Just A review From me: [MOVIE] Logan Review

Tuesday, March 14, 2017

[MOVIE] Logan Review





Prolog

  Dalam Dunia Film Superhero, Para aktor datang dan pergi (baca : digantikan) begitu saja. Ada yang karena permasalahan studio (Spiderman), peminjaman hak cipta (Quicksilver di Age Of Ultron), reboot (Batman dan Superman), atau aktor yang sekarang lebih baik dari yang dulu (seperti Bruce Banner/Hulk dalam MCU). Tapi hanya ada satu aktor yang setia dalam memerankan perannya.

  Dan namanya adalah Hugh Jackman alias Wolverine.


  Selama 17 tahun, Jackman sukses memerankan mutant buas yang satu ini, Wolverine muncul dalam semua film 6 X-men, memiliki 2 spin-off , bahkan dia juga yang bertanggung jawab atas perubahan Timeline pada dunia X-men (kejadian di Day Of Future Past), dan terakhir dia muncul sebagai cameo dalam X-men : Apocalypse.

  Tapi setiap perjalanan pasti akan menemui akhir. Tahun ini akan menjadi tahun terakhir Jackman sebagai Wolverine. Logan akan mengakhiri karir Jackman sebagai Wolverine.

  Berita baiknya film ini mendapat Rating "R", rating yang cocok untuk menunjukkan potensi Wolverine yang sesungguhnya. Mungkin kita harus berterima kasih kepada Deadpool untuk hal ini.

  Berita buruk lainnya adalah ini juga akan menjadi akhir bagi Patrick Stewart yang memerankan Prof Xavier.

  Dua legenda akan pergi meninggalkan kita tahun ini.

...............................................................
...............................................................


atau tidak juga sih, silahkan baca bagian akhir dari postingan ini.


Story

  Tahun 2029, Mutant sedang berada di ambang kepunahan (tidak ada mutant yang lahir selama 25 tahun terakhir). Logan sendiri tinggal bersama Caliban, mutant yang bisa melacak Mutant lain dan Xavier yang menjadi sedikit 'gila' dan membutuhkan obat penenang agar kekuatannya tidak lepas kendali. Logan sendiri menjadi tua karena kemampuan regenerasi miliknya (healing Factor) sudah tidak sebaik dahulu.

  Untuk menghidupi dirinya, Logan berprofesi sebagai supir panggilan (entah pake G*ab ato U*er XD), sampai suatu hari dia diminta oleh seorang wanita yang bernama Gabriela untuk mengantarkannya beserta anak perempuannya ke sebuah tempat yang bernama "Eden". Logan sendiri menyanggupi hal ini karena bayaran yang besar (juga karena Gabriela terbunuh).

  Dan perjalanan yang akan Logan alami adalah sebuah roller-coaster kehidupan yang sangat emosional.

  Benar-benar sebuah akhir yang 'cukup' pantas bagi sang Wolverine.


Oh ya hampir lupa , Tidak ada adegan setelah credit


Characters

James "Logan" Howlett (Hugh Jackman)


  Menjadi Tua karena Adamantium yang ada di dalam tubuhnya mulai meracuni dirinya. Terpaksa harus merawat Xavier dengan cara mencari obat-obatan penenang setiap harinya. Logan berharap bayaran dari Gabriela dapat dia gunakan untuk membeli kapal laut yang akan dia gunakan untuk hidup di laut bersama Xavier.

  Perjalanannya mencari Eden bersama Laura dan Xavier akan membuatnya lebih memahami tentang arti keluarga yang sesungguhnya meskipun nantinya dia akan menemukan sebuah kenyataan pahit tentang tempat yang akan mereka kunjungi.

  Dan pada akhirnya, Logan akan menemui lawan yang sangat-sangat pantas bagi dirinya yaitu X-24.


Charles Xavier (Patrick Stewart)



  Menderita Alzheimer yang membuat dia tidak bisa mengendalikan kemampuan telephatic miliknya. Charles sendiri sudah pernah membuat sebuah insiden di masa lalu yang memakan banyak korban termasuk para anggota X-men lainnya.

  Karena dia diberi banyak obat penenang, maka jangan heran jika sifat dia di film ini akan sangat berbeda dengan sikap Xavier di film-film sebelumnya yang sangat bijak, bahkan di sini dia bisa melawak XD.

