Just A review From me: [GAME] Star Wars : Galaxy Of Heroes Review

Wednesday, November 30, 2016

[GAME] Star Wars : Galaxy Of Heroes Review





Prolog

  Karena jasa The Force Awaken, akhirnya demam Star Wars kembali terulang, dengan film spin off Rogue One yang akan dirilis akhir tahun ini dan berbagai film di tahun berikutnya, Franchise ini kembali menjadi sorotan publik.




  Untuk versi game, Star Wars sendiri memiliki banyak variasi genre, dan yang akan saya review kali ini adalah versi smartphone (Android dan Ios) yaitu Star Wars : Galaxy of Heroes.

  Game ini sudah berusia lebih dari satu tahun, saya memainkannya saat mengetahui bahwa MAA akan ditutup, game ini sendiri mendapat banyak review positif dan mendapat predikat "Editor Choice" di playstore, jadi seharusnya game ini bagus.

  Apalagi ada banyak karakter Star Wars di dalamnya, baik yang sudah terkenal sampai yang jarang dikenal.

  Dan bagian terbaiknya, di game ini berbagai tokoh/kubu yang seharusnya bermusuhan dalam cerita Star Wars dapat saling bekerjasama satu sama lain.

  Jadi kapan lagi saya bisa melihat Sith bertarung bersama Jedi XD.


No Story Allowed

  Yup, tidak ada unsur cerita dalam game ini, semua karakter di sini adalah hologram yang digunakan untuk 'bermain', jadi mereka semua tidak lebih sebagai mainan yang bisa diadu satu sama lain. Jadi tidak heran jika kubu putih (Jedi/Rebel) bisa terlihat harmonis dengan kubu hitam (Sith/Imperial).

Ahhh, indahnya perbedaan XD.

Game Overview



  Game ini memiliki genre turn based Role-Playing di mana pemain mengendalikan berbagai tokoh dalam Universe Star Wars dalam berbagai pertempuran virtual untuk menjadi pemain terbaik yang ada.

  Karakter dapat dibuka dengan cara mengumpulkan shard yang didapat dari menyelesaikan berbagai level, membelinya dengan resource tertentu, atau membelinya dengan premium currency (walau sifatnya random), tiap karakter dapat dibuat lebih kuat dengan cara menaikkan level dan pangkat mereka (promote) dan meng-upgrade gear/skill yang mereka pakai.

  Battle dalam game ini juga cukup simpel dengan sistem Turn Based , di sini pemain harus menunggu turn meter karakternya terisi sebelum dapat bertindak.


  Mode dalam game ini juga bervariasi seiring bertambahnya level karakter kalian mulai dari Light/Dark Side battle (PVE dengan restriksi kubu yang bisa dipakai), Cantina (Battle tanpa restriksi), Squad Arena (PVP dengan pemain lain), Raid (melawan Boss dengan bantuan satu guild), dan yang terbaru adalah Ship battle (Battle dengan berbagai pesawat ikonik dalam dunia Star Wars).


What's The Trend ???

  melalui situs https://swgoh.gg/ kalian dapat menemukan informasi lengkap tentang semua karakter dalam game ini, bahkan ada meta report untuk yang penasaran dengan karakter apa saja yang sering digunakan dalam squad arena.

  Saat saya pertama kali berkunjung ke situs ini, Lando Calrissian mendapat peringkat pertama karena skill miliknya dapat digunakan berulang kali selama serangan itu bersifat 'critical'.

  Tapi saya tidak tertarik dengan dia, karena impresi awal saya tentang dia itu buruk (masih ingat kejadian di Ep V saat dia membohongi Han Solo dan menyerahkannya kepada Darth Vader ???? ).

  jadi pilihan saya jatuh ke.....


My Personal Taste

  Di The Force Awaken, ada tokoh yang cukup mencuri perhatian di awal-awal film (bukan si Emo Kylo Ren loh !!!!!!), dia adalah Captain Phasma, seorang Stormtrooper dengan penampilan yang berbeda dan terlihat keren.

