Just A review From me: [GAME] Marvel Future Fight Review

Monday, November 14, 2016

[GAME] Marvel Future Fight Review




Prolog

  Saat berita MAA akan tutup muncul, saya sudah mulai malas memainkannya (tapi tetap saya mainkan agar bisa membuat review terakhir) dan mulai mencari penggantinya. Dan penggantinya muncul dalam bentuk Star Wars.

  Kenapa bukan Marvel Future Fight (MFF) ??? karena waktu itu saya menganggap bahwa game ini akan sulit dimainkan karena saya sudah tertinggal > 1,5 tahun yang akhirnya membuat saya bermain game lain.




  Lalu kenapa akhirnya main MFF ???

  Karena saya masih kangen dengan hero-hero Marvel dan juga sambil menunggu DC Comic Legends (yang waktu itu baru mengumumkan versi Android).

  Lalu 2 bulan berlalu, dan saya masih memainkan MFF.



                                  Turns Out, this game is Good


I Played This Before

  Aslinya saya sudah memainkan game ini saat baru pertama kali rilis pada tahun 2015, hanya saja waktu itu game ini sering crash dan boros baterai, dan apalagi waktu itu saya belum mengenal emulator Android, jadi saya tinggalkan saja akun saya yang baru lv 10 itu.

  Dan ternyata, akun saya masih ada sampai sekarang !!!!!

  dan niat saya membuat akun baru pun lenyap.

  Untungnya game ini memiliki "Returned User" reward (hadiah untuk yang sudah lama tidak login) sehingga saya bisa cukup 'mengejar' progress saya yang tertinggal > 1 tahun.


How I Review

  Jika kalian jeli, sebenarnya hampir semua game mobile saat ini memiliki banyak kesamaan dari segi gameplay. Hal yang paling membedakan antara satu-sama lain adalah kulit yang melapisi game tersebut alias Franchise apa yang mendukung game tersebut (Anime,game,series,dll).

  Apalagi dengan adanya sistem Gacha, makin memperparah keadaan dompet para pemain yang ingin merasa 'lebih'.

  Karena itulah untuk review ini (dan game lainnya untuk ke depan), saya akan memakai pola seperti ini :

- Game Overview           (sekilas tentang game)
- What's The Trend ??   (apa saja hal yang menjadi meta)
- My Personal Taste       (pendapat pribadi untuk beberapa hal)
- What to do next ????  (aktivitas saya di game ini untuk ke depannya)


Game Overview

  Marvel Future Fight (MFF) memiliki genre Action-RPG + Dungeon Crawling di mana pemain akan menggunakan 3 superhero Marvel untuk mengalahkan musuh dan menyelesaikan stage yang ada untuk memperoleh hadiah (Gold, Heroes baru,dll).

  Ada 4 Tipe hero di game ini (Combat,Speed,Blast,Universal) dan masing-masing tipe memiliki kelebihan/kekurangannya masing-masing.


                                    

  LV maksimum hero adalah 60 + rank 6 bintang dan untuk mencapainya pemain harus mengumpulkan biometric hero bersangkutan yang bisa ditemukan dari berbagai stage dalam game ini, ada beberapa hero yang biometricnya tidak bisa diperoleh dengan cara biasa. Beberapa hero yang sudah mencapai lv maksimum bisa dijadikan lebih kuat dengan menjadikan mereka Tier 2 (T2) yang tentu saja membutuhkan banyak resources.

  Pernah main Diablo/ atau game sejenisnya ?? kira-kira begitulah gameplay MFF.

  Genre action juga membuat game ini cukup sulit dimainkan untuk saya yang 'kurang lincah' untuk game seperti ini, untungnya dengan menggunakan emulator saya bisa memakai keyboard sebagai pengganti touch screen.

  Untungnya game ini memiliki fitur auto sehingga pemain bisa sedikit lebih santai, dengan catatan pemain sudah menyelesaikan stage tersebut.

  1,5 tahun saya tinggalkan, game ini memiliki banyak tambahan mode seperti Villain Siege, World Boss, dan yang terbaru adalah Shadowland di mana inti dari mode-mode ini adalah mengalahkan Villain yang ada (dan tentunya lebih susah dari mode biasa). Butuh waktu dan persiapan yang matang sebelum mencoba mode-mode tersebut.


What's The Trend ???

