Just A review From me: [MOVIE] The Maze Runner Review

Thursday, October 2, 2014

[MOVIE] The Maze Runner Review






Terbangun di tempat asing dan tidak ingat apa-apa, itulah yang terjadi pada Thomas

Apakah Thomas mengalami hangover alias habis party semalaman XD ? Oh ternyata tidak, ini hanyalah awal dari perjalanan Thomas di Glade.

The Maze Runner adalah adaptasi dari novel yang berjudul sama yang dirilis sekitar tahun 2000-an, novel ini bersifat trilogi + 1 prequel yang berarti masih ada kelanjutannya. Biasanya untuk film yang based novel akan dibuat kelanjutannya jika sudah meraih target keuntungan sehingga diberi lampu hijau untuk membuat sequelnya (dan hal ini juga yang menyebabkan beberapa film yang based novel harus berhenti di tengah jalan). Untungnya hal itu tidak terjadi untuk film ini karena sequel kedua-nya akan siap dirilis pada tahun depan (tapi blom ada kabar tentang sequel ketiganya). Apakah film ini akan memenuhi ekspetasi para fansnya ? Let's start the review.


Story

Thomas terbangun di dalam sebuah elevator tua yang disebut The Box, dia tidak bisa mengingat apapun kecuali nama dia sendiri. Dia terdampar di sebuah tempat yang bernama Glade, tempat ini dikelilingi dinding besar yang menyimpan sebuah labirin besar yang disebut Maze yang gerbangnya terbuka di pagi hari dan tertutup di malam hari, maze itu sendiri dijaga oleh para monster yang disebut Griever. Setiap bulan The box mengantarkan supply untuk para penghuninya + orang baru yang selalu mengalami amnesia.

Penduduk Glade sendiri dilarang untuk masuk ke maze, kecuali beberapa orang yang disebut Runner yang bertugas meng-eksplorasi maze dan mencoba mencari jalan keluar dari tempat misterius ini. Hal apakah yang akan ditemui Thomas di tempat ini ? Dan kenapa sepertinya dia tahu banyak tentang Glade ? Cari tau sendiri aja yak XD.

Characters

Thomas (Dylan O'Brien)

Tokoh utama di film ini, terdampar di Glade dan akrena sifat KEPO-nya membuat dia ingin menjadi seorang runner demi mencari jalan keluar dari tempat ini. Turns out dia memiliki rahasia besar yang akan mengubah hidup semua penghuni Glade dan mencoba untuk kabur dari tempat ini. Can He do it ??



(Run Thomas, Run!!!!)

Alby (Aml Ameen)

Penduduk Glade yang paling senior karena dialah yang pertama kali terdampar di sana (disebut sebagai The First), bertindak sebagai pemimpin alias Kepala Suku dari para Gladers (penduduk Glade) dan selalu mengajari orang baru untuk beradaptasi di dalam Glade. Meskipun terlihat baik tapi dia juga tidak segan2 untuk menghukum para pelanggar hukum dengan cara dikurung di The Pit (sejenis penjara) atau dibuang ke maze (yang artinya sama saja dengan mati)


(The Wisest man in Glade)




Newth (Thomas Brodie)

Bisa dianggap wakil dari Alby, lebih banyak bertanggung jawab untuk masalah supply dan makanan untuk para Gladers. Dia juga sering memberi banyak motivasi ayng membuat Thomas semakin yakin akan keputusannya untuk menjadi seorang Runner.

Untuk fans Game of Throne mungkin akan mengenal dia sebagai Jojen Reed (yang sialnya harus bernasib tragis di season kemarin T_T )



(Kenapa kau harus mati Reed!!!!!, eh salah film XD)


Minho (Ki Hong Lee)

Pemimpin dari para Runner, 3 tahun menjelajahi maze membuat dia mengetahui hampir semua seluk beluk tentang maze dan nantinya akan sangat berguna untuk mencari jalan keluar dari maze ini.


