Just A review From me: [MOVIE] Guardians Of The Galaxy Vol. 3 Review

Saturday, May 6, 2023

[MOVIE] Guardians Of The Galaxy Vol. 3 Review

 Before Prolog

Sudah direncanakan akan ditonton hari rabu, tapi apadaya kehidupan selalu punya cara untuk … (silahkan isi sendiri) -_-

 

sumber  vapeboss


Prolog

 

  Ini dia film kedua MCU ( Meme Marvel Cinematic Universe) untuk tahun ini, Vol 3 dari GotG (Guardians Of The Galaxy) yang sukses menyedot banyak perhatian 9 tahun yang lalu sekaligus menaikkan pamor James Gunn sebagai sutradara Superhero “spesialis karakter B”.



  Untuk yang “ngerti” pastinya sudah tahu dong banyaknya hambatan yang terjadi untuk membuat GotG Vol 3, apalagi dengan Ant-Man 3 yang tergolong “jelek”, bisakah GotG Vol 3 mengembalikan minat penonton yang sepertinya mulai jenuh dengan film Superhero ??? jawabannya adalah B I S A

 

  Oh ya, karena James Gunn sekarang sudah menjadi Boss untuk DC Universe (yang baru), GotG Vol 3 bisa kita anggap sebagai “kado perpisahan” Gunn untuk para fans MCU.

 

Melihat Dari Sisi Lain


sumber : tenor

 

                                                        (tarian penyelamat galaksi XD)

 

  Ternyata saya sudah memiliki 3 tulisan tentang film GotG, silahkan dibaca jika anda iseng XD, GotG memiliki 2 film lainnya (I Am Groot dan Holiday Special) yang bisa anda saksikan melalui Disney+

 

Review Guardians Of The Galaxy (2014)

 

Review Guardians Of The Galaxy Vol 2 (2017)

 

Memories Guardian Of The Galaxy (2014)

 

  Untuk yang penasaran dengan “drama” James Gunn ternyata sudah pernah saya bahas di review film Brightburn a.k.a saya malas menjelaskan ulang XD.

 

  Untuk Vol 3 sendiri saya hanya menemukan satu drama yaitu beberapa aktor ingin pensiun dari karakternya di GotG, hal ini yang membuat beberapa fans menebak jika Vol 3 adalah “perpisahan” untuk para Guardians yang berarti akan ada karakter yang M A T I.

 

  Hah ??? MCU dipaksa “membunuh” beberapa karakternya ???

 

Tentu saja tidak semudah itu Esmeralda XD

 

Overview

 

  Setelah kejadian di Endgame dan Holiday Special, para Guardians yang sekarang menetap di Knowhere tiba-tiba diserang oleh Adam!!!. Walau Adam berhasil diusir tapi Rocket Raccon terluka parah, sialnya lagi tubuh Rocket “menolak” sistem pengobatan yang ada karena dikunci oleh penciptanya!!! (baca :  butuh cara khusus untuk mengobati Rocket).

 

  Disinilah petualangan “terakhir” para Guardians dimulai, petualangan untuk menyelamatkan Rocket Raccon yang akan diisi oleh konflik, tawa, drama yang siap menghibur penonton selama 2,5 jam..

 

  Saya bisa berkata “almost Perfect” untuk film ini dari semua segi (cerita, Visual, Action, dll) meski tentu saja ada beberapa “kritik ngaco” yang layak untuk saya tulis XD. 2 Nilai positif lain untuk film ini adalah sosok Villain yang 1000% layak untuk anda benci dan “akhir” dari karakter yang sudah menemani kita selama lebih dari 9 tahun.

 

  Dan inilah “kritik ngaco” dari saya untuk film ini :

 

- masih memakai formula khas MCU yaitu “cari aman” (padahal di DC James Gunn bisa lebih bebas dalam *pipppp)

 

- musik yang terlemah jika dibandingkan dengan 2 film sebelumnya (mungkin karena kebanyakan musik di film ini tergolong slow)

 

- Star-Lord tidak memakai helm / topeng miliknya -_-

 

- status Half Celestial Star-Lord akhirnya menjadi sia-sia (salah si Ego juga sih)

 

- ada adegan “membeku di luar angkasa” lagi (sudah 3x berturut-turut lho!!!)

 

- ada Jennifer Holland yang merupakan istri James Gunn (apakah ini yang namanya “nepotisme” XD ???)