  Dialah orang yang memaksa Logan untuk mengantarkan Laura karena dia merasa Laura adalah masa depan bagi Mutant, dan sepanjang perjalanan dia terlihat sangat akrab dengan Laura walaupun Laura tidak banyak bicara (bicara pake telepati mungkin ???)


Laura / X-23 (Dafne Keen)


  Dialah fokus utama dalam film ini, Laura 'diciptakan' melalui berbagai macam eksperimen sebagai sebuah senjata hidup oleh perusahaan Alkali-Transigen, tapi karena mereka sudah menganggap bahwa eksperimen ini gagal maka Transisgen memerintahkan semua hasil eksperimennya dimusnahkan. Untungnya Laura dan beberapa temannya berhasil kabur karena jasa beebrapa orang (salah satunya adalah Gabriela).

  Jangan tertipu dengan penampilannya yang imut, dia memiliki cakar Adamantium beserta Healing Factor. Jika tidak hati-hati bisa-bisa nyawa anda melayang jika bertindak aneh di depan dia. Laura juga jarang berbicara sepanjang film ini, dan karena dia menghabiskan banyak waktunya di fasilitas tertutup maka jangan heran jika dia masih tidak tahu banyak tentang dunia luar dan merasa bahwa semua hal bisa diselesaikan dengan kekerasan. Maka sudah jelas menjadi tugas Logan dan Xavier untuk mengajari dirinya.

  Dia terlihat lebih akrab dengan Xavier, tapi tenang saja, Logan akan mendapat porsinya tersendiri di pertengahan film ini.



Donald Pierce (Boyd Holbrook)

  Orang Transisgen yang bertujuan memburu Laura, dia memiliki pasukan yang disebut Reavers. Standar Villain sih, tidak ada yang spesial dari dirinya. Untung saja dia bukan Villain utama dari film ini.


Yang Membuat Logan Berbeda

  Logan benar-benar membawa perubahan bagi genre Superhero, film ini benar-benar lebih terasa personal, penuh aksi sadis khas rating "R", dan minimnya mention tentang kejadian di film-film sebelumnya.

  Yup, untuk yang memiliki pola pikir film Shared Universe (seperti saya) mungkin akan cukup kecewa karena cukup banyak pertanyaan yang 'kurang' terjawab dalam film ini (terutama menyangkut kepunahan para mutant).


Jadi agar lebih gampang, saya menganggap setting Logan berada di Universe terpisah.



Menjawab Beberapa Pertanyaan

*Jawaban2 di bawah ini adalah murni opini penulis


  1. Setting/Timeline Logan ?

  Seperti yang sudah saya tulis di atas, Film ini mengambil setting Universe lain sehingga film bisa saya anggap 'berdiri sendiri'. Tapi memang seperti sudah menjadi aturan tidak tertulis bahwa meskipun mengambil setting di universe lain tetapi tetap saja ada beberapa kejadian yang pernah terjadi di film-film sebelumnya meskipun dihadirkan dengan sedikit perubahan seperti :

  • Logan memiliki peluru Adamantium (X-men origin)
  • Deleted scene pada adegan makan malam yang menceritakan tentang Jean Grey (bisa jadi Logan tetap membunuh Jean seperti yang terjadi di X3 : The Last Stand)

  1. Apa penyebab kepunahan para Mutant ?

  Dalam film ini diceritakan bahwa Xavier pernah lepas kendali dan membuat insiden di Westchester yang memakan ratusan korban termasuk para anggota X-men. Westchester sendiri adalah tempat bagi sekolah khusus Mutant milik Xavier. Tapi apakah hal ini cukup untuk membuat para Mutant punah ???, mungkinkah Xavier lepas kendali saat dia berada di Cerebro (yang membuat dia bisa terhubung dengan semua Mutant yang ada di dunia) ??????

  Alkali-Transisgen sendiri memiliki sebuah zat yang mereka masukkan dalam produk sehari-hari (makanan) yang bisa menekan gen Mutant. Dan sepanjang film ini juga diperlihatkan bahwa Transisgen memburu beberapa mutant untuk diambil tubuhnya sebagai alat percobaan mereka. Laura sendiri terlahir dari bayi tabung dengan donor Logan.

  2 hal inilah yang menjadi penyebab bagi 'kiamat' mutant, bagi saya sendiri perburuan para mutant + manusia di Day OF Future Past oleh Sentinel terlihat lebih masuk akal.

