Just A review From me: [GAME] DC Legends Review + Guide

Wednesday, January 4, 2017

[GAME] DC Legends Review + Guide







Prolog

  Dulu sekali, saat memainkan MAA saya sempat berpikir "Coba klo DC bkin game kya gini, pasti rame" , tapi itu dulu dulu sekali.




  Dalam dunia gaming, DC memiliki game Batman Arkham series yang terkenal, selain itu seri DC Lego juga cukup keren. Tetapi dari segi game mobile bisa dibilang DC cukup lemah karena hanya ada Injustice, oleh karena itu munculnya game ini bisa menjadi angin segar bagi para penggemar DC.

  Lebih mantapnya lagi, berita kemunculan game ini muncul tidak lama setelah MAA tutup, seakan-akan mengajak para penggemar Marvel untuk berpindah kubu XD.

  Tapi ternyata.................

  Game ini sendiri sudah mengalami masa beta selama lebih dari 1 tahun di perangkat Ios, tapi mengalami berbagai perubahan drastis sebelum rilis di Android.

  Dan bagi yang sudah pernah bermain Star Wars Galaxy Of Heroes (SWGOH) maka dipastikan akan sangat akrab dengan gameplay game ini karena SANGAT MIRIP !!!

  tapi sayangnya, pada akhirnya game ini malah lebih buruk ketimbang SWGOH.


How To Play On Emulator ???



  Indonesia cukup beruntung karena menjadi salah satu negara yang bisa memainkan game ini lebih awal, seharusnya sih saya senang karena tidak harus susah-susah mencari file APK-nya. Tapi ternyata game ini tidak bisa dimainkan di berbagai Emulator. Saya sudah mencoba mulai dari Bluestack,MEmu,dll tapi hasilnya NIHIL.

  Sampai ada seorang dari reddit yang menyarankan untuk menggunakan KoPlayer, salah satu emulator Android. Dan ternyata berhasil.

  Tapi sialnya, saya terpaksa harus membuat akun baru karena Koplayer tidak mendukung beberapa game lain yang saya mainkan. Karena hal itulah IGN (In Game Nickname) saya di game ini adalah ScreechingartistXXXXX (nick random yang diberikan google).

  Sampai sekarang saya masih menggunakan Koplayer untuk bermain game ini, entahlah apakah emulator lain sudah bisa memainkan game ini atau tidak ??


Game Overview




  Game ini sendiri memiliki genre turn-based RPG , di sini pemain membuat tim yang berisi 4 heroes/villain dan menggunakan mereka untuk melawan pasukan yang dipimpin oleh Nekron.

  Ada 3 tipe heroes di game ini, perbedaannya adalah dari adanya extra damage saat melawan counter-class (hal yang sudah sangat lazim di dunia game mobile saat ini).

  Untuk mode permainan sendiri cukup sedikit karena hanya ada Story, Timed Event, dan PVP. Cukup mengecewakan untuk game yang 'katanya' sudah ada sejak 1 tahun yang lalu.

  Untuk roster Heroes/Villain terlihat sangat memuaskan mulai dari hero mainstream seperti Batman sampai yang kurang dikenal seperti Chemo atau anggota Green Lantern lain selain Hal Jordan. Sejauh ini saya puas. Dan karena game ini memakai konsep multiverse maka ada beberapa heroes yang memiliki versi lain (contoh ada 3 versi Batman) sehinga jika ingin membuat satu tim yang isinya Batman maka sah-sah saja.




  Sayangnya, seperti SWGOH, untuk membuka para heroes dibutuhkan shard yang hanya bisa didapatkan dari Heroic mode atau membeli memakai premium currency. Dan untuk memperkuat para heroes pemain tetap membutuhkan shard extra dan resource tambahan yang tidak sedikit jumlahnya.

