Just A review From me: [MOVIE] Ant-Man Review

Thursday, July 16, 2015

[MOVIE] Ant-Man Review

* untuk review tentang Spec Ops dari Ant Man bisa dibaca di sini



Prolog

  So, apakah kalian sudah menonton Avenger 2 ???

  Jika sudah, maka sudahi saja Hype tentang Hulkbuster dan cantiknya sang Scarlet witch., sudah saatnya kita move on dan berkenalan dengan jagoan baru Marvel, Ant-Man. Ant Man bisa dibilang super hero kelas B dan kurang dikenal seperti Guardian of the Galaxy (dan tentunya kita tahu bahwa sekarang GotG sudah menjadi mainstream), apakah Ant-Man bisa menjadi seperti GotG ??? .

  Jawaban simpelnya adalah YA, karena film ini membawa cukup banyak angin segar dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebelum memulai reviewnya marilah kita melihat perjalanan promosi si Ant-Man dan sedikit sejarah tentang Hank Pym, penemu Pym Particle.

Pencitraan Sang Semut

  Ant-Man hadir membawa kejutan karena dirilis saat menjelang lebaran dimana seharusnya biskop didominasi oleh film-film lokal untuk beberapa minggu, bahkan GotG mengalami kemunduran rilis di Indonesia hampir sebulan karena hal ini (bisa dibaca selengkapnya di sini). Dan Ant-Man mampu mengubah tradisi ini dan otomatis langsung berhadapan dengan film-film lokal, dan saingan terkuatnya sekarang adalah Comic 8 : Casino King (saya blom nonton btw XD ).

  Promosi Ant-Man juga hampir semeriah Avenger 2 (bisa dibaca sedikit di sini) di mana gerbong kereta di Manggarai (CMIIW) menjadi objek promosi dan seorang selebriti mendapat kehormatan menjadi Ant-Man, dan dia adalah Daniel Mananta alias VJ Daniel.

  Cukup mengejutkan saat melihat daniel muncul di beberapa acara (termasuk gosip) dan mempromosikan Ant-Man, di situ dia sedikit menjelaskan tentang kehebatan semut dan betapa heroiknya Si Ant-Man. Tidak ada yang salah sih dengan promosi ini dan kupikir cukup berhasil karena cukup banyak anak-anak yang mulai mengenal jagoan yang satu ini. Hanya saja jika Daniel sudah melihat film ini mungkin dia akan menarik kata-katanya sendiri.




(Ant-Man, lokal version)

  jadi anak-anak, jangan menirukan perbuatan Scott Lang/Ant-Man di film ini karena

  • kalian tidak punya baju super
  • maling/mengambil barang orang lain adalah perbuatan yang buruk, kecuali jika kamu mengambil dari seorang (calon) penjahat XD

ok, sekarang saatnya kita mengenal Hank Pym



Henry 'Hank' Pym Brief History

  Hank Pym adalah seorang super hero di dunia Marvel yang memiliki banyak sekali identitas/persona , beberapa diantaranya adalah Ant-Man, Goliath, Yellowjacket, dan Wasp. Itu semua terjadi karena benda temuan dia yaitu Pym Particle, sebuah partikel yang bisa mengecilkan/membesarkan sebuah objek. Selain itu Pym juga termasuk salah satu ilmuan jenius yang pada akhirnya melahirkan/membuat salah satu musuh terbesar di dunia marvel yaitu Ultron. Dan menurut kabar yang ada, sekarang Pym sudah menyatu dengan Ultron.


(Hank dan beberapa personanya)

  Banyaknya persona yang dihasilkan Pym juga bersumber dari keadaan mentalnya yang kurang stabil, dia menciptakan persona Yellowjacket karena sedang galau dan terkena pengaruh bahan kimia, tapi hasilnya yellowjacket bisa menikahi Wasp. Dan pada suatu ketika sebuah insiden KDRT kecil membuat dia dimusuhi oleh berbagai tokoh di dunia Marvel dan sempat dijuluki Wive-beater (menurutku ini sih lebay banget).

