Just A review From me: [TV SERIES] Ash VS Evil Dead Season 2 Review

Tuesday, January 24, 2017

[TV SERIES] Ash VS Evil Dead Season 2 Review

Spoiler Alert !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!






Prolog

  bagi saya, satu-satunya kelemahan seri The Evil Dead adalah dari segi kompleksitas cerita, tentu kita semua tahu bahwa sumber semua masalah dari seri ini adalah buku terkutuk yang disebut Necronomicon, tapi masa lalu buku ini sendiri kurang diekspos. Ini semua gara-gara aksi Ash William yang terlalu keren untuk dilupakan.

  AshVs Evil Dead season 1 sendiri cukup memuaskan fans seri ini (baik yang lama maupun baru), tapi tetap saja kurang memberi penjelasan tentang asal-usul dari Necronomicon. Dan saya harap season 2 akan bisa 'sedikit' menjawab pertanyaan saya tentang Necronomicon.

  Hasilnya ??? di season ini meski Necronomicon tetap menjadi fokus utama, tetap saja asal-usulnya kurang mendapat penjelasan. Tapi setidaknya di season ini Ash bisa pulang kampung dan bertemu ayahnya (juga mantannya). Season ini masih memiliki banyak cara untuk menarik perhatian para fansnya.

  Dan jangan lupa, porsi adegan Gore di season ini juga ditambah (meski beberapa terlihat lucu), butuh bukti, cukup lihat episode 2 pada adegan di ruang mayat.



What Is Necronomicon Ex-Mortis, Kandarian Dagger and Deadites

  jadi sebenarnya apa itu Necronomicon Ex-Mortis ???



  ternyata penjelasannya ada di media lain yaitu komik, tapi di sini saya beri versi singkatnya saja.

  Necronomicon dibuat oleh salah satu entitas yang disebut Dark Ones yaitu Ruby pada jaman dulu dimana mereka menguasai Bumi. Selain memiliki sampul yang terbuat dari kulit manusia, buku ini sendiri berisi kumpulan mantera-mantera 'jahat'.

  Buku ini akhirnya ditemukan dari sebuah situs penggalian (yang sudah dimention di The Evil Dead 2) bersama dengan Kandarian Dagger.


  Jadi intinya buku ini 'jahat' udah gitu aja.

  Kandarian Dagger sendiri adalah sebuah senjata yang bisa digunakan untuk melawan Deadites (selain chainsaw dan shotgun yang dimiliki Ash), benda ini sendiri menjadi penting di Ash VS Evil Dead karena Ash menjadikan benda ini sebagai jaminan saat Ash melakukan perjanjian dengan Ruby di akhir season 1.

  Dan yang terakhir adalah Deadites, teror yang selalu menghantui setiap seri Evil Dead. Deadites sendiri adalah sebutan bagi sebuah objek (manusia,hewan,tumbuhan,atau benda mati) yang telah dirasuki oleh sebuah entitas yang disebut Kandarian Demon.


  Deadites sendiri bagi saya adalah versi sempurna dari Zombie, siapapun yang menjadi Deadites memiliki kekuatan super, bisa berkomunikasi secara Hive-mind, dan yang terpenting susah untuk dibunuh (hancurkan kepala saja tidak berlaku untuk makhluk yang satu ini.).

  Ditambah lagi, Deadites mampu meniru wujud dan sifat objek yang dirasukinya (manusia) secara sempurna, dan dengan kemampuan ini Deadites mampu merayu/menipu manusia lain agar tidak membunuh mereka. Sehingga jika seseorang menjadi Deadites maka anggap saja tubuh dan jiwanya sudah menjadi 'orang lain'.

  Selain menggunakan Kandarian Dagger, satu-satunya cara membunuh Deadites adalah dengan memotong-motong/mencabik-cabik semua bagian tubuhnya. Mekanisme yang mirip dengan melawan para Necromorph dalam seri Video Game Dead Space.


(bedanya, Deadites memiliki 'kepribadian')


Story

  Setelah perjanjian Ash dengan Ruby di akhir season 1, akhirnya Ash bisa menikmati hidup di Jacksonville, sayangnya hal ini berlangsung cukup singkat karena Deadites kembali muncul dan menyuruh Ash untuk pergi ke Elk Groove, kampung halamannya untuk bertemu Ruby.

