Just A review From me: [TV Series] Marvel Jessica Jones Review

Saturday, December 5, 2015

[TV Series] Marvel Jessica Jones Review





*Tulisan ini penuh SPOILER, Read it at your own risk!!!!


Prolog


"Jujur itu baik"

"Sampaikan Kebenaran walau itu pahit"


"Kebenaran selalu menyakitkan"

mungkin kalian sudah sering mendengar kalimat-kalimat di atas, pertanyaan saya adalah ?

"apa yang akan seseorang lakukan setelah mendengar sebuah kebenaran yang pahit ? "

  bagi Jessica Jones, jawabannya ada dua :

  • Melakukan sesuatu tentang Hal itu

  • Menolak kebenaran yang yang sudah diberikan, dan menyerang balik orang yang memberitahu hal tersebut

  Sepertinya, kita semua sudah tahu jawabannya




  dan Prang!!!!!!, sebuah jendela pun pecah karena hal yang saya tanyakan di atas XD



  (Siapa yang ganti rugi ????)

  itulah adegan pembuka dari "Jessica Jones' , serial TV terbaru dari Marvel, setelah sebelumnya sukses dengan "Daredevil' yang berhasil membawa tema gelap untuk Marvel Cinematic Universe (MCU), dan Jessica Jones berhasil menyempurnakan tema tersebut.

  Setelah menonton 13 episode dari serial ini, saya tekankan bahwa serial ini bukan untuk semua kalangan, banyak sekali tema dewasa yang ditawarkan oleh serial ini (PTSD, minuman/obat-obatan, LGBT, pembunuhan,dll) sehingga mungkin bagi beberapa orang serial ini membosankan dan tidak menarik, untuk kalian yang ingin mencari serial TV lain dari Marvel yang memiliki tema lebih ringan, saya lebih menyarankan untuk menonton Agent of SHIELD.

  Jadi, sudah siap untuk berkenalan dengan Jessica Jones ????


Story

  Setelah sebelumnya gagal berkarir sebagai Superhero karena Trauma, Jessica Jones beralih menjadi seorang PI (Private Investigator) dengan membuka Alias Investigation dan mulai mengambil kasus yang rata-rata tentang selingkuh.

  Sampai Suatu hari, Jessica mendapat tugas mencari seorang remaja yang hilang, dan siapa sangka pencarian ini akan mempertemukan dia dengan orang yang sudah dia anggap mati dan memberikannya trauma di masa lalu yaitu Kilgraves, dan kali ini Kilgraves berencana membalas dendam kepada Jessica.

  Dan dimulailah 13 episode tentang penyelidikan,pembunuhan,fakta, dan tragedi.


Characters


Jessica Jones (Krysten Ritter)


  Tokoh utama di serial ini, kecelakaan di masa kecil yang merenggut nyawa keluarganya ternyata membuat Jessica memiliki kekuatan super. Kekuatan super Jessica adalah memiliki tenaga yang luar biasa yang membuat dia bisa mengangkat benda berat, dan melompat lebih tinggi, basically superhuman power.

  Sempat mencoba menjadi Superhero untuk beberapa saat, namun pertemuannya (+ pengaruh) dengan Kilgraves membuat dia trauma dan berpindah haluan menjadi seorang PI. Namun pertemuannya kembali dengan Kilgraves membuatnya harus melakukan sesuatu untuk menyelamatkan orang lain.

  Meski memiliki kekuatan super, Jessica bukanlah seorang Superhero yang patut ditiru, di sini terlihat sekali bahwa dia memakai kekuatanya untuk mendukung pekerjaannya sebagai PI (menakuti seseorang, mengambil posisi sempurna untuk mematai-matai kliennya,dll). Kekuatan terbesar dia malah terlihat dari kemampuannya sebagai seorang PI yang memang sudah dia miliki sejak kecil. Karena jarang melatih kekuatannya untuk bertarung maka dalam beberapa adegan di serial ini Jessica 'kalah', malah saya bisa bilang Jessica Jones adalah superhero MCU terlemah sampai sekarang.

