Just A review From me: [TV SERIES] Adam Ruins Everything Review

Monday, January 30, 2017

[TV SERIES] Adam Ruins Everything Review



Prolog

  Umumnya, genre komedi dan edukasi adalah dua hal yang sulit disatukan karena salah satu akan menonjol ketimbang lainnya, umumnya acara seperti ini memiliki dua kemungkinan :

  • 80% komedi + 20% edukasi = lucu tapi rata2 akan lupa apa yang diajarkan acara ini
  • 20% komedi + 80% edukasi = jadi boring karena pada dasarnya belajar itu membosankan

  Tapi Adam Ruins Everything berhasil mengubah paradigma di atas, acara ini selain lucu juga bisa mengajarkan banyak hal bagi para penonton. Dan acara ini sendiri cenderung memakai tema yang mungkin akan dianggap tabu bagi beberapa orang.

  Saya pertama kali menemukan acara ini lewat Channel Youtube "TruTV" dan "College Humor" dan saya kira ini bukan serial TV. Ternyata yang ada di Youtube hanyalah sebagian saja, versi full-nya bisa anda saksikan melalui situs official-nya (jika memiliki langganan TV kabel) atau melalui "jalan lain".

  Bagi saya sendiri acara ini memiliki tempat tersendiri di hati saya XD.

  Jadi, sudah siapkah hidup anda dihancurkan oleh Adam ?????

Story

  Setiap episode selalu memiliki pola yang sama, ada sebuah kondisi yang menurut kita normal (acara lamaran,pergi ke Mall, membeli hewan peliharaan,liburan musim panas, bahkan ke acara pemakaman), lalu ada manusia "menyebalkan" yang bernama Adam Conover yang akan membeberkan fakta-fakta yang akan merusak kondisi tersebut dalam acara yang disebut "Adam Ruins Everything". Tapi harap diingat bahwa fakta yang akan diberitahu oleh Adam memiliki sumber yang terpercaya (ada di bagian kanan atas).

  Dan karena Adam adalah pembawa acara, maka Adam memiliki berbagai kekuatan super seperti teleport, merubah format acara (menjadi kartun atau clay model), bahkan membawa narasumber dengan gaya dia.

  Dan tidak seperti Narasumber pada acara lain yang umumnya hanya berisi tanya jawab, di sini para narasumber akan terlibat skenario yang diciptakan Adam sehingga membuat mereka terlihat lebih 'hidup' (tidak kaku).

  Dan meski begitu, unsur komedi juga sangat melekat dalam berbagai fakta yang dibawakan Adam sehingga secara tidak langsung penonton akan dapat belajar dengan cara yang lucu (terkadang malah ironis).



Adam Ruins What ????

*Acara ini memiliki total 26 Episode + 1 Episode spesial dan di sini saya akan membeberkan beberapa diantaranya + mencoba membandingkaannya dengan keadaan di Indonesia dan pengalaman pribadi

*Karena saya bukan Adam, maka beberapa nama akan saya sensor

  1. Adam Ruins Giving

  Ternyata pemberian cincin berlian untuk acara pertunangan itu adalah akal-akalan (strategi marketing) perusahaan Berlian untuk meningkatkan profit. Dan harga jual berlian cenderung jatuh.


Keadaan di Indonesia

  No Comment karena di sini rata-rata memakai cincin emas, tapi klo anda sudah menikah dan sedang iseng coba saja tanyakan harga cincin kawin anda, apakah lebih murah/mahal dari waktu anda membelinya ????


  1. Adam Ruins Restaurant

 Adam memberitahu fakta dibalik "budaya" pemberian uang tip di restoran, makanan yang tidak sesuai dengan namanya (terutama Seafood), dan mengapa Ahli cicip minuman Wine adalah pembohong belaka.


Keadaan Di Indonesia

  Untungnya di sini pemberian uang tip tidak menjadi hal wajib (atau malah tidak ada sama sekali), bahan makanan yang tidak sesuai sudah pasti pernah terjadi pada hidup kita (cuman kita-nya saja yang tidak tahu).


  1. Adam Ruins Hygiene

  Ternyata anjuran mandi setiap hari (kembali) adalah akal-akalan perusahaan sabun, mandi tiap hari akan menurunkan kualitas kulit anda (saya yakin 1000% semua orang tidak akan setuju dengan hal ini).

  Dan produk obat kumur yang terkenal ternyata dulunya digunakan sebagai pembersih lantai, bahkan mereka juga yang memperkenalkan istilah "Halitosis" dan membuat iklan yang seakan-akan menakuti para konsumen.


(gak heran penjualannya naik 4000% dalam 7 tahun)

  1. Adam Ruins Work
* Episode favorit saya karena saya masih mencari kerja, sekaligus membuat ngeri

  banyak perusahaan yang mencoba 'menipu' karyawannya dengan berbagai cara. Dan tahukah anda di AS membicarakan jumlah gaji dianggap tidak sopan / rahasia daripada membicarakan masalah pribadi mereka. Dan juga alasan mengapa ada perusahaan yang memiliki fasilitas yang terbilang WAH padahal jarang dipakai oleh karyawannya. Lalu ada juga sejarah tentang munculnya istilah week-end.


(ini nih yang namanya Good Boss)


Keadaan di indonesia

  Saat saya masih bekerja, perbincangan tentang gaji benar-benar menjadi topik yang terlarang (baca : malu-maluin), apalagi saat bersama atasan. Jadi benar-benar ada Gap antara karyawan dengan atasan. Bahkan sesama karyawan dengan posisi sama saja gajinya bisa berbeda (dan kami tahu tapi ogah membicarakannya).

  atau saya yang berada di tempat yang salah ?????????