  Sayangnya nasib dia tergolong apes di film ini karena akhirnya dia malah terlihat cupu dan nantinya dibuang ke saluran pembuangan. Benar-benar karakter yang terbuang.

  Apalagi saat saya mengetahui bahwa yang memerankan dia adalah si Brienne "Cetar Membahana" dari serial Game Of Thrones, makin terasa sia-sia karakter yang satu ini.

  Tapi di game ini, Captain Phasma adalah monster, selain skillset dia yang berguna (bisa menaikkan turn meter semua allies), kemampuan leader dia juga sangat Universal (bisa digunakan semua karakter). Jadi tidak heran bahwa dia adalah karakter terkuat pertama saya.


  Untuk karakter terkuat kedua saya adalah Darth Sidious karena debuff miliknya dapat membuat lawan tidak dapat melakukan heal.




What To Do Next ??


  melakukan daily activities , membantu raid Guild, mengumpulkan resource untuk membeli/memperkuat karakter, dan menunggu Update Rogue One untuk Jyn Erso.



Join The Darkside


  perbedaan mendasar dari dua kubu di game ini adalah Light lebih banyak terfokus untuk support (heal, clear debuff, dst), sedangkan Dark side lebih ke arah offensif.

  Selain itu , desain dari Dark Side juga terlihat lebih keren ketimbang Light side yang bernuansa cerah dan 'sok' suci.

  Dan.......

  karakter ikonik dari Star Wars, Darth Vader masuk ke kubu dark side walaupun membuka dia cukup sulit karena harus menyelesaikan berbagai achievement.

Newbie Tips

  • Karakter yang didapat dari menyelesaikan tutorial sudah cukup kuat sehingga lebih baik fokus dulu dalam memakai mereka sampai mencapai chapter 4/5
  • jika menyenangi karakter yang bersifat tank, disarankan membawa> 1 (seperti Clone Wars Chewbacca dan Royal Guard) agar masing-masing bisa saling melindungi.
  • Memainkan Cantina, squad arena dan galactic wars karena shard berbagai karakter hanya bisa didapat di sana (seperti Captain Phasma, Leia, Bobba Fett, dll)
  • dalam squad arena, selalu fokus untuk mengalahkan karakter yang bisa heal
  • healer terbaik dalam game ini berasal dari Light Side, yaitu Luminara Unduli dan Barris Offe.pastikan merekrut salah satu dari mereka
  • bergabung dengan guild yang ada dan membantu raid (meskipun kontribusi kalian kecil)
Crystal Usage Tips

  Saya lebih menyarankan untuk menggunakan Crystal untuk membeli energi atau sim ticket (agar bisa menyelesaikan battle secara instant) karena kebanyakan shard yang dijual memakai Crystal bersifat random. Dan dengan banyaknya karakter yang ada di game ini maka kemungkinan kalian dalam mendapat karakter impian tergolong kecil (kecuali jika kalian hoki).

  Dan bisa juga crystal dipakai untuk mereset node yang ada jika kalian ingin mengumpulkan shard, karena di game ini satu node/stage hanya dapat diulang 3x sebelum dapat digunakan lagi dalam 24 jam .


Ship Battle Update


  Update besar dari game ini sudah muncul dalam bentuk Ship Battle di mana kali ini kalian dapat bertarung menggunakan berbagai pesawat yang ada (tapi pastikan kalian sudah memliki pilot sebelum membuka pesawat yang ada). Tidak ada perbedaan dari sistem yang digunakan, hanya saja dalam ship battle ada leader khusus (Capital Ship) yang tidak ikut secara langsung dalam medan perang tapi memiliki berbagai skill yang bisa membantu pesawat lain.



Waiting For Rogue One


  Berbagai tokoh dari Rogue One sudah ada di game ini walaupun cukup sulit untuk membuka mereka semua.



Conclusion

  Game Star Wars dengan gameplay yang solid, tapi membutuhkan waktu lama untuk bisa memperkuat karakter yang ada (2 bulan saya bermain dan baru ada 2 karakter saya yang mencapai rank 7).




My Score

80, Great Star Wars Characters Roster, but lot's of grinding.


Temukan review lainnya di SINI..



No comments:

Post a Comment