  Sifat dia juga jauh dari sosok superhero, siap-siap saja mendengar Jessica mengeluarkan kata-kata yang sebaiknya tidak saya tulis di sini XD . Konflik dia dengan Kilgraves diperlihatkan dengan sangat baik dan menarik untuk diikuti. Krysten Ritter memang cocok sebagai Jessica Jones (karena terakhir kali saya melihat dia sebagai seorang pecandu narkoba dalam Breaking Bad).

  Kekurangan dia cuma satu, yaitu konflik akhir dia dengan Kilgraves yang terkesan sangat Deus Ex Machina (baca : keajaiban)


Trish 'Patsy' Walker (Rachael Taylor)


(Teman terbaik yang bisa dimiliki Jessica)


  Sejak kecil, dia terkenal sebagai 'Patsy' , seorang idola cilik yang terlihat sempurna, padahal itu semua hanyalah cara sang Ibu untuk mengeksploitasi anaknya demi uang. Bahkan, Ibu Trish mengadopsi Jessica dengan harapan itu akan menaikkan pamor Patsy yang pada waktu itu sedang turun (bahasa kerennya : cari sensasi), tapi hal itu menjadi bumerang saat Jessica meyakinkan Trish untuk pergi dari Ibunya.

  Sekarang, Trish memiliki acara radio dia sendiri, dia mempercayai cerita Jessica tentang Kilgraves, bahkan dia sengaja membuat apartemennya menjadi sebuah benteng + melatih dirinya untuk bersiap jika Kilgraves datang. Peran dia di sini juga penting sebagai orang penting bagi kehidupan Jessica. Di akhir serial ini, untuk sesaat Trish bisa merasakan menjadi Superhero, walaupun itu akan membawa dia ke rumah sakit.

  Dalam komik, dia adalah seorang superhero dengan nama "Hellcat", kita lihat apakah nanti dia akan menjadi Hellcat atau tidak ? (setidaknya, ada adegan tentang fansnya yang menyinggung tentang warna rambut Trish yang (dulu) berwarna merah)




Hope Sclottman (Erin Moriarty)



(Orang yang harus ditemukan oleh Jessica)

  Setelah menerima tugas dari orang tuanya untuk menemukan Hope yang kabur bersama seseorang .Setelah melihat modus sang pelaku, Jessica berhasil menyimpulkan bahwa Hope adalah korban dari Kilgraves dan berhasil menemukannya.

  Semua terlihat selesai saat Hope bertemu kembali dengan orang tuanya

  tapi itu berubah saat Hope masuk ke lift dan....... membunuh kedua orang tuanya (karena pengaruh Kilgraves), dan itu membuatnya masuk penjara.

  Dan sudah menjadi tugas Jessica untuk membuktikan bahwa Hope tidak bersalah

  sedikit twist, saat dipenjara Hope dihajar oleh salah seorang napi

  twist lagi, ternyata Hope memang membayar napi itu untuk menghajarnya

  twist lagi saat kalian mengetahui alasan Hope melakukan hal tersebut, kasi tau gak yah ??????

  gak deh, lebih baik kalian cari tahu sendiri saja XD.


Jeri Hogarth (Carrie-Ann Moss)


(sumber uang terbaik bagi Jessica)

  *wah, tambah lagi satu orang pengacara yang saya hormati (setelah Phoenix Wright dan Saul Goodman XD)

  Seorang pengacara yang memiliki hubungan 'simbiosis mutualisme' dengan Jessica, banyak menggunakan jasa Jessica meskipun dia sendiri tidak suka dengan metode yang digunakan Jessica.

  Dia juga menyadari bahaya dari Kilgraves dan membantu Jessica untuk membuat Kilgraves mau mengeluarkan testimoni yang bisa membebaskan Hope.

  Selama ini saya menganggap bahwa Jeri pernah bertemu dengan Kilgraves (terlihat dari cara dia menilai bahwa Kilgraves itu berbahaya), tapi ternyata dia belum pernah bertemu dengan Kilgraves sampai pertengahan episode tapi tetap saja mempercayai cerita Jessica, dan Waw, that's what I called Trust, meskipun pada waktu yang sama dia memiliki masalah dia sendiri.