  Pengembangan para heroes juga sama, pemain harus mengumpulkan berbagai resources untuk menaikkan lv,gear,skill,rank hero bersangkutan. Lagi2 menyontek SWGOH. Ada 5 rank yang bisa diraih, dan jika sudah mencapai rank 5 bisa mengumpulkan shard extra untuk merubah hero menjadi Legendary, Legendary memilliki wujud yang lebih keren dan tentu saja lebih kuat.























What's The Trend ???

  karena saya telat dalam bermain game ini, saya ketinggalan Raven yang ternyata sangat hebat dalam kancah PVP, tapi sampai sekarang ada 2 heroes yang bisa dibilang WAJIB dikembangkan oleh semua pemain.

  Yang pertama adalah Green Lantern (Hal Jordan), hero ini memiliki berbagai skill support yang sangat membantu (apalagi jika sudah mencapai rank 5), dia juga memiliki skill stun yang sangat berguna baik dalam PVE / PVP.


  Yang kedua adalah Zatanna, hero ini WAJIB karena dia memiliki skill heal Area yang pastinya sangat berguna dalam PVE (karena beberapa memiliki wave > 3) dan bisa menghilangkan buff pada lawan.


  Karena mereka berdua sangat berguna maka disarankan untuk meng-upgrade mereka Sebelum memulai upgrade hero favorit kalian.



My Personal Taste

  Saya cukup simpel memainkan game ini karena sampai sekarang hanya memperkuat heroes yang sudah tersedia dari awal yaitu Green Lantern, Zatanna, Caped Crusader Batman (baru terlihat kuat saat mencapai rank 3), dan The Flash (HINDARI BERMAIN HERO INI JIKA KALIAN TIDAK MAU REPOT!!!)



What To Do Next ???

  menyelesaikan daily mission dan menunggu update yang membuat game ini menjadi lebih 'enak' untuk dimainkan karena saat ini keadaan game ini cukup kacau. PVP saja saya malas-malasan untuk memainkannya.



No Love For Flash ??

  karena serial TV The Flash maka si Barry "Baper" Allen adalah hero DC favorit saya untuk sekarang (karena Batman V Superman dan SuicideSquad tidak sesuai harapan). Dan bisa dibilang di game ini nasib dia sangat apes karena :

  • hanya ada satu tempat untuk farming shard miliknya (misi terakhir Heroic chapter 4) disaat hero lain memiliki 3 s/d 4 tempat
  • skill dia biasa-biasa saja, bahkan cenderung merusak tempo saat PVE (karena berbasis chance)
  • karena dia butuh buff untuk menjadi lebih cepat dan banyak hero yang bisa menghilangkan buff, maka dia cukup lemah dalam PVP

  tapi karena Flash adalah hero favorit saya, maka mau tidak mau saya menghabiskan cukup banyak resource untuk meng-upgrade dia (yang klo dipikir-pikir bisa saya alihkan untuk hero lain yang lebih berguna seperti Zatanna/Lantern/Huntress/Cyborg misalnya).


  jangan bilang ini semua karena Developer game ini juga menonton serial TV flash dan melihat ulah Flash di season 3 makanya mereka menyiksa Flash seperti ini. Jadi ini semua salah.........


















(dia lagi dia lagi....................)


PVP Is Suck

  kangen saat-saat PVP di MAA dimana poin PVP bisa turun kapan saja ??? itu semua bisa kalian temukan di sini.

  Meskipun kalian bisa memilih lawan dan melihat komposisi hero + kekuatan lawan sebelum memulai pertarungan tetap saja matchmaking game separah MAA. Bukan tidak mungkin dalam 1 jam kalian akan kehilangan poin yang cukup banyak.

  Apalagi ada cukup banyak pemain P2W (sudah mengeluarkan uang) sehingga cukup sulit mencapai posisi aman di PVP. Dan jangan lupa pemain "Hekel" tetap berkeliaran dalam game ini.