 


(mmmm, memang apa salahnya menampar istri saat sedang marah ??? )


  Dalam MCU, Pym tidak menciptakan Ultron tetapi tetap menjadi penemu Pym Particle, dia bahkan bergabung dan bekerjasama dengan SHIELD sampai akhirnya keluar dan menciptakan Pym Industries. Dia dan istrinya menjadi Ant-Man saat masa-masa perang walaupun akhirnya harus kehilangan sang istri dan hal ini merupakan pukulan besar baginya. Dia tetap menyimpan baju Ant-Man di rumahnya dan berharap suatu hari bisa mewariskannya kepada seseorang.

  Dan di sinilah muncul Scott Lang, maling budiman yang akan menjadi Ant-Man XD


  ok, let's start the review

Story


  Dimulai dengan keluarnya Hank Pym dari SHIELD karena SHIELD berniat memanfaatkan Pym Particle untuk kepentingan mereka.

  Dan disinilah Scott Lang, seorang master di bidang elektro yang dipenjara karena 'maling' uang perusahaan tempat dia bekerja, dan saat dia bebas dari penjara dia sulit untuk mendapat pekerjaan dan akhirnya menerima sebuah pekerjaan untuk mengambil sebuah barang berharga di rumah orang tua, dan rumah itu ternyata adalah rumah Hank Pym!!!.

  Dan di sinilah hidup Scott berubah dimana dia harus mencegah kehancuran dunia dengan cara..........

  Merampok!!!!!

  Yup, masih mau bilang Scott adalah pahlawan ????

Characters


*kucoba untuk tidak mengulangi kesalahan saat review Avenger-2 yang terlalu banyak spoiler


Scott Lang (Paul Rudd)

  Jagoan baru Marvel yang dipenjara karena 'mencuri' uang milik perusahaan tempat dia bekerja, tapi jika uang itu adalah hak para pegawai yang belum dibayar dan dikembalikan pada yang berhak, apakah Scott bersalah ????

  Keluar dari penjara dan memiliki catatan kriminal membuat Scott sulit mendapatkan pekerjaan. Dan akhirnya dia pun harus kembali merampok untuk mendapatkan uang agar bisa bertemu lagi dengan putrinya, Cassie Lang.

  Ternyata yang dia curi adalah baju Ant-Man buatan Hank Pym, dan imbasnya dia harus berlatih menjadi Ant-Man untuk mencuri baju yellowjacket. Dan ujicoba pertamanya tidak main-main loh. Dia harus mencuri barang di gudang tua milik Howard Stark. Dan apakah sudah kubilang kalau gudang tua itu sudah berubah menjadi markas baru Avenger ???. dan disinilah Scott harus berhadapan dengan...............................Falcon













(Our New Thief)




Dr Hank Pym (Michael Douglas)

  Pencipta Pym Particle dan baju Ant-Man, karena merasa bahwa Darren Cross mulai menyalahgunakan teknologi yang mirip dengan Pym Particle dia meminta Scott untuk mencuri baju Yellowjacket karena khawatir baju itu akan membawa kehancuran dunia. Menjadi mentor bagi Scott dan mengajari Scott cara menggunakan Baju Ant-Man dan berkomunikasi dengan semut.



(Our Thief Mentor)



Hope Van Dyne (Evangeline Lily)


  Putri dari Hank Pym, hubungan dia dengan Pym memburuk setelah kematian sang ibu. Hal itu membuat dia membantu Darren Cross untuk mengambil alih Pym industries, tapi dibalik itu semua ternyata dia memiliki agenda tersendiri.



(Our Thief Love Interest)



Darren Cross (Corey Stoll)

  Mantan Asisten dari Dr. Pym yang terobsesi dengan teknologi Pym Particle, dia membuat versi dia sendiri dan mengalami kebuntuan karena dia belum bisa menciutkan makhluk hidup secara sempurna. Dan dia merasa bahwa baju Ant-man menyimpan jawaban dari semua masalahnya. Dan nantinya dia akan menjadi lawan bagi Scott dengan nama Yellowjacket.