  Masalah yang dialami Jeri juga sangat menarik, Jeri sedang dalam proses perceraian dengan istrinya, Wendy (dan yah saya tidak saya tulis, Jeri memiliki seorang ISTRI) yang berarti menandakan bahwa Jeri adalah penyuka sesama jenis atau bahasa kerennya pelangi XD. Dan ditambah lagi Jeri memiliki affair dengan sekretarisnya sendiri yang bernama Pam (yang btw, Pam juga perempuan)

  Pernikahan sesama jenis ? Mungkin itu sudah menjadi hal yang umum di jaman sekarang.

  Perceraian sesama jenis ? Now that's new

  Masalah muncul saat Wendy sang mantan meminta pembagian aset yang sangat berat sebelah, dan dia memiliki "kartu truf" untuk menghancurkan karir Jeri, karena itulah Jeri meminta Jessica untuk 'memaksa' Wendy menandatangani surat cerai.

  Dah sayangnya, hal itu tidak berjalan mulus dan cerita 'cinta tidak sesuai aturan ini' berakhir cukup mengecewakan bagi saya.

  Di komik, Jeri itu laki-laki dan dia menjadi pengacara bagi Daniel Rand alias Iron Fist.


Luke Cage (Mike Colter)


(Sweet Christmast)

  Seorang pemilik bar yang ternyata memiliki kekuatan super yang membuatnya kulitnya kebal dari apapun (Unbreakable skin), memiliki hubungan 'khusus' dengan Jessica.

  Di pertengahan episode, dia meminta Jessica untuk mencari seseorang yang nantinya bisa memberi dia info tentang siapa yang membunuh istrinya, dan Jessica terlihat ogah untuk membantu dia, ada apa gerangan ????

  Peran dia di sini cukup minim, itu karena memang tahun depan dia akan memiliki serial TV-nya sendiri, jadi di sini perkenalan karakter Luke Cage sudah saya anggap pantas dan cocok untuk atmosfir film ini yang gelap.


Intermezzo, Best MCU Villain


  Untuk sekarang, banyak orang menganggap bahwa Loki adalah villain terbaik bagi MCU (Thanos masih belum akan muncul sampai beberapa tahun ke depan), dan hal itu memang benar karena selain aktornya yang sangat cocok memerankannya, nasib Loki juga terbilang aman (terakhir dia berpura-pura mati dan menjadi Raja Asgard dengan menyamar sebagai Odin).

  Tapi alasan sebenarnya kenapa dia menjadi villain terbaik adalah karena durasi dia selama ini adalah yang terlama (karena dia muncul lebih dari 1 film), coba bandingkan dia dengan villain lain MCU yang terlihat sangat cupu (ingat Ultron, Ronan atau Yellowjacket yang sangat mudah untuk dilupakan ??? ). Durasi film layar lebar MCU yang singkat (2jam-an) ternyata tidak cukup untuk membuat kita mengingat beberapa villain yang ada di dalamnya.

  Tapi dalam serial TV MCU, banyak karakter villain bagus karena mereka memiliki lebih banyak durasi ketimbang para villain yang ada di layar lebar. Contohnya adalah Grant Ward (Agent Of SHIELD) dan Kingpin (Daredevil).

  Dan untuk Jessica Jones, ada Kilgraves yang bagi saya cocok memegang gelar best MCU villain. Siap mengenal Kilgraves ???


Kevin Thompson a.k.a Kilgraves (David Tenant)


(Best MCU Villain Ever!!!)

  Kevin menderita penyakit syaraf langka ketika dia kecil yang membuat orang tuanya berusaha menyembuhkan Kevin dengan memakai virus, tapi karena hal itulah dia menjadi subjek penelitian orang tuanya sendiri dan menjadi sangat trauma karena prosesnya sangat menyakitkan. Tapi hal itu membuat dia memiliki kemampuan super, yaitu bisa mempengaruhi pikiran orang lain (bahasa kerennya : mind control).

  Yup, Kilgraves bisa mengendalikan siapa saja dengan bermodal suaranya saja, jadi saat dia bilang 'SEMUA ORANG DIAM' maka semua orang akan diam, dan saat dia bilang 'gorok lehermu' maka sudah bisa terlihat bagaimana nasib orang malang tersebut.

