Just A review From me: [GAME] Sleeping Dogs Review

Wednesday, February 21, 2018

[GAME] Sleeping Dogs Review

Prolog


  Sampai saat ini Grand Theft Auto (GTA) masih menjadi primadona bagi mereka yang menginginkan game tentang dunia kriminal, tapi bukan berarti GTA tidak memiliki saingan lho!!! , Sleeping Dogs adalah salah satunya karena dapat menghadirkan pengalaman bermain "GTA dengan setting Hong Kong".




  Sleeping Dogs sendiri awalnya direncanakan menjadi bagian dari seri game True Crime dengan judul True Crime : Hong Kong, tapi karena masalah biaya akhirnya proyek ini dibeli oleh Square Enix dan berganti nama menjadi Sleeping Dog.

  Game yang dirilis pada tahun 2012 ini mendapat banyak pujian karena berhasil memberikan sebuah pengalaman menarik di kota Hong Kong. Game ini berumur cukup panjang dengan adanya Update dan berbagai DLC (Downloadable Contents), pada tahun 2014 dirilis versi Full dengan judul "Sleeping Dogs : Definitive Edition". Versi ini sendiri saya dapatkan dengan harga 20 ribu rupiah saat sedang Sale di Steam XD (harga normalnya 180 ribu).

Gameplay Overview



  Sebagai game Action-Adventure, pemain dapat berkeliling kota dengan bebas dan melakukan beberapa aktifitas. Pengembangan karakter dibagi menjadi 3 yaitu Triad, Face, dan Police yang masing-masing akan memberikan kemampuan tambahan saat sudah mencapai level tertentu. Triad XP didapatkan dengan "berbuat kriminal", Police dari "mentaati peraturan di jalanan XD", dan Face dari berbagai side quest.

  Saya lupa bilang, dalam game ini pemain mengendalikan Wei Shen, seorang undercover cop yang sedang menyusup ke dalam organisasi kriminal Sun On Yee sehingga membuat Wei berada di tengah-tengah kebaikan dan kejahatan.

  Sistem combat terlihat sekali meniru game Batman Arkham series dengan hanya memberikan 3 jenis serangan (attack, grapple, dan counter) yang sayangnya tampil cukup buruk karena tampil kaku dan sulit melancarkan combo karena membutuhkan timing yang tepat dalam menekan 1 tombol saja (padahal gerakan bela diri dalam game ini terlihat keren).

  Salah satu penyegar dari combat system yang kaku adalah Environmental Attack dimana Wei dapat menangkap lawan dan menggiringnya ke berbagai tempat (kotak telepon, ikan pedang, tong sampah, mesin pemotong, dll) untuk mengeksekusi mereka (beberapa terlihat sadis sih).


(ouch)

Story


  Wei Shen adalah seorang polisi yang tertangkap saat melakukan transaksi narkoba, tapi ini semua adalah trik agar Wei dapat mendekati salah satu anggota Triad yaitu Jackie Ma yang ternyata adalah teman masa kecil Wei. Tugas Wei saat ini adalah menjadi anggota Sun On Yee agar dapat memberikan info penting bagi pihak kepolisian sekaligus menghancurkan Sun On Yee dari dalam.

  Dan disinilah Wei memulai karirnya dalam dunia kriminal, Wei sendiri membenci Triad karena kakaknya meninggal karena ulah Triad. Dan tentu saja nantinya akan ada intrik politik antar petinggi Sun On Yee yang ternyata memiliki visi yang berbeda dan tidak segan-segan menghabisi sesama anggota demi kekuasaan.


(harus hormat di depan "Kanjeng Mami" XD)

  Cerita sudah pasti menarik karena Wei harus menyeimbangkan diri antara sebagai triad dan sebagai polisi, beberapa dialog dalam game ini juga memakai bahasa lokal (cina) yang membuat beberapa karakter menjadi semakin menarik (terutama saat mereka mengeluarkan sumpah serapah XD).

Penuh Kearifan "Lokal"


  Banyak hal yang bisa dilakukan di kota Hong Kong, dari hal standar seperti mencuri mobil dan terlibat balapan liar (beberapa kendaraan dalam game ini memiliki kontrol yang sangat sensitif), mendandani Wei dengan berbagai baju yang bisa dibeli di "pasar kaki lima XD", belajar bela diri, sampai karaoke.


(oo yeah...)

  Game ini juga memiliki mini-game unik yaitu "sabung ayam" (Cock Fighting) yang tampil cukup standar karena pemain tidak bisa mengontrol ayam alias hanya menonton saja XD.



(awas tercyduk polisi)

DLC "cukup" Melimpah



  selain tambahan kostum, game ini memiliki 3 tambahan cerita "konyol" yaitu :

  • Nightmare In North Point : Wei melawan para Jiangshi (vampire cina) yang dipanggil dari neraka oleh mantan anggota Sun On Yee yang mati karena dijadikan makanan kucing XD, ending DLC ini sangat twist sekali
  • Zodiac Tournament : Wei mengikuti turnamen bela diri ilegal, mirip-mirip film Bruce Lee (terutama Enter The Dragon)
  • Year Of Snake : Wei menghentikan aksi sekte yang berniat membawa kiamat pada malam tahun baru, standar sih tapi setidaknya di sini Wei bisa menangkap orang dan memborgol mereka

Jadi Ingat Sama Film The Raid 



  Kisah Wei selalu mengingatkan saya pada film "spektakuler" ini (karena berhasil menimbulkan fenomena overproud dari netizen di Indonesia XD).

  • sama-sama polisi yang menyamar
  • sama-sama jago bela diri
  • sama-sama terlibat konspirasi tingkat tinggi

  Tapi sayang, kisah Rama/Yuda dalam The Raid berakhir secara prematur sedangkan kisah Wei Shen berakhir dengan cukup baik.


(4 tahun berlalu dan saya masih membenci adegan ini)

Masa Depan Sleeping Dog



  Kesuksesan Sleeping Dog ternyata berbanding terbalik dengan nasib developernya yaitu United Front Games yang harus ditutup pada tahun 2016. Sempat ada rencana untuk membuat sebuah game multiplayer dengan judul "Triad War" namun sayang dibatalkan.

  Satu-satunya harapan dari game ini adalah adaptasi versi layar lebar yang sampai sekarang nasibnya belum jelas, tapi dengar-dengar sih akan diperankan oleh Donnie Yen.



Conclusion


  Story bagus karena memberikan sudut pandang dunia kriminal dari mata seorang penegak hukum, beberapa unsur gameplay memang seperti baru setengah jadi dan berlebihan tapi itu semua tidak menggangu pengalaman pemain saat bermain game ini. Game ini tetap saya rekomendasikan bagi mereka yang ingin bermain "GTA" dengan setting di Asia.

My Score


80 , Welcome To Hong Kong



temukan review lainnya di SINI

No comments:

Post a Comment