Just A review From me: [MOVIE] Kingsman : The Golden Circle Review

Saturday, September 23, 2017

[MOVIE] Kingsman : The Golden Circle Review




Prolog


  Pada tahun 2014 muncul sebuah film Action Spy Comedy Kingsman : The Secret Service yang mengejutkan banyak pihak karena memiliki action yang Over The Top (baca : berlebihan) dan memparodikan beberapa unsur yang ada di film tentang mata-mata. Tidak heran sequel-nya cukup dinanti-nanti oleh para penggemarnya.




  Dan tahun ini, Kingsman : The Golden Circle siap menyapa penggemarnya, dengan mengulang formula yang sama bisakah sequel-nya melebihi pendahulunya ???

  Sayangnya, pada akhirnya Kingsman : The Golden Circle tidak bisa sebaik pendahulunya.

Kingsman Overview



  Kingsman : The Secret Service bercerita tentang sebuah organisasi mata-mata "super" rahasia yang bernama Kingsman (menggunakan usaha pembuatan baju (penjahit) sebagai samaran), Kingsman sendiri didirikan oleh berbagai orang kaya di Inggris yang kehilangan orang yang mereka cintai pada masa perang dunia ke-1, jadi tidak heran Kingsman tidak bekerja untuk pemerintah dan tidak berpihak pada siapapun untuk urusan politik. Para anggota Kingsman menggunakan codename para ksatria yang terkenal di era pertengahan.

  Kisah dimulai saat Gary "Eggsy" Unwin dipilih oleh Harry Hart (Codename Galahad) untuk menjadi anggota Kingsman terbaru, dan untuk melalui semua itu Eggsy harus melalui berbagai ujian, salah satunya adalah "menembak" anjing peliharaan !! (dimana PETA saat hal ini terjadi ??). tapi siapa sangka terdapat sebuah konspirasi besar di Kingsman itu sendiri !!!


(yakin Kingsman organisasi yang baik ??)

  Sosok Villain dalam film muncul dalam bentuk Richmond Valentine (diperankan oleh Samuel L Jackson), seorang milyuner "nyentrik" dengan tujuan jahat (memusnahkan sebagian besar umat manusia) demi mencegah Global Warming, dan untuk mencapai hal itu Richmond menggunakan SIM card khusus yang bisa digunakan untuk menelpon dan akses internet yang dibagikan secara G-R-A-T-I-S (gila, kurang baik apa coba villain yang satu ini XD) tetapi bisa mengontrol tingkah laku penggunanya. Penampilan Richmond yang unik juga menjadi salah satu kelebihan film ini, serasa melihat anak kecil dengan jiwa seorang Samuel L Jackson.


(Villain yang kaya dan unik)

  Salah satu adegan favorit saya di film ini adalah Galahad menyusup ke kediaman Richmond dengan modus pesta makan malam , Richmond yang sedang menyelidiki Galahad akhirnya membatalkan acara tersebut sehingga hanya ada dia dan Galahad dalam sebuah jamuan makan malam ala "orang kaya". Bisa terbayang menu-menu mewah yang akan disajikan pada pesta kali ini ???

  Tapi siapa sangka, Galahad akan dijamu oleh makanan ini XD.


(ini baru menu yang "merakyat" XD)

  jarang-jarang saya bisa melihat product placement yang efektif seperti di film ini.

  Ok, sekarang saatnya membahas The Golden Circle.


Story


  Bersetting 1 tahun setelah kejadian di film pertama, kali ini Kingsman memiliki musuh baru yang bernama The Golden Circle, organisasi pengedar narkoba terbesar di dunia, dengan teknologi canggih yang mereka miliki The Golden Circle mampu meng-hack dan menemukan identitas para anggota Kingsman lalu membunuh mereka semua, bahkan markas Kingsman ikut hancur karena ulah mereka. Anggota Kingsman yang tersisa (Eggsy dan Merlin) mengikuti "Doomsday Protocol" yang akan membawa mereka ke Kentucky, tempat organisasi Statesman (organisasi mata-mata rahasia versi Amerika Serikat) berada. Di tempat ini Eggsy dan Merlin bertemu kembali dengan Galahad yang seharusnya sudah mati!!!.

  Di lain pihak, The Golden Circle menaruh virus di semua narkoba yang ada di dunia, virus ini mulai mempengaruhi penggunanya dalam beberapa tahapan yang akan berujung kepada kematian.The Golden Circle meminta presiden untuk melegalkan usaha narkoba jika ingin menyelamatkan para "pemakai" (baik pecandu atau yang iseng2 mencoba) narkoba. Sudah jelas hanya Kingsman + Statesman yang bisa menghentikan semua ini.