  1. Adam Ruins Wedding

  Sering dengar/melihat opini tentang kawin = gengsi ??? nah disini dibeberkan sejarahnya mengapa hal itu bisa terjadi, kenapa pernikahan selalu identik dengan warna putih, mengapa "cinta sejati" itu bisa dibilang mitos, dan mengapa perceraian itu bagus.

  Dan Wedding Organizer sering mematok harga yang tergolong tinggi untuk hal yang sebenarnya sepele (contoh :balon,dekorasi,kue,dll). hal ini disebut sebagai Wedding Tax


(sampai dibeginiin saking  bencinya ama Adam XD)


Keadaan di Indonesia

  Cukup dijawab dengan istilah "Kawin Di Gedung, Hidup di kontrakan", dan cerai terkadang adalah solusi terbaik jika hubungan sudah tidak bisa diteruskan (saya bisa bilang begini karena sudah merasakan sebagai anak korban cerai ), tapi serius deh jika anda cerai dengan kondisi sudah punya anak = cari mati, belum lagi apa kata tetangga.

  1. Adam Ruins Animals

  Mengapa kawin (breeding) sesama ras anjing itu berbahaya bagi spesies mereka, mengapa kucing sebaiknya tidak dibiarkan keluar rumah, dan bagaimana perburuan hewan 'legal' menjadi salah satu solusi terbaik untuk pelestarian spesies mereka.


(beginilah keadaan para kucing liar di AS)

Keadaan Di Indonesia

  Karena di daerah rumah saya ada pihak tidak bertanggung jawab yang membuang anak kucing dalam jumlah banyak (dilakukan tengah malam) maka seringkali proses mengeluarkan mobil/motor bisa bikin frustasi (karena kucing sering muncul di bawah mobil / jok motor). Jadi iya, kucing harus dibatasi.


  1. Adam Ruins Wild West
*Ini Episode yang pertamakali saya tonton lewat Youtube

  Image para Cowboy ternyata adalah akal-akalan para sineas Hollywood, Cowboy di dunia asli adalah orang yang mengurus sapi. Bukan orang yang dar-der-dor sambil menunggang kuda.

  Dan ternyata, sejarah dunia barat yang asli (Wild West) tercipta karena jasa 3 orang yaitu Prostitusi (untuk uang), pemerintah (pembuatan bendungan), dan AC (karena pada waktu itu bioskop adalah tempat publik pertama yang memiliki benda ajaib yang satu ini).

(Para Pahlawan asli Dunia Wild West)

  1. Adam Ruins Internet

  Membeberkan bagaimana raksasa seperti Facebook dan Google mendapatkan uang, mengapa internet di AS kalah sama Korea, dan mengapa istilah 'anti-sosial karena teknologi' adalah bualan belaka.


(uhhh...... Matrix)



Keadaan Di Indonesia

  Saya sendiri sudah tahu bagaimana cara raksasa ini mendapatkan uang, bahkan sudah sering saya peringatkan jangan kelewat mengumbar diri melalui internet. Tapi apalah daya sifat manusia itu terkadang memang butuh pamer -_-


  1. Adam Ruins Justice

  Menceritakan betapa bobrok dan rasis sistem pengadilan di AS, dan tahu tidak ada kasus yang cukup 'nyeleneh di sana' yang bernama "Mc**nald hot coffe lawsuit dimana ada nenek-nenek yang ketumpahan kopi yang dia beli dan dia malah menuntut tempat yang menjual kopi itu, dan hebatnya nenek itu menang dan mendapat uang yang banyak.


(kasus simpel begini ?????????)

  Terdengar sangat goblok bukan ??? bahkan media di sana pun ikut2an menyorot dan memparodikan berita ini.

  Padahal faktanya sangat mengejutkan, nenek itu ternyata terkena luka bakar derajat 3 (Third Degree Burn). Bagaimana mungkin kopi bisa menyebabkan luka seperti itu ???.

  Well, ternyata kopi yang dibuat oleh tempat itu menggunakan suhu 190 derajat (di atas titik didih) dan bisa membahayakan siapa saja. Tapi tentu saja media dengan 'indahnya' bisa menyembunyikan fakta tersebut.


Keadaan di Indonesia


11-12 sih, di sini kan berlaku istilah "tajam ke bawah,tumpul ke atas"




Tidak Saya Rekomendasikan


  Dengan begitu banyaknya hal yang dirusak Adam, maka acara ini tidak akan saya rekomendasikan. Jika penasaran cek saja dulu versi Youtube.

  Tapi jika anda tidak mengerti bahasa inggris maka abaikan saja tulisan saya di atas tadi.


Satu Hal yang bikin nyebelin

  Untuk sebuah acara yang memberikan banyak ilmu, kelemahan terbesarnya malah terlihat dari betapa mudah + konyolnya acara ini dalam membunuh salah satu tokohnya.

  Jadi dalam satu Episode, Emily (teman Adam) mengalami kecelakaan yang membuatnya mati suri dan nanti Adam akan menjelaskan beberapa fakta tentang kematian. Emily sendiri tetap hidup sampai sekarang.


  Tapi lain cerita untuk temannya yaitu Haley, dia mati hanya karena terpeleset saat sedang menjenguk Emily.

  Dan ternyata dia mati beneran!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!




tapi di balik semua itu, episode ini akan mengajarkan Anda tentang fakta kematian


(HUHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH)



Conclusion

  Adam Ruins Everything membuat saya menjadi lebih waspada dan sering-sering mencari informasi tambahan sebelum men-judge suatu kejadian. Dan humor acara ini juga bisa saya katakan TOP SEKALI.



My Score

90, belajar sambil tertawa XD



Temukan review lainnya di sini.

No comments:

Post a Comment