Just A review From me: [MOVIE] The Nun 2 Review

Friday, September 8, 2023

[MOVIE] The Nun 2 Review

 Before Prolog

Suster Irine : butuh 2 film untuk mencari cara untuk melawan Valak

Lorraine (The Conjuring 2) : dasar noob XD



sumber : imdb

Prolog


  Tidak terasa franchise The Conjuring” sudah berusia 10 tahun, franchise yang awalnya memperkenalkan penonton dengan berbagai insiden supranatural NYATA ternyata masih memiliki cara untuk bertahan di dunia film, salah satunya adalah memiliki cukup banyak film spin-off, blog ini sendiri sudah banyak membahas tentang franchise ini (cari saja sendiri di bagian “Daftar Isi” XD). bagi saya pribadi sebaiknya franchise ini dihentikan saja sih….



Untuk tahun ini penonton akan disuguhi “The Nun 2”, sequel dari “The Nun” yang dirilis 5 tahun yang lalu, film “The Nun” sendiri tergolong jelek tapi cukup berhasil karena pada waktu itu penonton tergolong amat sangat tertarik dengan sosok Valak.

 

5 tahun berlalu, bisakah “The Nun 2” memperbaiki nama baik franchise yang semakin ke sini semakin tidak karuan ???? sayangnya jawabannya adalah TIDAK!!!

 

Oh ya seperti film pertamanya, nama “Valak” tidak akan muncul di film ini tapi akan tetap saya tulis karena saya berasal dari masa depan (baca : sudah menonton The Conjuring 2).

 

.

Melihat Dari Sisi Lain


sumber  bloody disgusting

(wujud asli valak yang sayangnya tidak digunakan)

  Nama “Valak” menjadi terkenal setelah kemunculannya di film “The Conjuring 2 (2016)”, iblis yang memakai wujud “biarawati” ini berhasil menyita perhatian karena tergolong “unik” dan (tentu saja) menyeramkan, jadi jangan heran sosok Valak mendominasi banyak media (terutama meme lokal XD).

 

  Meskipun kekalahannya terlihat menyedihkan sih….

 

  2 tahun kemudian muncul film “The Nun” yang diharapkan mampu menjelaskan asal usul Valak yang konon katanya merupakan salah satu iblis petinggi neraka. Sayangnya film ini malah fokus ke berbagai hal lain yang akhirnya malah membuat film ini menjadi jelek di mata saya -_-.


   5 tahun kemudian dan pihak Studio masih belum bisa menjelaskan asal usul Valak -_-., jadi pada akhirnya Valak hanya berakhir sebagai “malaikat” yang dibuang oleh Tuhan (lihat saja trailer film ini). Sebagai pemain “Shin Megami Tensei” dan pernah membaca tentang “Bible Accurate Angel”, mungkin sudah saatnya studio film mulai mendefinisikan ulang sosok  “malaikat”.


  Di balik layar, Bonnie Aarons (aktris pemeran Valak) menuntut pihak studio karena gajinya yang tidak sesuai (terlebih lagi dari penjualan merchandise) dan menganggap pihak studio meng-ekspoitasi dirinya (namanya juga korporat rakus). Karena sekarang demo pekerja industri film masih berlangsung, apakah mungkin nanti Valak akan ikut serta menyuarakan haknya sebagai pekerja ???.   

 

Overview


 


  4 tahun setelah film pertama, Suster Irine memilih untuk tinggal di tempat terpencil karena masih trauma dengan kejadian di film pertama, Pendeta Burke sendiri sudah meninggal karena penyakit kolera.

 

  Di tempat lain, Valak yang berada di tubuh Frenchie / Maurice mulai membunuh pendeta di berbagai tempat, hal ini membuat pihak gereja meminta bantuan Irine untuk menangani masalah ini. Bisakah suster Irine menghadapi Valak untuk kedua kalinya ???

 

  Sayang sekali cerita di film ini masih tergolong di bawah standar, tapi setidaknya saya bisa memuji berbagai setting yang digunakan pada film ini. Valak memulai film ini dengan cukup “brutal” (karena rating film ini 13+) sehingga layak menyandang gelar “baru nongol udah langsung Ulti XD)*

*syarat dan ketentuan  berlaku XD

 

  Jumpscare pada film ini bagi saya tergolong biasa-biasa saja, tapi ada 2 hal menarik tentang Jumpscare di film ini :

 

- memanfaatkan berbagai media lain untuk membuat siluet sosok Valak (contoh : majalah yang bisa dilihat di trailer)

 

- penonton sudah bisa melihat sosok Valak sebelum Jumpscare dimulai

 

Seperti biasa, waktunya “kritik ngaco” :

 

- Nasib akhir Maurice ada di Conjuring 1, nasib akhir Valak ada di Conjuring 2, sungguh menyedihkan bukan ???

 

- salah satu Jumpscare di film ini menggunakan tempat yang sama persis dengan Conjuring 2, padahal kan setting jamannya berbeda (mungkin untuk menghemat budget ???)

