Just A review From me: [TV SERIES] Luke Cage Review

Sunday, October 9, 2016

[TV SERIES] Luke Cage Review




Tulisan ini penuh dengan Spoiler!!!!!



Prolog

  Setelah sebelumnya sukses dengan Daredevil dan Jessica Jones, Netflix kembali membawa Superhero Marvel menuju layar kaca, dan kali ini yang diangkat adalah Luke Cage, Superhero yang memiliki kulit 'Anti Peluru'/Bulletproof.




  Luke Cage sendiri sudah pernah muncul dalam Jessica Jones, di serial itu Luke menyewa Jessica untuk mencari fakta di balik kematian istrinya, Reva Connor yang meninggal karena kecelakaan. Tapi ternyata Reva mati dibunuh oleh Jessica (tentu saja tanpa bantuan Sianida XD ) yang waktu itu sedang dalam pengaruh Kilgraves. Reva sendiri memiliki info penting tentang percobaan rahasia yang melibatkan Kilgraves.

  Walau nantinya Luke menyadari bahwa Kilgraves adalah pembunuh sebenarnya dari istrinya, Luke terkena pengaruh Kilgraves dan akhirnya terlibat duel 1 vs 1 melawan Jessica yang berakhir dengan pingsan-nya Luke karena ditembak Shotgun dari jarak dekat (dan menyebabkan organ dalamnya cedera yang membuat Claire Temple harus menyedot cairan melalui mata Luke). Setelah pulih Luke pun menghilang tanpa jejak.

  Dan melalui serial ini kalian akan dapat mengetahui kisah masa lalu Luke dan masalah yang menanti dia di kota Harlem.

  Oh ya, sama seperti serial Marvel di Netflix lainnya, Luke Cage memiliki atmosfir "Dark" dan kekerasan sehingga tidak cocok untuk ditonton oleh penonton yang masih di bawah umur


Story

  Setelah kejadian di Jessica Jones, Luke Cage pergi ke Harlem untuk 'menghilangkan jejak'. Di Harlem, Luke bekerja untuk Henry "Pop" Hunter, seorang tukang cukur yang memiliki masa lalu kelam tapi dihormati oleh seluruh penduduk Harlem. Luke juga harus bekerja siang malam agar bisa melunasi uang sewa apartemen miliknya. Untuk malam hari Luke bekerja sebagai tukang cuci piring di sebuah klub malam "Harlem Paradise".

  Masalah muncul saat terjadi sebuah pencurian senjata ilegal yang melibatkan orang dalam. Chico, salah seorang pelaku akhirnya meminta Pop untuk melindungi dia dari incaran Cornell "Cottonmouth" Stokes, pemilik Harlem Paradise yang berprofesi ganda sebagai Boss Gangster (intinya sih dia orang jahat XD ).

  Apa yang seharusnya menjadi tugas mudah bagi Luke akhirnya menjadi masalah saat Pop mati secara tidak sengaja oleh anak buah Cottonmouth, dan nantinya Luke akan terlibat lebih jauh lagi yang membuat dia harus melakukan sesuatu untuk bisa membereskan masalah ini.

  Dan nantinya akan terkuak masa lalu Luke, bagaimana dia mendapatkan kemampuan miliknya, dan juga fakta tentang Reva (yang nantinya akan membuat Luke menjadi korban PHP).

  Overall cerita yang dihadirkan sangat menarik untuk diikuti. Karakter yang ada juga sangat membantu memberikan warna tersendiri bagi serial ini.

  Dan ada cukup banyak musik yang dihadirkan dalam serial ini (terutama dalam bentuk Live Music di Harlem Paradise) yang sangat enak untuk didengar (meskipun tidak sebaik Guardian of The Galaxy ).

  mungkin kekurangan serial ini terletak dari betapa kuat Luke Cage (nanti dijelaskan di bawah) dan sosok Villain yang tidak sebaik 2 seri Marvel sebelumnya, meskipun bisa dimaklumi karena Villain di serial ini adalah manusia biasa.