  Karena tertinggal 1,5 tahun mau tidak mau saya harus mengikuti trend yang ada sekarang agar tidak ketinggalan jaman.

  Karena "Returned User", saya bisa mendapat Hero rank 6 dengan mudah. Dan berdasarkan guide yang saya baca, Sharon Roger (Hero Original untuk game ini) adalah pilihan terbaik karena bisa menyelesaikan beberapa mode-mode awal game dengan mudah.

  Dan saya pun memainkan dia dengan memakai build asal-asalan (waktu itu saya belum tahu tentang pentingnya iso-8 set, card system, ataupun option pada gear), tapi hasil akhirnya cukup bagus meski saya rasa "Kurang Optimal", bagi beberapa pemain mungkin hasil ini terbilang 'gagal' dan lebih baik membuat akun baru, tapi tidak bagi saya.


  Ini Sharon Roger Saya.


(Best Choice for beginner)

  setelah mencari info lagi, ternyata Sharon Roger cocok dipasangkan bersama Agent 13 dan Star-Lord agar bisa digunakan untuk World Boss, dan saya pun menaikkan level mereka berdua dan tetap bermain secara asal-asalan.


  Untuk build hero selanjutnya, saya mencari info terlebih dahulu dan menemukan bahwa F-Loki (Loki dengan kostum alternatif) adalah pilihan yang baik untuk bisa mendapat score tinggi pada Alliance Battle yang dapat memberikan reward yang cukup lumayan.

  Hasil akhirnya adalah seperti ini, meski saya rasa cara memainkan Loki cukup membosankan karena hanya tinggal membuat klon dan berputar-putar saja.





Jadi saran dari saya :

  • Sharon Roger adalah hero terbaik untuk pemula
  • cari tahu dulu info (iso-8,option,biometric) sebelum mem-build hero
  • gunakan 'preview skill' agar bisa menguasai cara bermain hero tersebut, terutama dari segi skill rotation (urutan pemakaian skill)

My Personal Taste

  Untuk yang pernah membaca postingan saya tentang MAA mungkin sudah tahu bahwa Star-Lord adalah hero favorit saya, dan karena di game ini juga ada Star-lord maka sudah menjadi tugas saya untuk menjadikan Star Lord sebagai hero terkuat saya XD.

  Ternyata oh ternyata, Biometric Star Lord cukup sulit didapatkan dan membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa menjadikan dia Tier 2.


  Dan karena saya memainkannya secara asal-asalan (waktu itu saya belum mencari info tentang dia), akhirnya Star-Lord menjadi leader bagi tim saya karena dia bisa menambah damage dari Sharon Roger dan pengguna energy lainnya.

  Star-Lord juga enak digunakan pada Villain Siege.

  Dan skill-skill miliknya juga terlihat keren, apalagi skill *6 miliknya di mana dia berjoget sambil memanggil kapal miliknya (Milano) XD.


What to do next ????

  2 bulan saya bermain, saya sudah bisa menantang semua mode di game ini kecuali World Boss Thanos Infinity dan Shadowland (terkendala jumlah hero yang bisa digunakan).


(My Hero Collection)

  PVP juga cukup stabil dengan mencapai league tertinggi meski ranking masih terbilang kecil.

  Overall cukup meluangkan waktu 1-2 jam saja untuk game ini (terutama untuk daily), kecuali jika kalian ingin lebih mem-build para hero dan ingin mencari strategi baru untuk World Boss atau Shadowland.

  Fokus saya sekarang adalah menjadikan Groot dan Gwenpool Tier-2, Wish me Luck!


Selector, antara Genius atau boros ???

  Gacha yang ada di game ini cukup terasa adil karena jika kalian mendapat hero yang sudah ada maka akan digantikan selector yang bisa kalian tukar dengan biometric heroes lain dari kelas yang sama, apalagi ada free roll tiap 24 jam (tergantung kondisi VIP) membuat proses mengumpulkan heroes di game ini tidak sesulit game sejenis.

  Tapi lain cerita jika kalian ingin menjadikan hero itu Tier 2, dibutuhkan biometric tambahan untuk hero yang sama dengan jumlah yang random (yang pasti ratusan) untuk bisa memperkuat gear para hero menjadi +20 (disamping syarat lainnya), dan untuk menjadikan tier 2 masih dibutuhkan biometric tambahan (yang jumlahnya juga ratusan).



