Just A review From me: [TV SERIES] Westworld Review

Monday, February 6, 2017

[TV SERIES] Westworld Review

SPOILER ALERT!!!!!!!!!!!!!!!


Prolog

  Selama beberapa tahun terakhir, serial TV Game Of Thrones sering mendapat banyak pujian dan penghargaan. Dan bagi yang sudah pernah menonton serial tersebut pasti setuju dengan prestasi yang diraih oleh serial TV ini.




  Lalu saat HBO mengumumkan akan membuat serial TV Original yaitu Westworld, banyak pihak yang akan menganggap bahwa Westworld akan mengulangi kesuksesan Game Of Throne. Benarkah demikian ?????

  saya sendiri cukup telat dalam menonton serial TV ini, awalnya saya mengira bahwa serial ini akan bertema alien/robot setelah melihat poster film meskipun ternyata saya tidak 100% salah.

  Westworld sendiri akan menceritakan tentang dunia koboi (sesuai judulnya), tapi di balik itu semua ternyata serial ini mengambil setting di masa depan dan memiliki tema yang menarik.

  Dan ternyata, Westworld sendiri sudah pernah tayang di masa lalu. Versi tahun 2016 ini bisa dibilang adalah remake.


Westworld Brief History

  
  Westworld pertama kali rilis pada tahun 1973 dan memiliki sequel yaitu Futureworld pada tahun 1976 dan serial TV spin-off Beyond Westworld pada tahun 1980.

  Westworld sendiri adalah sebutan untuk sebuah taman hiburan canggih bertema koboi yang ada di masa depan.

  Yup, kalian tidak salah membaca, Westworld adalah sebuah taman hiburan.

  Lantas apa yang membuat Westworld berbeda dari taman hiburan lainnya ????



Boy, Have We Got Vacation For You!!!!


Apakah anda jenuh dengan rutinitas harian ???

Apakah anda sedang butuh liburan alias kurang piknik ??

Apakah anda senang dengan dunia koboi ????

dan pertanyaan yang paling penting......

APAKAH ANDA MEMILIKI UANG (Minimal $40.000) ???

Jika jawaban anda IYA, maka anda pantas berlibur di Westworld XD.

  Westworld sendiri adalah taman hiburan canggih yang ada di masa depan, meskipun memiliki harga yang mahal ($40.000 untuk 1 hari), Westworld menawarkan sesuatu yang sangat spesial yaitu "Kebebasan".

  Jadi dalam Westworld anda berhak melakukan sesuatu sesuai keinginan anda, apakah anda ingin menjadi Sheriff dan menangkap para bandit, atau menjadi bandit dan merampok kota-kota yang ada, atau memilih bersenang-senang dengan para Host wanita yang ada di Westworld ??? semua itu dapat anda lakukan di Westworld.

  Dan lebih mantapnya lagi, Para Host di Westworld tidak bisa membunuh anda sehingga semakin terlihat arti kebebasan dalam Westworld.

  Lalu apa itu Host ???


Meet The Host


  Host adalah sebutan bagi para robot (baca : makhluk hidup buatan) canggih yang menghuni Westworld. Para Host memiliki bentuk fisik layaknya manusia / hewan asli. Para Host diprogram sesuai profesinya masing-masing dan memiliki tugas tersendiri (disebut Narrative) untuk memandu para Newcomer (tamu).

  Dan yang paling penting adalah para Host terjebak dalam siklus hidup yang diulang-ulang (Looping), jika Host terbunuh/rusak maka mereka akan dibawa ke suatu tempat lalu "diperbaiki + dihapus ingatannya".

  Dan jangan lupa, karena Host itu sangat mirip dengan manusia maka tidak heran jika mereka akan diotopsi saat para teknisi memperbaiki Host. Tapi bagaimanapun Host bukanlah manusia karena mereka tidak memiliki "Jiwa".

  Tapiii........, jika kalian melihat dengan dari sisi lain (baca :hati nurani) apa yang dialami para Host, maka kalian pasti akan mencap perlakuan para pencipta mereka adalah BIADAB.

Story

  kehidupan di Westworld berjalan seperti biasa, sampai sebuah update membuat beberapa Host menunjukkan perilaku yang aneh yang nantinya akan membuat beberapa staff menyelidiki hal tersebut.

  Di lain pihak, kita akan disuguhi kisah petualangan 2 tamu yaitu William yang pertama kali berkunjung di Westworld dan lelaki misterus yang disebut Man In Black yang sudah mengunjungi Westworld selama 30 tahun terakhir.

  Beberapa Host juga mulai menyadari tentang kenyataan hidup mereka dan mencoba melakukan beberapa cara untuk mengubah nasib mereka, berhasilkah mereka ?????



Characters
  1. Dolores Abernathy (Evan Rachel Wood) dan Teddy Flood (James Marsden)

  Hidup Dolores terbilang simpel, tiap hari dia pergi ke kota untuk berbelanja, lalu saat dia pulang dia melihat ayahnya dibunuh oleh para bandit. Dan keesokan harinya dia akan kembali pergi berbelanja di kota, lalu kembali melihat ayahnya dibunuh. Begitu terus ampe bosen XD.

  Teddy Flood adalah seorang Bounty Hunter yang bertugas memandu para Newcomer jika mereka ingin berburu bandit, dalam salah satu 'kemungkinan' cerita dia akan bertemu Dolores lalu mengalami jatuh cinta. Tapi nasib Dolores sendiri bisa ditentukan sesuai keinginan para tamu.

  Setelah Update terbaru, Dolores mulai mengingat beberapa kejadian yang seharusnya tidak dia ingat. Lalu dengan bantuan suara misterius yang dia dengar, Dolores memulai petualangannya dalam memahami mengapa dia diciptakan.

