Just A review From me: [MOVIE] Captain America : Civil War Review

Wednesday, April 27, 2016

[MOVIE] Captain America : Civil War Review




Prolog

  Setelah Age Of Ultron dan Ant-man sebagai penutup Phase Two, Marvel akan memulai Phase 3 tahun ini dengan Civil War, sebuah event yang sangat dinanti-nantikan oleh para penggemar.




  Ditambah dengan trailer yang sangat menggoda, sepertinya bisa dipastikan film ini akan sukses, atau benarkah demikian ???????? (mengingat pesaingnya, Batman V Superman mendapat tanggapan yang cukup beragam dari para kritikus film).

  Tapi sebelum saya memulai review film ini, mari kita sedikit bernostalgia dengan beberapa film Marvel Cinematic Universe (MCU) yang sudah dirilis.


Previously on MCU....


  • Ada Spoiler, Read At your own risk!!!

  Sebelumnya, Marvel hanya merilis 2 film saja ( Age Of Ultron dan Ant Man) untuk tahun 2015, dan untuk serial TV ada 4 (Agent Of SHIELD Season 3, Agent Carter Season 2, Jessica Jones, dan Daredevil Season 2). berikut adalah beberapa hal menarik yang terjadi dalam film-film yang saya sebutkan di atas :


Age Of Ultron (Full review bisa dibaca di SINI )

  • kelahiran dan kehancuran Ultron
  • retaknya hubungan para Anggota Avenger
  • bibit Civil War yang sudah mulai ditanam
  • disinggungnya Infinity Stones dan kelahiran Vision
  • matinya Quicksilver XD

Ant-Man (Full review bisa dibaca di SINI )

  • Informasi tentang Pym Particle
  • tobatnya seorang (mantan) maling XD
  • Ant-Man menyusup ke markas Avenger dan mempermalukan salah satu anggota Avenger

Agent Of SHIELD season 3

  • pencarian para Inhuman dan dibentuknya Secret Warrior
  • masa lalu Hydra terungkap
  • munculnya Inhuman pertama (The Hive)

Agent Carter season 2

- munculnya Zero Matter (Darkforce) yang diperebutkan oleh beberapa pihak

Jessica Jones (Full review bisa dibaca di SINI )

- masa lalu, masa kini, dan masa depan dari Jessica Jones (mending ditonton saja, ini bukan serial untuk semua kalangan)

Daredevil Season 2

  • Daredevil VS Punisher
  • Elektra


Blast From The Past


  Waktunya sedikit membahas 2 film Captain America terdahulu

  Captain America : The First Avenger dirilis pada tahun 2011, menceritakan kisah Origin sang Captain America dan aksi-aksinya selama perang dunia melawan Hydra.

  Film ini membosankan dari semua hal (terutama nasib si Red Skull), dan ironisnya film ini lebih pantas dianggap sebagai 'selingan' sebelum The Avenger. Tapi tetap saja akting para karakternya keren

  dan adegan favorit saya di film ini ada 2, saat Steve Roger yang masih cupu mengambil bendera dan saat Captain America menjadi sebuah simbol promosi/propaganda dalam melawan hitler XD.


(apa adegan favoritmu ????? )

  Tahun 2014, sekuelnya muncul dalam bentuk The Winter Soldier (Review bisa dibaca di SINI ), inilah film MCU yang benar-benar mantap dan sukses membawa alur cerita MCU yang ringan menjadi cukup kelam (Hydra yang ternyata sudah menyusup ke dalam SHIELD sejak dahulu), bahkan membawa banyak konflik seru untuk serial TV Agent Of SHIELD (bahkan rating acara ini naik karena film ini). Dan ditambah lagi dengan minimnya spesial effect yang membuat film ini pantas menyandang nama Captain America (konon beberapa adegan film ini terinspirasi dari The Raid).



  Kekurangan film ini bagi saya cuma satu, endingnya yang sangat tidak melihat situasi (Ant-Man juga melakukan hal yang sama) dan membuat saya membenci karakter Falcon (jadi Good Job Ant-man yang sudah mempermalukan Falcon ).



(karena adegan ini, saya  tidak suka kepada Falcon)


Everybody Is Afraid Of Something


  (untuk yang belum tahu, ini adalah salah satu Quote dari Wanda Maximoff sang Scarlet Witch dalam Age Of Ultron)

  Trailer Civil War memang keren, tapi entah kenapa saya tidak bisa overhype seperti orang lain, saya memiliki beberapa keraguan tentang film ini, dan saya harap keraguan saya ini SALAH besar.

  • banyaknya tokoh yang tampil akan membuat peran Captain America menjadi kecil
  • dengan banyaknya Superhero, seharusnya judul film ini adalah Avenger : Civil War
  • Black Panther dan Spiderman benar-benar mencuri perhatian publik
  • dengan tema 'perang antar Superhero', entah bagaimana para villain akan berperan dalam film ini
  • banyaknya Superhero mungkin akan membuat film ini menjadi boros spesial efek
  • dan karena saya sudah menonton Batman V Superman dengan tema yang hampir sama, Please jangan ada adegan "Martha' di film ini !!

