Just A review From me: [MOVIE] Blue Beetle Review

Thursday, August 17, 2023

[MOVIE] Blue Beetle Review

 Before Prolog

   Tidak disarankan untuk anda yang sedang “broken home”

 

sumber : imdb


Prolog

 

  Karena ulah jasa Barry Allen alias The Flash, DCEU secara resmi sudah di-reboot, apakah kalian sudah siap dengan DC yang baru ???

 

  Tapi boong XD, tahun ini masih ada Aquaman 2 (yang sampai sekarang promosinya belum dimulai -_- )

 

  Sebagai “penebusan dosa”, bulan ini akan ada debut Superhero DC baru yaitu “Blue Beetle” BB, tentunya film ini memakai Universe yang baru.

 

  Tapi boong (lagi) XD, BB tidak termasuk dalam rencana Universe DC racikan James Gunn (kecuali hasil box office berkata lain XD).

 

  Terus apa gunanya nonton film ini (selain mencari hiburan) ???, saya hanya bisa menjawab “YNKTS”.

 

  Tapi dibalik ini semua, BB sukses memberikan sebuah kisah origin Superhero yang menarik dan ringan untuk ditonton meski formula ini sudah tergolong “usang”. Sayang sekali masa depan BB harus ditentukan oleh hasil box office -_-


Jika Dibandingkan


sumber  ew

 

  Awalnya saya mau memakai “Black Adam” karena statusnya sama-sama “dianaktirikan”, tapi akhirnya saya memilih Ant-Man karena memiliki banyak kemiripan, terutama dari segi mencari nafkah untuk keluarga.

 

  Aksi keluarga Jaime saya bandingkan dengan keluarga Kamala di serial “Ms Marvel”, sayang sekali perbedaannya cukup jauh karena baik Ant-Man dan Ms Marvel memiliki masa depan yang “cukup” cerah -_-

 

  Terakhir, entah kenapa keluarga Jaime mengingatkan saya pada Video Game “Far Cry 6”, tapi yang jelas bukan karena tokoh ini y XD…


sumber  tenor

 

 

Melihat Dari Sisi Lain


sumber : people

  Untuk yang belum tahu, saat ini sedang ada demo pekerja di Hollywood demi mendapat upah yang lebih layak, aksi demo ini sendiri sudah berlangsung 2 bulan dan belum ada tanda-tanda akan berakhir. Imbasnya adalah produksi beberapa film mengalami penundaan yang berarti konsumen juga dirugikan (apalagi jika anda tahu dampak demo ini di masa lalu, wuihh mengerikan). Benar-benar sebuah langkah “gila tapi dibutuhkan” dari para buruh di sana. Coba kalau hal serupa berlangsung di “wkwk land” pasti sudah dinyinyir dari jauh-jauh hari -_-.

 

  Hubungannya dengan film ini adalah para aktor dan kru film ini mendukung aksi demo tersebut dengan cara tidak melakukan promosi untuk film ini, ditambah lagi WB selaku petinggi DC juga melupakan film karena takut akan merugi seperti film “The Flash”. Alhasil promo film BB tergolong minim sekali.

 

  Untungnya masih ada beberapa fans luar negeri yang memiliki cara unik untuk mempromosikan film ini, salah satunya adalah memberi tulisan / gambar “ayo nonton film Blue Beetle” pada setiap postingan meme tentang DC. Sebagai penutup muncul sosok penyelamat dalam bentuk Lord Jeki Sunandar Zack Snyder dalam bentuk tweet (eh harusnya “x” yah ???) seharusnya membuat “pengikutnya” wajib menonton film ini XD.

 

sumber : twitter

(auto 1 milyar dollar nih XD)   

 

Overview

 


  Jaime Rayes baru saja lulus kuliah dari Gotham University dan siap berkumpul kembali dengan keluarga tercintanya, sayangnya Jaime harus mengalami “kenyataan hidup” dimana keluarganya mengalami berbagai masalah finansial, apalagi biaya sewa rumah mereka dinaikkan oleh tuan tanah yang baru yaitu Kord Industries (mirip-mirip sama Stark Industries sih…).

 

Sialnya saat mencari pekerjaan Jaime malah harus terlibat dengan konspirasi berbagai petinggi Kord. Puncaknya adalah tubuhnya terpaksa menjadi host (inang) dari Scarab, sebuah benda asing misterius yang menjadi fokus utama film ini. Selain harus berusaha beradaptasi dengan Scarab, Jaime juga harus melindungi keluarganya yang saat ini diincar oleh Kord Indutries. Bisakah Jaime melakukan itu semua ??? lalu bagaimana nasib rumah mereka ???

 

Film ini akan “mencoba” memperkenalkan penonton tentang budaya meksiko (terutama dialognya), tingkah laku keluarga Jaime akan menjadi daya tarik lain di film ini. Untuk Visual saya anggap bagus karena mendukung cerita. Untuk sisanya film ini memakai hampir semua formula klasik untuk kisah Origin jadi jangan terlalu berharap lebih untuk film ini. Jika saja film ini dirilis 5-10 tahun silam mungkin penilaian saya akan berbeda.

 

Tapi setidaknya eksekusi film ini tergolong bagus, tinggal lihat saja bagaimana hasil box office dari film ini.