  Ternyata di Elk Groove sendiri Ash dikenal sebagai "Ashy Slashy" karena kejadian yang terjadi di The Evil Dead pertama dimana Ash dianggap telah membunuh semua temannya yang pergi ke kabin.

  Setelah bertemu Ruby, Ruby mengatakan bahwa anak (baca : iblis) yang dia lahirkan ternyata mengkhianati dia dan mulai mencari cara untuk membunuh Ruby, dan kembali Necronomicon menjadi solusi untuk menyelesaikan semua masalah yang terjadi, cuma masalahnya Ruby menyembunyikan Necronomicon di suatu tempat. Ash pun secara terpaksa harus bekerjasama dengan Ruby.

  Dan nantinya, akan ada sosok lain yang memburu Ruby, siapakah dirinya ????

  Dan Hei, kenapa di pertengahan episode Ash terbangun di sebuah rumah sakit jiwa dan dokter mengatakan bahwa semua hal yang terjadi selama ini adalah MIMPI!!!!!!!!!!!!!!








Characters



Ash William (Bruce Campbell)


  tidak ada yang berubah dari dirinya, tetap menjadi sosok yang 'santai-santai' saja

  Demi mendapat liburannya kembali di Jacksonville, Ash terpaksa kembali ke kampung halamannya dan bekerjasama dengan Ruby untuk mencari Necronomicon.

  Di sini, Ash bertemu ayahnya kembali setelah 30 tahun, sayangnya sang Ayah masih menganggap Ash adalah sosok pembunuh. Ash juga bertemu mantannya yaitu Linda (bukan Linda yang ada di The Evil Dead), tokoh ini nantinya akan berperan cukup penting dalam pertengahan episode.




Pablo (Ray Santiago)


  kembali menjadi sosok sidekick yang bisa diandalkan bersama dengan Kelly, karena di season 1 dia mengalami kontak dengan Necronomicon maka di season 2 Pablo sering mendapat 'penglihatan' masa depan. Dan nantinya Pablo akan menyatu dengan Necronomicon dan menjadi tokoh penting dalam menghentikan Baal.

  Tapi sayangnya, nanti Pablo PIPPPPPPPPPPPPP (sensor)




Ruby (Lucy Lawless)


  Dikhianati para anaknya membuat Ruby harus meminta bantuan kepada Ash, ternyata setelah melahirkan anak-anaknya Ruby kehilangan keabadian miliknya sehingga dia dapat dibunuh dengan cara biasa.

  Dan ternyata, sosok lain yang mengincar Ruby dan Ash adalah Baal, yang ternyata adalah Suami dari Ruby!!!!!.



Baal (Joel Tobeck)


  Baal adalah iblis yang muncul saat Pablo membuang Necronomicon ke dalam sebuah portal.Baal sendiri lebih memilih untuk menyiksa korbannya secara mental ketimbang langsung membunuhnya. Dia juga bisa menyamar dengan memakai kulit yang dia dapat dari manusia yang dia bunuh.

  Tujuan dia hanya satu, mengambil Necronomicon (yang saat ini menyatu dengan tubuh Pablo) agar dia bisa mengusai Dunia.

*Mulai di bawah ini ada banyak Spoiler kelas berat, jadi lanjutkan membaca jika kalian siap

-------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------





Apakah semua ini hanya mimpi ?????


  nantinya Ash akan terbangun di sebuah Rumah Sakit Jiwa, semua kejadian yang selama ini terjadi adalah halusinasi yang dibuat Ash karena dia telah membunuh teman dan adiknya (kejadian di The Evil Dead pertama).

  Bahkan di sini Ash menemukan Kelly (pasien pecandu narkoba), Pablo (security yang kejam), dan Ruby (perawat).Di sini Ash tetap merasa bahwa semua yang terjadi bukanlah mimpi.Bahkan Ashly Slashy muncul dalam bentuk boneka sebagai obat dari dokter agar Ash dapat sembuh lebih cepat. Tapi semua ini tidak membuat Ash sembuh.


(yakin bukan mimpi ???????)

  Dan sebagai penutup, Linda datang dan mengatakan bahwa dia sudah menjenguk Ash selama 30 tahun sambil berharap suatu hari Ash akan sadar. Dan akhirnya Ash menuruti perkataan dokter untuk menghancurkan Necronomicon agar Ash bisa terbebas dari mimpi buruknya.