  Intinya sih jangan sampai Captain America kalah pamor ketimbang tokoh-tokoh lain yang ada di film ini, Judul film ini CAPTAIN AMERICA, jangan sampai nanti saya menyebutnya sebagai "Captain Rapopo"



Story

  Setelah kejadian dalam Age of Ultron, para anggota Avenger tetap bekerja menjaga perdamaian di muka bumi ini dari beberapa ancaman khususnya HYDRA/teroris. Sayangnya, setiap aksi mereka selalu membuat beberapa kerusakan (baik materi ataupun korban jiwa). Dan disinilah pemerintah mulai merencanakan Sokovia Accord, sebuah perjanjian antar negara yang nantinya akan mengawasi setiap gerak-gerik Avenger dan membuat mereka tidak lagi menjadi organisasi Swasta, dan disini perpecahan antar anggota Avenger mulai terjadi karena ada perbedaan pendapat.

  Puncaknya adalah saat rapat peresmian Sokovia Accord dimana tempat pertemuannya dibom oleh James "Bucky" Barnes dan kembali memakan banyak korban. Dan disini Avenger terbagi menjadi 2 kubu, Tim Captain America yang merasa bahwa Bucky tidak bersalah, dan Tim Iron Man (tepatnya pemerintah) yang menganggap mereka adalah ancaman. Siapakah yang benar ??? dan apakah ada sesuatu yang ganjal dari peristiwa ini ??? Silahkan tonton untuk menemukan jawabannya.

  Dan ceritanya benar2 serius, siap-siap saja mengalami perasaan naik-turun karena Marvel benar-benar jenius dalam menampilkan semua adegan dalam film ini. Dan hebatnya lagi mereka masih bisa memasukkan joke dalam beberapa adegan serius, ini benar-benar keren sekali!!!.

  Bahkan beberapa adegan pertarungannya pun terlihat FUN meski tetap terasa menegangkan. Yang kalian lihat di trailer hanyalah secuil dari semua adegan action dalam film ini.

  Saking terlarutnya saya dalam tiap adegan film ini, saya bahkan lupa bahwa durasi film ini sekitar 2,5 jam. Dan untungnya ending film ini JAUH lebih baik ketimbang The Winter Soldier.



Choose Your Side (Characters)


  Team Cap atau Team Iron Man ????

  sebenarnya itu semua tidak lebih dari strategi marketing saja

  tapi entah kenapa hati nurani saya memilih team Zemo...........


Team Captain America



Steve Roger (Chris Evan)

  Sang Kapten kini harus melindungi Bucky dari incaran pemerintah meskipun harus melawan rekannya sendiri. Perasaan emosional Steve akan diuji dalam film ini. Salah satu alasan mengapa dia harus menyelamatkan Bucky adalah karena Bucky adalah satu-satunya teman dia dari masa lalu yang masih hidup (Yup , Steve akan kehilangan seseorang yang sangat dia kenal dalam film ini).

Falcon (Anthony Mackie)

  Semakin mantap dalam membantu Steve untuk menemukan Bucky, kali ini dia mendapat upgrade berupa flight suit baru dan burung mekanik yang bernama Redwing.


James 'Bucky' Barnes (Sebastian Stan)

  Sumber masalah dalam film ini, meskipun sudah terlihat jelas bahwa dia yang meledakkan gedung saat rapat berlangsung, tapi anehnya dia tidak mau mengakui hal tersebut, dan dari sinilah Steve harus mencari kebenaran dari peristiwa ini.

  Dan nantinya kalian akan mengetahui sejarah dan fakta tersembunyi dari julukan "Winter Soldier"

Wanda Maximoff (Elizabeth Olsen)

  Si cantik yang satu ini kembali dianggap ancaman bagi publik, karena itu dia harus dijaga oleh Vision. Hubungan mereka berdua terlihat menarik.

Clint Barton (Jeremy Renner)

  Gagal pensiun karena dipanggil oleh Steve, dia memiliki tugas 'penyelamatan khusus'

Scott Lang (Paul Rudd)

  Sang maling yang akhirnya bertemu dan bertarung bersama idolanya (Captain America), kostum baru miliknya membuat dia memiliki kemampuan baru. Sayangnya dia di sini tidak menggunakan "Greates Allies" miliknya.

  Dan tidak ada mention tentang ANT-THONY, Marvel kalian jahat sekali!!!!!!






Team Iron Man


Tony Stark (Robert Downey Jr)

  memilih menjadi dermawan dan bekerja di balik layar setelah kejadian Age Of Ultron, tapi akhirnya menyetujui Sokovia Accord karena merasa itu bisa membuat masyarakat merasa aman. Akting nya tidak perlu diragukan lagi, apalagi saat dia mengalami bincang-bincang Empat mata dengan Peter Parker XD.

