Just A review From me: [TV SERIES] Marvel Runaways Review

Tuesday, January 23, 2018

[TV SERIES] Marvel Runaways Review

*TULISAN INI MENGANDUNG SPOILER!!!!



Prolog


  Dalam dunia komik Marvel, Runaways adalah sebutan untuk sekelompok remaja yang "kabur" setelah mengetahui bahwa orangtua mereka "mengorbankan" manusia dalam sebuah upacara ritual kelompok mereka yang disebut "The Pride", dan selain kabur, para remaja ini juga mewarisi / mencuri sesuatu dari orang tua mereka yang membuat mereka memiliki kekuatan super.



  Saya sendiri tidak terlalu akrab dengan Runaways dan hanya mengenal mereka melalui game Marvel Avenger Alliance (yang sekarang sudah tutup), tapi setidaknya karena game ini saya mulai bisa mengenal para anggota Runaways (terutama Molly XD).


(Really Miss This game)

  Pada tahun 2017 Runaways mendapat adaptasi serial TV yang ditayangkan di stasiun TV Hulu dan merupakan bagian dari Marvel Cinematic Universe (kalo mengikuti tulisan saya yang lain pasti sudah tahu jika serial TV MCU selalu "di anak tirikan"), saya "terlambat" menonton serial TV ini karena lebih memilih untuk menonton Inhumans (karena lebih akrab) yang ternyata luar biasa MENGECEWAKAN. Jadi ekspetasi saya tidak terlalu besar untuk Runaways.

  Dan ternyata Runaways tampil dengan sangat memuaskan karena cerita dan karakternya sangat kuat, Runaways benar-benar bisa menggambarkan dengan baik kehidupan para remaja yang memiliki "masalah" dengan orang tua mereka, dan lebih gilanya lagi kisah para orang tua di serial TV ini juga sangat menarik untuk diikuti, hal ini nantinya akan membuat penonton bingung siapa yang baik dan siapa yang jahat XD.

  Singkat kata : It's Awesome!!!

Story


  Cerita dibuka dengan seorang gadis bernama Destiny yang dikejar-kejar 2 orang misterius, Destiny akhirnya "diselamatkan" oleh Church Of Gibborim, sebuah organisasi amal yang terkenal.

  Di masa lalu, Alex Wilder, Nico Minoru, Amy Minoru, Karolina Dean, Gert Yorkes, Molly Hernandez, dan Chase Stein adalah 7 orang sahabat yang saling mengenal karena orang tua mereka adalah anggota dari Pride, sebuah perkumpulan elit. Sayang setelah kematian Amy Minoru yang sangat mendadak membuat mereka berenam memilih untuk tidak saling berhubungan satu sama lain lagi.

  Beberapa tahun kemudian, Alex Wilder mencoba untuk berhubungan kembali dengan 5 orang temannya dengan mengadakan sebuah acara di rumahnya yang pada waktu itu digunakan juga sebagai acara pesta untuk Pride. Tidak disangka-sangka, Alex menemukan ruangan rahasia di rumahnya dan menemukan fakta bahwa orang tua mereka mengorbankan seorang gadis yaitu Destiny!!!

  Hal ini membuat 6 remaja ini mulai mempelajari rahasia gelap dari keluarga mereka sekaligus mencari cara agar tindakan Pride bisa diketahui oleh seluruh dunia. Dan siapa sangka ternyata orang tua mereka juga memiliki kisahnya tersendiri yang membuat sulit sekali menjadikan mereka sebagai villain dari serial ini. Konflik keluarga akan menjadi menu utama dalam serial ini, siap-siap saja menemukan "drama" keluarga dalam porsi yang sangat besar tapi sangat menarik untuk diikuti.

  Karena hal inilah porsi action / special effect dalam serial ini tergolong minim, tapi semua itu terbayar dengan penggambaran karakter yang sangat baik, terutama untuk orang tua para Runaways.

  Satu lagi kekurangan serial ini adalah banyaknya nama karakter yang harus penonton ingat, karena baik orang tua dan anak sama-sama sulit untuk dilupakan (tapi entah kenapa nama mereka sulit untuk diingat XD).

  Dengan hanya 10 episode pastinya akan ada banyak pertanyaan yang tidak terjawab, tapi tenang saja karena serial ini sudah dipastikan akan mendapat Season 2, tapi overall mampu untuk membuat penonton penasaran dengan kelanjutan kisah para remaja tukang "kabur" ini XD.

  Dan meskipun dibilang sebagai bagian dari MCU, serial ini bersih dari mention film / serial TV MCU lainnya, mungkin sudah saatnya saya menganggap bahwa serial TV MCU itu "berdiri sendiri" meskipun masih dihantui dengan slogan "It's All Connected" -_- .

Characters


Alex Wilder (Rhenzy Feliz)



  Seorang nerd yang mengurung diri setelah kematian Amy Minoru. Alex nantinya diminta orang tuanya untuk berhubungan kembali dengan ke-5 sahabatnya. Meskipun awalnya mereka menolak ajakan Alex, nantinya mereka akan berkumpul di rumah Alex dan mengetahui jika orang tua mereka terlibat dalam sebuah ritual pengorbanan manusia.

  Alex lalu berniat untuk membongkar segala sesuatu tentang Pride meskipun harus melawan orang tuanya sendiri, Alex sendiri memiliki keahlian dalam bidang komputer terutama hacking.

Nico Minoru (Lyrica Okano)



  Seorang wiccan (sebuah kepercayaan) yang memilih untuk berdandan gothic setelah kematian kakaknya yaitu Amy, hubungan Nico dengan orang tuanya sendiri terlihat sangat tidak akrab, ini semua terjadi karena ibu Nico menutup-nutupi detail tentang kematian Amy.

  Nico mendukung tindakan Alex dalam membongkar kegiatan Pride, bahkan sampai berani mencuri tongkat milik ibunya yang memiliki kekuatan sihir.

  Meski tidak ada penjelasan official, wujud tongkat ini jelas mirip dengan "Staff Of One" yang akan menjadi senjata untuk Nico, Staff Of One sendiri adalah salah satu artifak terkuat dalam dunia Marvel karena memiliki 2 syarat :

  • memerlukan darah dari pengguna tongkat ini
  • hanya bisa mengeluarkan mantra 1 kali saja, jika mengeluarkan mantra yang sama maka akan terjadi hal yang tidak diduga

  (konon Dormammu takut dengan tongkat ini)

  Serial TV ini sedikit melakukan nerf dengan membuat tongkat ini bisa digunakan secara bebas tanpa harus mengucapkan mantra, tapi tetap saja membutuhkan darah dari penggunanya (yang tidak diperlihatkan dengan jelas dalam serial ini karena dianggap disturbing untuk target penonton serial ini yaitu remaja).

  Oh, Tina Minoru sendiri mengatakan bahwa tongkat ini dibuat oleh perusahaannya dan murni science. (tapi Tina sendiri memiliki berbagai kisah menarik yang akan saya tulis di bawah).

Karolina Dean (Virginia Gardner)



  Maskot dari Church Of Gibborim membuatnya harus terlihat sebagai gadis "suci" dan menjadi bahan cyber bullying di sekolahnya. Karolina sendiri ingin merasakan kehidupan "pesta" dan sengaja membohongi orang tuanya agar bisa pergi ke pesta. Nasib naas hampir menimpa Karolina karena di pesta itu dia melepaskan gelang yang tidak pernah dia lepas selama ini dan membuat tubuhnya bercahaya.

  Dan dia juga hampir diperkosa karena pingsan setelah bercahaya, untung saja Chase berhasil menyelamatkan dirinya.

  Setelah melihat apa yang Pride lakukan, terlebih lagi Destiny adalah pengikut dari Church Of Gibborim, Karolina mulai mencari tahu rahasia yang ada di dalam organisasi ini yang ternyata berhubungan dengan ibu dan "ayah"-nya!!!


Chase Stein (Gregg Sulkin)



  Tipikal cowok keren + atletis yang ternyata memiliki minat dalam bidang engineering, Chase sendiri sangat membenci ayahnya karena sering memperlakukan Chase dan ibunya dengan kasar, karena itu Chase sangat bersemangat dalam membongkar Pride.

  Tapi di pertengahan cerita, Chase mulai mempertanyakan apakah Pride memang organisasi jahat / tidak ???

  dengan bakat engineering miliknya Chase membuat sebuah sarung tangan super yang diberi nama "Fistigons".

Gert Yorkes (Ariela Barer)



  Cewek yang sangat anti-mainstream dan memperjuangkan hak bagi mereka yang dilupakan, jadi Gert adalah tipikal SJW (Social Justice Warrior) yang lazim anda ditemukan di dalam dunia maya.

  Orang tua Gert yang merupakan ilmuan memiliki sebuah dinosaurus yang mereka "pelihara" di basement rumah mereka, dan uniknya Deinonychus memiliki ikatan telepati dengan gert yang membuatnya mau menuruti semua keinginan Gert. Dinosaurus ini nantinya akan dinamai Old Lace.

  Dan wow, saat saya berpikir Lockjaw itu paling imut , ternyata Old Lace tampil 10x lebih imut ketimbang Lockjaw XD .


(imut sekali....)

Molly Hernandez (Allegra Acosta)




  kehilangan orang tuanya sejak kecil membuat Molly tinggal bersama keluarga Yorkes dan menjadi anak angkat mereka. Molly digambarkan sebagai gadis kecil yang sedang mengalami masa pubertas, hal ini membuat dirinya dipandang sebelah mata oleh karakter lainnya.

  Tapi ternyata, saat emosinya naik Molly mampu menggunakan kekuatan super yang membuatnya dapat mengangkat beban berat, namun sayangnya setelah menggunakan kekuatan ini dia akan langsung tertidur pulas.

  Dan karena kata "mutant" masih dimiliki oleh Fox (serial ini dibuat sebelum Fox dibeli oleh Disney), kisah origin sedikit diubah karena dalam serial ini kekuatannya berasal dari batu misterius yang pernah Molly pegang saat dia masih kecil (aslinya Molly itu mutant).

  Bagaimana, sudah bisa menghapal nama 6 karakter di atas ??? karena sekarang saatnya membahas orang tua mereka XD

Catherine (Angel Parker) dan Geoffrey Wilder (Ryan Sands)



  Orang tua dari Alex Wilder, Geoffrey adalah seorang business man di bidang properti sedangkan Catherine adalah seorang pengacara terkenal. Mereka berdua terlihat sangat peduli terhadap Alex, apalagi setelah kematian Amy Minoru, sayang Alex memilih untuk menutup diri dari kedua orang tuanya.

  Sebagai anggota Pride mereka berdua terlihat sudah terbiasa dalam melakukan ritual, apalagi tingkah laku Geoffrey terlihat seperti pemimpin para anggota Pride (padahal sih tidak XD).

Leslie (Annie Wersching) dan Frank Dean (Kip Pardue)



  Orang tua dari Karolina Dean, Leslie adalah salah satu pemimpin dalam Church of Gibborim sedangkan Frank adalah "mantan" aktor terkenal yang memilih untuk mengikuti ajaran Church Of Gibborim yang membuat karirnya hancur, mungkinkah Leslie menikah dengan Frank hanya karena butuh Image Frank untuk "pencitraan" ??? , karena terlihat sekali hubungan mereka dijauhkan karena ajaran Church Of Gibborim.

  Terlebih lagi Leslie sering menghabiskan waktunya di sebuah ruangan pribadi tanpa sepengetahuan Frank, dan di ruangan itu terdapat seorang pria "sekarat".


(hmmm, sangat mencurigakan)

  Frank sendiri baru akan bersinar menjelang akhir serial ini, tapi hey setidaknya perannya di dalam serial ini lebih dari sekedar "pencitraan" belaka XD.

Janet (Ever Carradine) dan Victor Stein (James Marsters)



  Orang tua dari Chase Stein, mereka berdua adalah orang pintar, apalagi Victor yang memiliki banyak penemuan dan dianggap sebagai seorang inventor yang jenius. Tapi di balik semua itu Victor sering menyiksa Janet dan Chase baik secara fisik maupun verbal, hal ini membuat diam-diam Chase dan Janet membenci Victor.

  Penemuan Victor yang berguna bagi Pride adalah sebuah kotak yang mampu mengubah orang di dalamnya menjadi energi dan "mengirimkannya" ke orang lain, gampangnya kotak buatan Victor mampu menyerap jiwa 1 orang dan memberikannya ke orang lain yang memakai kotak ini.

  Untuk Janet sendiri dia memilih untuk mencari sosok PIL (Pria Idaman Lain) dan nantinya menjalin affair dengan PIL tersebut, sebenarnya mereka berdua terbilang cocok sih soalnya yang satu dicuekin suaminya dan yang satu dicuekin sama istrinya XD.

  Pengen bilang jika hubungan janet dengan PIL itu langgeng sih, tapi karena itu hal yang salah di mata masyarakat jadi kita anggap saja hubungan mereka berdua itu "It's Complicated XD"


Stacey (Brigid Brannagh) dan Dale Yorkes (Kevin Weisman)



  Orang tua dari Gert dan Molly, mereka berdua adalah bioengineering yang melakukan eksperimen kepada beberapa hewan yang ada di ruang bawah tanah rumah mereka, dari fisik saja bisa terlihat bahwa mereka berdua adalah pasangan mesra, akrab dengan anak mereka (walaupun sering dicuekin sama anaknya XD), dan terlihat cupu alias tidak jahat.

  Tapi jangan salah, gitu-gitu mereka tetap anggota Pride dan sadar bahwa mereka mau terlibat dalam upacara mengorbankan manusia.

Robert (James Yaegashi) dan Tina Minoru (Brittany Ishibashi)


*Brittany sangat diharapkan bermain dalam film indoensia karena mukanya sangat indonesia banget XD , cocok berperan sebagai ibu tiri jaman now XD


  Nama Tina Minoru sendiri sudah muncul dalam film Dr Strange sebagai master dari Sanctum cabang Hong Kong, dan di film itu Tina diperlihatkan memiliki senjata yang mirip dengan Staff Of One.

  Tapi ternyata (sudah dikonfirmasi oleh pencipta serial ini), Tina Minoru di serial ini adalah karakter yang berbeda meskipun memiliki nama dan senjata yang sama, benar-benar "it's all connected" -_- .

  Tina sendiri adalah CEO dari Wizard, sebuah perusahaan IT canggih, produknya yang terkenal adalah Operating System dan A.I yang bertugas untuk pengamanan rumah (terlihat belum secanggih JARVIS sih XD). Tina sendiri digambarkan sebagai sosok ibu yang keras sekaligus misterius, Nico mulai membenci Tina setelah Tina menutup-nutupi kematian Amy dengan mengatakan jika Amy mati karena bunuh diri.

  Tina mengatakan bahwa "Staff Of One" dibuat oleh perusahaannya dan hanya dapat digunakan oleh mereka yang memiliki DNA miliknya.


(untuk ukuran teknologi, tongkat ini terlihat sangat magis)

  Hubungan Tina dengan Robert juga tidak harmonis, puncaknya saat mereka bisa berduaan di sebuah restoran dan Tina "merayu" Robert yang langsung ditolak mentah-mentah oleh Robert.


(harmonis atau...)

  Alasannya sih mudah, itu karena Robert memiliki WIL (wanita Idaman Lain) Yaitu Janet!!!

  seperti yang sudah saya tulis, yang satu dicuekin istrinya dan yang satu dicuekin sama suaminya XD, peran Robert juga akan bersinar karena hal ini.


Jonah (Julian Mcmahon)



*Julian Mcmahon juga memerankan Dr Doom dalam film Fantastic 4 (bukan yang versi reboot!!!)

  pria misterius yang baru muncul di pertengahan cerita, Jonah ternyata adalah sosok pria "sekarat" yang sering berduaan dengan Leslie dan menjadi awet muda karena kotak buatan Victor (jadi bisa dibilang tujuan Pride adalah menjadi immortal layaknya Jonah).

  Jonah sendiri terlihat sangat kaya karena dialah yang menjadi sponsor bagi para anggota Pride, bahkan para anggota Pride bisa menjadi kaya (baca : mendapat suntikan dana) karena jasa Jonah.

  Tapi di lain pihak, Jonah juga merupakan Villain utama dalam film ini dan terlihat memiliki banyak rahasia yang tidak akan diungkapkan, salah satunya adalah memiliki kekuatan seperti Karolina!!!

  fiuh, beres juga penjelasan karakternya, sudah siap dengan Spoiler ???

SPOILER ALERT!!!!!


Rahasia Para Orang Tua


  Di masa lalu, Geoffrey yang sedang dipenjara mendapat tawaran dari Jonah untuk membeli tanah yang dia miliki, Geoffrey sendiri terpaksa harus menfitnah sahabatnya sendiri (Darius Davis) agar bisa keluar penjara lebih cepat dan menerima tawaran Jonah. Geoffrey sendiri berjanji akan menghidupi kehidupan keluarga Darius, sebuah janji yang tidak akan dia tepati. Hal ini akan membuat Darius balas dendam dengan menculik Alex!!!


(janji itu harus ditepati, betul ???)

  Jonah sendiri adalah ayah asli dari Karolina, Leslie menyembunyikan Jonah dalam ruang pribadinya saat Jonah menjadi "sekarat" tapi masih mencintai Jonah meskipun harus menikah dengan Frank, Frank sendiri pernah memergoki mereka berdua sehingga harus diberi obat penghapus ingatan buatan Victor.


(2 suami, 1 anak XD)

  Untuk Victor rahasianya cukup simpel yaitu dia memiliki kanker otak yang dia sembunyikan dari istri dan anaknya. Selain itu Victor terobsesi dengan konsep "Time Travel" dan sedang membuat "Tv Waktu" yang nantinya akan berisi pesan dari Chase (masa depan) yang memintanya untuk TIDAK mengambil Fistigons, sayang plot Time Travel ini akhirnya tidak dikembangkan.


(Time Travel dalam MCU ??? menarik)

  Dale dan Stacey Yorkes memiliki rahasia tentang orang tua Molly sekaligus memiliki kunci bahwa orang tua Molly mati bukan karena kecelakaan.


(yang jelas mereka berdua dibunuh seseorang)

  Tina dan Robert jangan ditanya lagi XD, mulai dari affair sampai berita kematian Amy Minoru yang direkayasa sedemikian rupa sehingga terlihat jika Amy mati karena bunuh diri, padahal aslinya Amy dibunuh oleh Jonah!!!


(What A Twist!!!)

Saat Rahasia Terkuak


  Alex dkk menggunakan gala pengumpulan dana sebagai samaran untuk mencuri data yang tersimpan di dalam server keluarga Minoru, tapi pada pesta ini juga Victor membongkar affair istrinya dengan Robert yang pastinya mengejutkan semua pihak, sampai-sampai Tina memilih untuk meneteskan air mata di kantor pribadinya sendiri yang saat itu berisi Alex dan Nico.


(damn, adegan ini sangat "dalem" dimata saya)

  penyakit Vicor kambuh dan dia diberi obat "ajaib" oleh Jonah, obat ini sendiri membuat sifat Victor berubah 180 derajat dan membuatnya menjadi sosok ayah yang baik di mata Chase dan Janet, bahkan Victor mau menyempurnakan Fistigons buatan Chase.

  Tapi saat pengaruh obat ini hilang, Victor kembali menjadi sangat emosional dan terlihat mau membunuh Chase dengan menggunakan Fistigons, untungya usaha ini digagalkan Janet yang menggunakan pistol pemberian Robert untuk menembak Victor.

  Jonah datang untuk menyelamatkan Victor dengan memasukkan tubuhnya ke dalam kotak buatannya dan meminta "tumbal" untuk menghidupkan Victor, awalnya Janet diminta menjadi tumbal tapi akhirnya Robert memaksakan diri untuk masuk ke kotak tersebut.


(wow, just wow)

  Tina yang tidak terima dengan hal ini menggunakan Staff Of One untuk menghancurkan kotak tersebut, hal ini membuat nyawa Victor menjadi dipertanyakan karena hanya Victor-lah yang bisa membuat kotak tersebut!!!

  Di lain pihak , sebuah video dari orang tua Molly mengungkapkan bahwa Jonah mencari sebuah benda "hidup" yang tersimpan di bawah tanah milik Geoffrey yang saat ini akan dijadikan sekolah, benda ini sendiri yang membuat Molly memiliki kekuatan super.


  Bagaimana dengan Frank ??? dia sendiri menjadi tangan kanan Jonah dan diberi sarung tangan yang membuatnya bisa menyembuhkan orang lain, dan Frank juga yang akan membocorkan rencana Karolina dkk untuk menutup sekolah tersebut.

The Ending


  Alex dkk sudah mengetahui tentang benda "hidup" di dalam tanah dan berniat untuk menutup tempat tersebut, namun orang tuanya mereka mengetahui hal ini, duel anak VS orang tua tidak bisa dihindarkan.


(siapa yang menang ???)

  Karolina memilih untuk mengorbankan diri agar anggota Runaways lainnya bisa kabur, tapi nantinya para Runaways akan menyusup ke dalam Church Of gibborim untuk membebaskan Karolina, dan semua ini sudah direncanakan oleh Leslie. Jonah sendiri mengatakan bahwa semua akan baik-baik saja meskipun terlihat jika tangannya mulai membusuk.

  Alex memutuskan untuk kabur dan meminta bantuan Darius dalam bentuk uang, dan saat mereka bersiap-siap untuk pergi sebuah berita muncul dimana Alex dkk dijadikan tersangka utama dalam kasus pembunuhan Destiny (jasad Destiny sendiri ditemukan di pantai karena gagal dijadikan tumbal akibat sabotase yang dilakukan Alex di episode awal), sudah tidak ada alasan lagi bagi keenam remaja ini untuk kembali kepada keluarganya.

  Dan akhirnya mereka memilih untuk berlari dan kabur dari semua kenyataan yang terjadi, dan kali ini mereka benar-benar menjadi "Runaways".


(lari sambil menunggu season 2)

  semoga saja di season 2 nanti masa lalu Pride semakin terungkap, karena tahukah anda jika salah satu orang tua mereka adalah Time Traveler (jika mengacu pada versi komik) ???

Conclusion


  Serial yang berhasil menggambarkan konflik anak VS Orang tua dengan sangat baik, kekurangan terbesar yang saya lihat adalah karakter orang tua yang tampil lebih kuat ketimbang anak mereka, padahal sudah jelas-jelas jika judul serial ini adalah "Runaways", bukan "The Parents of Runaways" XD.

My Score

85, Pride > Runaways


temukan review lainnya di SINI

2 comments:

  1. Bagus banget review-nya, Kak ����

    ReplyDelete
  2. not gonna lie ini ngebantu banget aku buat tau soal ceritanya, terlebih diriku suka kelewat penasaran tapi gamau nonton atau buang waktu banyak-banyak hehe. Makasih banyak kakk

    ReplyDelete