  Ternyata ini semua adalah tipu-muslihat dari Baal, dan Ash akhirnya menuruti permintaan Baal untuk menghancurkan Necronomicon yang sekarang sedang menyatu dalam tubuh Pablo, berarti Ash harus membunuh Pablo. Di lain pihak, Ruby,Pablo,dan Kelly datang untuk menyelamatkan Ash. Linda sendiri terpaksa mengikuti permainan Baal karena Baal menyandera suami dan putrinya (meskipun nantinya mereka mati).

  Dan akhirnya, Baal, Ash, dan Pablo bisa berada dalam satu tempat.


  Dan disini kejeniusan Ash dimulai, Ash sendiri ternyata sudah lama sadar dan berpura-pura menuruti permintaan Baal agar Baal dan Pablo bisa berada dalam satu ruangan, hal ini penting karena Pablo dibutuhkan untuk memulai ritual yang bisa mengirim Baal kembali ke neraka.

  Sekilas ini semua terlihat sempurna, dan Baal akhirnya bisa dikirim kembali ke neraka.


  Tapiii......... sebelum itu Baal masih sempat untuk membunuh Pablo.



(NO!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!)


Solusi yang bukan solusi

  Baal sudah tidak ada dan dunia kembali damai, tapi tidak untuk Ash. Ash yang biasanya egois kali ini terlihat sangat terpukul oleh kematian Pablo.

  Dan muncul sebuah solusi dari mayat Pablo (atau halusinasi Ash) yaitu melakukan Time Travel dengan menggunakan salah satu mantera dari Necronomicon. dan Ash kembali ke masa dimana dia belum pernah bertemu dengan Necronomicon dan berniat menghancurkannya agar semua kejadian di Evil Dead tidak terjadi dan Pablo bisa hidup kembali. Bahkan di masa ini Ash bertemu dengan Ruby (yang di masa ini menjadi istri Baal).

(Welcome to 80's)

  Ok wait, apakah ini artinya Ash akan fucked the timeline seperti yang dilakukan oleh Barry Allen dalam The Flash ??????


(dia lagi, dia lagi)


  satu hal yang pasti, tindakan Ash di masa ini membuatnya mendapatkan tangannya kembali.


(Keajaiban terjadi!!!)


  Dan tunggu, dengan berasumsi jika hal ini berhasil, bukankah Ash tidak akan mengenal Pablo,Kelly,ataupun Ruby ????????


  Meskipun mengalami berbagai rintangan, Ash akhirnya berhasil mendapat Necronomicon. Dan disini rencana jahat Baal terungkap karena dia selama ini masuk ke dalam 'mayat Pablo' dan mempengaruhi Ash agar melakukan Time Travel.

  Dan disini Ash menawarkan duel satu lawan satu dengan taruhan jiwa Pablo. Dan disini Baal tidak boleh menggunakan kekuatannya sama sekali.


(dengan saksi Necronomicon)


  Berhasil ???? tidak juga sih karena Baal ternyata masih bisa menipu Ash


  tapi untungnya ternyata Ash lebih licik dari Baal sehingga dia bisa mengalahkan Baal dan mengembalikan Pablo. 



  Dan entah bagaimana caranya mereka bisa kembali ke masa sekarang dan membuat Ash menjadi pahlawan di Elk Groove tetapi beberapa tokoh yang mati tetap tidak hidup lagi.



  Jika menggunakan berbagai teori time travel yang ada bisa dibilang bahwa waktu yang diubah Ash adalah sebuah dunia paralel (Many World Theory) sehingga apa yang terjadi selanjutnya di waktu itu tidak berhubungan dengan semua kejadian yang ada di jaman Ash berada sekarang.

  Dan di akhir season  ternyata Necronomicon masih ada di dunia ini, membuka peluang untuk season 3.


Conclusion

  cerita yang disajikan lebih menarik daripada Season 1, tapi sayang unsur Time Travel sedikit "menodai" cerita yang ada.

  Btw, sebelumnya juga Ash sempat melakukan time travel di Army Of Darkness, tapi setidaknya pada waktu itu semua tindakan Ash dianggap canon/nyambung (Fixed Timeline) tidak seperti sekarang yang memakai teori dunia paralel.


My Score

85, Ashy Slashy journey from Zero to Hero


Temukan Review Lainnya di sini





No comments:

Post a Comment