Characters


Carl Lucas a.k.a Luke Cage (Mike Colter)


  Carl kecil disebut sebagai "Miracle Child" karena bisa lahir walau ibunya divonis tidak bisa melahirkan, ayahnya sendiri adalah seorang Pendeta yang terkenal di kotanya.

  Carl tumbuh menjadi remaja yang kuat dan sempat masuk militer sebagai hukuman karena mencuri mobil, setelah itu dia menjadi Polisi dan masuk penjara "Seagate" karena membela/melawan orang yang salah.

  Di penjara, Carl berkenalan dengan Reva, salah satu dokter di sana. Karena Carl memiliki latar belakang militer maka di sini dia dipaksa untuk menjadi petarung bayaran oleh Sipir penjara, dia terpaksa setuju setelah sipir mengancam akan melukai orang-orang yang disayangi oleh Carl. Akhirnya, Carl berniat untuk membocorkan semua kegiatan ilegal di penjara ini, sayangnya dia ketahuan dan disiksa sampai hampir mati.

  Melalui Reva, akhirnya Carl mendapat perawatan yang aslinya adalah sebuah percobaan khusus untuk menyatukan sel manusia dengan sel abalone yang dimana percobaan ini selalu gagal dan merenggut nyawa napi yang menjadi kelinci percobaannya. Sipir penjara mengetahui hal ini dan menyabotase proses percobaan ini. Hasilnya adalah Carl memperoleh kulit yang sangat keras + kekuatan super yang nantinya dia gunakan untuk kabur dari penjara.

* fakta unik, ternyata Reva sendiri sudah berencana menjadikan Luke sebagai kelinci percobaan

  Setelah itu, dia mengubah identitasnya menjadi Luke Cage dan hidup bersama Reva. Sampai Reva meninggal dan kejadian di Jessica Jones terjadi. Setelah itu dia pergi ke Harlem karena itu adalah kota asal Reva.

  Di Harlem, Luke mencoba menjalani kehidupan normal sampai akhirnya terpaksa berurusan dengan Cottonmouth, ditambah lagi dengan kematian Pop membuat dia ingin membebaskan Harlem dari pengaruh Cottonmouth.

  Mike Colter memerankan Luke dengan sangat baik, sosok 'anti-hero' terlihat jelas pada diri Luke karena dia bertindak di luar jalur hukum. Tapi di mata para Polisi Luke tetap menjadi sosok yang berbahaya dan mereka berniat untuk menangkapnya.

  Dan karena Luke sangat kuat, jadi jangan berharap akan mendapatkan adegan action yang keren pada serial ini.



Mercedes "Misty" Knight (Simone Missick)


  Detektif yang bertugas untuk menyelidiki dan menangkap Luke, dia sendiri memiliki kemampuan analisis yang tinggi yang membuatnya bisa merekonstruksi kejadian di TKP hanya dengan melihat foto saja. Dia sendiri menyadari bahwa Cottonmouth adalah sosok yang berbahaya dan akhirnya mempercayai Luke.

  Misty sendiri memiliki rasa keadilan (Justice) yang tinggi dan berniat untuk menyelesaikan masalah sesuai hukum yang berlaku, sayangnya tidak semua orang di kepolisian memiliki niat yang sama dengan Misty.

  Tapi saya yakin, ke depannya Misty akan mencoba mengambil jalur di luar hukum untuk menyelesaikan masalah yang ada karena sepanjang serial ini Misty benar-benar tidak bisa melawan birokrasi.


  Dan tambahan extra, dia pernah minum kopi bersama Luke XD XD XD.


Claire Temple (Rosario Dawson)


  Suster hebat yang pernah muncul di Daredevil dan Jessica Jones, kali ini dia pulang ke Harlem untuk sekedar istirahat setelah kejadian di Jessica Jones, dan di sini dia merasa bahwa passionnya adalah membantu orang-orang super dalam memberantas kejahatan.

  Dan BINGO, di sini dia bertemu Luke dan nantinya akan membantu banyak dalam serial ini. Yang paling jelas adalah saat dia mengobati Luke yang terluka karena tembakan peluru khusus.


