Just A review From me: [MOVIE] Colossal Review

Tuesday, September 19, 2017

[MOVIE] Colossal Review


Prolog


  Di saat tahun ini muncul banyak film yang memiliki genre yang "mainstream", Colossal muncul dengan tiba-tiba dan terasa unik, hanya melihat trailernya saja bisa memberikan kesan bahwa film ini ber-genre komedi dengan tambahan kaiju (monster besar) di dalamnya, dengan trailer yang cukup menjanjikan dan minim pesaing (hanya Kong : Skull Island jika ingin membandingkannya dengan film monster), seharusnya Colossal mampu meraih kesuksesan.






(terlihat menjanjikan)

  Sayangnya, walau film ini memiliki banyak review positif ternyata penghasilan film ini tergolong rendah, apalagi film ini tayang cukup "telat" di Indonesia dan hanya bertahan selama 1 minggu saja (ditambah lagi hanya beberapa bioskop saja yang menayangkan film ini).

  Salah satu penyebab kegagalan film ini adalah salah marketing, jika anda mengharapkan film komedi maka bersiaplah untuk kecewa karena film ini lebih terlihat seperti Romance Comedy dengan porsi drama > komedi, bahkan secara official genre film ini adalah science fiction black comedy.

  Tapi jangan salah, bagi saya film ini unik dan menarik untuk ditonton.

Story


  Hidup Gloria tergolong apes karena selain harus melawan alcoholism, Gloria juga "nganggur" dan akhirnya diusir dari apartemen pacarnya, hal ini membuat Gloria terpaksa kembali ke kota asalnya di New Hampshire. Di kota asalnya, Gloria bertemu dengan Oscar, teman masa kecilnya yang menawarkan sebuah pekerjaan di Bar miliknya.

  Di lain tempat, kota Seoul (Korea Selatan) dikejutkan dengan munculnya sosok kaiju (monster besar) yang terlihat akan meneror kota ini.

  Yang lebih mengherankan adalah entah kenapa monster ini meniru tingkah laku/gerakan yang Gloria lakukan di sebuah tempat bermain anak-anak (playground), hal ini membuat Gloria secara tidak langsung bertanggung jawab dalam kejadian ini.

  Apakah yang terjadi sebenarnya, mengapa Gloria yang hidupnya biasa-biasa saja bisa "terhubung" dengan monster itu ??? , lalu bagaimanakah dengan nasib Oscar yang terkena CLBK ???

  Saya terhibur dengan semua adegan yang dihadirkan dalam film ini, unsur realisme dari segi komedi/romance benar-benar terlihat dengan jelas, Special Effect saat monster itu beraksi juga terlihat keren. Pokoknya film ini benar-benar unik dari segi story dan karakter.

  Satu-satunya kekurangan film ini ada di ending yang tergolong "aneh" , cukup disayangkan karena terlihat jelas bahwa film ini tidak akan memiliki sequel. Jadinya malah film menjadi mudah untuk dilupakan.

Characters



Gloria (Anne Hathaway)


*Secara Pribadi, Anne Hathaway cocok memerankan karakter yang memiliki ekspresi madesu (masa depan suram) XD

  Penulis lepas yang tidak memiliki pekerjaan dan terpaksa kembali ke rumah orang tuanya di kota asalnya yang ternyata kosong, hidupnya mulai membaik setelah ditawari bekerja di Bar milik Oscar, meskipun Gloria tetap harus bisa melawan sifat alcoholism yang dia miliki walau sulit untuk dilakukan (dia kerja di Bar gitu loh!!). Bahkan monster besar itu pertama kali muncul saat Gloria sedang mabuk di playground!!

  Dengan bantuan beberapa temannya, Gloria mencoba meyakinkan bahwa monster ini tidak berbahaya, tapi karena film ini "membutuhkan" sosok Villain maka pada akhirnya Gloria akan mengendalikan monster ini untuk melawan sosok Villain tersebut.

  Dan sosok Villain itu tidak lain tidak bukan adalah......

Oscar (Jason Sudeikis)


  Teman masa kecil Gloria yang baiknya "bukan main" , pasalnya selain menawari Gloria pekerjaan di Bar miliknya, Oscar juga memberi Gloria banyak barang yang berguna bagi kehidupan Gloria. Oscar tertarik pada Gloria dan berharap Gloria juga tertarik padanya.

  Dan sama seperti Gloria, Oscar juga bisa memunculkan sosok robot besar yang nantinya akan menjadi lawan untuk Gloria.

  Kenapa Oscar bisa jadi jahat ?? mungkin kalimat "marahnya orang sabar" bisa menjawab pertanyaan ini.

Conclusion


  film unik yang gagal karena kesalahan strategi marketing.

My Score

75, Romance Comedy With Kaiju


temukan review lainnya di SINI

No comments:

Post a Comment