  Dan.. Tony memiliki satu alasan yang membuat dia SANGAT membenci Steve

James Rhodes (Don Cheadle)

  menemani Iron man Sebagai War Machine dan mendukung Sokovia Accord

The Vision (Paul Bettany)

  Masih memiliki sifat kekanak-kanakan tapi mulai 'nakal', sedang bertugas menjaga Wanda.

Natasha Romanoff (Scarlet Johanssson)

  Sang Black Widow mengalami galau kelas berat karena harus memilih pihak mana yang harus dia dukung, dan sialnya dia sendiri pernah bekerja untuk dua pihak tersebut.

T'Challa (Chadwick Boseman)

  Pangeran dari Wakanda yang datang menemui rapat meskipun dia tidak suka politik, sayangnya sang Ayah meninggal dalam serangan yang dilakukan oleh Bucky, karena itulah dia bersumpah untuk mencari dan membunuh Bucky.

Selain kostumnya keren dan kuat (terbuat dari Vibranium), aksi dia juga keren!!


Peter Parker (Tom Holland)


  kesal karena dia muncul sebentar dalam trailer ?? tenang saja di sini dia tampil (cukup) lama.

  Sebagai Peter Parker, dia hanyalah anak ABG yang sedang mencari perhatian (sorry, tapi Tobey Maguire masih lebih baik darimu)

  Sebagai Spider-man, dia tetap menjadi anak ABG yang sedang mencari perhatian (tapi aksinya keren meskipun masih terlihat kekanak-kanakan).

  Dan terima kasih karena bincang-bincang empat mata dengan Tony, dia 100% memihak pihak kepada Tony.

  Ternyata dia sudah menjadi super hero jalanan untuk waktu yang cukup lama meskipun tanpa identitas (Tony menyebutnya Spider-Ling/ Spider-Boy).

  Dan OMG apa yang kalian lakukan pada Bibi May !!!!!!


Team Villain


Brock Runlow (Frank Grillo)


  memimpin kelompok teroris untuk mencuri senjata biologis, udah gitu aja


Helmut Zemo (Daniel Bruhl)


  Meskipun hanya manusia biasa, ternyata bekas petinggi HYDRA ini sangat bernafsu untuk menemukan Bucky, apapun bayarannya. Dan dibalik itu semua ternyata dia memiliki rencana yang sangat kompleks nan membingungkan.

  Jika kalian pikir Ultron itu pribadiyang kompleks, tunggu sampai kalian melihat aksi dan tindakan dari Zemo.

  Dan apa cuma saya saja yang merasa mukanya mirip Tobey Maguire ????



Where is Ray Sahetapy ????



(Tulisan ini ditujukan untuk mengkritik media Indonesia yang terlalu 'lebay')

  intinya mirip dengan Star Wars Force Awaken, tapi sedikit lebih tragis

  Netizen indonesia sempat dikejutkan dengan kabar bahwa salah satu aktor veteran Indonesia akan main dalam Civil War. Dan tentu saja pemberitaan tentang hal ini cukup heboh di dunia internet Indonesia (thx untuk beberapa media dengan tulisan yang sangat menjual walaupun bagi saya terlihat seperti 'terlalu ngimpi').

  Peran dia di sini adalah sebagai The Auctioner, seorang villain kelas B yang tidak dikenal (coba saja cek halaman marvel wikia, info tentang tokoh ini memang sangat minim) yang direncanakan memiliki hubungan dengan Zemo, tapi tetap saja hal ini tidak menghilangkan niat beberapa pihak media untuk mem 'blow up' berita ini dan membuat fenomena Overproud kembali terjadi di mana-mana.

  Tapi ternyata adegan ini dihapus karena Sutradara merasa bahwa tokoh di film ini sudah cukup banyak, dan saya sangat setuju akan hal ini.

  Ini bukan pertama ada tokoh yang dihapus, dalam Age Of Ultron juga pernah terjadi hal yang sama dengan tokoh wanita berkulit hitam yang berada di kolam.





After Credit Scene

Ada 2 adegan setelah credit, untuk menghindari Spoiler jadi saya beberkan saja pendapat saya setelah melihat dua adegan itu


Adegan 1 : Sampai Jumpa Kawan...
Adegan 2 : Bullying itu tidak baik


Silahkan tafsirkan sendiri kalimat di atas XD.





Conclusion

Evolusi lebih jauh jika dibandingkan dengan Winter Soldier, wajib nonton bagi fans MCU



My Score


95, terlalu keren untuk dilewatkan!!!!




temukan review film lainnya di sini

2 comments:

  1. Khusus Spidey, saya ngerti banyak yang kaget. Saya lihat Spidey dan May lebih ke adaptasi dari kartun Ultimate Spider-man ketimbang komik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ultimate spiderman yg mana dulu (soalnya versi kartunnya juga banyak)

      saya sendiri masih blom bisa move on dari sosok Tobey

      tapi casting versi marvel emang lebih 'muda'

      Delete