampai sekarang tidak jelas kelanjutannya.

  The Maze Runner sendiri mengalami masalah yang lebih serius yaitu pemeran utama Thomas (Dylan O'brien) mengalami cedera saat proses syuting film ke-3 yang membuat film ini mengalami penundaan sampai 3 tahun. Tapi sisi baiknya film ke-3 The Maze Runner tidak dibagi menjadi 2 bagian (yay).

  Hasilnya ?? bisa dibilang Death Cure adalah penutup yang baik dengan karakter kuat dan cerita yang mudah dimengerti. Sudah siap melihat kelanjutan aksi "lari" Thomas dkk ???


(piala yang cocok untuk Thomas dkk XD)

The Maze Runner Overview (SPOILERS)



  TheMaze Runner bercerita tentang sekumpulan remaja pria (Gladers) yang terjebak di sebuah labirin yang disebut "The Maze" yang selain susunannya selalu berubah juga memiliki monster penjaga yang disebut Griever. Kisah bermula saat Gladers mendapat anggota baru yaitu Thomas (mengalami amnesia) dan nantinya Teresa (menjadi satu-satunya perempuan dalam kelompok ini). Lalu dimulailah petualangan mereka untuk "lari" dari The Maze.

  Dan begitu mereka berhasil kabur mereka mendapati bahwa dunia luar terkena wabah mematikan yang disebut "The Flare" yang memakan banyak korban, dan para remaja ini dijadikan eksperimen organisasi besar yang bernama WCKD (Wicked) untuk mencari penawar dari wabah ini karena para remaja ini kebal terhadap virus Flare. Aksi "lari" kembali dialami para Gladers dan remaja lain yang mengalami eksperimen serupa. Kali ini tujuan mereka adalah kelompok "Right Arm's" yang menentang WCKD.

  Twist terjadi saat identitas Thomas terkuak yaitu Informan bagi WCKD (tapi sadar bahwa WCKD itu jahat) dan Teresa membocorkan lokasi Right Arm's pada WCKD yang membuat teman-teman Thomas diculik. ScorchTrial berakhir dengan Thomas yang berniat untuk melawan WCKD.

  Meskipun film ini berdasarkan novel, ada cukup banyak perubahan yang terjadi pada versi film seperti tidak adanya kemampuan telepati untuk Thomas dan deskripsi Scorch Trial yang berbeda. Tapi itu semua tidak terlalu menjadi masalah karena 2 film ini tetap bagus di mata saya.


Story


  Thomas dan Right Arm's berusaha untuk menyelamatkan Minho dan teman-teman lainnya yang diculik WCKD, sayangnya Minho gagal diselamatkan dan dibawa ke "Last City". Demi menyelamatkan Minho Thomas dkk berencana untuk menyusup ke "Last City" yang ternyata adalah kota dimana The Maze dibuat!!!

  Thomas juga mendapatkan bantuan baru yaitu Lawrence, pemimpin para infected (mereka yang terkena virus flare tapi belum menjadi Crank) dan "teman lama" yang sangat mengejutkan. Bisakah Thomas dkk menyelamatkan Minho ??? lalu bagaimana dengan Teresa yang mengkhianati mereka ??? dan apakah virus Flare dapat dihentikan ???

  Cerita kembali berjalan dengan simpel dan mudah dimengerti, dan untuk kali ini tidak ada istilah baru yang harus diingat oleh penonton (dengan catatan sudah menonton 2 film sebelumnya). Bersiap-siaplah untuk melihat akhir emosional dari perjalanan Thomas dkk.

  Saya juga puas dengan penggambaran "Last City" yang sangat berbanding terbalik dengan dunia luar, benar-benar khas Post- Apocalypse.

  Satu-satunya yang mengganjal bagi saya adalah adanya unsur Deus Ex Machina (baca : keajaiban) yang ada di bagian akhir film ini. Terlihat tidak logis di mata saya.


Characters


Thomas (Dylan O'Brien), Newth (Thomas Brodie), dan Frypan (Dexter Darden)



  Para anggota Gladers yang berniat untuk menyelamatkan Minho yang diculik oleh WCKD, kali ini mereka harus menyusup ke Last City karena Minho disekap di sana. Tidak disangka Newth ternyata tidak kebal terhadap virus Flare dan harus mencari penawar jika tidak ingin menjadi Crank!!!

Minho (Ki Hong Lee)



*ini dia favorit para penonton wanita XD


  diculik dan dijadikan bahan eksperimen demi mencari penawar untuk virus Flare, Minho harus mengalami banyak "siksaan" karena ternyata tubuhnya mengandung antibodi terkuat yang pernah ditemukan selama ini!!!, apakah Minho akan menjadi kunci untuk melawan virus Flare ???

Gally (Will Poulter)



  karakter yang paling dibenci di film pertama (itu juga karena dia kena pengaruh Griever) ini ternyata masih hidup setelah ditusuk oleh Minho dan menjadi penghubung agar Thomas dkk dapat masuk ke dalam Last City. Gally berkata bahwa dia mempunyai cara untuk masuk ke dalam kantor WCKD, dan cara itu adalah dengan menemui....

Teresa (Kaya Scodelario)



  Teresa adalah peneliti di WCKD yang sedang mencari penawar virus Flare, Teresa akhirnya setuju untuk membantu Thomas untuk membebaskan Minho.

  Dan sama seperti 2 film sebelumnya, aktingnya masih diwarnai dengan ekpresi mukanya yang "datar", tidak heran saya menyebutnya Kristen Stewart zaman Now XD.


Masih Ada 2 Buku Lagi



  Walaupun kisah The Maze Runner berakhir dalam Death Cure, masih ada 2 novel lagi (Kill Order dan The Fever Code) yang bersetting 13 tahun sebelum The Maze Runner dimulai dan berfokus pada saat wabah "The Flare" dimulai. Jika Death Cure sukses di pasaran mungkin saja di masa depan nanti 2 buku ini akan menjadi film.


Conclusion


"akhir perjalanan para Gladers"

My Score

80, WCKD IS GOOD!!!

temukan review lainnya di SINI

============================================================

dan tidak henti-hentinya saya akan mengingatkan anda kembali bahwa.....














kenapa WCKD is Good ???

AWAS SPOILER


*karena merekalah yang menciptakan wabah The Flare

No comments:

Post a Comment