Dan tokoh yang saya benci ada di antara 3 tokoh di bawah ini

Cornell "Cottonmouth" Stokes (Mahershala Ali)


  Pemilik Harlem Paradise sekaligus Boss Gangster terbesar di Harlem, memiliki bisnis ilegal penjualan senjata yang diselundupkan dari "Hammer Tech". Saat salah satu transaksinya gagal karena ulah orang dalam, dia berniat memberi pelajaran orang yang terlibat dalam transaksi tersebut. Dan ketika salah satu pelaku meminta perlindungan kepada Pop, dia akhirnya mengenal Luke Cage dan nantinya akan menjadi musuh.

  Sebagai Boss Gangster, Cottonmouth terlihat sangat menghormati budaya-budaya Ganster yang ada, contohnya adalah saat Pop meminta "Parley", tapi dia tetap bisa menjadi sosok yang (seharusnya) menakutkan. Btw, Cottonmouth sendiri memiliki bakat dalam bermain musik.

  Kelemahan Cottonmouth bagi saya adalah aktingnya yang nyentrik membuatnya tidak terlihat seperti orang jahat, apalagi di beberapa adegan dia terlihat seperti seorang pelawak.

  Tapi Cottonmouth kembali mengajarkan saya bahwa dalam kehidupan Gangster siapa saja bisa kehilangan nyawanya.

  Dan apalagi, beberapa bulan terakhir ini saya menonton kembali sinetron jadul yang ada di TV dan melihat bahwa Cottonmouth memiliki kemiripan dengan sosok pelawak jadul ada di sinetron tersebut, dan namanya adalah ***** (sengaja saya sensor karena saya yakin tidak semua orang akan sependapat dengan 'cocoklogi' saya XD).


Untungnya masih ada 2 sosok Villain dalam serial ini


Willis Stryker a.k.a Diamondback (Erik Laray Harvey)


  Boss gangster lain yang dihormati oleh Cottonmouth (bahkan Diamondback mengirimkan salah satu anak buahnya untuk menjadi konsultan bagi Cottonmouth).

  Sifatnya berbanding terbalik dengan Cottonmouth karena di sini dia sangat kejam dan agresif, bahkan pada pertemuan pertamanya dengan Luke dia berhasil menembak Luke menggunakan peluru khusus yang disebut sebagai "Judas Bullet".

  Dia sendiri terlihat sangat terobsesi dengan Luke.Dan nantinya dia akan merusak nama baik Luke dengan cara membunuh/merusak beberapa warga Harlem sebagai Luke Cage (dia menyamar) dengan menggunakan alat canggih yang membuat dia memiliki kekuatan super.

  Tapi meskipun terlihat jahat, ternyata dia memiliki sifat religius, bahkan dia sering mengutip beberapa kata dari Alkitab.

  Akhirnya terkuak bahwa dia adalah saudara tiri (berbeda ibu) dari Luke, dan dia kesal karena kehadiran Luke membuat dia tidak dianggap sebagai anak oleh ayah mereka.

  Dia keren sebagai Villain, apalagi adegan pertempuran final dia dengan Luke Cage terlihat sangat klasik (lengkap dengan penduduk Harlem sebagai saksi).


             (serasa nonton pertandingan tinju)





Dan Tokoh yang paling saya benci di serial ini adalah...........


Mariah Dillard (Alfre Woodard)


*untuk yang jeli, Alfre Woodard juga muncul di CivilWar , tapi tokoh yang dia perankan di serial ini tidak ada hubungannya dengan Civil War.



  Sepupu Cottonmouth yang memiliki jabatan sebagai anggota Dewan kota New York (anggap saja DPR).


  Ok, Saya STOP dulu di sini dan memberikan sebuah pertanyaan bagi anda.

"Sebagai rakyat Indonesia, apa yang ada di pikiran anda saat mendengar kata DPR ????"




(gambar sebagai ilustrasi saja XD )


  Jika jawaban anda adalah sosok yang bisa dipercaya maka saya ucapkan SELAMAT karena Timeline media sosial anda tidak tercemar berita-berita tentang politik.