(An Asian Leader)

Teresa (Kaya Scoleradio)

Orang baru yang datang setelah Thomas, satu2nya perempuan di Glade. Membawa pesan yang bertulis "She The Last One Ever" dan membuat The Box tidak bisa berfungsi lagi (yang berarti tidak ada supply lagi untuk para Gladers), terlihat sangat mengenal Thomas sebelum mengalami amnesia, apakah hubungan mereka ???


(Perawan di sarang Penyamun, literally XD)



Some Terminology

Glade

Tempat yang lebih mirip tanah kosong + Hutan yang dikelilingi oleh tembok tinggi, setting utama dari film ini.

Runner

Orang yang bertugas menjelajahi maze dan membuat peta, tidak ada yang mau menjadi Runner karena memiliki resiko dibunuh oleh Griever, karena itu hanya beberapa orang saja yang ditunjuk menjadi Runner, meskipun sudah dijelajahi selama 3 tahun sepertinya tidak ada tanda-tanda pintu keluarnya akan ditemukan, tapi itu semua berubah saat Thomas datang.


The Maze

Labirin yang menjadi fokus utama di film ini, selalu berubah bentuk setiap malam yang membuat sulit sekali untuk menebak/mencari jalan keluarnya. Dijaga oleh para griever yang akan langsung mengejar+membunuh siapa saja yang ditemuinya

Griever

Penjaga + penunggu dari Maze, berbentuk seperti laba-laba mekanik, memiliki sengatan khusus yang bisa membuat korbannya menjadi gila (baca changed)

Changed

Kondisi yang terjadi jika seseorang disengat griever, korban menjadi gila dan sering meracau tidak jelas, tapi di saat itu juga korban bisa mengingat hal2 yang terjadi sebelum mereka terdampar di Glade, Yang dilakukan Alby untuk para korban sengatan ini adalah diusir dari Glade (dipaksa masuk ke maze, yang artinya mati karena diburu Griever)


Post-Apocalyptic theme

Film ini (sepertinya) menggunakan tema dunia pasca kiamat karena memiliki setting tempat yang terpencil + tidak ada info tentang dunia luar, tema ini tidak original tapi hampir semuanya memiliki pola yang hampir sama yaitu :

  • sekelompok/satu orang terdampar di tempat antah berantah tanpa informasi
  • ada orang KEPO/event tentang membongkar rahasia tempat tersebut
  • setelah melalui berbagai konflik, hanya beberapa orang saja yang selamat
  • di akhir mereka akan menemui tokoh yang menjadi dalang di balik semuanya, dan mereka akan mendapatkan painful truth
  • dan intinya endingnya tidak pernah terasa Happy
Beberapa Contoh film/game/anime yang memakai tema ini



 



(Endingnya ambigu semua alias g jelas)

The Truth (Spoiler Alert!!!)

Ternyata semua penduduk Glade adalah kelinci percobaan dari sekelompok orang untuk mencari obat dari sebuah penyakit yang disebut Flare (Changed adalah bentuk ringan dari Flare) dan Thomas memang memiliki hubungan khusus dengan organisasi ini.

Dan nantinya (di buku 2 dan 3) akan lebih menfokuskan tentang Flare ini

Tapi klo kalian merasa inti film ini cuman "cari obat" maka kalian akan kaget akan kejutan di akhir buku ke tiga (itu juga klo dibuat XD). Klo kalian g sabar baca aja novelnya

 


(Menunggu... dan menunggu)



Summary

Sebagai pembuka, film ini memiliki potensi yang sangat bagus, atmosfirnya yang dark + cerita yang unik membuat film ini pantas ditonton.

Jika ada kekurangannya ya selain pola cerita yang sudah umum (baca Post-Apocalyptic theme ) yaitu gaya pengambilan gambarnya yang terlalu gelap untuk beberapa adegan (terutama saat kabur dari griever).

But Still a good movie and can't wait for the sequel :D



dah ah segitu dulu, see you at next post 

No comments:

Post a Comment