  1. Kemana X-men/Mutant lainnya ?

  Mutant sendiri memiliki banyak jenis, saya yakin beberapa memiliki sebuah pertahanan khusus yang membuat mereka bisa selamat dari serangan telephatic milik Xavier. Apakah Alzheimer Xavier begitu kuat sampai bisa membunuh semua Mutant yang ada di dunia ??? Tapi kenapa Logan dan Caliban bisa selamat ???

  juga kemana Magneto ??? teman lama sekaligus rival terbesar Xavier ini bukannya memiliki helm anti-Xavier ????

  jawaban mudahnya ?? mereka semua mati karena diburu pemerintah.

  Terdengar tidak masuk akal ??? di masa lalu Day OF Future past juga ada beberapa perburuan Mutant yang berhasil membunuh Mutant yang tergolong kuat macam Emma Frost dkk, jadi sepertinya pemerintah memiliki peran besar dalam menciptakan kepunahan Mutant.

  Atau tinggal anggap saja Magneto atau mutant telephatic tidak ada dalam Universe Logan XD , gitu aja kok repot!!!



Teaser Deadpool 2 di Logan ????

  Logan memang tidak memiliki Post-credit scene,tapi di beberapa negara (Indonesia tidak termasuk) ada adegan spesial yang dihadirkan sebelum film Logan dimulai.

  Dan adegan ini adalah teaser untuk Deadpool 2 !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  awalnya saya kesal mengapa tidak ada adegan ini di Indonesia, tapi setelah melihat adegan ini di channel resmi Ryan Reynold saya sedikit lega karena atmosfir Logan tidak akan cocok dengan teaser ini (fiuh).

  Tapi tetap saja ini Deadpool, kegilaan apa lagi yang dia tunjukkan dalam Teaser ini ???



  singkatnya Deadpool berusaha untuk menolong seseorang, tapi sayangnya proses dia 'ganti baju' terlihat lama (memparodikan Superman versi jadul, lengkap dengan musiknya). Dan seperti yang sudah ditebak, Deadpool gagal menolong orang tua ini. Beberapa orang bahkan menganggap bahwa orang yang ditodong ini adalah Uncle Ben, paman dari Spiderman. Baper-baper dah Spidey klo hal ini benar XD.

  Dan yang terpenting dalam teaser ini, Deadpool berhasil mengindentifikasikan (walah bahasanya) nama asli kakek Legend yang selama ini sering muncul sebagai cameo di film-film Marvel lainnya.


(akhirnya saya tahu nama aslimu XD)


Conclusion

  Sebuah film yang berbeda dari genrenya tapi sangat emosional dan menarik untuk dinikmati sebagai film tersendiri tanpa harus memikirkan konsep Shared Universe.



My Score :

95 (tanpa Shared Universe) , The Best Ending For Wolverine, tinggal diberi adegan Flashback maka film ini akan sempurna


80 (dengan Shared Universe), masih kurang sreg karena ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab






Extra........

  Ternyata, baik Patrick Stewart dan Hugh Jackman masih memiliki rencana untuk memerankan peran mereka di film-film selanjutnya (INGAT,MASIH RENCANA). Jackman sendiri berkata dengan maksud 'bercanda' jika dia siap menjadi Wolverine lagi jika Wolverine masuk MCU, bahkan dia sempat berkata bahwa aktor Bollywood Shahrukh khan cocok untuk menggantikan dirinya.

  Karena masih ada masalah hak cipta antara Marvel dan Fox maka sepertinya hal ini akan sulit terjadi.

  Tapi Hey, jika Marvel benar-benar berniat memasukkan Wolverine dalam MCU, mereka bisa memakai jasa orang ini yang terbukti ahli dalam hal berunding.



(Fox, I've come to Bargain)






temukan review lainnya di sini.

2 comments:

  1. hmm Caliban kan muncul juga di x-men : apocalypse.. di tempat underground raven bawa night crawler dan sekaligus tempat apocalypse rekrut psylocke .. apa dia termasuk mutant panjang umur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, caliban juga muncul di Apocalypse meski berbeda aktornya, latar belakangnya sepertinya diubah untuk film Logan, bisa aja di Logan usianya tidak sepantaran Xavier/logan



      pertanyaan saya tetep sama : kenapa dia ama Logan bisa selamat dari insiden Xavier ????

      Delete