  Kekuatan inilah yang membuat dia menjadi sangat berbahaya, ditambah lagi dengan trauma masa kecil yang membuat dia sangat emosional, tapi itu sedikit berubah saat dia bertemu Jessica. Pada waktu itu (dan sampai sekarang) : Kilgraves jatuh cinta pada Jessica.

  Meski dia bisa mengendalikan pikiran orang lain, tapi Kilgraves tidak ada niat untuk membuat Jessica menjadi miliknya hanya bermodal kekuatannya, dia hanya membuat Jessica menjadi pasangannya sekaligus temannya.

  Sampai suatu hari saat Kilgraves meminta Jessica untuk 'membereskan' Reva Connor (istri dari Luke Cage) setelah berhasil mengambil flash disk yang disembunyikan Reva. Setelah memukul Reva sampai tewas, untuk pertama kalinya Jessica lepas dari pengaruh Kilgraves. Dan Kilgraves terlihat tewas karena tertabrak Bis. Dan hal itulah yang membuat Jessica trauma.

  Sampai akhirnya diketahui bahwa dia tidak mati dan berniat bertemu lagi dengan Jesssica meski harus memanfaatkan korban lain yaitu Hope.

  Di sini terlihat sekali bahwa Kilgraves adalah villain yang sangat perhitungan dalam setiap tindakannya, malah di sini dia terlihat selalu 2 langkah lebih depan daripada Jessica. Sifat dan tindakan inilah yang membuat saya merasa dia adalah best villain untuk MCU, tapi meski begitu dia tetap memiliki kelemahan, dan kelemahannya sangat mudah : Jessica.

  Kilgraves tidak memiliki keinginan menguasai dunia dengan kekuatannya, yang dia inginkan hanyalah Jessica, Jessica, dan Jessica. Bahkan dalam satu poin dia memaksa Jessica untuk mengirimkan foto selfie dirinya setiap hari XD 


               (smile).

  Saya sempat berpikir bahwa Kilgraves tidak bisa mengendalikan pikiran Jessica karena dia tidak mau, tapi ternyata memang untuk alasan yang tidak jelas Jessica memang kebal dari pengaruh Kilgraves (setelah membunuh Reva), bahkan sampai episode akhir dimana Kilgraves berhasil meng-upgrade kemampuannya, Jessica tetap kebal.



The Future Of MCU

  hal yang menarik dari serial TV MCU adalah bagaimana para karakternya bisa me-mention berbagai hal tentang para Avenger, tapi sepertinya malah anggota Avenger tidak tahu tentang mereka, mungkin sampai sekarang para anggota Avenger masih menganggap bahwa Agent Coulson sudah tewas (padahal sih tidak) ???

  yang jelas , untuk tahun depan selain Civil War, Luke Cage, Daredevil, dan Jessica Jones akan bersatu menjadi sebuah kesatuan (halah bahasanya) yang bernama Defender



Conclusion

  Benar-benar sisi lain dari MCU, cocok ditonton untuk mereka yang menginginkan cerita kompleks nan menarik


My Scores :

85, tema dan karakter yang kuat, sayang endingnya sedikit menyebalkan


temukan review film lainnya di sini





2 comments:

  1. movies365 - I am truly baffled by the negative reviews. This show is incredible. Every character is truly fascinating and we get glimpses of their back stories to supplement the story, but I guess people are disappointed that not everything was revealed immediately? I am almost positive that the mystery of Jessica Jones' background is intentional and they will reveal more as the show develops. As for people that complain that the show is boring....these must be the people keeping things like the Transformers series in business. If you're looking for constant explosions and action, you'll be disappointed. However, if you are looking for a show with well developed characters, a chilling villain, a compelling and relatable main character, an intriguing storyline, and just utterly spectacular acting, this is the show for you. No, it's not a typical superhero show. It goes above and beyond in so many aspects. This has raised the bar for superhero stories, in my opinion. Krysten Ritter is superb and very believable as Jessica Jones. I love love love this show! Give it a chance, you will not be sorry you did! I can't wait for Season 2.
    See more:
    baby driver yesmovies
    harry potter and the chamber of secrets watch online
    deadpool full movie 123
    ant man and the wasp 2018

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm personally think that this is not a SUPERHERO TV series but a "Troubled Woman Story With Marvel Name On It" XD

      and that's makes this series is so damn good in every way

      Delete