Just A review From me: [MEMORIES] Power Rangers

Monday, March 20, 2017

[MEMORIES] Power Rangers




Prolog

  Sekumpulan pemuda-pemudi yang diberi amanah dan kepercayaan oleh sebuah entitas asing untuk melindungi bumi dari ancaman makhluk asing. Para pemuda-pemudi ini diberi seragam dan senjata tersendiri untuk melawan mereka, dan tidak lupa mereka memiliki kendaraan yang bisa disatukan menjadi sebuah robot besar.

  Kira-kira begitulah jawaban saya jika disuruh menjelaskan apa itu Power Rangers di masa sekarang.

  Tapi lain cerita ketika saya kecil, waktu saya kecil Power Rangers itu :

  • Gila Keren Abis
  • Pasukan Warna-Warni pelindung Bumi
  • Robot-robotannya keren, beliin dong Ma !!! (akhirnya dibeliin tapi versi KW)
  • Ih anak kelas sebelah punya robot T-Rex, aku juga mau (akhirnya tidak dibelikan karena harganya mahal)
  • Pengen jadi Ranger Merah kya Tommy.

  Pokoknya, Power Rangers adalah salah satu tontonan wajib bagi anak kecil era 90an, beberapa stasiun TV mulai menayangkan dari versi awal Mighty Morphin sampai sekarang yaitu Megaforce (yang sayangnya saya sendiri sudah tidak berminat lagi). Dan terkadang ada juga yang menayangkan versi asli mereka yaitu Super Sentai. Tapi apa daya image saya tentang Power Rangers sudah melekat dengan versi barat sehingga meskipun disodorin versi aslinya tetap saja saya menolak XD.

  Padahal Power Rangers sendiri memang berasal dari Jepang dan hanya 'bermodal' edit sana-sini untuk membuat versi barat.

  Saya menonton Power Rangers sampai seri SPD dan sudah mulai heran bagaimana bisa seekor alien berbentuk Anjing bisa menjadi Ranger. Setelah itu (sepertinya) saya sudah kehilangan minat untuk menonton kelanjutannya.


Series Overview


  Dimulai dari tahun 1993 sampai sekarang, Serial ini berkisah tentang sekumpulan manusia yang rata-rata berusia SMA yang harus melindungi bumi dari ancaman luar/dalam, dengan kekuatan yang mereka peroleh (baik dari Zordon atau sumber lain), mereka siap melindungi bumi. Franchise ini sudah menghasilkan 24 season + 2 Movie.

  Dan karena ditujukan untuk pasar barat, maka seringnya tokoh Villain di serial ini malah tidak terlihat jahat sama sekali, kalaupun jahat pasti mereka memiliki bawahan yang tidak kompeten dan menjadi bahan tertawaan.

  Juga, menurut orang jaman sekarang, Power Rangers itu tergolong rasis (karena orang Asia jadi Ranger kuning dan orang hitam jadi Ranger hitam).


(kilk new tab untuk gambar lebih jelas)

  Melalui seri inilah juga saya mengenal formula standar acara anak-anak tentang superhero yaitu Villain membuat satu monster tiap episode -> monster mengacau kota -> monster dikalahkan Rangers -> monster menjadi raksasa -> Rangers memanggil para Zords -> terjadi pertempuran slow-motion -> cerita berakhir.

  Oh jangan jangan lupa, aksi ledakan + efek kembang api yang terlihat berlebihan XD.

  Apalagi pose khas para Rangers ketika mengalahkan lawannya.




Asalnya Dari Jepang loh!!!!


  Power Rangers sendiri adalah sebuah adaptasi versi barat dari Super Sentai yang diproduksi Toei Company yang sudah ada sejak tahun 1975, Mighty Morphin Power Rangers sendiri adalah adaptasi dari Kyoryu Sentai Zyuranger yang dirilis tahun 1992.

  dan jika kalian jeli (saya sendiri baru tahu hal ini dari sebuah acara radio ketika saya kecil), sebenarnya semua adegan pertarungan pada Power Rangers diambil mentah-mentah dari Super Sentai (tentu disertai dengan berbagai edit dan dubbing), dapat dilihat dengan jelas dengan membandingkan kualitas gambar saat adegan pertarungan dengan adegan normal (adegan pertarungan cenderung memiliki gambar yang lebih terang), sehingga bisa dibilang klo Power Rangers itu tidak pernah bertarung karena sudah diwakilkan oleh negara jepang XD.

  Tapi tetep sih saya memilih Power Rangers, abis Super Sentai (baik jaman dulu atau sekarang) terlihat norak (apalagi ketika tayang di Indonesia mereka mengubah lagunya menjadi versi Indonesia yang bagi saya 'lebay').


Tommy Oliver, Ranger Terhebat Sepanjang Masa


  bagi generasi 90an, dialah Ranger terbaik dan rebutan para bocah ketika rebutan peran jika ingin main Power-Ranger Power Rangeran.

  Diperankan oleh Jason David Frank, Tommy memulai perannya sebagai Ranger Hijau yang jahat, lalu mengalami tobat dan menjadi Ranger Putih Di Mighty Moprhin Power Ranger. Lalu sebagai Ranger merah di 3 seri berikutnya (Alien, Zeo, dan Turbo). Tidak heran jika dia sering dianggap pemimpin bagi Para Ranger.

  Setelah lama tidak hadir, Tommy kembali sebagai Ranger merah di episode spesial Forever Red, lalu akhirnya menjadi Ranger hitam di Dino Thunder. Setelah itu saya tidak tahu lagi bagaimana nasibnya.


Best Power Ranger Series

berikut adalah 3 Power Ranger terbaik versi saya

  1. Mighty Morphin Power Rangers

  Selain awal dari segalanya, Zords yang berbentuk dinosaurus sangat mencuri perhatian saya ketika kecil. Aplagi saat melihat Zord milik Green Ranger.

  1. Power Rangers Dino Thunder

  Selain kembalinya Tommy, season ini juga kembali menghadirkan tema dinosaurus. Memang pada dasarnya laki-laki itu lemah terhadap dinosaurus XD.

  Oh, dan pada satu episode, para Rangers berkesempatan melihat versi Jepang mereka yaitu Abaranger melalui acara di TV, tidak lupa juga mereka berkomentar tentang begitu noraknya para Sentai (Power Rangers bisa memijat !!!!!!) meskipun pada akhirnya mereka tetap respect kepada Abaranger.



(Ranger pake wig ?????)

  1. Power Rangers In Space

  versi terbaik karena melanjutkan ending Power Ranger Turbo yang menggantung (para Ranger terdesak dan kabur ke luar angkasa), memiliki desain Zord luar angkasa yang keren, dan memiliki episode bersama para kura-kura ninja.

  Oh, episode akhirnya juga tergolong keren dimana para Villain dari Season-season sebelumnya berhasil menaklukan para Rangers. Apalagi nantinya salah satu Villain  (Astronema)  akan menjadi Ranger Pink di season selanjutnya (menggantikan Ranger Pink sebelumnya yang mengorbankan diri)





2017 Power Rangers, Good or Bad Reboot ?????



  Tahun ini (tepatnya sih minggu ini XD), Power Rangers akan kembali ke layar lebar dengan reboot dari versi Mighty Morphin. Dari trailernya saja terlihat bahwa film ini akan membawa elemen dark dan sepertinya tidak akan cocok untuk anak kecil. Apakah akan meraih sukses dan tidak mendapat predikat 'childhood ruined' oleh para fans lama ???? tunggu review dari saya.

No comments:

Post a Comment