  Timeline media sosial Saya sendiri banyak dicemari oleh berita-berita politik yang entah fakta atau tidak, jadi sayang sekali saya tidak menganggap bahwa DPR adalah sosok yang bisa dipercaya oleh rakyat. Apalagi banyak sekali aksi para Anggota DPR indonesia yang sangat 'Terhormat" (ini sarkasme lho......).








  Oke balik lagi ke Mariah, jadi dia adalah sosok anggota Dewan terhormat yang memiliki keluarga seorang kriminal. Dan coba tebak darimana asal dana pembuatan Harlem Paradise ??????

  Yup, dari dana pemerintah yang diselundupkan oleh Mariah untuk kepentingannya sendiri alias korupsi, karena hal ini juga dia dicurigai oleh Misty Knight.

  Jadi apakah Mariah cukup berhenti sebagai Anggota DPR + Korupsi saja ????

  tidak saudara-saudara, ini hanyalah awal dari kebusukan dia.




  Mariah sendiri memiliki program untuk kebaikan kota Harlem dan dia cukup lihai dalam menggunakan media untuk melakukan P-E-N-C-I-T-R-A-A-N. Bahkan dia menggunakan Luke Cage sebagai kambing hitam hanya sebagai manuver politik saja. Pokoknya image dia harus bersih di mata para rakyat.

  Mariah sendiri orang yang tergolong 'asal jadi' dimana dia tidak peduli saat Cottonmouth mengalami masalah keuangan dan hanya mementingkan hasilnya saja, benar-benar contoh Investor yang buruk.


  Dan hal terakhir yang saya benci dari dia adalah posisinya sebagai orang penting membuat dia bisa kabur dari jeratan hukum dengan cara yang mudah (baca : pengacara), bahkan Misty Knight tidak bisa menghentikan hal ini walau dia memiliki bukti yang kuat.



Hammer Industries Tech



  Kenal perusahaan ini ??????

  wajar sih kalau kalian tidak mengenalnya karena perusahaan ini hanya muncul sekali yaitu di film "Iron Man 2" sebagai saingan dari Stark Industries. CEO perusahaan ini, Justin Hammer ditangkap karena kejadian di Iron Man 2.

  Tapi perusahaan ini ikut ambil peran dalam pembuatan War Machine.

  Tapi senjata buatan mereka sepertinya sangat diragukan kulitasnya

  lihat saja GIF ini.




  Tapi hebatnya ternyata di serial ini perusahaan ini berhasil membuat 2 benda yaitu Judas Bullet (peluru yang terbuat dari material alien Chitauri yang ada di Avenger) dan Power Suit yang digunakan Diamondback untuk melawan Luke.

  Dan dengan pengaruh dari Mariah Dillard, para polisi juga memakai versi lain dari Judas Bullet demi memerangi orang-orang yang memiliki kekuatan Super.


  Jadi sepertinya ke depannya teknologi Hammer Industries akan lebih banyak tampil (mungkin sebagai senjata untuk para anak buah ???)


Luke Is too Strong!!!!!


  Luke Cage terlalu kuat sampai membuat adegan action di film ini menjadi cukup membosankan.

  Bagaimana tidak, melawan luke cage berarti siap-siap menderita patah tulang



(Ouch)


  bahkan Luke bisa membuat lawannya pingsan dengan mudah, jadi sulit sekali mendapatkan image bahwa Luke akan kesulitan dalam melawan musuh-musuhnya (kecuali di pertengahan Episode saat Diamondback sudah memakai Judas Bullet).

  Kerugian bagi Luke cuman satu, dia harus banyak membeli baju baru XD


Coming Soon, The Defender


  Tinggal menunggu Iron Fist yang akan tayang tahun depan dan lengkaplah anggota The Defender (Daredevil,Jessica Jones, Luke Cage, dan Iron Fist).

  Sekedar menebak saja, mungkin Daredevil akan membantu menyelesaikan masalah yang dialami Luke pada episode terakhir serial ini.


Conclusion

  meskipun tidak sesuai ekspetasi awal saya, Luke Cage (dan serial Netflix Marvel lainnya) kembali membuktikan bahwa Marvel juga bisa menjadi "Dark".


Score

85, Dark but Fun





* kecuali bagian Mariah Dillard


No comments:

Post a Comment