Just A review From me: [MOVIE] Brightburn Review

Tuesday, May 14, 2019

[MOVIE] Brightburn Review


Film ini Khusus DEWASA (17+) karena mengandung BANYAK Adegan SADIS!!!




Prolog


  Di dalam dunia komik, "What If" adalah sebuah konsep cerita dimana ide-ide yang dianggap "nyeleneh" digunakan untuk mengubah kisah yang sudah ada sebelumnya. What If bisa dianggap sebagai ajang "kreatif" para pembuat komik untuk membuat sebuah cerita unik. 2 Contoh yang bisa saya berikan (maklum pengetahuan saya tentang komik masih kecil XD) adalah "Superman : Red Son" dimana Superman dibesarkan di negara Uni Soviet dan menjadi "komunis" sedangkan dari Marvel ada "Marvel Zombies" dimana para superhero Marvel menjadi zombie yang siap memakan siapa saja!!!




  Tapi tenang saja, kisah-kisah "What If" terjadi di universe (semesta) tersendiri sehingga tidak merusak kontinuitas dari karakter yang sudah ada (kecuali jika ada event antar-semesta -_-)


(sungguh sebuah konsep yang "unik" bukan ??? )

  Film yang akan saya review kali ini memakai konsep "What If" meskipun tidak berasal dari Marvel ataupun DC. Brightburn mencoba merubah "sedikit" kisah origin Superman dengan sebuah twist simpel yaitu :

"Bagaimana jika Superman tumbuh menjadi sosok yang jahat ???"

  Film ini sendiri disutradai oleh James Gunn yang sebelumnya terkenal karena 2 film "Guardianof The Galaxy" sampai sebuah "skandal" membuat karirnya terancam. Film ini sendiri bisa dianggap sebagai ajang comeback James Gunn, apalagi diharapkan Brightburn akan memberikan sebuah kejutan untuk genre Superhero dengan menambahkan berbagai elemen horor yang dibuktikan dengan trailer yang cukup mencekam.

  Bagaimana hasilnya ??? di luar premis yang secara tidak langsung sudah menggambarkan 80% isi film, Brightburn berhasil memberikan "sentuhan" baru untuk genre Superhero dan horor. Saya sendiri cukup "kecewa" dengan film ini karena tidak sesuai dengan harapan awal saya yang ingin film ini membuat saya berpikir tentang karakter Brandon itu :

"Brandon itu tidak jahat, kalianlah (baca : masyarakat) yang membuatnya menjadi seperti ini!!!"

  tapi pada akhirnya film ini malah membuat saya berpikir

"yah ternyata Brandon sudah ngaco dari sono-nya -_- "


Semua Karena "Tweet di Masa Lalu"



  Tahun lalu James Gunn dipecat secara tidak terhormat oleh Disney karena sebuah tweet tentang pemerkosaan dan pedoplihia yang ada di akun twitter miliknya.


(serem banget)

  masalahnya adalah semua tweet itu dibuat pada tahun 2009-2011 dan James Gunn sendiri pernah meminta maaf pada tahun tersebut. Lalu bagaimana bisa tweet tersebut kembali ke permukaan ???

  Jawabannya adalah P-O-L-I-T-I-K, jadi James Gunn sering mengeluarkan berbagai tweet"anti Trump" yang membuatnya "diincar" oleh berbagai "oknum" yang akhirnya menemukan tweet lama ini. Efeknya sendiri sangat menakutkan karena publik menjadi sangat membenci James Gunn yang pada akhrinya membuat dirinya dipecat oleh Disney.

  Langkah Disney sendiri saya rasa sudah tepat karena pada waktu itu mereka sedang dalam proses untuk membeli "21st Century Fox", tentunya tweet "sensitif" seperti ini dapat memberikan efek buruk bagi saham Disney (apalagi image Disney yang erat dengan anak-anak). Sudah tidak terhitung berbagai pihak (baik luar atau dalam) yang dengan yakin mengatakan jika karir James Gunn sudah tamat, mungkin anda termasuk yang setuju dengan pernyataan ini pada tahun lalu ???

  James Gunn sendiri memilih untuk membuat film Brightburn setelah kejadian di atas yang tentu saja memiliki budget yang tergolong kecil. Jadi jika anda berharap Brightburn akan menjadi film yang kompleks maka siap-siap saja untuk kecewa.

  Kejutan terbesar dari kisah ini adalah pihak DC meminta James Gunn untuk menjadi Sutradara "Suicide Squad" dan Disney (yang proses deal dengan Fox selesai) akhirnya kembali meminta dirinya menjadi sutradara "Guardian Of The Galaxy Vol 3" (meskipun imbasnya adalah proses produksi yang masih lama).

  Jadi apakah James Gunn benar-benar seorang pedophilia ??? Saya sendiri berpendapat jika tweet di atas hanyalah sebuah "pelampiasan stress/fetish" tanpa diiringi aksi nyata (tapi lain cerita jika di masa depan James Gunn terbukti bersalah)

  Lalu pesan moral apakah yang bisa kita dapat dari kisah ini ???