 

Seperti biasa, waktunya “kritik ngaco” :

 

- cerita standar dan cenderung mudah dilupakan

 

- pertanyaan terbesar dari saya “Mengapa Jaime bisa dipilih Scarab ???” (saya tidak menerima jawaban “sudah diatur sutradara” yah -_- )

 

- lore “Scarab” tidak dijelaskan

 

- klise klasik “Villain yang siap luar dalam VS MC dengan plot armor kazoku no chikara XD”

 

- masa depan Blue Beetle yang belum jelas

 

- karakter Jaime kurang digali, keluarganya malah lebih mendominasi   

 

“Kritik super ngaco” dari saya, film ini akan jauh lebih baik jika ada karakter “tuan tanah” yang mencoba meneror keluarga Jaime agar masalah finansial keluarga ini bisa lebih terasa, yah minimal karakter dengan sifat seperti ini saja sudah cukup XD.


sumber : imgflip



Characters

 

Jaime Reyes (Xolo Mariduena)


sumber : cnn

 

  Pemuda yang baru saja lulus kuliah dan siap untuk memasuki “dunia kerja”, sayangnya harus dihajar telak oleh “realita hidup” karena keluarganya memiliki masalah finansial.

 

  Proses pencarian kerja mempertemukan Jaime dengan Scarab, benda asing misterius yang menempel pada tubuhnya dan memberi kekuatan super berkedok teknologi alien.

 

  Sayang sekali aksinya di film ini tergolong datar, 11 12 sama si Scarab

 

Scarab / Khaji-Da (Becky G)


sumber : distractify

  Benda misterius yang akan melakukan apa saja untuk melindungi host-nya, termasuk memberi kekuatan + senjata super yang pastinya akan merepotkan hidup Jaime pada film ini XD. Teknologi Scarab sendiri menjadi fokus utama pada film karena menjadi inspirasi dari produk terbaru Kord Industries yaitu OMAC (One Man Army), sebuah alat yang dapat membuat penggunanya memiliki berbagai kekuatan super + senjata canggih.

 

  Scarab memiliki suara layaknya AI pada program komputer, sayangnya suara Scarab sangat datar yang membuatnya menjadi serba “standar” (kalah jauh jika dibandingkan dengan JARVIS-nya MCU), persis penggunanya.

 

Jaime Family


sumber  New York Times

(minus Nana, tonton biar tahu alasannya XD)

 

  Keluarga Jaime yang tetap kompak + harmonis walau sedang dilanda masalah finansial karena usaha bengkel mereka bangkrut + sewa rumah naik. Ada Alberto Reyes (Damian Alcazar) selaku pemimpin keluarga yang sangat bijak walau memiliki penyakit jantung, Rocio Reyes (Elpidia Carrilo) selaku sosok ibu yang siap mendukung keluarganya, Milagro Reyes (Belissa Escobedo) selaku adik Jaime yang walau jutek luar dalam tapi sangat menyayangi keluarganya.

 

  Setiap keluarga butuh sosok “paman aneh keren”, disinilah aksi Rudy Reyes (George Lopez) yang memiliki banyak “bakat” tapi diimbangi dengan sifat humoris + penganut teori konspirasi yang cukup menghibur.

 

  Terakhir ada Nana (Adriana Barraza) selaku nenek yang dari trailer saja sudah terlihat jelas jika dia bukan “nenek biasa” XD.

 

Jenny Kord (Bruna Marquezine)


sumber : comic basics

 

  Salah satu petinggi Kord Industries yang menentang proyek OMAC walaupun nyawanya menjadi taruhan, usahanya mempertemukan dia dengan Jaime + keluarganya. Sudah jelas dong perannya di film ini seperti apa XD.

 

  Ayah Jenny adalah Ted Kord, ilmuwan yang meneliti Scarab dan akhirnya menjadi sosok Superhero dengan nama “Blue Beetle” yang menjadi sosok pelindung kota Palmera (bahkan Rudy ngefans sama sosok ini XD), berbagai gadget peninggalan dia akan sangat membantu rencana Jenny dan Jaime dalam membatalkan proyek OMAC. Ted Kord sendiri dikabarkan hilang entah kemana pada film ini.

 

 

Victoria Kord (Susan Sarandon)


sumber : distractify

 

  Adik Ted Kord yang sekarang menjadi pemimpin Kord Industries, sifatnya amat sangat “korporat rakus” karena rela melakukan apa saja demi mencapai tujuannya yang (tentu saja) tidak jauh-jauh dari kata “profit”.

 

Conrad Carapax (Raoul Max Trujillo)


sumber  looper

 

  Bodyguard Victoria yang menjadi pengguna pertama OMAC karena tubuhnya lumpuh akibat cedera perang. Carapax tampil layaknya “generic military guy” yang membuat karakternya menjadi begitu “standar”.

 

Post Credit Scene Explained (SPOILER ALERT!!!)


sumber  wikipedia

 

  Film ini memiliki 2 post credits scenes :

 

- sequel bait melalui pesan dari komputer milik Ted yang muncul tiba-tiba dan mengatakan jika Ted masih hidup!!!

 

- adegan humor yang tidak jelas apa tujuannya

 

Conclusion

 

  Blue Beetle tampil apa adanya dan layak untuk diapresiasi, semoga hasil box office film ini mampu memberikan karakter ini masa depan.

 

  Yah minimal pindah universe dengan bantuan Booster Gold gitu…

 

My Score

 

70, Film kesukaan Dominic Torreto (untuk bulan ini) XD

 

 

No comments:

Post a Comment