(Our Thief enemy)



The Heist Crew (Luis, Dave,Kurt)

  Scott membutuhkan keahlian mereka untuk bisa mengambil baju yellowjacket, aksi mereka bertiga bisa mengundang gelak tawa, Luis yang paling kocak karena cara dia bicara bisa membuat kita merasa bahwa dia memiliki ingatan fotografis, Dave memiliki keahlian di bidang Hacking, dan Kurt ada di grup ini sebagai 'the black man' (sori rada rasis).


(Our Thief Friends)

The Greatest Allies






  Kekuatan terbesar Ant-Man bukanlah dari Pym particle, tapi dari semut (You Don't Say XD), melalui alat yang dipasang di telinga dan kekuatan mental Scott mampu berkomunikasi dengan para semut dan memerintah mereka untuk melakukan segala yang Ia pikirkan.

  Semut sejatinya adalah hewan yang bsia mengangkat berat 50x berat tubuhnya + sangat mahir dalam bekerjasama, dan dalam film ini digunakan beberapa spesies semut yang bisa digunakan untuk transportasi dan melumpuhkan beberapa musuh.

  Sekarang tinggal ngebayangin gimana klo beberapa villain/hero Marvel terkena serangan semut, pasti menjijikkan XD.



Marvel New Approach

  
  Jika GotG memperkenalkan lagu jadul dan setting yang baru, maka Ant-Man memperkenalkan hal2 berikut :


Heist

  Suka tidak suka, Scott Lang adalah seorang perampok/maling, dan hal terbaik untuk membuktikannya adalah dengan merampok sesuatu XD. Di sini kita diperlihatkan bagaimana rumitnya menyusun sebuah rencana perampokan, dan itu semua tersaji dengan baik. Mirip-mirip ama GTA V lah .


Nice Plot

  IMO, film Marvel selalu seimbang dalam kadar action dan plot, tapi untuk film ini bisa kubilang persentasenya 80% plot dan 20% action. Plot yang ada sangatlah simpel dan enak untuk diikuti bahkan hampir tidak ada sub-plot dan beberapa istilah marvel yang menggangu (khususnya untuk fans baru film-film marvel).
Jika beberapa orang menyebut Age of Ultron sebagai 'Road To Civil War', maka Ant-Man bisa dibilang sangat independen karena tidak memanfaatkan sumber dari film-film marvel lainnya.


Weak Enemies

  Imbas dari plot yang bagus adalah karakter musuh yang kurang dieksplorasi, Yellowjacket di sini tidak kalah beda dengan Ronan the Accurser dari GotG, tapi untungnya final battle di sini tidak se 'cupu' gotG dimana Ronan dikalahkan dengan.......




(maju mundur maju mundur ganteng ganteng XD)

The Ending

  Sampai saat ini menurutku, Captain America : Winter Soldier adalah film marvel dengan ending terburuk, buruknya ending itu terjadi karena kalimat Sam Wilson (Falcon) di akhir film)



(dammit Sam!!!)

  Meskipun kalimat itu mengandung arti/makna yang bagus, tapi Sam terlalu cepat mengatakannya sehingga merusak mood dari ending film tersebut.

  Nah, di Ant-Man juga sama, mood ending dirusak dengan tingkah konyol dari salah satu karakter yang ada, benar2 membuatku kesel + ketawa, seharusnya adegan ini tidak dijadikan Ending.

After Credit Scene Discussion

  Seperti biasa Marvel selalu menyisipkan 1-2 adegan ekstra di akhir film-film mereka, untuk film ini ada 2 adegan

  Adegan pertama adalah Hope yang diberi sebuah 'kejutan' oleh ayahnya, dari sini seharusnya kalian sudah menebak apa 'kejutannya'

  Untuk adegan kedua menurutku biasa-biasa saja, tidak ada Thanos, infinity Stone/Gems/Gauntlet,musuh baru, atau bahkan Hydra. Jadi sebaiknya kalian lihat sendiri saja adegannya.

  Tapi, ada alasan khusus kenapa saya memasang gambar adegan Winter Soldier di film ini XD. (ini hint btw)



Conclusion



Marvel done it again, Nice (anti) hero movie dengan plot yang bagus. Totally recommend



My Score :

85, ternyata maling bisa jadi pahlawan juga XD



ok segitu dulu, see you at next post

No comments:

Post a Comment