  Jejak digital itu menyeramkan

  Politik itu menyebalkan

Overview


*ada adegan seks yang dipotong tapi tidak menggangu keseluruhan film ini


  Pasangan Breyer sudah lama ingin memiliki anak tapi sayangnya semua usaha mereka gagal total, doa mereka terjawab setelah sebuah pesawat misterius yang berisi sebuah bayi mendarat di peternakan mereka. Tentu saja hal pertama yang mereka lakukan adalah merawat bayi tersebut sebagai anak mereka sendiri (positive thinking saja, mungkin pasangan Breyer tidak pernah membaca cerita tentang Superhero XD). Bayi itu sendiri mereka beri nama "Brandon".

  12 tahun kemudian Brandon tumbuh menjadi anak baik,pintar, namun pemalu. Tapi semua berubah saat Brandon menyadari jika dia memiliki kekuatan super dan bukannya berusaha menjadi sosok pahlawan Brandon malah melakukan berbagai tindakan yang "amat-sangat tidak sesuai untuk ukuran anak 12 tahun", Tujuan akhir Brandon itu sangat mudah yaitu :

"Menghancurkan Dunia"

  bisakah penduduk Brightburn selamat dari teror Brandon ???

  Karena premis cerita ini sangat sederhana maka saya hanya menyukai 2 hal dari film ini yaitu :

  • aksi Brandon dalam "memburu" targetnya
  • elemen gore (baca : sadis) yang sangat menakutkan, salut untuk LSF yang tidak menyensor berbagai adegan ini!!!

  tapi tetap saja saya memiliki "kritik ngaco" untuk film ini yaitu :

  • perkembangan karakter Brandon yang terlalu instant
  • 0 (baca : NOL) alasan untuk bersimpati pada Brandon
  • Awal sampai pertengahan film terasa sangat membosankan
  • tidak ada penjelasan untuk kostum Brandon yang terlihat sangat creppy (dengar2 sih desain topengnya terinspirasi dari Leatherface (Texas Chainsaw Massacre) )
  • jumpscare yang mudah dibaca dan tidak menakutkan

  Tapi adegan akhir dari film ini berhasil membuat saya tersenyum lebar karena 2 hal yaitu :

  • adanya karakter yang diperankan oleh Michael Rooker (Yondu di GotG) bisa memberikan harapan jika film ini akan memiliki sequel (bisa aja kalau sukses di pasaran XD)
  • baca di bagian "bonus" XD

Characters


Brandon Breyer (Jackson A Dunn)



  Sosok mirip "superman" yang memiliki berbagai perilaku menyimpang seperti :
  • sangat mudah untuk baper
  • tertarik pada tubuh wanita
  • masuk ke rumah orang lain tanpa izin
  • berani berbohong dan mengancam orang yang lebih tua dari dirinya
  kalau saja Brandon tidak memiliki kekuatan super mungkin saya akan menganggapnya sebagai "Kids zaman Now" XD

Pasangan Breyer



  Kyle Breyer (David Denman) dan Tori Breyer (Elizabeth Bank) sangat menginginkan seorang anak yang akhirnya membuat mereka "mengadopsi" Brandon yang jatuh di peternakan milik mereka. Kyle dan Tori tentunya sangat menyayangi Brandon dan merawatnya dengan penuh kasih sayang. Tapi semua berubah saat Brandon berubah menjadi sosok teror bagi kota Brightburn. Tori Breyer sendiri adalah tokoh terbaik di film ini bagi saya karena benar-benar terlihat seperti sosok "ibu sayang anak" yang tentu saja kelak akan dibayar mahal oleh Tori sendiri.



Conclusion


  Brightburn memiliki ide unik yang dieksekusi sesuai standar yang ada tetapi dipercantik oleh elemen gore yang tampil mengesankan. Saya pribadi ingin sekali memiliki sequel karena berhasil "melahirkan" genre baru yaitu "Superhero Horror".

  Tapi cara film ini menggambarkan karakter Brandon tetap membuat saya kecewa sih -_-

My Score


60++, Superman + The Omen



Temukan review lainnya di SINI



===============================================

POJOK IKLAN

Butuh Pemadam Kebakaran atau Peralatan Safety lainnya untuk rumah / tempat kerja anda ???

 Hubungi Cipta Sarana Abadi (022-87308445) (cek web untuk info produk dll)

(dapatkan discount khusus dengan me-mention blog ini XD)

===============================================


Bonus


  Brandon benar-benar menggambarkan secara jelas ketakutan Batman di film BvS yang merasa jika Superman pantas untuk mati. Saya sendiri yakin jika duel Brandon VS Batman terjadi maka akan Batman akan unggul. Alasannya sendiri sangat mudah yaitu :

"NAMA IBU MEREKA TIDAK SAMA!!!"





(setuju tidak XD ???)

No comments:

Post a Comment