(contoh tier 2 Groot)

  tapi hal ini bisa diakali dengan menggunakan Tier 2 Ticket yang bisa dibeli menggunakan uang asli atau Crystal ketika ada sale. Kalau mau sabar tiap akhir bulan juga diberi satu buah ticket sebagai hadiah login.


VIP System, saat uang berbicara

  Sekilas tidak ada perbedaan mencolok untuk pemain F2P (Free to Play alias ga mau ngeluarin duit) dan P2W (Pay To Win alias ngeluarin duit) dalam game yang memiliki sistem Gacha. Tidak selamanya P2W akan mendapat hal yang mereka inginkan karena yang mereka 'beli' adalah kesempatan tambahan.

  Sebagai contoh (sama seperti yang saya gunakan pada MAA 2), si Budi yang kerjanya tiap hari merusak hidup orang lain ternyata saat melakukan Gacha dia tergolong orang yang beruntung.

  Makanya bagi saya mengeluarkan uang untuk Gacha = buang-buang uang.

  Tapi lain cerita jika game tersebut memilki VIP System yaitu fasilitas khusus yang bisa didapat setelah melakukan pembelian dengan jumlah tertentu. Secara jelas akan terlihat perbedaan rakyat jelata dengan para bangsawan (walah istilahnya XD).


  terlihat sekali perbedaannya, saya rasa butuh ratusan juta untuk bisa mencapai VIP 20 (dan sebelumnya saya juga pernah mengalami sistem serupa di game lain).

  Awalnya juga saya tertarik untuk menjadi VIP 4-5 di game ini, tapi setelah melihat kondisi keuangan akhirnya saya mengurungkan niat tersebut.

  Apalagi saya juga sudah ketinggalan progress selama > 1,5 tahun. Terasa sangat sia-sia untuk mengeluarkan uang lebih untuk game ini.


  Tapi tetap saja, VIP System adalah hal terbaik untuk game mobile saat ini.


Make Your Heroes Great Again

  Dengan asumsi kalian sudah memiliki 1-2 hero untuk farming item/gold, berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam mem-build hero.

  • Biometric untuk menaikkan batas LV dan menaikkan gear setelah mencapai +15
  • Norn Stone jika kalian menginginkan kemampuan leader dari Hero tersebut
  • Iso-8 set, butuh keberuntungan + gold yang banyak agar bisa mendapat set yang diinginkan, cari tahu dulu set iso terbaik sebelum memulai proses ini
  • mengganti Option pada Gear, hasil berbeda tergantung dari build kalian, tapi yang pasti selalu masukkan option "HP" dan "All Def"
  • Obelisk/Custom Gear, kembali harus mengeluarkan Gold untuk bisa mendapat Custom Gear dengan Option yang bisa mendukung performa hero yang digunakan

  dan harap diperhatikan bahwa jika untuk meng-UNEQUIP (melepas) iso-8/custom gear dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, kecuali jika kalian lebih memilih untuk menimpa (menghapus) iso-8/custom gear tersebut.



  Jadi intinya

 

(Ujung-Ujungnya Duit)


Doctor Strange Event


  Sebagai promosi untuk film Doctor Strange, game ini memiliki event khusus bernama Epic Quest (yang entah kapan berakhirnya) di mana kalian dapat memperoleh berbagai hero baru.

  Berita baik, Doctor Strange bisa didapat secara yang gratis dengan memainkan quest awal dari Epic Quest , apalagi dia sudah langsung masuk kondisi Tier-2.

  Berita buruknya, semua progress Doctor Strange tergantung dari jumlah Epic Quest yang sudah diselesaikan (Artinya Doctor Strange tidak bisa naik Lv secara normal).

  Belum lagi beberapa Quest meminta kalian untuk mencari bahan dengan jumlah banyak (beberapa bahkan sampai ribuan) dan HARUS memiliki hero khusus dan sudah mencapai rank tinggi.

  Bisa dicek di SINI untuk daftar questnya.





Conclusion

  Game Marvel yang patut dimainkan, meskipun proses Grindingnya lama (untung ada fitur Auto), tapi setidaknya tidak butuh waktu lama untuk memperoleh hero impian (tidak termasuk menjadikan dia Tier-2 dan beberapa hero eksklusif loh!!! )


Score

80, lumayan sebagai pengganti lain dari MAA


Temukan Review lainnya di sini.


No comments:

Post a Comment