Just A review From me: [MOVIE] Avengers : Endgame Review

Wednesday, May 8, 2019

[MOVIE] Avengers : Endgame Review




Before Prolog


  Bulan April seharusnya bisa menjadi bulan terbaik di tahun ini karena Game Of Thrones dan Avengers : Endgame, tapi apadaya kemunculan Pemilu + aksi para buzzer politik (baik kubu 01 maupun 02) yang semakin menggila membuat saya kehilangan semangat untuk menulis di bulan ini.

  Habis mau gimana lagi, saya masih terjebak dengan pemikiran "Buzzer itu dibayar (bahkan sampai puluhan juta!!!) untuk merusak (baca : mencuci otak) para pengguna internet" sampai hari ini. Sungguh buzzer politik adalah sebuah profesi yang sangat menggiurkan sekaligus menyebalkan karena bisa mengubah sifat seseorang/kelompok dengan sangat mudah dan tidak memiliki resiko yang tinggi (karena mereka menggunakan anonimitas untuk menyembunyikan identitas) -_- .

  FYI, saya mencoblos semua pilihan lho jadi saya berhak menulis seperti ini.

  Semoga di bulan Mei ini saya bisa lebih produktif dalam meng-update blog ini (tapi bulan ini sudah berjalan 7 hari jadi...)



Prolog


  Tahun lalu, Avengers : Infinity War (AIW) SUKSES menghancurkan hati para penggemar setianya dengan akhir yang amat sangat tidak terduga (saya bahkan sampai harus mencari cara lain untuk "mengobati" sakit hati ini). Sampai hari ini saya masih tidak bisa melupakan adegan "menyeramkan" ini.


(NO!!!)

  Satu tahun berlalu dan akhirnya Avengers : Endgame muncul dan siap mengakhiri saga "Infinity" yang sudah berjalan > 10 tahun ini. Sampai tulisan ini ditulis film Avenger : Endgame sudah memecahkan beberapa rekor dan menjadi film dengan penghasilan terbesar untuk tahun ini!!!

  Karena film ini sudah tayang selama 2 minggu maka bisa dipastikan review yang saya tulis ini akan terasa "basi", tapi tetap saya akan membagi review ini menjadi 2 bagian seperti yang sudah saya lakukan pada tulisan Avengers : Infinity War jadi bisa dipastikan tulisan di bawah ini tidak akan membuat anda terkaget-kaget XD.

  Saya sendiri menonton film ini dengan perasaan "pasrah" dan siap melihat berbagai kenyataan pahit yang terjadi akibat peristiwa Decimation/Snap yang terjadi di AIW, tapi siapa sangka ternyata Endgame malah memberikan sebuah tontonan yang begitu "mengejutkan" dan pada akhirnya (cukup) layak untuk mengakhiri saga Infinity.

  Saya pribadi hanya memiliki sebuah kritik "kecil" tetapi memiliki pengaruh besar untuk film-film MCU selanjutnya, tapi untuk sisa film ini saya hanya bisa berkata...


(> 10 tahun menonton MCU akhirnya terbayar juga)

  Tapiiii, jika anda termasuk orang yang "AMAT SANGAT BERNAFSU" mencari fan theory dari berbagai individu/kelompok selama satu tahun terakhir ini maka ada kemungkinan ekspresi anda setelah menonton film ini adalah...


(mirip2 kejadian The Last Jedi sih...)

  Gambar di atas juga berlaku untuk anda yang mengikuti MCU secara "karbitan" (baca : hanya menonton beberapa film MCU) sih XD

The Power Of Marketing



  Seperti film-film MCU sebelumnya, Endgame dipastikan memiliki budget tinggi untuk bidang marketing. Sebuah hal yang saya anggap "bodoh" karena saya rasa 50% orang yang menonton AIW PASTI akan menonton Endgame XD. Pihak Marvel sendiri tetap menggunakan trik lama mereka yaitu "trailer palsu" dan menjamin jika semua yang menjadi bagian promosi HANYA mengambil adegan di menit-menit awal dari film ini.

  Seperti biasa juga tiket pre-sale film ini langsung ludes terjual di luar negeri, saya yang pernah merasakan bagaimana "mudahnya" mencari tiket pre-sale di Indonesia beberapa tahun silam (mulai dari datang langsung ke bioskop sampai memakai aplikasi) tidak terlalu ambil pusing untuk berita ini. Tapi ternyata BOOM, baru 2-3 jam setelah pemesanan dibuka (pemesanan dimulai pada pukul 12 malam) HAMPIR semua bioskop kehabisan tiket film ini, untungnya saya masih bisa mendapatkan tiket ini karena sudah stand by mulai dari jam 10 malam XD. Tapi sudah jelas hal ini membuktikan jika hype film ini sangat terasa di negeri ini.

  Mau lebih gila lagi, salah satu jaringan bioskop dengan bangganya membuat sebuah terobosan dimana mereka HANYA menayangkan film Avengers : Endgame selama 24 jam NON-STOP!!! , dan untuk kejutan terakhir film ini memiliki jadwal tayang yang sangat ekstrim yaitu jam 5 PAGI!!!.


(langkah yang berlebihan atau ???)

