Just A review From me: [MEMORIES] The Evil Dead

Tuesday, January 17, 2017

[MEMORIES] The Evil Dead





Prolog

  pada tahun 80-90an, dunia mengenal berbagai icon horor seperti Freddy Krueger si penguasa mimpi buruk, Jason Voorhess si pembunuh yang sayang orang tua, sampai Chucky si boneka 'imut' yang sebenarnya tidak imut XD.




  Tapi yang akan saya bahas kali ini adalah franchise yang sering dianggap orang sebagai 'Film tersadis' pada zamannya yaitu The Evil Dead. Dengan total 3 film (4 jika menghitung Within The Wood), Evil Dead berhasil melambungkan nama seperti Sam Raimi dan (tentu saja) Bruce Campbell. Bahkan bagi saya tokoh Ash William yang diperankan oleh Bruce Campbell adalah sosok anti-hero yang sempurna (sebelum nantinya saya mengenal Deadpool XD).

  Dan jika kalian penasaran, saya pertama kali menonton film Evil Dead 2 melalui stasiun TV "TV7" (sekarang Trans7) pada jam yang cukup mengejutkan yaitu pukul 19.00 WIB dan (tentu saja) minim sensor-sensor alay yang lazim ditemukan pada zaman sekarang.

  Beberapa tahun ke depan, Setelah saya mengenal Internet (terutama Torrent), barulah saya mulai mengenal lebih jauh franchise ini.

  So, siap berkenalan dengan Evil Dead ??????



The Evil Dead History


  Evil Dead pertama kali muncul pada tahun 1978 sebagai proyek 'prototype' oleh sutradara Sam Raimi dengan nama "Within The Wood" (berdurasi 32 menit) dengan tujuan mencari investor, sayangnya, meskipun mendapat sambutan hangat, tapi cukup sulit bagi Raimi untuk mendapatkan Investor, cukup masuk akal mengingat pada zaman itu film horor masi sebatas hantu2an saja (minim adegan gore alias adegan sadis).


  Baru pada tahun 1981 Within The Wood di-remake judul The Evil Dead, dan meskipun tergolong low-budget, akhirnya film ini mendapat banyak pujian dan diterima baik oleh masyarakat pada saat itu sehingga melahirkan 2 sequel.

  2 sequel selanjutnya yaitu The Evil Dead 2 (1987) dan Army Of Darkness (1992) kembali menyajikan banyak adegan sadis, tapi kali ini Raimi menambahkan unsur yang cukup mengejutkan yaitu Komedi/humor (lebih tepatnya humor yang ironis).

  Setelah Army Of Darkness, tidak ada lagi seri The Evil Dead, berbagai ide sudah ada tapi akhirnya malah ditunda. The Evil Dead sendiri juga sempat muncul dalam media lain seperti comic dan video games.



The Evil Dead Overview (SPOILER ALERT!!!!)


  The Evil Dead sendiri memiliki cerita yang simpel yaitu sekelompok manusia yang berlibur di sebuah kabin yang terpencil, sampai nantinya mereka 'diganggu' oleh sebuah entitas jahat yang berasal dari sebuah buku yang bernama Naturom Demonto.


(orang waras juga sadar kalau ada sesuatu di kabin ini XD)

  dengan banyaknya teror yang terjadi di kabin ini terutama setelah beberapa temannya kerasukan. Ash William terpaksa melakukan segala sesuatu untuk bertahan hidup, termasuk memenggal kepala pacarnya (Linda) dan. Dan hanya Ash-lah yang selamat dari teror tersebut.



(relationship goal anyone ????)

  Atau tidak juga sih, karena di akhir film Ash diserang sosok misterius dan hanya meninggalkan teriakannya saja.


(mati atau ?????)

  Dari 3 film The Evil Dead, bagi saya inilah yang paling sadis (apalagi ada adegan Raped by Demonic Tree)

  The Evil Dead 2 kembali melanjutkan cerita prequelnya, tapi dengan sedikit twist dengan adanya retcon (perubahan latar belakang) yaitu hanya Ash dan Linda saja yang berlibur di kabin dan perubahan nama Naturom Demonto menjadi Necronomicon Ex Mortis.

  Pentingkah retcon ini ??? gak juga sih karena The Evil Dead memang tidak terlalu fokus pada cerita.

   Disinilah karakter Ash William semakin dibangun yang nantinya akan menjadi sangat memorable di mata para fans.

  Jadi setelah kejadian di film pertama, Ash kerasukan meskipun hanya saat malam hari saja, dan dia harus kembali melawan kepala Pacarnya yaitu Linda.


  Tapi Ash masih harus kehilangan sesuatu dalam dirinya, tepatnya tangan kanannya yang kerasukan, Ash terpaksa memotong sendiri tangan kanannya dengan Chainsaw.


  Tapi meski begitu Ash tetap diganggu, tapi meski begitu dia tetap bisa bercanda XD.


(joget2 dulu)


  dan disini latar belakang Necronomicon mulai dibahas, ternyata buku ini berasal dari sebuah situs penggalian yang dibawa oleh Professor Raymond Knowby, dan dia mulai meneliti buku (yang nantinya malah mengeluarkan entitas yang ada di dalam buku ) ini di kabin yang nantinya akan didiami oleh Ash. Istrinya sendiri kerasukan oleh buku ini sehingga terpaksa harus dikurung di ruang bawah tanah. Nasib sang Professor sendiri tidak ada yang tahu.