  Story terkesan datar tanpa ada tambahan (baca : sesuatu yang menarik) yang berarti, Statesman yang seharusnya bisa menjadi surprise factor ternyata malah kurang berperan pada film ini. Durasi film yang cukup panjang (140 menit) akhirnya malah membuat film ini memiliki berbagai adegan yang kurang penting. Dua hal yang menyelamatkan film ini adalah adegan Action yang masih over the top tapi tetap menarik untuk diikuti (meski tidak sesadis pendahulunya) dan Villain yang tidak kalah unik (meski tidak sebaik Richmond).

  Dan suka tidak suka film ini memiliki pesan tentang narkoba (baik pro maupun kontra) yang cukup kuat, semoga hal ini tidak menurunkan minat anda dalam menonton film ini.

Characters


Gary "Eggsy" Unwin (Taron Egerton)



  Agent Kingsman dengan codename Galahad yang harus mengungkap The Golden Circle demi membalas dendam para anggota Kingsman lainnya yang telah mati. Dengan bantuan Statesman Eggsy mulai menemukan berbagai petunjuk tentang The Golden Circle, selain itu Eggsy juga harus menemukan cara untuk mengembalikan ingatan Harry Hart (Galahad) yang ternyata selamat dari kejadian di film pertama.

Merlin (Mark Strong)



  Agent Kingsman yang lebih banyak berperan di balik layar dengan berbagai gadget canggih buatannya, menjadi anggota Kingsman yang tersisa selain Eggsy yang selamat dari pembantaian The Golden Circle.

Harry Hart (Colin Firth)



  Seharusnya dia sudah mati ditembak oleh Richmond di film pertama, tapi dengan bantuan teknologi milik Statesman nyawanya bisa diselamatkan. Tapi hal ini malah membuatnya mengalami amnesia. Mengembalikan ingatannya tentu saja menjadi tugas untuk Eggsy dan Merlin.

  Tapi setelah ingatannya kembali, ternyata kemampuannya sebagai mata-mata super mulai menurun. Tetapi dia masih bisa melakukan adegan "Manner Maketh Man" yang (tentu saja) tidak sebaik di film pertama.

Tequila (Channing Tatum) dan Ginger Ale (Halle Berry)



  Dua agent Statesman yang ditemui oleh Eggsy dan Merlin, meskipun memiliki adegan pengenalan yang cukup keren ternyata peran mereka berdua tidak terlalu besar dalam film ini, sayang sekali melihat wasted talent terjadi pada aktor dan artis yang satu ini :'( .

Whiskey (Pedro Pascal)



(yiiihaaaaa)

  Agent Statesman lain yang akan menemani Eggsy dan Harry, aksinya cukup keren dengan berbagai aksi lasso yang dia lakukan (itu tali lasso ato lightsaber sih ???) .

Poppy Adams (Julianne Moore)



  pemimpin Golden Circle yang memiliki markas tersembunyi di pegunungan yang diberi nama "Poppy Land", penampilan dan sifatnya yang "ketinggalan jaman" ternyata berbanding terbalik dengan teknologi canggih yang dia miliki, bahkan dia berhasil menculik Elton John untuk melakukan show khusus di Poppy Land.

  Meskipun dia seorang Boss narkoba terbesar, ternyata dia tidak ingin anak buahnya memakai narkoba sama sekali !!!, bahkan Poppy tidak segan-segan menghukum mereka jika ada pelanggaran, sungguh sebuah ideologi yang cukup aneh....

  Meski memiliki banyak uang, ternyata Poppy kesal karena namanya tidak bisa menjadi terkenal (wajar sih, bisnisnya kan ilegal XD), untuk itulah Poppy merencanakan sesuatu untuk melegalkan bisnis Narkoba (lengkap dengan pajak dan tetek bengek lainnya XD).

Masa Depan Kingsman




(if you smell....)

  Sutradara Matthew Vaughn masih memiliki rencana untuk membuat sequel Kingsman, dan kali ini dia menginginkan Dwayne "The Rock" Johnson sebagai Villain.

  Mengingat The Rock sekarang memiliki pengalaman akting yang banyak (baik action maupun comedy), bisa dipastikan dia kelak akan menjadi Villain pertama di Kingsman yang bisa bertarung + melawak XD

Conclusion


  sequel yang mencoba mengulang formula sama, sayangnya tidak sebaik pendahulunya karena memiliki banyak kekurangan (terutama dari segi story yang tidak bisa memberikan twist sebaik pendahulunya), untungnya masih ada action over the top yang cukup menghibur. Tapi overall film terlihat mengecewakan.


My Score


60, Narkoba : legal / tidak ???




temukan review lainnya di SINI

No comments:

Post a Comment