  Lagipula, hadiah dari PVP juga kurang sepadan karena hanya berbentuk shard hero yang sudah ditentukan + poin yang bisa ditukar dengan shard hero lain (dan sifatnya RANDOM).

  Dan sampai sekarang Flash belum menjadi hadiah PVP, jadi buat apa saya bermain PVP (kecuali untuk daily mission) ???????

 Dan lebih buruk lagi, saat turnamen PVP baru dimulai (1 minggu sekali) maka poin kalian tidak akan direset ke nol tetapi ke posisi terakhir (Contoh : minggu lalu poin saya 1565, maka minggu ini direset ke 1500, dst). Sehingga yang kuat akan semakin kuat.



The Un-friendly Update

  beberapa update terbaru game ini malah semakin merusak game ini dan akan membuat pemain F2P (gratisan) frustasi, karena :

  • tidak bisa lagi membeli material rank-up gear dengan memakai essense (meskipun sifatnya RANDOM), sekarang hanya bisa memakai premium currency
  • Timed Event memiliki berbagai batasan (mulai dari tipe hero,rank, hanya bisa heroes/villain) sehingga mau tidak mau pemain harus memperbanyak +memperkuat koleksi heroes mereka
  • semakin sulit mendapatkan beberapa item dalam game (drop game ini lebih parah daripada SWGOH)
  • adanya promo item yang hanya bisa dibeli memakai UANG ASLI, bukan premium currency
  • matchmaking PVP yang sedang error sehingga lawan yang tersedia selalu yang lebih kuat

  sehingga tidak heran jika kalimat kepiting ini kembali terbukti




New Player Tips + Guide

Basic

  • Build Zatanna/Green Lantern terlebih dahulu, pilih Green Lantern jika ingin memakai dia sebagai leader karena bonus leadernya sangat menggiurkan (25% shield ke semua allies + imun stun selama 2 turn)
  • mau tidak mau unlocklah hero lain dan upgrade mereka sampai lv 40-50 tetapi gear cukup sampai rank 4 agar bisa memulai timed event sampai node terakhir
  • Upgradelah hero DC favorit kalian karena semua hero di game ini kuat selama rank mereka tinggi
  • gunakan premium currency (essence gems) untuk me-refresh node (agar bisa farming shard lebih banyak) atau membeli energi
  • jika sudah mencapai 3 bintang dalam 1 node, manfaatkan instant battle (speed force) untuk mempersingkat waktu karena item ini bisa didapatkan dengan cukup mudah (cukup menyelesaikan daily)
  • jangan upgrade Flash (karena terlalu memakan banyak waktu)

PVE

  • selalu fokus ke counter class terlebih dahulu
  • karena tidak ada recharge, maka sebelum berpindah wave pastikan bisa membuang giliran dengan memakai skill yang lemah (damage kecil/memberi buff/debuff) agar cooldown skill terkuat terisi sebelum memulai wave baru (lakukan ini sebelum wave terakhir)
  • dalam melawan Boss, fokus kepada boss dahulu karena status mereka lebih kuat tetapi turn meter mereka lambat, manfaatkan skill stun Green Lantern dan Silence dari Caped Crusader Batman

PVP

  • pilih lawan yang jumlah powernya lebih kecil dari power kalian
  • fokus ke heroes yang bisa heal seperti Zatanna,Raven,atau world greatest detective Batman
  • jika ada Green Lantern, sisakan dia untuk dihajar terakhir karena serangan dia cukup lemah
  • waspada jika melawan heroes yang sudah menjadi legendary , kalo perlu stun mereka


Conclusion

  SWGOH dengan rasa DC tapi dengan fitur yang (masih) minim.

  Tapi setidaknya roster game ini sangat baik, saya harap update selanjutnya dapat benar-benar memperbaiki game ini.


My Score

60, 50 untuk gameplay, + 10 karena memakai tema DC




temukan review lainnya di sini

No comments:

Post a Comment