  "siapa juga sih yang mau menonton film pagi-pagi gini ???" begitu pikir saya

  Tapi ternyata jam tayang yang tidak manusiawi ini ternyata tidak membuat hype penonton surut karena tetap saja tiket pada jam tersebut tetap laris bak kacang goreng. Sungguh sebuah peristiwa unik di tahun 2019 ini XD. Tapi sisi negatifnya adalah film ini dipastikan akan mendominasi bioskop untuk 1-2 minggu ini (jauh lebih agresif daripada Captain Marvel).

Sekedar Persiapan


  Memiliki durasi 3 jam tentu saja membuat siapa saja yang menonton film ini harus memeprsiapkan diri agar bisa menikmati film ini secara penuh. Salah satu rintangan yang akan menemui anda adalah hasrat untuk Buang Air Kecil yang lazim terjadi pada tubuh menusia beberapa jam setelah minum (umumnya peristiwa ini terjadi 1-2 jam setelah tubuh menerima cairan). 2 hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah jangan membeli minuman seperti yang saya lakukan (hal ini juga bisa menyelamatkan dompet anda sih XD) atau menggunakan benda di bawah ini...


(gambar hanya sekedar ilustrasi saja XD)

  Rintangan terbesar lainnya adalah SPOILER yang pastinya akan disebarkan oleh mereka yang haus perhatian (baca : pansos), hal ini jelas akan "menghantui" beberapa pengguna internet selama 1-2 minggu ini.

  Solusinya sendiri sebenarnya sangat mudah yaitu MENJAUHI INTERNET untuk 1-2 minggu ke depan. Tapi karena internet sudah menjadi kebutuhan primer maka sudah jelas hal ini tidak bisa dilakukan. Spoiler sendiri sebenarnya tidak akan menggangu jika anda adalah orang yang menghargai "proses" daripada "hasil". Jika menjauhi internet tidak bisa anda lakukan maka sebaiknya anda mulai memandang spoiler sebagai sebuah individu yang "lemah" sehingga anda tidak akan takut dengan spoiler.


(masa takut sama spoiler ???)

Atau mulai memakai "kalimat mutiara" ini sebelum anda memakai internet.


(masih efektif sampai hari ini XD)

Overview



  Full Spoiler akan saya tulis di minggu ini, jadi nikmati saja kesan-kesan saya selama menonton film ini :

  • inti cerita sudah jelas "Batalkan Decimation/Snap Bagaimanapun Caranya!!!"
  • komposisi film ini adalah 80% drama dan 20% Action jadi beberapa orang (mungkin) akan merasa bosan dengan adegan awal sampai pertengahan pada film ini
  • Visual sangat meningkat jika dibandingkan dengan AIW
  • sedikit SPOILER, akan ada time travel
  • pendapat saya tentang Time Travel di film ini yaitu "Nostalgia dengan perspektif masa kini" a.k.a seperti melihat Behind The Scene dari berbagai film MCU terdahulu XD
  • Tapi sayangnya, time travel ini juga yang akan menjadi kelemahan terbesar dari film ini
  • Tenang saja, Thanos si "ikon genosida masa kini" tetap akan menjadi villain utama di film ini
  • Terimakasih untuk Rhodey dan Nebula karena berhasil MENGHANCURKAN adegan Terbaik MCU versi saya -_-
  • adegan action di akhir film ini dijamin akan memuaskan mata dan hati anda karena akan diisi berbagai fan service yang tampil begitu "pas"
  • tokoh favorit saya adalah Ant-Man, siapa sangka seorang maling budiman bisa mengalahkan pamor dewa, manusia super, orang kaya, atau bahkan rakun liar XD
  • Siap-siap melihat kebangkitan/kemunduran dari sisi psikologis dari berbagai tokoh Avengers yang tercipta karena Decimation/Snap
  • Siapa sangka sosok penyelamat di film ini adalah sosok yang sangat tidak terduga!!!

dan yang terakhir sedikit berat untuk menyampaikannya yaitu

(tarik nafas dulu)
..........................
..........................
(sudah siap ???)



  TIDAK ADA POST-CREDIT SCENE, tetapi akan ada sebuah "suara" familiar jika anda masih ngotot ingin melihat credit sampai selesai.

Conclusion


Part Of Journey Is The End


  Avengers : Endgame menjadi sebuah pembuktian sekaligus akhir dari saga Infinity yang sudah berjalan > 10 tahun. Film ini layak menjadi "puncak" dari MCU meskipun harus sedikit ternodai oleh elemen time travel yang digunakan. Meskipun MCU tetap akan berlanjut tapi sepertinya akan sulit untuk menyamai Endgame.

My Score

85

Avengers : Akhirnya Selesai Juga

(tapi 2 bulan lagi masih ada Spiderman jadi...)





Temukan review lainnya di SINI


===============================================

POJOK IKLAN

Butuh Pemadam Kebakaran atau Peralatan Safety lainnya untuk rumah / tempat kerja anda ???

 Hubungi Cipta Sarana Abadi (022-87308445) (cek web untuk info produk dll)

(dapatkan discount khusus dengan me-mention blog ini XD)

===============================================

1 comment: