Just A review From me: [MOVIE] Angry Video Game Nerd : The Movie (2014) Review

Monday, January 29, 2018

[MOVIE] Angry Video Game Nerd : The Movie (2014) Review



Prolog


He's gonna take you back to the past
To play the shitty games that suck ass
He'd rather have a buffallo
Take a diarrhea dump in his ear
He'd rather eat a rotten asshole
Of a road kill skunk and down it with beer

He's the angriest gamer you've ever heard
He's the Angry Nintendo Nerd
He's the Angry Atari Sega Nerd
He's the Angry Video Game Nerd



  Lirik "ngaco" di atas adalah lagu pembuka untuk Angry Video Game Nerd (AVGN), sebuah web-series terkenal di internet. AVGN sendiri sudah ada sebelum booming Youtube dan sering dianggap sebagai pelopor untuk reviewer video game di internet.

  Jadi jika anda kesal dengan "beberapa" Youtuber gamer jaman now yang sering mengeluarkan kata-kata kasar dalam setiap video mereka, AVGN adalah kakek moyang mereka. Kalimat kasar dan aksi "nekat" sering dilakukan Nerd dalam setiap videonya, bahkan terkadang bisa di "luar batas".

  Karena kepopulerannya, pada tahun 2014 dibuat versi film dari AVGN. Film ini sendiri dibuat secara independen dan dibuat secara crowdfunding (baca : budget berasal dari penggalangan dana di internet), jadi bisa dibilang film ini dibuat untuk fans. Karena 1-2 bulan ini saya sering menonton AVGN melalui Youtube, sepertinya saya harus menonton film ini.

  Hasilnya ?? film berdurasi 2 jam ini masih mempertahankan ciri khas AVGN, tapi kacau dari segi cerita karena menambahkan beberapa elemen yang absurd meskipun harus saya akui cara film ini menceritakan urban legend Atari Video Game Burial tergolong unik.


AVGN Overview



  Angry Video Game Nerd adalah karakter yang dibuat dan diperankan oleh James Rolfe. Nerd digambarkan sebagai seorang maniak Video Game jadul (Atari, Sega, Nintendo) dan "dipaksa" untuk mereview game-game buruk pada konsol tersebut.

  Kebencian AVGN dapat selalu penonton liat dalam setiap episodenya karena buruknya game yang dia mainkan, tapi AVGN memiliki beberapa opini yang jika dipikir-pikir banyak benarnya. Dan meski begitu AVGN dalam videonya memainkan game tersebut sampai tamat (tidak semua game), dan rata-rata cartridge baca : kaset XD) itu akan mengalami "siksaan" mulai dari dibanting, diinjak, dibakar, sampai jadi tempat untuk BAB (tentu saja semua adegan ini mengandung trik).

  Tapi di balik itu semua, AVGN banyak menceritakan sejarah industri video game pada tahun 80-90an dan dapat memberikan gambaran betapa "kacaunya" industri video game pada jaman tersebut yang memiliki banyak cara untuk membuat game yang buruk.

  Pada dasarnya Video Game yang dibuat tahun 80-90an itu memang tergolong susah, tapi ternyata ada banyak faktor yang membuat game tersebut sulit untuk ditamatkan (salah satunya adalah ketidakbecusan para developer jaman dahulu).

  Gara-gara AVGN juga saya jadi kesal pada game Teenage Mutant Ninja Turtle NES yang ternyata memiliki banyak kesalahan yang membuatnya sulit untuk ditamatkan!!!



(ingat gambar ini jadi ingat masa kecil...)

  Saat ini AVGN sudah memiliki 151 episode yang dapat anda lihat di Youtube meskipun sekarang jarang di-update.

Story


  E.T (disamarkan menjadi Eee Tee karena masalah hak cipta) dikenal sebagai video game terburuk sepanjang sejarah, saking buruknya game ini sampai membuat cartridge game yang tersisa dikubur dalam sebuah gurun di New Mexico.

  Pada jaman sekarang, perusahaan Cockburn Industries membuat sequel Eee Tee yang mereka anggap JAUH lebih buruk daripada pendahulunya, tapi mereka memiliki taktik agar game ini laku di pasaran yaitu meminta AVGN me-review game ini.

  AVGN sendiri mendapat permintaan dari para fansnya untuk mereview game E.T yang sampai sekarang dia tolak karena game tersebut memberikan trauma bagi dirinya di masa lalu. Tapi akhirnya AVGN setuju untuk melakukan review dengan syarat dia harus memainkannya dari cartridge original yang dikubur di gurun.

  Dan siapa sangka, ternyata game E.T menyimpan rahasia yang sangat mengejutkan dan melibatkan pihak militer, dan nantinya sebuah dewa penghancur dunia yang bernama "Death Mwauthzyx", bisakah AVGN menyelamatkan dunia dan me-review game E.T ???


(sang Dewa Penghancur Dunia)

  Sebagai film low budget tidak ada yang harus dikomentari dari segi special effect (tapi beberapa memang terlihat unik), ciri khas AVGN yang terlihat jelas hanya terlihat dari komentar "kasar" yang AVGN keluarkan (itu juga tidak banyak). Karakter (selain AVGN) yang ada juga lebih bersifat annoying dan sebaiknya dihapus saja XD. Terlihat sekali film ini sangat bergantung dari segi cerita saja.


E.T, salah satu penyebab "Video Game Crash Of 1983"



  E.T adalah film yang sukses pada jamannya, dan tentu saja harus dibuat versi video game, sayangnya perusahaan Atari hanya memberikan waktu 5 minggu bagi Howard Scott Warshaw untuk membuat game ini agar game ini bisa dirilis pada waktu liburan natal sebagai strategi marketing.

  Dan FYI, normalnya butuh waktu 5-6 bulan untuk membuat game pada jaman tersebut, memberikan waktu 5 minggu untuk membuat game ini adalah "Mustahil".


(terlihat sekali seperti apa kualitas game ini)

  Hasilnya adalah E.T tampil begitu buruk dan membuat industri video game "hancur" karena kepercayaan publik sudah hampir tidak ada untuk video game.Hal ini juga membuat perusahaan Atari rugi hampir $ 1,3 miliar hanya karena game E.T saja!!!. Industri Video Game sendiri mulai bangkit dengan munculnya Nintendo Entertainment System (NES) pada tahun 1985)

  Pada tahun 1983 muncul sebuah rumor dimana sebuah truk membawa cartridge E.T yang sudah hancur dan dibawa ke sebuah gurun, hal ini sendiri menjadi urban legend di kalangan gamer pada jaman itu. Melalui film ini terkuak bahwa game E.T menyimpan blueprint Area 51 yang sangat rahasia dan area 51 sendiri memang memiliki alien di dalamnya!!!


  (kapan lagi ada video game yang dikubur saking jeleknya)

  dengan semua reputasi yang dimilikinya, apakah E.T memang game terburuk sepanjang sejarah ???

  Dalam videonya, AVGN berkata bahwa game ini buruk, tapi game ini dapat memberikan tempat tersendiri di hati mereka yang pernah memainkannya. E.T adalah video game klasik yang pantas untuk dibenci XD.



Conclusion


  Kekuatan terbesar film adalah cara film ini mengembangkan urban legend game E.T, diluar itu tidak ada hal menarik dari film ini bahkan untuk para fans sekalipun.

My Score


60, He's The Angry Video Game Nerd....



temukan review lainnya di SINI

No comments:

Post a Comment