 

- subplot relic yang tidak berguna dan tidak “terlalu” relevan dengan franchise ini

 

- motif + latar belakang Valak kurang digali (tidak cocok dengan judul film ini -_-)

 

- karakter baru tidak menarik

 

- terkesan sequel bait tapi tapi eksekusinya kurang terasa (mungkin akan ada The Nun 3 jika film ini sukses -_- )

 

 

Characters

 

Valak (Bonnie Aaron)


sumber : tenor

 

  Iblis yang berhasil kabur di film pertama dengan cara merasuki tubuh Franchie / Maurice. Saat ini berkeliling Eropa sambil membunuh berbagai tokoh gereja, tujuannya kali ini adalah mencari relic peninggalan Saint Lucy yang entah akan digunakan untuk apa. Jumpscare akan menjadi senjata terkuat Valak untuk menyelamatkan film + franchise ini.

 

  Meski aksinya tergolong brutal, toh pada akhirnya Valak akan mengalami siklus “nongol langsung Ulti” -> kehabisan mana -> akhirnya malah menjadi *pippp XD.

 

Maurice / Frenchie (Jonas Bloquet)


sumber : slash film

 

  Pria baik hati yang bernasib apes karena harus menjadi inang bagi Valak, dia berkeliling Eropa sambil mengambil berbagai pekerjaan yang umumnya akan memakan "tumbal" karena ulah Valak, saat ini Maurice bekerja di sekolah asrama putri yang berada di Prancis. Maurice sendiri mulai memperlihatkan berbagai tindakan aneh tanpa sepengetahuan dirinya. Yah bisa dibilang kondisi Maurice saat ini seperti seseorang yang memiliki “Stand” XD.

sumber : deviantart

(ini pasti salah *pippp)

 

Sister Irine (Taissa Farmiga)


sumber : yahoo

 

  Memilih menutup dirinya dengan cara tinggal di tempat terpencil, sampai akhirnya dia disuruh oleh petinggi gereja untuk menyelidiki kasus meninggalnya berbagai pastur di Eropa. Sama seperti film pertama, suster Irine akan mendapat berbagai “penglihatan” yang kelak akan berguna untuk mencari Valak. Masa lalu dan keluarganya akan “sedikit” diungkap pada film ini.

 

Sister Debra (Storm Reid)

sumber : dexerto

  Suster baru yang tingkahnya seperti “preman” karena berasal dari kelaurga yang bermasalah, memilih untuk menemani Suster Irine dalam perjalannya untuk mencari Valak. Debra pada akhirnya malah menjadi sosok Irine KW (awalnya sangat liberal tapi akhirnya malah…)

 

Sophie (Katelyn Rose Downey)


sumber  cnn indonesia

 

  Murid asrama putri yang berteman baik dengan Maurice meski harus menjadi korban bullying. Bersama ibunya (Kate), Sophie akan mencoba menguak rahasia yang ada di sekolahnya.

 

Saint Lucy, Patron Saint Of The Blind


sumber  wikipedia

 

  Berasal dari tokoh nyata, seorang wanita yang dianggap martir (baca : orang suci) karena tidak bisa dibakar, sayangnya dia dibunuh kaum Pagan dan organ tubuhnya diambil dan menjadi salah satu fokus pada film ini.


Mid Scene Credit Explained (SPOILER!!!)

sumber : slash film

 

  Hanya Ed dan Lorraine yang menerima telepon dari pihak gereja, karena tahun depan akan ada “The Conjuring : Last Rites” yang sampai saat ini belum ada info selain judulnya saja -_-.

 

  Btw, karena Conjuring 3 saya menganggap franchise ini sudah berubah genre menjadi Romance dan saya yakin unsur ini akan tetap muncul di Conjuring 4 -_- .

 

Waktunya Teori (SPOILER!!!)


  Meskipun tidak dijelaskan dengan baik di film ini, saya bisa melihat ada koneksi dari karakter Sister Irine dan Lorraine Warren (mereka kakak adik di dunia nyata XD) yaitu Irine mungkin adalah leluhur dari Lorraine, hal ini bisa menjadi motif mengapa Valak mengincar Lorraine pada Conjuring 2. Tapi teori ini menyisakan satu pertanyaan penting yaitu :

 

“Sister Irine menikah dengan siapa ???”

 

  Yang jelas sih bukan sama Maurice XD

 

 

Conclusion

 

  Valak mencoba kembali eksis di dunia film walau hasil akhirnya tergolong mengecewakan, dan kali ini tidak ada insiden “mati lampu” yang mampu menyelamatkan film pertamanya di mata saya XD.

 

My Score

40, KeVala, Pundak, Loe(*)ut lagi 2x

sumber  senalar

(untuk yang tidak ngerti XD)


==============================================

==============================================

==============================================



Bonus


  Katakanlah kelak akan ada The Nun 3 dan Sister Irine akan kembali bertemu dengan Maurice, maka bisa ditebak ekspresinya seperti apa XD.


sumber  facebook

 

No comments:

Post a Comment