 

- nama teman-teman masa lalu Rocket malah ikut diterjemahkan ke bahasa Indonesia (contoh : Floor menjadi Lantai) sehingga cukup mengganggu subtitle yang ada

 

- epilog yang terkesan “dipaksakan” untuk beberapa karakter

 

- credit yang tidak seheboh Vol 2 karena hanya berbentuk “tempelan” beberapa adegan Vol 1 dan 2


Characters

 

Peter Quill / Star-Lord (Chris Pratt)


sumber  radio times

 

  Menjadi depresi berat karena ditinggal mati Gamora di Infinity War + ditolak mentah-mentah sama “Gamora” di Endgame membuat Peter menjadi sosok yang menyedihkan menyebalkan di awal-awal film. Tapi setelah dia mengetahui jika Rocket sedang sekarat dia kembali menjadi sosok pemimpin yang siap memandu para Guardians…

 

  Tapi boong XD, karena nanti dia akan bertemu “Gamora” dan akhirnya menjadi sosok “bucin sejati”, yah mau gimana lagi namanya juga.


sumber : twitter

  Di salah satu interview, James Gunn bilang jika dia tidak setuju dengan “tindakan” Peter di Infinity War, tapi kok ujung-ujungnya karakter Star-Lord tetap dibuat seperti ini sih XD.

 

Rocket Raccon (Bradley Cooper)


sumber  the movieweb

 

  Menjadi sekarat karena ulah Adam, Rocket tidak bisa disembuhkan dengan cara biasa karena tubuhnya memiliki killswitch yang memerlukan kode khusus, jadi sepanjang film penonton akan melihat sosok dia yang sedang sekarat dan akhirnya dapat melihat masa lalunya yang tergolong tragis.

 

  Seberapa tragis ??? Nebula saja mengatakan jika apa yang terjadi pada Rocket JAUHH lebih buruk dari apa yang Thanos lakukan pada tubuhnya.

 

  Masa lalu Rocket sendiri akan diisi oleh 3 temannya yang menjadi subjek penelitian High Evolutionary, mereka adalah Lylla (Linda Cardellini), Teefs (Asim Chaudhry), dan Floor (Mikaela Hoover). Siap-siap untuk merasa emosional yah, siapkan tissue jika anda merasa tidak kuat.


sumber : the digitalfix

 

Nebula (Karen Gillan)


sumber : the digitalfix

 

  Karakter yang Development-nya sangat terasa, saat ini secara terpaksa menjadi sosok pemimpin bagi para Guardians karena tingkah laku mereka rata-rata sangat kekanak-kanakan. Nebula siap mempertaruhkan jiwa, raga, dan units (mata uang di GotG) untuk menyelamatkan Rocket.

 

  Sedikit kritik dari saya, sayang sekali tidak ada mention tentang aksi Nebula selama 5 tahun time skip bersama para anggota Avengers, dan apakah tangan yang Nebula pakai saat ini menggunakan nanotech milik Stark ???

 

Drax (Dave Bautista) dan Mantis (Pom Klementieff)


sumber : the playlist

 

  Kualitas “melawak” mereka tidak perlu dipertanyakan lagi (apalagi jika menonton Holiday Special) XD. Drax tetap tampil layaknya “orang bodoh” dan Mantis sekarang sudah mampu “mengejek” anggota Guardians lainnya XD.

 

Groot (Vin Diesel)


sumber  the direct

 

  Memiliki wujud baru yang terlihat “berisi” namun sayang harus K.O di awal-awal karena ulah Adam -_-. Groot kali ini lebih berperan di belakang layar namun tiap aksinya tetap keren + konyol.

 

Tapi tetap jangan lupa


sumber : tenor

 


Gamora (Zoe Saldana)


sumber  new york post

 

  Sekedar mengingatkan, Gamora di film ini adalah Variants dari Timeline yang berbeda. Saat ini Gamora menjadi anggota Ravager yang kemampuannya dibutuhkan para Guardians untuk menyelamatkan Rocket meski harus bertemu Peter dan dipaksa untuk “cinlok” (lagi) -_-.

 

  Stakar dan anggota Ravager lainnya hanya muncul di satu adegan saja yaitu briefing para Guardians sebelum menyusup ke Orgocorp, perusahaan yang menciptakan implant untuk Rocket.

sumber  reddit

 

 

Kraglin (Sean Gunn) dan Cosmo (Maria Bakalova)


sumber  murphy multiverse

 

  Kraglin masih belum bisa mengendalikan Yaka Arrow milik Yondu walaupun memiliki banyak waktu setelah Vol 2 (apakah ini berarti Kraglin menjadi korban Snap Thanos ???). Cosmo sendiri adalah anjing dengan kemampuan telekinetik tinggi yang sayangnya memiliki sifat “baperan” karena diledek oleh Kraglin.