  Sampai Annie, putri Prof. Raymond, datang ke kabin beserta orang lain dan mulai menganggap Ash adalah sosok pembunuh, untungnya hal ini berhasil dibersihkan setelah mereka mendengarkan rekaman Prof.Raymond. Kunci untuk menghentikan semua ini ada di halaman yang berhasil diterjemahkan, tapi sialnya halaman ini jatuh di ruang bawah tanah, tempat ibu Annie berada.


(putri sang Professor)



(istri sang Professor)

  menariknya, salah satu halaman tersebut menunjukkan sosok pahlawan di masa lalu yang berjuang melawan para entitas yang nantinya akan disebut sebagai Deadites.

  Hmmm entah mengapa sepertinya sosok ini terlihat familiar, ah pasti itu cuman imajinasi saya saja.


  Untuk mengambil halaman buku yang ada, Ash akan meng-upgrade dirinya dengan memasang Chainsaw di tangan kanannya dan memodifikasi shotgun untuk dipakai di tangan kirinya. Inilah sosok Ash yang akan diingat oleh banyak orang di masa depan.



  Dan tak lupa, catchphrase legendaris milik Ash.



  Dan ternyata, untuk mengusir para Deadites, Annie harus membuka portal waktu, meskipun berhasil mengusir para Deadites, sayangnya Annie tewas dan Ash ikut masuk ke portal waktu tersebut.

  Dan Ash akhirnya terdampar di masa lalu, menjadi sosok pahlawan yang akan melawan Deadites.


  The Evil Dead 2 adalah yang terbaik bagi saya.

  Dan yang terakhir, Army Of Darkness kembali melanjutkan kisah Ash yang mencari cara untuk kembali ke masanya, di sini elemen komedi lebih menonjol ketimbang horor, tapi tetap saja Ash akan banyak 'disiksa' di film ini.

  Sekedar saran, jika ingin menonton film ini carilah edisi Director Cut karena ada ending alternatif yang bagi saya lebih cocok ketimbang ending aslinya yang sangat standar (Ash kembali ke masa kini dan merayu wanita).




The Evil Dead Legacy

  Setelah Army of Darkness, tidak ada seri Evil dead lagi walaupun sudah banyak rencana yang akhirnya gagal, salah satunya adalah crossover antara The Evil Dead, Nightmare of Elm Street, dan Friday The 13th. Sayangnya pada akhirnya yang dibuat adalah film Freddy VS Jason.

  Ash sendiri cukup banyak mengalami crossover dalam bentuk komik, salah satunya adalah Ash melawan Freddy dan Jason.


  Bahkan Ash sempat mampir ke dunia Marvel dalam Marvel Zombies.


  Tahun 2013, The Evil Dead kembali di-remake dengan judul Evil Dead. Film ini kembali menghadirkan banyak adegan sadis dengan tone serius. Dan tentu saja film ini kembali mendapat predikat film tersadis.


  Kekurangan film ini hanya satu : Tidak ada Ash!!!!!!!!!!!!!!!!!!! . Ash sendiri muncul di credit dan mengucapkan kalimat legendaris miliknya yaitu :Groovy. Sempat terdengar akan ada sequel tapi akhirnya malah dibatalkan.


Bruce Campbell Awesomeness

  Bruce Campbell sebagai aktor yang memerankan Ash memang tergolong unik, dia jarang muncul dalam film-film besar, dia lebih sering muncul di film-film kelas "B", bahkan dia sendiri dijuluki King Of B Movies.

  Tapi karena dia adalah orang yang melambungkan nama Sutradara Sam Raimi, dia mendapat perhatian lebih oleh Sam Raimi dengan menjadikan dia cameo di berbagai film yang dia buat seperti Darkman dan Spiderman (yang dibintangi Oleh Tobey Maguire)!!!.

  Yup, Bruce Campbell muncul di 3 film Spiderman , berperan sebagai sosok berbeda dengan tujuan merusak hidup Peter Parker. Bahkan dialah yang memberi nama Spiderman karena pada waktu itu Peter lebih memilih nama Human Spider.


  Jadi sebelum fans film superhero mengenal istilah Cameo Stan Lee, saya sudah lebih dahulu mengenal "Bruce Campbell Cameo"


Ash Is Back


  setelah penantian yang lama, akhirnya Ash kembali dalam bentuk serial TV. Dan serial ini sendiri sudah mendapat banyak review positif. Tunggu review versi saya di blog ini !!!!



Temukan review lainnya di sini

2 comments:

  1. klo ane malah watu kecil nonton army of darkness duluan di TV daripada 2 film awalnya...
    yg itu aja uda bikin ane kecil mewek ngeri liat tengkorak idup.. >_<
    trus kuliah ada liat cover the evil dead 1 di dvd bajakan, dan begitu browsing, surprise juga ternyata nyambung ama army of darkness...
    sekarang mah nonton ketiganya sambil makan pizza juga uda kuat.. wkawawkawk

    ReplyDelete
    Replies
    1. msa kecil kita hampir sama (untung saya gak nonton army of darkness pas masih kecil ^_^ ) : takut ama yg 'begituan'

      Delete