  Teddy sendiri memiliki sebuah narrative baru yaitu menemukan seorang bandit yang bernama Wyatt, dan ternyata Teddy memiliki masa lalu dengan Wyatt.

  1. Maeve Millay (Thandie Newton)

  Host yang memiliki pekerjaan sebagai Madam di Mariposa Saloon. Tugasnya adalah merayu para Newcomer agar menggunakan jasanya. Setelah dia mengingat apa yang terjadi pada dirinya, dia mulai merencanakan sebuah pemberontakan, tapi untuk melakukan hal itu dia butuh pasukan dan bantuan dari orang dalam.


  1. William (Jimmi Simpson)


  Newcomer yang baru pertama kali mengunjungi Westworld bersama dengan Logan dalam rangka perayaan sebelum William menikah dengan saudara Logan sekaligus kenaikan pangkat William sebagai EVP (Executive Vice President) pada perusahaan milik keluarga Logan yaitu Delos. Logan sendiri sudah pernah mengunjungi Westworld sehingga dia bertindak seenaknya dan menganggap bahwa para Host memang layak disiksa.

  Kehidupan William di Westworld sendiri memang terlihat cupu pada awalnya, tapi semua berubah saat dia bertemu Dolores.

  1. Man In Black (Ed Harris)

  Sudah mengunjungi Westworld selama 30 tahun terakhir dan sudah hapal isi Westworld. Tujuan dia selama sekarang adalah mencari sesuatu yang disebut sebagai "Center Of The Maze".

  Identitas dia sendiri baru akan di-reveal di episode akhir.

  1. Robert Ford (Anthony Hopkins)

  Direktur sekaligus penemu dari Westworld, bersama temannya Arnold dia membuat Westworld dari nol, namun sayang terjadi perselisihan dia dengan Arnold yang menyebabkan kematian Arnold. Arnold sendiri menginginkan para Host agar memiliki kesadaran (consciousness) dan sangat terobsesi dengan para Host setelah kematian anaknya.

  Ford adalah orang yang membuat Update terbaru bagi para Host, dia berharap update tersebut mampu memuaskan Narrative terbaru yang sedang dia buat. Dibalik itu semua dia adalah sosok misterius dan sering terlihat memiliki agenda tersendiri. Apalagi dia mampu mengontrol para Host sesuai keinginan dia.


Mulai Dari sini akan ada banyak Spoiler kelas berat !!!!!!!!!!!!!!


2 Timeline


  Saat menonton Westworld, mungkin kalian akan menyangkan bahwa petualangan William dan Man In Black terjadi di waktu yang sama. Tapi setelah pertengahan episode mulai terlihat beberapa keganjilan. Dan nantinya kan terkuak bahwa serial ini memiliki dua timeline yaitu William (masa lalu) dan Man In Black (masa kini).

  Dengan fakta di atas, tentunya mudah bagi kalian untuk menebak identitas asli dari Man In Black bukan ??????


Identitas Man In Black


  jadi siapakah dia ???????? dan mengapa dia sangat terobsesi dengan Dolores ?????


  ternyata dia adalah William (30 tahun lebih tua), petualangan dia di masa lalu membuat dia merasa bahwa Westworld adalah masa depan baginya, terlebih lagi setelah kematian istrinya. Dia sendiri sudah menjadi orang sukses (menjadi pemimpin Delos) dan menjadi pemegang saham tertinggi di Westworld.

  30 tahun William berkunjung ke Westworld guna mencari "Center Of The Maze", sebuah tempat yang dia yakini akan membawa perubahan bagi para Host.


Center Of The Maze



  Arnold selaku salah satu pencipta Westworld menciptakan Maze berdasarkan mainan milik anaknya, simbol Maze sendiri adalah representasi dari Teori Arnold demi membuat kesadaran bagi para Host.

  Hal inilah yang membuat dia mengalami perselisihan dengan Ford dan akhirnya menyebabkan kematiannya yang tidak lain disebabkan oleh Dolores (yang waktu itu memiliki kepribadian lain yang disebut Wyatt).

  Peninggalan Arnold sendiri masih tersisa dalam bentuk kode yang ada pada Host, dari Kode inilah Dolores mendengar "suara-suara misterius".

  Center Of The Maze sendiri dapat diartikan sebagai kondisi 'sadar' para Host, nantinya hal ini akan dialami oleh Maeve dan Dolores sebelum nantinya mereka akan membuat sebuah gerakan pemberontakan.


Futureworld ??????

  Meskipun belum ada pengumuman official tentang Season 2, tapi petunjuk bisa kalian temukan dalam episode akhir Westworld yaitu adanya para Host dengan tema samurai yang ditemukan oleh Maeve saat dia menyusup ke kantor Delos.


  Saya sendiri sudah puas dengan ending yang diberikan oleh serial ini. Dan kalaupun ada season 2 pasti settingnya akan jauh di masa depan (karena Westworld butuh renovasi besar-besaran setelah kejadian yang ada di episode akhir).

  Dan Westworld original juga memiliki sequel yang bernama Future World, jadi kemungkinan adanya season 2 tentu sangat besar.


Conclusion

  Meskipun menarik, alur cerita tergolong lambat dan baru terliaht menarik saat pertengahan cerita dimulai. Selain itu jika kalian mengerti tentang mekanisme para Host yang mengalami Looping maka sebenarnya serial ini menjadi kurang menarik karena berputar di hal yang sama terus-menerus.

  Tapi twist yang diberikan di akhir cukup keren loh!!!!!.


My Score

80, I Need A vacation At Westworld XD



temukan review lainnya di sini.

No comments:

Post a Comment