 

Adam Warlock (Will Poulter)


sumber : movieweb

 

  Fans komik siap-siap kecewa karena Adam Warlock di MCU jelas berbeda dengan versi aslinya. Adam Warlock di MCU tercipta dari “dendam” Ayesha pada para Guardians karena aksi mereka di Vol 2. Ternyata kelahiran Adam dipercepat oleh High Evolutionary!!!

 

  Meskipun kuat dan (cukup) menakutkan, aksi Adam di film ini ternyata hanya sekedar menjadi “tukang rusuh” saja, untung saja bisa ditutupi dengan akting aktornya dan sifatnya yang ternyata polos layaknya anak kecil karena baru saja dilahirkan. 

 

Ayesha (Elizabeth Debicki)


sumber : the direct

 

  Pemimpin para Sovereign yang kali ini tetap memburu para Guardians, terutama Rocket karena ini adalah perintah dari High Evolutionary yang ternyata adalah “Pencipta” bangsa Sovereign. Disini penonton bisa melihat sendiri sosok Ayesha yang seharusnya sombong ternyata harus “ketar-ketir” saat berada di hadapan High Evolutionary. Benar-benar menandakan jika High Evolutionary bukan makhluk biasa!!!

 

High Evolutionary (Chukwudi Iwuji)


sumber : detikHot

 

Fans serial TV “Peacemaker” silahkan berteriak : MURN!!!!!

 

  Sosok yang amat sangat terobsesi untuk membuat makhluk hidup yang “sempurna”, untuk mencapai hal itu dia tidak segan-segan melakukan berbagai eksperimen “kejam”, Rocket alias Subject 89P13 ternyata memiliki apa yang tidak dimiliki subject lainnya yang membuat dirinya menjadi “spesial” di mata High Evolutionary, tapi itu ternyata adalah awal dari horor yang akan diberikan oleh Villain ini.

 

  High Evolutionary tampil sangat berbeda jika dibandingkan dengan Kang meskipun sama-sama menggunakan “teknologi”, High Evolutionary memiliki banyak hal (dan kualitas akting) yang membuatnya menjadi sosok yang layak untuk ditakuti sekaligus dibenci (hal yang sudah lama tidak saya temukan pada karakter Villain di film Superhero).

 

  Seberapa menakutkan sosok High Evolutionary ???? anggap saja dia seperti “bocil” di bawah ini tapi 1000x lebih MENAKUTKAN!!!


sumber  tenor

 

 

Counter Earth


sumber  games radar

 

  Planet buatan High Evolutionary yang dibuat untuk menampung makhluk ciptaannya yang “sempurna”, High Evolutionary terinspirasi dari planet bumi yang pernah dia kunjungi ribuan tahun lalu. High Evolutionary sendiri kagum dengan budaya planet Bumi namun dia benci karena semua itu dirusak oleh sifat bigot milik manusia.

 

  Bisa penonton nilai sendiri betapa “ngaconya” Counter Earth, saya sendiri hanya bisa berkomentar…


sumber  tenor

 

Post Credit Scene Explained

 

SPOILER ALERT!!!

 

Ada 2 scene :

 

- Roster Guardians Of The Galaxy yang baru, ada muka lama dan muka baru disini, dan OMG Groot terlihat amat sangat… (silahkan isi sendiri XD)

 

- akhir dan awal bagi Peter Quill, dengan petunjuk jika Peter akan kembali di masa depan

 

Apakah saya setuju dengan sequel / spin-off Star-Lord tanpa campur tangan James Gunn ??? sangat ragu-ragu sih, soalnya karakter Peter itu sendiri kan….


sumber  tenor

 

 

Conclusion

 

GotG Vol 3 menjadi titik balik sekaligus pembuktian untuk phase 5 MCU meskipun harus berakhir tidak seperti harapan para fans. Untung saja hal ini mampu ditutupi dengan banyaknya hal keren yang terjadi pada film ini.  

 

My Score

 

90, Perpisahan yang Dipaksakan (tapi keren)


==============================================

==============================================

==============================================

==============================================


 

Bonus 1


 


Waduh hampir saja saya lupa jika masih ada 1 film MCU di tahun ini, kira-kira The Marvels mampu memberikan hal yang berbeda tidak yah (diluar planet joget-joget dan karakter Oppa) ???

 

Bonus 2

 

Melihat bagaimana James Gunn mengakhiri trilogi GotG, mungkin ini pertanda jika dia memang layak untuk memimpin DC, yah selama fans DC ikut mendukung juga sih dari segi finansial (baca : menyempatkan diri menonton film DC).

 

Soalnya ya tahu sendiri yah di DC masih ada mereka yang….


sumber  fandomwire

 

                                                             (apakah anda termasuk ???)

 

No comments:

Post a Comment